Home » » Pembelajaran 1 Tema 3 Subtema 3 Pentingnya Menjaga Asupan Makanan Sehat

Pembelajaran 1 Tema 3 Subtema 3 Pentingnya Menjaga Asupan Makanan Sehat

Pada Pembelajaran 1 Tema 3 Subtema 3 Pentingnya Menjaga Asupan Makanan Sehat akan mempelajari tentang memperagakan iklan elektronik, siswa menjelaskan isi iklan dan mendemonstrasikan keunggulan produk/jasa dari iklan tersebut Dengan membuat karya poster, siswa mengidentifikasikan dan menjelaskan berbagai macam penyakit yang mengganggu organ pencernaan manusia. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru. Berikut ini kegiatan Pembelajaran 1 Tema 3 Subtema 3 Pentingnya Menjaga Asupan Makanan Sehat.

Pagi itu Siti, Lani, dan teman-temannya berbincang mengenai pembelajaran yang telah mereka lakukan sebelumnya. Apa yang mereka perbincangkan?Bacalah teks percakapan mereka berikut ini
Lani:“Aku jadi teringat saat penyakit magku kambuh beberapa waktu yang lalu.”
Siti:“Iya, aku juga masih ingat. Betapa pentingnya menjaga kesehatan pencernaan ya? Saat pencernaan kita sakit, pastinya tidak akan ada asupan makanan yang maksimal untuk tubuh kita.”
Dayu:“Kalau aku pernah merasakan sakit gigi. Wah, aku betul-betul tidak bisa makan saat itu. Perut terasa melilit karena lapar, tetapi gusiku membengkak karena sakit gigi.”
Siti:“Betul! Gigi merupakan bagian dari organ penyusun sistem pencernaan kita yang berada di rongga mulut. Gigi, lidah, dan ludah bekerja sama mencabik, memotong, dan menggerus makanan hingga berukuran kecil-kecil. Makanan yang sudah berukuran kecil tersebut dibolak-balik oleh lidah dan dengan bantuan ludah yang menyelubunginya, makanan dapat dengan mudah meluncur ke dalam esofagus.
Lani:“Kemudian esofagus dengan gerakan peristaltiknya membuat makanan terus bergerak dan pada akhirnya masuk ke dalam lambung yang dipenuhi dengan cairan asam lambung
Dayu:“Menarik sekali, ya, perjalanan makanan ini!”
Lani:“Jangan lupa, saluran pencernaan membantu tubuh memperoleh zat-zat makanan yang dibutuhkan untuk tumbuh. Tanpa bantuan zat pencernaan, kita tidak akan berkembang dan tubuh kita tidak akan mampu melindungi fungsi-fungsi organ tubuh yang lain. Makanan dibutuhkan agar organ-organ tubuh mampu bekerja dengan baik.”
Siti:“Mengingatkanku pada beberapa iklan di televisi yang mempromosikan obat yang dapat membantu mengurangi sakit mag, membantu mengatasi perut yang kembung akibat gas yang berlebih, serta mengurangi panas dalam dan sariawan. “

Ayo Bermain
PeranBerikut adalah beberapa contoh iklan di televisi yang mempromosikan tentang obat untuk mengatasi sakit pada sistem pencernaan. Dalam kelompok-kelompok kecil, cobalah untuk memeragakan iklan-iklan tersebut.

Obat Sakit Perut PSP (Pil Sakit Perut)
Laki-laki 1:“Aduh!” (meringis sambil memegangi perutnya)
Perempuan 1:“Makan yang tidak benar, membuat perut jadi tidak enak!” 
Laki-laki 2:“Tidak bawa PSP, ya?” (tersenyum sambil memegang obat PSP)”
Narator:“Untuk gangguan perut karena bakteri, makanan pedas, asam, dan gas, segera atasi dengan minum PSP dalam satu sachet pil-pil kecil alami. Atasi penyebab sakit perut hingga ke pelosok.”.
Laki-laki 1:“Minta obatnya!”
Laki-laki 2:“Minta? Beli!” (sambil tertawa)
Narator:“Perut tidak enak, pilih yang benar! PSP.”

Jelaskan isi dari iklan:
Iklan mengenai produk obat sakit perut yang bentuknya kecil alami dan bermanfaat dalam mengatasi penyebab sakit perut. 
Dalam kelompok kecil, diskusikan keunggulan yang terdapat dalam produk iklan:
Iklas di atas memiliki keunggulan produk yaitu pilnya bentuknya kecil alami dan mengatasi penyebab sakit perut
Pilihlah satu orang untuk tetap berada di tempat kelompok, sementara yang lain pergi mengunjungi kelompok-kelompok yang lain untuk mendiskusikan keunggulan produk iklan. Tuliskan hasil diskusi dari kelompok-kelompok yang dikunjungi. Setelah selesai, kembali ke kelompok masing-masing dan kemukakan hasil diskusi yang diperoleh.

Ayo Mencoba
Bersama teman sekelompok, cobalah peragakan iklan elektronik. Namun, sebelumnya rancanglah iklan elektronik tersebut dengan rapi. Gunakan pedoman berikut.
  • Jika kamu mendapat kesempatan membuat iklan obat untuk mengatasi sakit pada sistem pencernaan, obat apakah yang akan kamu iklankan? (obat diare)
  • Apa kelebihan dari obat yang kamu miliki bila dibandingkan dengan yang lain?(Obat ini berperan aktif dalam memperkuat dinding lambung dan usus kecil berkat kandungan agen sitoprotektifnya)
  • Apa yang membuat sebuah iklan di media elektronik tersebut menarik untuk ditonton?(Penggunaan bahasa dan menyertakan informasi detil produk)
  • Manakah yang membuat iklan di atas menarik jika dilihat dari bentuk percakapannya? Berikan alasanmu!(Detil produknya, karena iklan tersebut menjelaskan kelebihan dari obat tersebut)

