Home » » Pembelajaran 4 Tema 3 Subtema 2 Pentingnya Makanan Sehat bagi Tubuh

Pembelajaran 4 Tema 3 Subtema 2 Pentingnya Makanan Sehat bagi Tubuh

Pada Pembelajaran 4 Tema 3 Subtema 2 Pentingnya Makanan Sehat bagi Tubuh akan mempelajari tentang menuliskan alasan mengapa orang-orang yang memiliki perbedaan seperti perbedaan agama, suku bangsa, usia, dan pekerjaan dapat saling membantu dan saling bekerjasama dan menceritakan gambar yang disajikan, siswa menceritakan dan memberikan contoh keanekaragaman adat istiadat di lingkungan sekitarnya. Dengan mengamati lingkungan sekitarnya, siswa mengidentifikasikan dan melaporkan aktivitas masyarakat sekitar dalam upaya pembangunan sosial budaya Indonesia. Dengan mengamati iklan, siswa menyebutkan dan menyajikan kata kunci dari paparan iklan elektronik yang diamatinya. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran.

Ayo Berdiskusi
Suasana Pasar
Masih ingatkah kamu dengan gambar aktivitas pasar di atas? Ceritakan hasil pengamatanmu kepada teman sebangkumu. Menarik untuk dicermati bahwa dalam kehidupan kita sehari-hari, kita dikelilingi oleh orang-orang yang memiliki begitu banyak perbedaan. Akan tetapi semuanya saling bekerja sama.

Tuliskan alasan-alasan mengapa orang-orang yang memiliki perbedaan seperti perbedaan agama, suku bangsa, usia, dan pekerjaan dapat saling membantu dan bekerja sama?

Kamu dapat menuliskan alasanmu dan juga menanyakan kepada teman-teman yang lain tentang alasan mereka. Tuliskan semuanya dalam kotak-kotak di bawah ini.
  1. Menurut pendapatku, semua orang dapat saling membantu walau mereka berbeda agama, suku, adat istiadat, dan pekerjaan.
  2. Menurut pendapatku, tidak ada halangan orang yang berbeda agama, suku, adat istiadat, dan pekerjaan, hidup berdampingan dalam suatu lingkungan.
  3. Menurut pendapatku, kita sebagai manusia adalah makhluk sosial yang memerlukan kehadiran orang lain.
  4. Pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial yang selalu membutuhkan manusia lain. Menurut pendapat saya, perbedaan tidak menghalangi upaya untuk bekerja sama dan saling membantu karena tidak semua kebutuhan manusia dapat dipenuhi oleh diri sendiri.
Ayo Mengamati
Keragaman Bangsa Indonesia
Apa yang kamu lihat dari beberapa gambar di atas? Apakah hubungan semua gambar tersebut dengan gambar peta Indonesia? Jelaskan!
Pada gambar di atas menunjukkan bahwa indonesia adalah negara yang memiliki keberagaman, dalam hal ini keberagaman budaya unik dan indah yang dimiliki setiap suku bangsa yang hidup di Indonesia.
Ayo Membaca
Bangsa Indonesia memiliki sebuah semboyan yang luar biasa, yakni Bhinneka Tunggal Ika. Bhinneka Tunggal Ika memiliki arti berbeda-beda tetapi tetap satu tujuan. Bahwasanya, sekalipun di Indonesia terdapat begitu banyak suku, agama, ras, adat istiadat, bahasa, dan lain-lain, semuanya bersatu sebagai saudara sebangsa dan setanah air. Perbedaan dan keanekaragaman yang ada justru menjadi sebuah kekuatan yang pada akhirnya memperkaya sifat budaya bangsa Indonesia dan lebih memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa.

