Home » » Pembelajaran 2 Tema 3 Subtema 3 Pentingnya Menjaga Asupan Makanan Sehat

Pembelajaran 2 Tema 3 Subtema 3 Pentingnya Menjaga Asupan Makanan Sehat

Pada Pembelajaran 2 Tema 3 Subtema 3 Pentingnya Menjaga Asupan Makanan Sehat akan mempelajari tentang menjelaskan isi iklan dan mendemonstrasikan keunggulan produk/jasa dari iklan tersebut. Dengan melakukan kegiatan dalam kelompok, siswa mengidentifikasikan dan menjelaskan berbagai macam penyakit yang memengaruhi organ pencernaan manusia. Dengan mencermati dan mengemas teks informasi, siswa mengidentifikasikan berbagai jenis karya seni rupa daerah dan fungsinya. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru.

Ayo Membaca
Salah satu hal yang dapat membuat tubuh tetap sehat dan bugar adalah dengan mengonsumsi buah. Bacalah artikel tentang manfaat buah bagi kesehatan di bawah ini.
Buah Lokal Indonesia
Buah dan Manfaatnya
Manfaat buah-buahan untuk kesehatan sangatlah beragam. Buah buahan dapat menghindarkan kita dari berbagai penyakit. Dengan mengonsumsi buah maka kita akan mendapatkan gizi dan menjaga kesehatan kita. Buah juga dapat meningkatkan energi dan kebutuhan vitamin pada tubuh manusia. Berikut adalah beberapa manfaat buah-buahan.
  1. Sumber vitamin. Buah merupakan sumber vitamin dan berbagai jenis vitamin ada di buah.
  2. Sumber air dan gizi. Buah merupakan salah satu sumber air untuk tubuh dan kebutuhan gizi yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh.
  3. Sumber antioksidan. Buah merupakan salah satu sumber antioksidan alami terbesar yang ada di dunia.
  4. Mencegah penyakit tertentu. Buah-buahan merupakan salah satu cara untuk menghindarkan kita agar tidak terserang penyakit berbahaya dan berbagai penyakit lainnya.
  5. Obat luar tubuh. Buah-buahan juga dapat digunakan untuk menggunakan obat luar seperti jerawat, bisul, dan sebagainya.

Buah-buahan sangat penting bagi tubuh kita. Banyak sekali iklan yang mempromosikan tentang buahan-buahan, terutama buah-buahan impor. Padahal buah-buahan dan sayuran lokal pun sama enak dan sama bergizinya, lho!Berikut adalah sebuah percakapan iklan layanan masyarakat tentang buah lokal.

Ayo Bermain Peran
Bacalah dengan saksama dan peragakanlah
Siswa 1:“Lihat apa yang kubawa!”
Siswa 2:“Wah, buah apa itu? Mengapa warnanya ungu agak kemerahan?”
Siswa 1:“Ini buah naga impor, lho! Tak ada duanya. Kalau buah naga lokal itu warnanya putih, sementara ini warnanya unik sekali.”
Siswa 3:“Oh, buah naga, ya? Aku juga suka membeli buah naga. Akan tetapi, aku membeli buah naga hasil petani lokal saja. Manfaat dan rasanya juga sama. Harganya juga jauh lebih murah. Sekalipun warnanya berbeda, bukankah itu tidak memengaruhi manfaatnya?”
Siswa 2:“Iya. Kalau kata ayahku, buah produksi petani lokal itu lebih segar sebab jalur distribusinya lebih pendek. Berbeda dengan buah impor yang membutuhkan banyak pengawet sebab jalur distribusinya lebih panjang. Jadi, selain produksi petani lokal lebih aman untuk dikonsumsi, kita juga turut membantu memberdayakan petani lokal kita.”
Siswa 1:“Oh, begitu, ya. Aku jadi mengerti sekarang. Aku akan memberitahu ayah dan ibuku juga untuk membeli produk buah lokal mulai dari sekarang.

