Home » » Pembelajaran 2 Tema 3 Subtema 1 Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan

Pembelajaran 2 Tema 3 Subtema 1 Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan

Pada Pembelajaran 2 Tema 3 Subtema 1 Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan akan mempelajari tentang mengenal dan menyebutkan unsur-unsur iklan. Dengan menggali informasi dari teks bacaan, siswa mampu mendeskripsikan organ-organ pencernaan pada manusia. Dengan membuat bagan dan model, siswa mampu membedakan organ pencernaan hewan dan manusia. Dengan menyimak penjelasan dan mencermati teks informasi, siswa mampu menjelaskan ciri-ciri lagu bertangga nada mayor dan minor Dengan menyanyi dan mengiringi nyanyian dengan alat musik, siswa mampu bermain alat musik sederhana. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru.

Sarapan penting bagi tubuh kita. Sarapan yang sehat memberikan energi bagi tubuh kita.Setujukah kamu jika sarapan itu penting? Apakah kamu selalu sarapan pagi? Berikan pendapatmu dalam diskusi kelas.

Selain mengonsumsi makanan yang sehat, minum air bening juga sangat penting bagi kesehatan kita.

Ayo Mengamati
Apakah yang seharusnya terdapat dalam sebuah gambar iklan? (Gambar dan tulisan yang menarik dan mendukung kata kunci dalam iklan). Apakah kata kunci yang dapat kamutemukan dalam iklan tersebut? (Pentingnya Air Bagi Tubuh) . Apa makna yang terdapat dalam kata kunci tersebut? (Tubuh menjadi sehat karena asupan air yang cukup)
Gambar Iklan
Amatilah gambar iklan di atas!Iklan memiliki fungsi untuk mempromosikan sesuatu. Di dalam iklan terdapat kata kunci serta gambar yang mendukung kata kunci tersebut.

Kalimat yang menarik dan mudah dipahami serta gambar yang menarik menjadi hal penting dalam sebuah iklan. Kalimat yang bersifat persuasif atau mengajak sangat penting untuk ditampilkan. Kalimat tersebut bertujuan untuk menarik minat pembaca akan maksud yang ingin disampaikan dalam suatu iklan.

Ayo Berdiskusi
Diskusikan secara berkelompok beberapa hal berikut ini dengan menjadikan iklan pada halaman 12 sebagai bahan observasi.

1. Bertutur tentang apakah iklan tersebut?
Iklan di atas bertutur tentang pentingnya air bagi tubuh manusia.
2. Kepada siapa iklan tersebut ditujukan?
Iklan di atas ditujukan kepada siapa saja yang membaca iklan tersebut.
3. Apakah makna dari gambar yang ditampilkan di iklan tersebut?
Makna dari gambar adalah tubuh menjadi sehat karena asupan air yang cukup (gambar tubuh anak yang sehat dan memegang segelas besar air putih)
4. Menurut pendapatmu, mengapa pembuat iklan memilih kalimat dan gambar tersebut?
Pembuat iklan membuat kalimat tersebut karena kalimatnya sederhana tetapi pesan yang disampaikan jelas

Lakukanlah kegiatan berbagi informasi antarkelompok.
Pilihlah salah satu teman sekelompokmu untuk menjelaskan hasil diskusi kelompok kepada kelompok lain yang mengunjungi kelompokmu. Sementara itu, teman-teman sekelompokmu yang lain berpencar mengunjungi kelompok lain untuk memperoleh hasil diskusi kelompok mereka. Pastikan kelompokmu mengunjungi lebih dari tiga kelompok. Tuliskan hasil diskusi dari tiga kelompok tersebut di dalam tabel seperti berikut (hanya contoh)
PertanyaanKelompok IKelompok IIKelompok III
Bertutur tentang apakah iklan tersebut?Iklan bertutur tentang pentingnya air bagi tubuh manusia.Iklan bertutur tentang manfaat air bagi tubuhIklan menceritakan tentang air minum
Kepada siapa iklan tersebut ditujukan?Iklan ditujukan kepada siapa saja yang membaca iklan tersebut.Kepada setiap orang yang melihat iklanIklan ditujukan kepada pembaca iklan
Apakah makna dari gambar yang ditampilkan di iklan tersebut?Makna dari gambar adalah tubuh menjadi sehat karena asupan air yang cukupMakna gambar pada ikaln adalah tubuh sehat karena minum airMakna gambar tubuh menjadi sehat karena air
Menurut pendapatmu, mengapa pembuat iklan memilih kalimat dan gambar tersebut?Kalimatnya sederhana tetapi pesan yang disampaikan jelasKalimat sederhana dan gambar menarikKalimat iklan mendukung gambar iklan

