Home » » Pembelajaran 4 Tema 9 Subtema 2 Benda Angkasa Luar dan Rahasianya

Pembelajaran 4 Tema 9 Subtema 2 Benda Angkasa Luar dan Rahasianya

Pada Pembelajaran 4 Tema 9 Subtema 2 Benda Angkasa Luar dan Rahasianya kita akan mempelajari tentang menjelaskan perubahan budaya akibat modernisasi, menjelaskan peristiwa yang dialami tokoh dalam cerita fiksi, menceritakan peristiwa yang dialami tokoh dalam cerita, dan menyajikan hasil telaah tentang peristiwa persatuan dan kesatuan dalam masyarakat. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru Anda. Simak kegiatan pembelajarannya berikut ini.
Stasiun Bumi Jatiluhur
Tahukah kamu gambar apakah itu? Gambar itu adalah sebuah stasiun bumi yang menerima informasi yang dikirim oleh satelit. Stasiun bumi itu terletak di Jatiluhur, Jawa Barat. Melalui stasiun ini data dan informasi yang dikirimkan satelit akan diterima untuk diteruskan..

Ayo Berdiskusi
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah memungkinkan manusia menjelajah hingga angkasa luar. Hal tersebut dilakukan untuk memenuhi kebutuhan manusia di bumi yang semakin beragam karena pengaruh modernisasi. Bersama dengan teman sebangkumu diskusikan manfaat ilmu pengetahuan dan teknologi luar angkasa terhadap kehidupanmu sehari-hari. Presentasikan hasil diskusimu dalam diskusi di kelasmu. Adakah kesimpulan yang bisa kamu dapatkan dari diskusi tersebut? Adakah pertanyaan baru yang muncul yang ingin kamu tanyakan?
Manfaat Teknologi Luar ANgkasa
Manfaat teknologi luar angkasa dalam kehidupan sehari-hari antara lain :
  1. Teknologi satelit ini memungkinkan adanya komunikasi pada masa modern, seperti siaran langsung dengan televisi, telepon jarak jauh.
  2. Sistem Pemosisi Global (Global Positioning System ) adalah sistem untuk menentukan letak di permukaan bumi dengan bantuan sinyal satelit.
  3. Alat-alat Listrik Nirkabel. Berkat teknologi luar angkasa, alat-alat listrik nirkabel telah memasuki kehidupan kita sehari-hari. Misi luar angkasa Apollo, menggunakan bor portabel untuk mengekstraksi tanah dari permukaan bulan.
  4. Pakaian Medis (gravitasi 0). Dengan adanya kostum ini, dokter membantu anak-anak dengan cerebral palsy untuk berjalan dan meningkatkan mobilitas. Kostum ini juga digunakan untuk merehabilitasi penderita stroke.
  5. Kawat Gigi Tidak Berwarna. Kawat gigi tidak berwarna bahannya terbuat dari alumina polikristalin, yang diciptakan oleh NASA. bahan ini transparan terhadap radiasi inframerah.

Kesimpulan :
Ilmu pengetahuan dan teknologi luar angkasa bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan manusia di bumi yang semakin beragam karena pengaruh modernisasi.
Setiap pengaruh selalu memberikan dua dampak, yaitu dampak baik dan dampak yang tidak baik. Dengan mengetahui keduanya, diharapkan kita dapat menentukan sikap terhadap setiap pengaruh yang ada. Demikian juga dengan pengaruh modernisasi terhadap perubahan budaya yang terjadi di dalam masyarakat. Jika kamu amati di sekitarmu, tahukah kamu dampak negatif dari modernisasi terhadap perubahan budaya masyarakat kita? Bacalah bacaan berikut ini sebelum melakukan kegiatan berikutnya.

Ayo Membaca
Dampak Modernisasi terhadap Budaya Masyarakat

Modernisasi memiliki dampak negatif dan positif terhadap budaya masyarakat. Salah satu dampak negatif dari pengaruh modernisasi antara lain munculnya keraguan terhadap norma dan nilai masyarakat yang telah ada. Hal ini dapat menyebabkan pertentangan antara anggota masyarakat tersebut.

Modernisasi juga dapat menyebabkan terjadinya kesenjangan budaya. Misalnya, perkembangan teknologi komunikasi melalui penggunaan internet. Apabila masyarakat tidak memanfaatkannya dengan benar, dapat menimbulkan potensi masalah. Komunikasi yang bebas melalui internet, misalnya. Jika kebebasan mengakses informasi dan komunikasi ini tidak diimbangi sikap bijak penggunanya, maka teknologi ini justru akan merugikannya. Masyarakat harus mampu menyaring informasi dengan menggunakan nilai dan norma yang telah dianutnya. Dengan demikian, masuknya paham-paham yang dapat memecah persatuan bangsa dapat diatasi sejak dini.

