Home » » Pembelajaran 3 Tema 3 Subtema 2 Pentingnya Makanan Sehat bagi Tubuh

Pembelajaran 3 Tema 3 Subtema 2 Pentingnya Makanan Sehat bagi Tubuh

Pada Pembelajaran 3 Tema 3 Subtema 2 Pentingnya Makanan Sehat bagi Tubuh akan mempelajari tentang mengidentifikasikan aktivitas masyarakat sekitar dalam upaya pembangunan sosial budaya. Dengan mengamati lingkungan sekitar, siswa membuat laporan hasil pengamatan tentang aktivitas masyarakat sekitar dalam upaya pembangunan sosial budaya. Dengan melakukan wawancara, siswa menceritakan keanekaragaman adat istiadat di lingkungan sekitar. Berdasarkan iklan media elektronik yang disediakan, siswa menentukan cirri-ciri bahasa iklan. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru.

Amatilah gambar di bawah ini dengan cermat! Berdasarkan gambar di atas, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut
Suasana Pasar
Suasana pasar selalu ramai oleh penjual dan pembeli. Apa sajakah yang dapat kamu temui di pasar?
Di pasar kita dapat menemui penjual, pedagang, tempat berjualan (los), dan barang dagangan
Masih ingatkah kamu bagaimana sayur dan buah dapat sampai ke rumah kita?
Sayur dan buah ditanam oleh petani. Petani adalah produsen. Sayur dan buah dibawa pedagang ke pasar, pedagang untuk dijual. Ibu kita membeli sayur dan buah di pedagang. Sampailah buah dan sayur di rumah.
Aktivitas apa saja yang dapat ditemukan pada gambar di atas?
Aktivitas yang ada di gambar adalah transaksi atau jual beli antara pedagang dengan pembeli. Ada juga aktivitas pembeli yang sebatas melihat barang dagangan berupa sayur dan buah.
Siapa saja yang terlibat dalam kegiatan di pasar?
Orang yang terlibat dalam kegiatan di pasar adalah pedagang besar (distibutor utama) pedagang kecil, dan pembeli (konsumen)

Lengkapi tabel berikut ini berdasarkan hasil pengamatanmu terhadap gambar pasar di depan
Jenis AktivitasPelaku Aktivitas
Jual beliPedagang dan pembeli
Tawar menawarPedagang dan pembeli
Melihat barang daganganCalon pembeli

Ayo Membaca
Bacalah teks bacaan di bawah ini! Semua aktivitas yang menggabungkan aspek sosial dan ekonomi yang dimaksudkan untuk meningkatkan taraf hidup atau kesejahteraan sosial disebut pembangunan sosial. Kesejahteraan sosial tidak hanya berkenaan dengan terpenuhinya kebutuhan material, tetapi juga spiritual. Dengan demikian memungkinkan semua warga negara untuk mengembangkan dirinya.

Ayo Berlatih
Amatilah lingkungan sekitarmu dan cari tahu aneka aktivitas yang ada. Temukan beberapa aktivitas yang menurutmu menggabungkan aspek sosial dan ekonomi. Aktivitas tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan taraf dan kualitas hidup masyarakat..

Buatlah laporan observasi yang di dalamnya memuat hal berikut.
  • Pengamatan secara umum kondisi lingkungan sekitarmu.
  • Pengamatan secara khusus tentang salah satu aktivitas yang menurutmu berkontribusi dalam pembangunan sosial.
  • Manfaat sosial dan ekonomi yang diperoleh dari aktivitas tersebut.

Berikut ini contoh laporan hasil Observasi
Laporan Hasil Observasi Lingkungan Sekitar
Semua aktivitas yang dilakukan oleh masyarakat sekitarku menggabungkan aspek sosial dan ekonomi meningkatkan taraf hidup atau kesejahteraan sosial . Kesejahteraan sosial tidak hanya berkenaan dengan terpenuhinya kebutuhan material, tetapi juga spiritual. Dengan demikian memungkinkan semua warga negara untuk mengembangkan dirinya.

Di lingkungan sekitarku terdapat beberapa aktivitas yang menggabungkan aspek sosial ekonomi. Salah satunya adalah kegiatan yang dilakukan di dalam pasar. Di dalam sebuah pasar terjadi kegiatan sosial dan ekonomi, kegiatan sosial ditunjukkan dengan bertemunya pedagang dan pembeli. Sedangkan kegiatan ekonomi ditunjukkan oleh pedagang yang menjual dagangannya untuk memperoleh keuntungan.