Ayo Membaca
Salah satu ciri makhluk hidup adalah memerlukan makanan. Makanan yang telah dimakan akan diuraikan dalam sistem pencernaan menjadi sumber energi, komponen penyusun sel dan jaringan, serta nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Sistem pencernaan merupakan salah satu sistem kompleks yang terdapat dalam tubuh kita. Nah, apa sajakah bagian-bagian dari sistem pencernaan manusia? Tanpa kita sadari dan tanpa harus diperintah, sistem pencernaan bekerja dengan sendirinya. Menakjubkan, bukan?

Setelah kamu mempelajari sistem pencernaan pada sapi, sekarang perhatikan sistem pencernaan pada manusia seperti pada gambar di bawah ini.
Organ Pencernaan Manusia
Ayo Berkreasi
Berdasarkan gambar sistem pencernaan pada manusia, coba kamu buat diagram alur perjalanan makanan dari rongga mulut hingga keluar melalui anus pada kolom berikut.
Sistem Pencernaan Pada Manusia
Sistem pencernaan pada tubuh manusia berfungsi untuk menghancurkan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Makanan yang semula dalam bentuk kasar dapat berubah menjadi bentuk yang lebih halus dengan bantuan gigi dan enzim. Dalam hal ini, enzim pencernaan dapat mempermudah proses penyerapan sari makanan.

Selain itu, sistem pencernaan juga berfungsi untuk membuang sisa–sisa makanan yang sudah tidak diperlukan tubuh. Keberadaan zat-zat sisa tersebut dapat menjadi racun bagi tubuh manusia jika tidak dikeluarkan.

Berikut ini adalah proses pencernaan makanan pada manusia.
No.OrganKeterangan
1.MulutIngesti: proses memasukkan makanan melalui mulut.
Mastikasi: proses pengunyahan makanan menggunakan gigi.
2.KerongkonganDeglutisi: proses menelan makanan di kerongkongan.
3.LambungDigesti: proses pemecahan makanan dari zat yang kompleks menjadi molekul–molekul yang lebih sederhana dengan bantuan enzim yang ada di lambung.
4.Usus HalusAbsorpsi: proses penyerapan sari–sari makanan yang terjadi di usus halus
5.Usus BesarPenyerapan air dan pembetukkan feses.
6.AnusDefekasi: proses pengeluaran sisa–sisa makanan yang sudah tidak diperlukan oleh tubuh melalui organ anus.

Ayo Berlatih
Coba kamu bandingkan diagram yang kamu buat dengan penjelasan mengenai proses pencernaan makanan di atas. Apakah ada kesamaannya?

Sekarang, bandingkan diagrammu dengan diagram teman sebangkumu.Coba kamu tuliskan pemahamanmu mengenai sistem pencernaan pada manusia. Apa saja fungsi umum dari sistem pencernaan manusia ?
Untuk mencerna makanan yang masuk kedalam tubuh manusia yang dijadikan sebagai sumber energi

Apa yang akan terjadi apabila salah satu organ dalam sistem pencernaan tidak berfungsi dengan baik?
Jika salah satu organ dalam sistem pencernaan rusak atau tak berfungsi,maka makanan yang kita makan akan sulit untuk dicerna di dalan tubuh dan bisa menimbulkan penyakit

Ayo Berkreasi
Membuat poster sistem pencernaan manusia Buatlah kelompok kerja yang terdiri atas lima orang. 

