Home » » Menyampaikan Informasi Teks Dalam Bentuk Peta Pikiran

Menyampaikan Informasi Teks Dalam Bentuk Peta Pikiran

Peta pikiran merupakan cara mencatat informasi yang ada pada teks menggunakan sebuah bagain. Peta pikiran akan membantu seseorang dalam berbagai hal seperti, mengingat sesuatu dengan baik, membuat seseorang lebih kreatif dalam menyelesaikan masalah, memusatkan perhatian, menyusun dan menjelaskan pikiran, serta mempelajari segala sesuatu dengan lebih cepat dan efisien. 

Peta pikiran memudahkan seseorang dalam menyajikan dan mengkomunikasikan suatu informasi, baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Jika telah terbiasa melihat gambaran besar dari suatu konsep atau ide utama, kamu juga kemudian akan terbiasa menyelesaikan berbagai masalah yang kompleks.

Tujuan menyajikan informasi dalam bentuk peta pikiran adalah agar informasi dapat dengan mudah dipelajari dan diingat secara cepat dan efisien. Peta pikiran pada umumnya menyajikan informasi yang terhubung dengan topik utama dalam bentuk kata kunci, gambar (simbol), dan warna.

Peta pikiran dapat dibuat dengan langkah-langkah berikut.
  1. Siapkan alat-alat tulis, seperti kertas, pensil warna, spidol, dan sebagainya.
  2. Mulai dari tengah, tuliskan judul atau gagasan utama dalam satu kata. Misalnya menuliskan “Pencemaran Lingkungan” sebagai gagasan utama di tengah.
  3. Turunkan gagasan utama tersebut menjadi beberapa gagasan yang masih berhubungan. Misalnya, karena tema utamanya adalah “Pencemaran Lingkungan” maka dapat diturunkan menjadi “Jenis-Jenis” atau “Dampak”.
  4. Tema tersebut diturunkan lagi dengan cara menuliskan kata kuncinya. Misalnya, pada tema “Jenis-Jenis” dituliskan tema turunannya “Pencemaran air”, “Pencemaran udara”, dan semacamnya.
  5. Setiap tema tersebut dihubungkan dengan garis yang berbeda-beda. Misalnya, garis dari tema utama dibuat lebih tebal dan lebih melengkung.
  6. Jangan lupa tambahkan gambar atau ilustrasi serta warna yang berbeda untuk memudahkan pengelompokkan materi serta membuat peta pikiran menjadi lebih menarik.

Beberapa kegiatan Menyampaikan Informasi Tek Dalam Bentuk Peta Pikiran pada pembelajaran kelas IV tema 7 antara lain sebagai berikut.

Pembelajaran 5 Subtema 1
Pada Pembelajaran 5 Tema 7 Subtema 1 Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku terdapat teks Keragaman Agama di Indonesia
Agama Khong Hu CU
Pembelajaran 3 Subtema 3
Pada Pembelajaran 3 Tema 7 Subtema 3 Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku terdapat teks Keragaman Ekonomi di Indonesia .

Jika disajikan dalam bentuk peta pikiran teks Keragaman Ekonomi di Indonesia  adalah sebagai berikut :
Dari teks “Keragaman Ekonomi di Indonesia (1)” di atas, tuliskan informasi baru yang kamu dapatkan. Tuliskan dalam bentuk peta pikiran. Lakukan tugas ini bersama teman sebangkumu, lalu ceritakan di depan teman-temanmu. Kumpulkan tulisanmu kepada Bapak/Ibu guru.
Peta Pikiran Keragaman Ekonomi
Pembelajaran 5 Subtema 3
Pada Pembelajaran 5 Tema 7 Subtema 3 Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku terdapat teks Melaksanakan Sikap Toleransi

Jika disajikan dalam bentuk peta pikiran teks Melaksanakan Sikap Toleransi adalah sebagai berikut
Toleransi
Demikian pembahasan mengenai Menyampaikan Informasi Tek Dalam Bentuk Peta Pikiran. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Sumber : Buku Kelas IV Tema 7, Kemendikbud
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 8:42 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.