Pasar sebagai tempat transaksi jual beli antara penjual (pedagang) dan pembeli (konsumen) memiliki peran dan fungsi penting dalam kegiatan ekonomi masyarakat. Dengan adanya jual beli di pasar dapat meningkatkan kesejahteraan sosial dimana kebutuhan setiap anggota masyarakat secara sosial, ekonomi. 

Manfaat sosial dan ekonomi dalam aktivitas jual beli di pasar adalah penjual dan pembeli dapat berinteraksi secara langsung untuk melakukan kegiatan jual beli dan manfaat ekonomi yang didapat adalah perputaran uang di pasar sangat cepat, pedagang mendapatkan keuntungan sedangkan konsumen mendapatkan barang yang ia inginkan.
Pembangunan sosial dimaksudkan untuk meningkatkan kesejahteraan sosial dimana kebutuhan setiap anggota masyarakat secara sosial, ekonomi, dan spiritual dapat terpenuhi. Dalam melakukan aktivitas kehidupan untuk meningkatkan kesejahteraan sosial, tak jarang kita akan berhadapan dengan keanekaragaman yang tinggi. Contohnya di pasar.

Ayo Mengamati
Amatilah gambar pasar yang disajikan sebelumnya!
Perbedaan apa sajakah yang dapat kamu temukan di pasar?
Perbedaan yang ada di pasar antara lain perbedaan harga jual barang, cara menawar barang dagangan, , dan kondisi barang yang dijual.
Apakah orang-orang yang beraktivitas tersebut memiliki kebiasaan yang sama? Jelaskan!
Setiap orang yang beraktivitas di pasar memiliki kebiasaan yang berbeda. Para pedagang menjual barang berbeda dengan jenis konsumen yang juga berbeda pula.

Kebiasaan yang mengikat masyarakat dan berlangsung dalam jangka waktu cukup lama dikenal dengan adat istiadat. Adat istiadat merupakan kebiasaan sosial yang sejak lama ada di dalam masyarakat dan bertujuan mengatur tata tertib dalam masyarakat tersebut. Adat istiadat setiap kelompok masyarakat bisa sama atau berbeda satu dengan yang lain. Contohnya saja, ada istiadat masyarakat Osing di Banyuwangi yang merupakan perpaduan antara budaya Jawa, Madura, dan Bali. Kemudian adat istiadat masyarakat desa di Jawa Timur dan Jawa Tengah yang ternyata memiliki persamaan. Salah satu persamaannyanya bahwa mereka memiliki ikatan yang berdasarkan pada persahabatan.

Ayo Berlatih
Lakukanlah sebuah wawancara sederhana ke beberapa orang temanmu. Cari tahu apa saja kebiasaan atau adat istiadat yang mereka miliki. Gunakanlah tabel berikut untuk membantumu. Ceritakan hasil wawancaramu di depan kelas.
Nama TemanAsal DaerahAdat Istiadat yang Biasa Dilakukan
Siti MaemunahNADPeusijuk merupakan tradisi pada saat upacara kelahiran, pernikahan, menempati rumah baru, naik haji, dll.
HannahRiauBalimau merupakan upacara tradisional bagi masyarakat Kampar di Propinsi Riau untuk menyambut bulan suci.
KhamidinSumatera BaratPerayaan Tabuik merupakan tradisi untuk memperingati meninggalnya cucu Nabi Muhammad SAW, Hasan dan Husain.
Bonar SiraitSumatera UtaraMangokkal Holi merupakan tradisi mengambil tulang berulang dari leluhur mereka dari dalam kubur, lalu ditempatkan didalam peti dan diletakkan dalam buah bangunan tugu khusus untuk menyimpan tulang berulang leluhur.
SopiahSubang, Jawa BaratSisingaan, tradisi mengarak anak sehari sebelum dikhitan dengan menggunakan tandu berbentuk singa
TuginoBanyumas, Jawa TengahBegalan ini dilakukan pada acara pernikahan terutama pada pernikahan calon pengantin lelaki yang dalam silsilah keluarga menjadi anak sulung atau anak bungsu si Kabupaten Banyumas.