Bersama dengan teman sekelompokmu, buatlah poster tentang sistem pencernaan manusia. Setiap organ dalam sistem pencernaan dibuat dengan warna yang berbeda agar mudah dimengerti.

Sebelumnya, carilah informasi dari buku teks lainnya atau bertanya kepada gurumu mengenai fungsi dari masing-masing organ dalam sistem pencernaan manusia. Tulislah serapih mungkin dengan menggunakan huruf yang cukup besar sehingga dapat dibaca dari jarak yang cukup jauh.
Poster SIstem Pencernaan Manusia
Ayo Mencoba
Bandingkan sistem pencernaan seekor sapi dengan sistem pencernaan manusia kemudian cata tpersamaan dan perbedaannya. Selanjutnya, presentasikan hasil yang kamu peroleh di depan kelas.
No.AspekPersamaanPerbedaan
1.OrganMemiliki gigi dan taring



Memiliki lambung



Menghasilkan air liur

Manusia memiliki gigi taring yang kuat dan tajam, tetapi mereka tumpul pada sapi.

Lambung sapi adalah rumen kompleks tetapi lambung manusia adalah organ yang sederhana.

Sapi menghasilkan air liur lebih banyak daripada manusia.
2.Proses pengunyahan
Makanan
Makanan dikunyah untuk dihaluskan dengan gigi gerahamSapi mengunyah makanan sebanyak dua kali sedangkan pada manusia makanan dikunyah dan ditelan 
3.Proses penyerapan
sari-sari makanan
Proses penyerapan sari-sari makanan menggunakan enzimSistem pencernaan manusia memiliki enzimuntuk mencerna protein tetapi tidak pada sistem sapi. Sapi yang hanya bisa mencerna karbohidrat seperti selulosa di rumput.

Manusia memiliki sistem pencernaan yang lebih panjang daripada yang dilakukan sapi.

Sapi melakukan pengunyahan ulang sebelum makanan diserap, sedangkan manusia tidak
4.Proses pengeluaranDikeluarkan melalui anusFeses manusia adalah berwarna kekuningan, tetapi hitam kehijauan pada sapi.

Pada sapi fesesnya belum mengalami pembusukan dengan bantuan bakteri Escherichia coli di usus seperti pada sistem pencernaan pada manusia

Presentasikan hasil perbandinganmu di depan kelas.Perhatikan presentasi kelompok-kelompok lain kemudian catatlah perbedaannya dengan hasil kelompokmu.

Ayo Bernyanyi
Semua orang ingin selalu hidup sehat. Hidup sehat merupakan hal yang sangat berharga dalam kehidupan. Berikut adalah sebuah lagu tentang hidup sehat dengan judul Mars Hidup Sehat.
Mars Hidup Sehat
Simak Video Mars Hidup Sehat berikut ini !
Dalam lagu Mars Hidup Sehat di atas terdapat tangga nada tertentu. Tangga nada sendiri terbagi atas tangga nada mayor dan minor. Seperti apakah ciri lagu dengan tangga nada mayor dan minor? Bacalah bacaan di bawah ini dengan saksama.

Berikut ini adalah ciri-ciri lagu dengan tangga nada mayor:
  • Lagunya bersifat riang gembira
  • Terdengar bersemangat
  • Umumnya diawali dan diakhiri dengan nada do

Berikut ini adalah ciri-ciri lagu dengan tangga nada minor:
  • Lagunya bersifat sedih
  • Terdengar kurang bersemangat
  • Umumnya diawali dan diakhiri dengan nada La

Ayo Mencoba
Kamu telah mengenal dan menyanyikan lagu Mars Hidup Sehat. Menurutmu, apakah lagu tersebut termasuk ke dalam lagu dengan tangga nada mayor atau minor? Tuliskan pendapatmu pada kolom berikut.
Lagu Mars Hidup Sehat memiliki tangga nada mayor karena lagu mars tersebut dinyanyikan dengan penuh semangat, riang gembira, dan diawali dan diakhiri dengan nada do.