Sebutkan keunggulan buah lokal bila dilihat dari naskah iklan layanan masyarakat di atas.
Beberapa keunggulan buah lokal antara lain
  1. Keunggulan buah lokal antara lain
  2. Harganya jauh lebih murah.
  3. Lebih segar sebab jalur distribusinya lebih pendek.
  4. Buah lokal lebih aman untuk dikonsumsi
  5. Konsumsi buah lokal membantu memberdayakan petani lokal

Dalam kelompok yang berisi lima orang, buatlah sebuah iklan layanan masyarakat untuk media elektronik tentang salah satu buah lokal yang paling banyak terdapat di daerahmu. Tentukan kata-kata kunci untuk percakapan iklanmu.Gunakan kalimat percakapan yang baik dan santun. Peragakanlah iklan layanan masyarakatmu tentang buah lokal di depan kelas secara bergantian
Buah Lokal
Siswa 1 :"Aku punya tebak-tebakan nih. Jika anaknya 1 orang, ibunya berjumlah 2 orang. Jika anaknya 2 orang, maka ibunya berjumlah 1 orang. Jika ibunya 3 orang, maka tidak punya anak. Apa hayoo??"
Siswa 2 :“Wah, apa itu? Kok kayaknya susah ditebak?”
Siswa 1 :“Jawabannya buah salak, buah salak dibagi menjadi 3 buah.  Dan juga terdapat sat keunikan lagi. Jika yang besar 1 buah, maka yang kecil 2 buah. Dan jika yang besar 2 buah, maka yang kecil 1 buah. Tidak pernah dijumpai buah salak yang berisi 4 daging buah.”
Siswa 3 :“Oh, buah salak, ya? Aku juga suka membeli buah salak. Akan tetapi, aku membeli buah salak hasil petani lokal saja. Manfaat dan rasanya juga sama. Harganya juga jauh lebih murah.”
Siswa 4 :“Iya. Kalau kata Pak Guru, buah produksi petani lokal itu lebih segar sebab biasanya langsung dipetik dari pohonnya. Selain itu buah lokal juga bebas dari bahan kimia. Jadi, selain produksi petani lokal lebih aman untuk dikonsumsi, kita juga turut membantu memberdayakan petani lokal kita.”
Siswa 5 : :“Oh, begitu, ya. Aku jadi mengerti sekarang. Aku akan memberitahu orang-orang di sekitarku juga untuk membeli produk buah lokal mulai dari sekarang.”
Siswa 3 : :“Selain lebih murah, menikmati buah lokal juga membuat tubuh semakin sehat. Jadi, jangan ragu untuk mencicipi kesegaran dari buah-buahan lokal dan rasakan kenikmatan sekaligus manfaatnya.”
Siswa 1 : :“Nah, sekarang sudah tahu kan keunggulan buah lokal? Tapi aku maih punya satu tebakan lagi, nih. Begini, Buah apa yang nggak bisa dimakan”
Siswa 3 :“Pasti buah  jambu monyet itu? Betul kan tebakanku?”
Siswa 1 :“Jawabanmu salah yang benar adalah buah hati, Hahahah....."
(sambil pergi meninggakan teman-temannya)

Kata Kunci :
  1. Buah Salak
  2. Buah lokal
  3. Tubuh sehat

Simaklah percakapan antara Beni dan Edo !
Beni:“Tahu tidak kamu? Ternyata buah pisang banyak sekali manfaatnya. Salah satu manfaatnya adalah untuk mengatasi gangguan pencernaan”
Edo:“Wah, serius kamu?”
Beni:“Iya, buah pisang juga termasuk buah lokal dan banyak sekali manfaatnya. Coba kita simak informasi berikut ini.”

Manfaat Buah Pisang bagi Pencernaan
Pisang dapat mencegah mag dan luka akibat gangguan pencernaan karena teksturnya yang lembut. Pisang dapat menetralisir iritasi pada bagian dalam perut.
Manfaat Pisang
Daging buah pisang yang lembut melapisi dinding-dinding lambung dan usus sehingga dapat menjadi lapisan anti radang. Pisang sangat membantu bagi mereka yang mengalami masalah peradangan lambung atau usus.

Pisang yang dicampur susu dan air atau dimasukkan dalam segelas susu cair dapat dihidangkan sebagai obat penyakit usus. Juga dapat direkomendasikan untuk pasien sakit perut dan untuk menetralkan keasaman lambung.

Bergabunglah kembali dengan kelompok poster sistem pencernaanmu. Bawa juga poster yang telah dibuat. Perhatikan instruksi dari gurumu untuk kegiatan berikutnya.