Apakah yang dapat kamu simpulkan dari bacaan di depan. Berikan pendapatmu!
Indonesia adalah bangsa yang memiliki banyak suku, agama, ras, adat istiadat, bahasa, dan lain-lain. Walaupun beragam, justru ini menjadi sebuah kekuatan yang pada akhirnya memperkaya sifat budaya bangsa Indonesia dan lebih memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa.
Berikan contoh-contoh kegiatan yang dapat kita lakukan atau mungkin sudah kamu lakukan untuk mendukung keberagaman sosial di lingkungan sekolah.
Belajar kelompok tanpa membedakan suku, agama, ras, adat istiadat, bahasa teman, membuka diri untuk mempelajari kesenian seperti tari- tarian maupun alat musik dari daerah lain.
Dengan keberagaman, manusia dapat saling bekerja sama dan bahu membahu untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, baik secara ekonomi, sosial, maupun budaya. Beragam profesi pun berkembang dan mendukung pemenuhan kebutuhan hidup. Bahasa Indonesia yang dipergunakan juga merupakan satu contoh hal yang menjembatani perbedaan sosial budaya yang terdapat dalam masyarakat Indonesia. Amatilah gambar-gambar di bawah ini
Latihan Menari
Kegiatan apa saja yang sedang dilakukan oleh anak-anak dalam gambar tersebut? Apakah kamu pernah melihat kegiatan seperti itu di lingkunganmu? Coba ceritakan hasil pengamatanmu di depan kelas.
Anak-anak dalam gambar sedang mempelajari tradisi budaya. Gambar pertama anak-anak sedang belajar alat musik tradisional dan gambar kedua anak-anak sedang belajar tari daerah menggunakan selendang. Saya juga pernah melihat kegiatan anak yang sedang mempelajari tarian daerah lain.
Kedua gambar di atas bercerita tentang upaya manusia dalam sebuah pembangunan sosial budaya. Bahasa Indonesia merupakan contoh upaya manusia dalam sebuah pembangunan sosial budaya. Kegiatan seni yang bertujuan melestarikan budaya nusantara juga merupakan sebuah upaya pembangunan sosial budaya. Contoh lain dari pembangunan sosial budaya adalah dengan semakin terbukanya kesempatan bagi kaum wanita untuk bersekolah dan menuntut ilmu setinggi mungkin. Masih banyak lagi contoh-contoh pembangunan sosial budaya yang terdapat di sekitar kita.

Amatilah daerah sekitarmu. Temukan contoh-contoh upaya manusia dalam pembangunan sosial. Buatlah dalam bentuk laporan pengamatan sederhana.
Laporan Hasil Pengamatan
Judul Laporan :Laporan Pengamatan Pembangunan Sosial Budaya
Tujuan Laporan :Mengetahui bentuk-bentuk pembangunan sosial budaya
Tempat Pengamatan :Purwokerto
Tanggal Pengamatan :29 Agustus 2020
Hasil Pengamatan :Pembangunan Sosial Bidang Kesehatan
Pembangunan di bidang kesehatan antara lain dengan Program Lingkungan Sehat, Perilaku Sehat, dan Pemberdayaan Masyarakat. Perbaikan Gizi Masyarakat, Obat, Makanan, dan Bahan Berbahaya

Pembangunan Sosial Bidang Kesejahteraan Sosial
Di bidang kesejahteraan sosial meliputi pengembangan ketahanan sosial, peningkatanapresiasi terhadap penduduk lanjut usia dan veteran, peningkatan kepedulian terhadap penyandang masalah sosial.

Pembangunan Sosial Bidang Kependudukan dan KB
Di bidang kependudukan dan keluarga berencana yaitu: peningkatan kualitas penduduk melalui pengendalian kelahiran, penurunan angka kematian, peningkatan kualitas program keluarga berencana.

Pembangunan Bidang Kebudayaan dan Pariwisata
Di bidang kebudayaan dan pariwisata adalah pengembangan dan pembinaan kebudayaan nasional, pelestarian apresiasi nilai kesenian dan kebudayaan tradisional, perwujudan kesenian dan kebudayaan tradisional Indonesia sebagai wahana pengembangan pariwisata, dan pengembangan pariwisata.

Pembangunan Bidang Kedudukan dan Peranan Perempuan
Di bidang kedudukan dan peranan perempuan meliputi: peningkatan kedudukan dan peran perempuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Misalnya semakin terbukanya kesempatan bagi kaum wanita untuk bersekolah dan menuntut ilmu setinggi mungkin.