Berikan dua contoh lagu nasional atau lagu daerah yang menurutmu memiliki tangga nada:
  • Tangga nada mayor : Lagu Nasional Indonesia Raya dan Maju Tak Gentar. Lagu Daerah Gundul Pacul dan Ampar-Ampar Pisang.
  • Tangga nada minor : Lagu Nasional Syukur dan Gugur Bunga. Lagu Daerah : Bubuy Bulan dan Butet
Mintalah pendapat temanmu tentang jawaban yang kamu pilih.

Ayo Renungkan
Tuliskan hal-hal yang sudah kamu lakukan bersama temanmu di sepanjang hari ini!Adakah hal-hal yang masih sulit untuk kamu pahami? Apa yang akan kamu lakukan untuk mengatasi kesulitan tersebut?
Hari ini saya sudah belajar bersama-sama teman mengenai unsur-unsur iklan, organ-organ pencernaan pada manusia, membedakan organ pencernaan hewan dan manusia, ciri-ciri lagu bertangga nada mayor dan minor, dan bermain alat musik sederhana. Hal yang masih sulit saya pahami adalah unsur-unsur iklan. Saya akan mencari sumber lain tentang unsur-unsur iklan.
Kegiatan Bersama Orang Tua
Masih ingatkah kamu tentang kegiatan yang kamu lakukan bersama orang tuamu di hari sebelumnya?Teruskan kegiatanmu dengan mencari informasi tentang organ pencernaan ikan. Tuliskan dan gambarkan informasi-informasi yang kamu dapatkan dalam buku latihanmu.

Organ Pencernaan Ikan
Walaupun bentuk saluran pencernaan ikan dari depan sampai ke belakang hampir sama, tetapi masih dapat dibedakan masing-masing bagian, sebagai berikut:
Organ Pencernaan Ikan
  • Mulut, pada bagian rahangnya terdapat gigi-gigi kecil. Fungsi mulut pada ikan adalah sebagai alat untuk memasukkan makanan. Makanan oleh ikan tidak dikunyah atau dicerna seperti pada hewan bertulang belakang lainnya kecuali beberapa jenis ikan pemakan tumbuhan. 
  • Pangkal tenggorokan (pharynx), merupakan lanjutan rongga mulut yang terdapat di daerah sekitar insang. Lapisan permukaan faring hampir sama dengan rongga mulut, Jika benda yang ditelan bukan makanan maka akan dibuang melalui insang
  • Kerongkongan (esophagus), sangat pendek dan merupakan lanjutan dari pharynx, berbentuk seperti kerucut dan terdapat di belakang daerah insang. Kerongkongan berbentuk seperti pipa, mengandung lendir untuk membantu penelanan makanan. Pada ikan laut esophagus berperan dalam penyerapan garam.
  • Lambung, merupakan lanjutan dari esophagus dan berupa saluran memanjang yang agak membesar. Lambung berfungsi sebagai penampung makanan. Pada ikan yang tidak berlambung fungsi penampung makanan digantikan oleh usus depan yang dimodifikasi menjadi kantong yang membesar.
  • Pylorus, pylorus berfungsi sebagai pengatur pengeluaran makanan, pada beberapa spesies tertentu, di bagian akhir ventrikulus terdapat tonjolan-tonjolan berbentuk kantong buntu yang disebut pylorus. Kantong buntu ini berguna untuk memperluas permukaan dinding ventrikulus agar pencernaan dan penyerapan makanan dapat berlangsung lebih sempurna.
  • Usus, berbentuk seperti pipa panjang yang berkelok-kelok dan sama besarnya, berakhir dan bermuara keluar pada lubang anus. Usus merupakan bagian terpanjang dari saluran penceraan. Pada bagian depan usus terdapat dua saluran yang masuk ke dalam yaitu saluran yang berasal dari kantung empedu dan yang berasal dari pankreas. Usus berfungsi sebagai penyerapan sari makanan.
  • Anus. Anus merupakan ujung dari saluran pencernaan. Pada ikan bertulang sejati anus terletak di sebelah depan saluran genital. Anus berfungsi untuk mengeluarkan sisa-sisa pencernaan.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 9:10 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.