Masuknya budaya luar seperti budaya individualisme, konsumerisme, hedonisme, juga dapat mengancam jati diri bangsa. Individualisme adalah paham yang selalu mementingkan kepentingan diri sendiri atau kelompoknya. Sedangkan konsumerisme adalah cara pikir dan cara hidup konsumtif yang menggunakan sesuatu tanpa mempertimbangkan kebutuhannya. Dan hedonisme adalah paham yang mementingkan kesenangan dan gaya hidup hura-hura.

Sumber: www.artikelmateri.com dengan penyesuaian.

Ayo Berdiskusi
Lakukan kegiatan berikut ini dengan memerhatikan instruksi yang diberikan. Membuat Poster Dengan menggunakan bacaan di atas dan juga menggunakan sumber informasi lainnya yang sesuai, buatlah sebuah poster. Postermu sebaiknya memuat beberapa hal berikut ini:
  • Bagaimana modernisasi memengaruhi gaya hidup dan cara berpikir masyarakat modern.
  • Menjelaskan contoh setiap pengaruh modernisasi yang disebutkan dalam artikel. Contoh lain dapat didapatkan dari sumber informasi lain yang sesuai.
  • Tulisan dan gambar keseluruhan jelas dan mudah dibaca. Kamu dapat menggunakan pensil warna atau spidol untuk memperjelas dan membuatnya menarik.
Dampak Negatif Modernisasi
Ayo Berlatih
Bersama dengan temanmu sekelompokmu, lakukanlah kegiatan berikut.
1. Dengan menggunakan bacaan di atas, lengkapilah tabel berikut. Buatlah daftar dampak negatif modernisasi terhadap budaya bangsa, lalu cari tahu cara-cara untuk mengatasinya.
Dampak Negatif Modernisasi terhadap Budaya Masyarakat IndonesiaUsaha yang Dapat Dilakukan untuk Mengatasinya
Westernisasi (gaya hidup kebarat-baratan)Mengenalkan budaya luhur bangsa sejak dini
Masuknya budaya asing yang kurang sesuaiMenyaring budaya asing yang sesuai
Masyarakat bergaya hidup hedonismeBerperilku hidup sederhana sesui budaya bangsa
Lebih memilih produk impor daripada produk lokalMemberikan pemahaman tentang arti penting nasionalisme
Masyarakat lebih konsumtifBerperilku hidup sederhana sesui budaya bangsa
Masyarakat bersikap individualistisLebih banyak melakukan kegiatan silaturahmi

2. Membuat Poster Berdasarkan hasil penelahan terhadap dampak negatif modernisasi di atas, pilihlah salah satu dampak dan cara penanggulangannya untuk dijadikan bahan poster. Poster biasa digunakan untuk mempromosikan sesuatu ke masyarakat sekitar. Gunakanlah alat dan bahan yang sesuai untuk membuat postermu. Lalu, presentasikan postermu di depan kelas dan pajanglah di beberapa tempat strategis di gedung sekolah agar dapat dibaca oleh semua anggota komunitas sekolah.
Poster dampak Negatif Modernisasi
Ayo Menulis
Berdasarkan kegiatan yang telah kamu lakukan, tuliskanlah kesimpulanmu tentang dampak modernisasi terhadap budaya masyarakat kita. Kamu dapat juga menghubungkannya dengan kehidupanmu sehari-hari.
Modernisasi memengaruhi gaya hidup dan cara berpikir masyarakat modern, namun masyarakat harus mampu menyaring mana yang sesuai nilai dan norma yang telah dianutnya.
Ayo Membaca
Berbesar Hati Menerima Kekalahan
Oleh Fitri Kurnia Sari

Edo dan Bagus adalah sahabat karib. Mereka satu kelas di sebuah sekolah dasar di Solo, Jawa Tengah. Namun, sejak seminggu ini sikap Edo mendadak berubah terhadap Bagus. Sekarang, Edo selalu berangkat sekolah sendiri. Bahkan, jika Bagus mendekatinya untuk bicara, tiba-tiba Edo segera beranjak pergi.

Kenapa sekarang Edo tidak mau bicara dan bermain denganku, ya?” tanya Bagus kepada Damar, teman sebangkunya ketika jam istirahat sekolah.

“Iya, aku juga melihat kalian seperti sedang bermusuhan. Apa karena kamu yang terpilih menjadi ketua kelas pada pemilihan minggu lalu? Edo kan juga kandidat ketua kelas,” tebak Damar.

“Tapi kan kita melakukannya secara sportif. Itu pilihan teman-teman satu kelas. Bu Guru Aneke sendiri yang mengawasi,” kata Bagus.