Peraturan Permainan
  1. Guru akan menunjukkan nama-nama gangguan sistem pencernaan satu per satu
  2. Tiap-tiap kelompok harus dapat menuliskan tentang: 1) Apa yang dimaksud dengan gangguan sistem pencernaan? 2) Penyebab 3) Gejala 4) Bagian organ mana yang terserang/terinfeksi 5) Cara pencegahan atau penyembuhannya
  3. Guru hanya akan memberikan waktu 5 menit untuk mendiskusikan tiap-tiap gangguan yang dimaksud.
  4. Setelah guru selesai menunjukkan jenis-jenis gangguan sistem pencernaan, guru akan memberikan waktu 30 menit kepada setiap kelompok untuk menyiapkan hasil diskusinya.
  5. Pada tahap akhir, guru akan membimbing siswa di kelas dalam sesi diskusi kelas mengenai jenis-jenis gangguan pencernaan tersebut.
  6. Guru akan memberi kesempatan kepada satu kelompok yang ia tunjuk untuk membahas mengenai salah satu jenis gangguan yang dimaksud.
  7. Kelompok lain diharapkan menyimak dengan baik agar kemudian dapat memberikan masukan ataupun mengoreksi bahasan dari kelompok yang bersangkutan.

1. Mag
Nama GanguanKeterangan
MagPenjelasanMag merupakan gangguan akibat peradangan pada lambung
PenyebabLuka pada lambung yang tidak segera terobati dan berakibat infeksi bakteri Helicobacter pylori.
GejalaGejala berupa nyeri perut bagian atas, mual, dan muntah.
Organ yang terserangLambung
Cara MengataiPenanganan tergantung pada penyebabnya. Antibiotik dan antasida dapat membantu.

2. Diare
Nama GanguanKeterangan
DiarePenjelasanDiare merupakan penyakit saluran pencernaan yang disebabkan oleh infeksi bakteri, parasit, maupun virus. 
PenyebabInfeksi virus pada usus besar dan alergi makanan.
GejalaGejala berupa diare meliputi perut kembung atau kram, tinja encer, rasa mulas, atau terkadang mual dan muntah.
Organ yang terserangUsus halus
Cara MengataiBiasanya, diare akan sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari. Hal yang perlu dilakukan adalah dengan beristirahat yang cukup dan banyak minum supaya tidak mengalami dehidrasi..

3. Kolera
Nama GanguanKeterangan
KoleraPenjelasanKolera adalah penyakit diare akut, yang disebabkan oleh infeksi usus akibat terkena bakteria Vibrio Cholerae.
PenyebabPenyebab infeksi kolera adalah bakteri bernama Vibrio cholerae.
GejalaGejala ini bisa muncul secara tiba-tiba. mual dan muntah, kram perut, dan dehidrasi. 
Organ yang terserangUsus
Cara MengataiPemberian oralit, untuk menggantikan cairan dan elektrolit yang hilang. Untuk kasus yang parah dibutuhkan penggantian cairan intravena (infus).

4. Konstipasi
Nama GanguanKeterangan
KonstipasiPenjelasanKonstipasi atau “sembelit” adalah gejala fases mengeras sehingga susah dikeluarkan.
PenyebabSembelit disebabkan oleh adanya penyerapan air pada sisa makanan yang berlebihan.
GejalaHarus mengejan saat buang air besar., Proses buang air besar terasa tidak tuntas., Tinja terlihat kering, keras, atau bergumpal.
Organ yang diserangUsus besar
Cara MengataiBanyak memakan buah-buahan dan sayur-sayuran berserat serta minum banyak air dapat mencegah gangguan ini.

5. Gastritis
Nama GanguanKeterangan
GastritisPenjelasanGastritis merupakan penyakit atau gangguan dimana dinding lambung mengalami peradangan
PenyebabGangguan ini disebabkan karena kadar asam klorida atau Hcl terlalu tinggi. Selain itu, Gastritis juga dapat disebabkan karena penderita mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung kuman penyebab penyakit
GejalaNyeri yang menggerogoti dan panas di dalam lambung, Hilang nafsu makan, Cepat merasa kenyang saat makan, Perut kembung, Cegukan, Mual, Muntah, dan Sakit perut
Organ yang terserangLambung
Cara MengataiMembagi porsi makan Anda ke jadwal makan baru dan hindari makanan berminyak, asam, atau pedas.