Ayo Membaca
Tahukan kamu apa itu Sisingaan? Bacalah informasi di bawah ini!Pertunjukan Sisingaan merupakan sebuah pertunjukan yang membutuhkan kerja sama, kekompakan, kerja keras, ketertiban, dan ketekunan. Semua orang dari segala lapisan masyarakat yang beraneka ragam dapat ikut dalam iringiringan tersebut. Iring-iringan dilakukan sambil mengitari kampung hingga akhirnya iringan kembali ke tempat semula. Tanpa adanya kerukunan, tentunya kerja sama yang baik tidak akan dapat terwujud. Perhatikanlah iklan berikut ini dengan saksama.
Hidup Rukun
Masih ingatkah kamu dengan iklan media cetak
Saat mengamati contoh iklan di depan, apa isi pesan yang dapat kamu temukan dalam kalimat di depan?
Isi pesan yang dapat ditemukan dalam kalimat di depan menyatakan bahwa hidup rukun adalah cermin budaya bangsa Indonesia.
Apa jenis bahasa yang digunakan dalam iklan tersebut?
Iklan tersebut menggunakan bahasa yang menarik dengan ragam bahasa resmi.
Apa yang membuatnya sama atau berbeda dengan kalimat percakapan sehari-hari? Jelaskan!
Ragam bahasa resmi berbeda dengan tagam bahasa yang digunakan dalam percakapan sehari-hari. Ragam bahasa resmi adalah ragam bahasa yang biasa digunakan dalam suasana resmi atau formal, misalnya surat dinas, pidato dan makalah atau karya tulis.

Jika percakapan sehari-hari memiliki bahasa yang berbeda dengan iklan media cetak, maka iklan media elektronik juga memiliki bahasa yang bisa jadi berbeda dengan iklan media cetak.

Ayo Berdiskusi
Bersama dengan teman sebangkumu, lakukanlah kegiatan berikut ini!
  • Tentukan satu iklan media cetak dan satu iklan elektronik yang kamu ketahui.
  • Tuliskan kalimat yang terdapat dalam iklan media cetak dan iklan elektronik tersebut.
  • Diskusikan perbedaan dan persamaan kedua bahasa iklan itu.
  • Identifikasikan ciri-ciri bahasa iklan elektronik sebagai hasil kesimpulan diskusi.
  • Tampilkan hasil diskusi tersebut di depan kelas secara bergantian.
  • Dengarkanlah hasil diskusi pasangan lain secara saksama.
Media CetakMedia Elektronik
Sensodine
Iklan Shampoo
Iklan Sensodyne
Kalimat Iklan
Rangkaian perawatan gigi sensitif dari ahlinya.
Iklan Sunsilk Soft Smooth Conditioner
Kalimat Iklan :
Rambut Ga Kusut, Ga Lepek

Tulislah sebuah kesimpulan singkat dari kegiatan yang baru saja kamu lakukan. Bacakan kesimpulanmu kepada teman sebangkumu. Berikan kesempatan kepada temanmu untuk memberikan masukan dan saran atas kesimpulan yang kamu buat.
Kesimpulan :
Bahasa pada iklan media cetak menggunakan ragam bahasa resmi, sedangkan pada iklan media elektronik cenderung menggunakan ragam bahasa tidak resmi.

Ayo Renungkan
Tuliskan tiga hal yang menurutmu kurang menarik dari pelajaran hari ini. Tuliskan alasan mengapa menurutmu ketiga hal tersebut kurang menarik.Berikan saran untuk membuat kegiatan tersebut menjadi lebih menarik
Salah satu hal yang kurang menarik pada pembelajaran hari ini adalah membuat laporan aktivitas tentang masyarakat. Sebaiknya untuk pengamatan materi jangan terlalu luas sehingga mudah dilaksanakan.

Kegiatan Bersama Orang Tua
Bersama dengan orang tuamu, bacalah kembali penjelasan tentang berbagai aktivitas di lingkungan sekitar. Mintalah orang tuamu untuk memberikan tiga pertanyaan yang berkaitan dengan informasi yang kamu miliki. Jawablah pertanyaan tersebut dengan jelas dan lengkap.
Lima pertanyaan yang berkaitan dengan informasi penyebab gangguan pada sistem pencernaan dan jenis-jenis gangguannya yaitu
  1. Sebutkan dua gangguan sistem pencernaan yang kamu ketahui!
  2. Apa itu diare?
  3. Bagaimana tanda-tanda diare?
  4. Bagimana cara mencegah diare?
  5. Mengapa diare sangat berbahaya?
Jawaban dari lima pertanyaan di atas yaitu
  1. Mag dan diare
  2. Diare adalah buang air besar secara terus-menerus.
  3. Tanda-tanda diare yaitu buang air besar encer dan sering kram perut, nyeri perut, demam, adanya darah dalam tinja, dan perut kembung
  4. Cara mencegah diare dengan minum air yang sudah matang, menjaga kebersihan diri dan lingkungan, mencuci tangan dengan menggunakan sabun, dan tidak mengonsumsi makanan/jajanan sembarangan
  5. Diare sangat berbahaya karena tubuh dapat kekurangan cairan dan nutrisi.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 8:27 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.