Damar mengangguk membenarkan. Ketika bel pulang sekolah, Edo buruburu keluar kelas. Ia sengaja menghindar untuk pulang bersama Bagus. Karena tergesa-gesa, kaki Edo tersandung kaki meja. Kepalanya terbentur ujung meja.

“Aduh!” Edo mengerang kesakitan.

Bagus, Damar, dan Bimo yang melihatnya segera menolong Edo. Bagus memapah Edo menuju kursi. Bagus segera mengambil peralatan P3K di lemari kelas. Luka di dahi Edo segera ia obati.

“Aku akan mengantarmu pulang, Edo,” kata Bagus.

“Terima kasih, Bagus. Aku bisa pulang sendiri, kok,” tolak Edo.

“Emm, kenapa belakangan ini kamu selalu menghindariku, Edo? Apa salahku? Bukankah kita berteman sejak lama?” tanya Bagus.

Edo menunduk. Ia lalu menghela napas.

“Sebenarnya, aku tidak bisa menerima kekalahanku waktu pemilihan ketua kelas. Aku iri kepadamu, Bagus. Sebagian besar teman-teman lebih memilihmu daripada aku. Padahal, sedari dulu aku yang menjadi ketua kelas!” jelas Edo.

“Aku tidak ingin bermaksud menggesermu yang biasa menjadi ketua kelas, Edo. Aku ikut menjadi kandidat ketua kelas karena pilihan teman-teman, termasuk kamu, kan, Do?” kata Bagus.

Edo ingat, waktu itu memang ia yang mengusulkan nama Bagus untuk ikut juga menjadi kandidat. Saat itu, Edo sangat yakin, ia yang akan terpilih menjadi ketua kelas, bukan Bagus.

Bukankah saat itu kita melakukan pemilihan secara terbuka dan jujur, Do? Ingat, kan kata Bu Aneke? Kita harus sportif. Yang tidak terpilih harus berbesar hati mau memberikan kesempatan kepada yang lainnya,” Damar menimpali.

“Bu Aneke juga bilang, dengan bersikap sportif sebetulnya kita sudah menjadi pemenang. Menang karena mampu menunjukkan kebesaran jiwa untuk menerima kekalahan,” tambah Bimo.

Edo mengangguk, kemudian menyalami Bagus.

“Maafkan aku, Bagus. Sekarang aku sadar bahwa sikapku menjauhimu adalah salah besar. Kamu sahabat terbaikku, Bagus,” kata Edo. Edo dan Bagus pun bersalaman erat. Damar dan Bimo tersenyum melihatnya.

Disadur dari Nusantara Bertutur Kompas Minggu, 8 Oktober 2017

Apa pendapatmu tentang cerita tersebut? Apakah kamu dapat memahami isi ceritanya? Kamu dapat menceritakan pemahamanmu tentang isi cerita tersebut melalui gambar yang kamu buat sendiri sesuai imajinasimu berdasarkan bacaan tersebut.

Ayo Menulis
Berdasarkan cerita fiksi di atas, lakukanlah kegiatan berikut ini secara mandiri.

A. Bagilah cerita di atas menjadi tiga bagian yaitu awal cerita, tengah, dan akhir cerita. Tentukanlah pokok pikiran pada bagian cerita tersebut. Lalu, tuliskanlah pokok pikiran atau ide cerita pada setiap bagian pada diagram berikut ini.
Berbesar Hati Menerima Kekalahan
B. Bacalah kembali cerita di atas dan juga hasil pekerjaanmu sebelumnya. Bayangkanlah kamu ada di dalam cerita itu dan ingin menjelaskannya kepada temanmu dengan menggunakan sebuah gambar. Buatlah gambarmu dalam bentuk gambar berseri. Pada setiap gambarnya, kamu dapat memberikan keterangan tambahan. Gunakan kertas ukuran A4 kemudian bagi menjadi empat. Gunakanlah keempatnya untuk menggambarkannya.
Persahabatan Bagus dan Edo
C. Tukarkanlah gambarmu dengan temanmu yang lain dan mintalah pendapat mereka. Apakah ada persamaan dan perbedaan antara gambar dan keterangan yang kamu buat dengan milik temanmu? Diskusikan mengapa terjadi persamaan dan perbedaan.

Usaha untuk mempertahankan dan meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa merupakan tanggung jawab setiap warga negara. Salah satu sikap yang perlu dikembangkan adalah sikap tenggang rasa dan solidaritas yang merupakan salah satu asas dalam wawasan Nusantara. Sikap mementingkan diri sendiri merupakan salah satu sikap yang dapat mengancam usaha persatuan dan kesatuan bangsa. Dapatkah kamu menemukan peristiwa di sekelilingmu yang dapat mendukung persatuan dan kesatuan bangsa kita?