Pembangunan Sosial Bidang Pemuda dan Olah Raga
Di bidang pemuda dan olahraga meliputi: penumbuhan budaya olahraga, peningkatan usaha pembibitan dan pembinaan, pengembangan minat dan semangat kewirausahaan di kalangan generasi muda, dan pelindungan bagi generasi muda dari nark*ba.
Kesimpulan:Pembangunan sosial dimaksudkan untuk meningkatkan kesejahteraan sosial dimana kebutuhan setiap anggota masyarakat secara sosial, ekonomi, dan spiritual dapat terpenuhi.

Simaklah percakapan antara Beni dan Siti di bawah ini
Dayu:“Kalau kamu, apa contoh yang dapat kamu berikan tentang pembangunan sosial budaya, Ben?”
Beni:“Menurutku, acara kuliner nusantara yang sering diadakan di lingkungan sekitar kita merupakan contoh pembangunan sosial budaya. Dengan begini, kita dapat melestarikan makanan khas daerah, kita juga turut memperkenalkannya kepada orang-orang lain yang berbeda kebudayaan dengan kita untuk turut mencicipi dan bersama-sama menikmati makanan khas daerah tersebut.”
Siti:“Betul sekali, Ben. Kamu tahu tidak? Acara kuliner nusantara yang diadakan minggu lalu itu sukses besar, lho. Semuanya berkat iklan-iklan di media cetak dan elektronik yang beredar sejak sebulan sebelumnya.”
Iklan Pesona Indonesia
Iklan memang harus dibuat semenarik mungkin agar dapat menarik perhatian mereka yang melihatnya. Oleh karena itu, penting untuk selalu berhati-hati dalam penyampaiannya. Berikut adalah kegiatan yang sebaiknya dilakukan bersama-sama dengan orang tua di rumah..

Ayo Mengamati
Amatilah dua buah iklan di televisi dan tulis kata kunci dari iklan tersebut. Diskusikan dengan teman-temanmu keesokan harinya tentang iklan dan kata kunci yang kamu temukan.
Iklan 1Iklan 2
Iklan Yakult
Axis
Iklan Yakult

Kalimat Iklan
Lebih dari 100 penyakit berasal dari usus.

Kata Kunci :
Penyakit Usus
Iklan Axis

Kalimat Iklan :
Rabu Rawit Rabu Wajib Irit

Kata Kunci
Irit itu Axis

Ayo Membaca
Bacalah percakapan di bawah ini secara bergantian!
Siti:“Jadi tidak kita belajar bersama hari ini?”
Udin:“Jadi ya, di rumahku!”
Dayu:“Asyik!”
Udin:“Aku sudah menyiapkan minuman ringan, lho. Itu yang sedang banyak diiklankan akhir-akhir ini di televisi. Sejak saat ada iklan itu, aku selalu membelinya.”
Siti:“Wah, setahuku, semua jenis minuman ringan itu tidak baik bagi kesehatan, Din. Kadar gula dan pengawetnya tinggi. Belum lagi bahan-bahan kimiawi lainnya. Jangan terlalu sering mengonsumsi minuman ringan seperti itu.”
Udin:“Bisa jadi kamu benar, Siti, pamanku pun pernah mengatakan hal yang sama. Namun, di iklan disebutkan bahwa minuman ini mengandung banyak vitamin dan mineral. Artinya, minuman ini juga memiliki manfaat, bukan?”
Dayu:“Tentu saja, semua iklan dimaksudkan untuk menarik hati pembelinya, Din. Akan tetapi, tidak semua yang diiklankan itu memang benar adanya. Kita harus selalu berhati-hati dalam memilih apa yang akan kita konsumsi.”
Siti:“Setuju dengan Dayu. Wah, ternyata penggunaan kata-kata kunci itu sangat bermanfaat ya, terutama untuk menarik perhatian pendengar dan pembacanya.”
Siti dan Dayu
Infused water atau spa water atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan air infus sedang menjadi tren kesehatan yang baru di luar negeri. Kini air infus juga merebak sampai di Indonesia.

Air infus ini adalah air bening yang telah diberi tambahan potongan buah atau herbal sehingga memberikan sensasi rasa air tertentu. Air infus bermanfaat bagi kesehatan. Secara teknis, air infus dibuat dengan memasukkan irisan buah-buahan ke dalam air putih, kemudian didiamkan beberapa jam sampai sari buahnya keluar dan air akan berubah rasanya.