6. Apendistis

Nama GanguanKeterangan
ApendistisPenjelasanApendisitis merupakan gangguan sistem pencernaan yang mana umbai cacing atau usus buntu mengalami peradangan.
PenyebabApendisitis ini biasanya terjadi ketika ada sisa-sisa makanan yang terjebak serta tidak bisa keluar di umbai cacing.
GejalaNyeri perut di sekitar pusar, Nyeri di sisi kanan bawah, demam, Gangguan pencernaan, seperti diare, sembelit, mual, dan muntah, Nafsu makan berkurang, dan Perut kembung.
Organ yang terseranUsus besar
Cara MengataiPenyakit usus buntu dapat ditangani dengan operasi pengangkatan usus buntu yang disebut apendektomi. Makan makanan berserat, Mengonsumsi makanan probiotik, Mencukupi asupan air putih dalam tubuh

Ternyata buah-buahan dan segala sesuatu yang berasal dari alam sejak dahulu dijadikan inspirasi untuk karya seni rupa daerah. Salah satunya seperti yang terdapat dalam batik Semarang. Sedikit ulasan tentang batik akan diberikan di bawah ini

Jawa Tengah merupakan daerah penghasil kain batik terbesar di Nusantara. Batik Jawa Tengah memiliki corak yang khas. Daerah penghasil batik di Jawa Tengah yang paling menonjol adalah Pekalongan, Solo, dan Semarang. Pusat penghasil batik terkenal lainnya adalah Yogyakarta. Batik Yogyakarta dan Solo lebih banyak didominasi warna cokelat dan biru tua. Untuk motif batik Yogyakarta sendiri ada bermacam-macam seperti motif parang, babon angrem, dan wahyu tumurun.

Batik Pekalongan memiliki ciri pesisir dengan corak yang khas. Coraknya banyak mendapat pengaruh dari Cina yang dinamis dan kaya akan warna. Batik Pekalongan banyak didominasi warna cerah, hijau, kuning, merah, dan merah mudah serta didominasi motif bunga. Untuk batik, Semarang banyak didominasi warna cokelat, kuning, hijau, hitam dengan motif alam seperti bunga, daun, dan burung.

Batik merupakan contoh karya seni rupa daerah. Bersama-sama dengan kelompokmu, lakukanlah kegiatan berikut.
  1. Carilah informasi tentang beragam karya seni rupa daerah yang terdapat di daerahmu dan juga daerah-daerah lain di Indonesia. Informasi dapat diperoleh melalui internet, koran, atau majalah.
  2. Sajikan informasi tersebut dalam bentuk berita koran.
  3. Gunakan kertas A4 beberapa lembar dan lengkapi dengan gambar karya seni yang bersangkutan.
Mengenal Batik Banyumas
Ayo Renungkan 
Tuliskan lima hal yang menurutmu bermanfaat yang kamu lakukan hari ini. Tuliskan juga lima hal yang akan kamu lakukan untuk menjaga kesehatanmu, terlebih menjaga kesehatan organ pencernaan.
Lima hal yang bermanfaat hari ini adalah menjelaskan isi iklan dan mendemonstrasikan keunggulan produk/jasa dari iklan mengidentifikasikan dan menjelaskan berbagai macam penyakit yang memengaruhi organ pencernaan manusia,  mengidentifikasikan berbagai jenis karya seni rupa daerah dan fungsinya. Lima hal yang akan aku lakukan untuk menjaga kesehatan organ pencernaan antara lain makan makanan bergizi, menghindari makanan yang pedas, memerikasakan kesehatan pencernaan, makan secara teratur dan istirahat yang cukup.
Kegiatan Bersama Orang Tua
Bersama dengan orang tuamu bacalah kembali informasi tentang karya seni daerah yang kamu buat. Mintalah orang tuamu untuk menceritakan pengalamannya atau pengetahuannya tentang karya seni daerah.
Karyas seni daerah batik Banyumas menurut orang tuaku sudah digunakan oleh banyak kalangan masyarakat terutama masyarakat bakubapten banyumas.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 11:39 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.