Obat Diare Scantona
Pria 1:“Aduh perutku mulas!” (meringis sambil memegangi perutnya)
Wanita 1:“Makanya makan makanan yang bebas bakteri, sehingga perut tidak mulas!” 
Pria 2:“Tidak bawa Scantoma, ya?” (tersenyum sambil memegang obat Scantoma)”
Narator:“Untuk gangguan perut karena bakteri atau virus, gula pada susu, penyakit usus, dan stress segera atasi dengan minum Scantoma. Scantoma mengatasi penyebab diare hingga tuntas. Scantoma berperan aktif dalam memperkuat dinding lambung dan usus kecil berkat kandungan agen sitoprotektifnya!”
Pria 1:“Minta Scantomanya!”
Pria 2:“Minta? Beli!” (sambil tertawa)
Narator:“Perut tmulas karena diare, pilih yang benar! Scantoma. Scantoma datang diare hilang!”

Bacalah percakapan Edo dan Beni di bawah ini
Edo:“Wah, ternyata menarik sekali ya kegiatan belajar kita hari ini”.
Beni:“Iya Do, sedari tadi aku memperhatikan betapa asyiknya kamu mengerjakan semua tugas. Kamu sampai lupa makan siang ya?”
Edo:“Oh iya Beni… aku sampai lupa. Bahaya nih, mag ku bisa kambuh lagi. Padahal setelah ini kita akan belajar sistem pencernaan. Aku perlu energi agar dapat konsentrasi pada pelajaran berikutnya.”
Beni:“Betul sekali Do, tubuh memerlukan energi yang di dapat dari makanan yang kita konsumsi dan dicerna oleh sistem pencernaan tentunya. Ayo Do, kamu makan siang dulu.”
Edo:“Baiklah. Terima kasih ya Ben sudah mengingatkan

Benar sekali apa yang dikatakan Edo. Salah satu ciri makhluk hidup adalah memerlukan makanan. Makanan yang telah dimakan akan diuraikan dalam sistem pencernaan menjadi sumber energi, komponen penyusun sel dan jaringan, dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Salah satu sistem kompleks dalam tubuh adalah sistem pencernaan. Nah, apa sajakah bagian-bagian dari sistem pencernaan pada manusia? Masih ingat kah kamu pembelajaran mengenai organ-organ dalam sistem pencernaan manusia?

Ayo Berkreasi
Buatlah kelompok yang terdiri atas empat siswa. Setiap kelompok akan membuat diagram sistem pencernaan berikut nama dan fungsi tiap-tiap organ di dalamnya.Baca dan ikutilah langkah pengerjaan berikut.
  1. Pilihlah ketua kelompok dan mintalah diagram kosong tubuh manusia kepada gurumu.
  2. Buatlah daftar organ-organ yang termasuk di dalam sistem pencernaan manusia.
  3. Agar pengerjaan lebih cepat, ketua kelompok perlu mendelegasikan tugas kepada tiap-tiap anggota untuk menggambar organ-organ tersebut. Berilah warna dan gunting dengan rapi.
  4. Urutkan dan tempel organ-organ tersebut pada diagram tubuh manusia yang kamu dapat dari gurumu.
  5. Tuliskan fungsi dari tiap-tiap organ dengan rapi pada kertas kerja atau dapat juga pada kertas kecil terpisah dan ditempel di dekat organ yang bersangkutan.
  6. Bekerja samalah dengan baik, manfaatkan waktumu semaksimal mungkin karena gurumu akan memperhatikan cara bekerja dalam kelompok.
  7. Selamat belajar
diagram sistem pencernaan
Ayo Renungkan
Apabila kamu diminta untuk menjelaskan kembali salah satu topik pembelajaran hari ini, topik apa yang akan kamu pilih?Mengapa kamu memilih topik tersebut?Persiapan apa yang akan kamu lakukan supaya kamu bisa menjelaskan topik tersebut dengan lengkap, tepat, dan menarik?
Topik yang akan aku pilih adalah diagram sistem pencernaan manusia. Topik yang dipilih sebaiknya topik yang menarik perhatian kita. Saya akan belajar lebih mendalam tentang sistem pencernaan manusia.
Kegiatan Bersama Orang Tua
Bersama dengan orang tuamu, buatlah ringkasan singkat tentang organ yang menyusun sistem pencernaan beserta fungsinya masing-masing. Identifikasi macam gangguan pada sistem pencernaan yang berkaitan dengan organ tersebut
Ringkasan Organ Pencernaan dan Fungsinya
  1. Mulut. Fungsi utama verbal ialah menghancurkan masakan sehingga ukurannya menjadi kecil
  2. Kerongkongan. Fungsi utama kerongkongan ialah memindahkan masakan ke dalam lambung dengan gerakan peristaltik.
  3. Lambung. Fungsi utama lambung ialah untuk memecah masakan dan mencampur dengan enzim dan asam
  4. Usus Halus. Fungsi utama usus halus ialah menyerap sebagian besar nutrisi dalam makanan
  5. Usus Besar. Fungsi utama usus bsar ialah peresapan air dan pembetukkan feses
  6. Anus. Fungsi utama anus ialah pengeluaran sisa-sisa masakan yang sudah tidak diharapkan oleh badan melalui organ anus.

Macam gangguan pada sistem pencernaan
  1. Sariawan (mulut)
  2. Tonsillitis (kerongkongan)
  3. Diare (usus halus)
  4. Sembelit (Uuus besar)
  5. Sakit Maag (lambung)
  6. Gastroesophageal reflux disease (GERD) (lambung)
  7. Gastritis (lambung)
  8. Wasir atau ambeien (anus)
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 7:46 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.