Namun, jangan hanya ikut-ikutan mengonsumsinya. Kenali dahulu manfaat dari bahan-bahan yang dimasukkan ke dalam air dalam botol tersebut. Dengan mengenali manfaat dari bahan-bahan yang digunakan, kita dapat memperoleh lebih banyak manfaat yang sesuai dengan kebutuhuan tubuh kita.

Minuman Kesehatan
1. Bahan-bahan:
  • 1 1/2 sendok makan perasan jeruk nipis
  • 1/ 2 jeruk lemon (diperas)
  • 1 /2 timun di iris-iris
  • 4 lembar daun mint (bila ada)
  • 1/ 2 liter air putih

2. Cara Membuat:
  • Jeruk nipis diperas dan sisihkan sebanyak 1 1/2 sendok makan.
  • Jeruk lemon dibelah 2 dan diperas.
  • Masukkan semua bahan ke dalam botol kaca berukuran 1 liter.
  • Tutup rapat dan diamkan dalam lemari pendingin semalaman.
  • Minuman berenergi siap dikonsumsi keesokan harinya.

Buatlah ulasan sederhana tentang percobaanmu membuat infused water.
Ulasan Sederhana Infused Water
Infused water atau spa water atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan air infus sedang menjadi tren kesehatan yang baru di luar negeri. Air infus ini adalah air bening yang telah diberi tambahan potongan buah atau herbal sehingga memberikan sensasi rasa air tertentu. Air infus bermanfaat bagi kesehatan.(Orientasi)

Air infus dibuat dengan memasukkan irisan buah-buahan ke dalam air putih, kemudian didiamkan beberapa jam sampai sari buahnya keluar dan air akan berubah rasanya. Bahan-bahan yang dimasukkan ke dalam air dalam botol tersebut tentunya memiliki banyak manfaat yang sesuai dengan kebutuhuan tubuh kita.(Tafsiran)

Hasil campuran air putih dengan buah-buah, ini dipercaya sari-sari dari buah akan keluar dan memberikan efek segar karena infused water harus melalui proses ‘pendiaman’ selama beberapa jam. Banyak jenis buah bisa saja dipakai walaupun tidak semua bisa diracik menjadi infused water. Beberapa jenis buah yang sering dipakai adalah stroberi, kiwi, lemon, jeruk, mangga, nanas, apel dan belimbing.

Biasanya, infused water akan dimasukkan ke dalam kulkas selama minimal 5 atau 6 jam dan beberapa buah bisa diisi ulang hingga pemakaian 24 jam. Infused water bisa tahan dari 3 hingga 5 hari dan semua kembali tergantung pada buah yang dipakai.(Evaluasi).

Infused water atau spa water sedang menjadi tren kesehatan yang baru di luar negeri dan sudah sampai di Indonesia. Air infus ini memberikan sensasi rasa air tertentu. Sebaiknya kenali dahulu manfaat dari bahan-bahan yang akan digunakan agar kita dapat memperoleh lebih banyak manfaat yang sesuai dengan kebutuhuan tubuh kita.(Kesimpulan)
Ayo Renungkan
Apakah menurutmu hal-hal yang kamu pelajari hari ini berguna bagi kehidupanmu?Jelaskan hal-hal apa saja yang menurutmu berguna untuk kehidupanmu!
Hal-hal yang saya pelajari hari ini sangat bermanfaat bagi kehidupanku. Dengan mengenal perbedaan agama, suku bangsa, usia, dan pekerjaan dapat saling membantu dan saling bekerjasama di masa depan.
Kegiatan Bersama Orang Tua
Carilah gambar dari majalah dan koran yang mencerminkan interaksi manusia dengan lingkungan sosialnya. Identifikasikan jenis-jenis interaksi yang terjadi. Sebutkan siapa saja yang terlibat dalam interaksi tersebut
Daur Ulang Sampah
Daur ulang sampah adalah contoh interaksi positif yang bisa dilakukan manusia. Melalui interaksi ini, manusia dapat mengurangi pencemaran dan penggunaan sumber daya alam. Interaksi yang terjadi pada daur ulang sampah adalah interaksi manusia dengan dengan manusia. Beberapa pihak yang terlibat dalam proses daur ulang sampah antara lain pemulung dan perajin kerajinan barang bekas.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 11:21 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.