Ayo Membaca
Pengambilan Keputusan Bersama sebagai Peristiwa Persatuan dan Kesatuan

Keputusan adalah segala sesuatu yang telah ditetapkan berdasarkan berbagai pertimbangan dan pemikiran. Termasuk di dalamnya pertimbangan dan pemikiran untuk mencapai tujuan dari keputusan. Keputusan bersama adalah keputusan sekelompok orang untuk mencapai tujuan tertentu. Tentu saja, keputusan ini akan menjadi lebih rumit. Mengapa demikian? Di dalamnya terdapat lebih dari satu orang, yang umumnya mempunyai pemikiran yang berbeda. Bahkan, setiap orang yang mengikuti proses keputusan bersama mungkin mempunyai pendapat sendiri. Maka, agar keputusan bersama tercapai, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan beberapa nilai yang harus dijunjung tinggi.

Sebagai negara yang berdasarkan Pancasila, Kita harus memperhatikan dan menjunjung tinggi nilai-nilai yang sesuai dengan Pancasila. Sila keempat “Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan”. Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam keputusan bersama, yaitu:
  • Semua peserta dalam pengambilan keputusan bersama harus memahami mengenai apa dan tujuan keputusan bersama yang akan diambil.
  • Semua peserta dalam pengambilan keputusan bersama harus saling memahami dan menghargai pendapat orang lain.
  • Setiap peserta pengambilan keputusan bersama harus dengan lapangdada menerima masukan dalam bentuk kritik, usul, dan saran dari peserta lain.
  • Semua peserta tidak boleh memaksakan kehendaknya untuk dijadikan sebuah keputusan bersama.

Ayo Berdiskusi
Kamu tentu telah mengalami beberapa kali kegiatan yang melibatkan musyawarah untuk mencapai mufakat. Berdasarkan artikel di atas, bersama dengan teman sebangkumu cobalah untuk mencari tahu dengan saksama bagaimana peristiwa persatuan dan kesatuan terdapat dalam peristiwa pengambilan keputusan bersama. Jelaskan juga bagaimana peristiwa tersebut berhubungan dengan sila-sila dalam Pancasila yang telah kamu pelajari sebelumnya. Tuliskanlah hasil diskusimu di atas selembar kertas, lalu bacakanlah secara bergiliran di dalam diskusi kelas. Tempelkanlah hasil diskusimu di papan tulis.

Buatlah sebuah tabel untuk menjelaskan sikap-sikap apa saja yang diperlukan dalam musyawarah dalam rangka meningkatkan persatuan dan kesatuan. Pada sisi yang lain, sebutkan sikap sebaliknya yang dapat mengganggu atau mengancam terciptanya persatuan dan kesatuan dalam peristiwa tersebut. Perhatikanlah sikap mana saja yang telah kamu lakukan. Berilah tanda centang (✓) terhadap sikap yang telah kamu lakukan dan tanda silang (x) untuk sikapsikap yang tidak ingin kamu lakukan.
Sikap dalam Musyawarah yang Mendorong Persatuan dan KesatuanYa (✓)Tidak (x)
Menghargai pendapat orang lain-
Tidak memaksakan pendapat kepada orang lain-
Mengeluarkan pendapat dengan baik dan sopan-
Menerima keputusan musyawarah-
Melaksanakan keputusan dengan penuh tanggung jawab-
Sikap dalam Musyawarah yang Tidak Mendorong Persatuan dan KesatuanYa (✓)Tidak (x)
Menyela pembicaraan ketika orang lain mengelurakan pendapat-x
Memaksakan pendapat kepada peserta musyawarah-x
Tidak menghormati pendapat orang lain-x
Menolak hasil keputusan musyawarah-x
Melakukan walk out karena tidak setuju dengan pendapat peserta yang lain-x

Ayo Membaca
Peristiwa pengambilan mufakat secara musyawarah merupakan salah satu peristiwa persatuan dan kesatuan dalam masyarakat. Peristiwa tersebut dapat mempersatukan masyarakat untuk mencapai tujuan bersama. Lakukanlah kegiatan berikut ini bersama dengan teman sekelasmu. 

1. Tentukan satu atau tiga tema musyawarah untuk mengerjakan sebuah proyek bersama, misalnya “Menyelenggarakan Lomba Membuat Poster Cinta Tanah Air dan Bangsa di Sekolah”; atau “Menyelenggarakan Kegiatan Bakti Sosial di Rumah-rumah Ibadah di Sekitar Sekolah”; atau “Menyelenggarakan Kegiatan Jalan Bersama untuk Aksi Cinta Indonesia”.

2. Pilihlah satu atau dua orang untuk memimpin musyawarah.

3. Pilih satu orang untuk mencatat hasil musyawarah. 

4. Hal-hal yang dimusyawarahkan:
  • Tujuan kegiatan sehubungan dengan usaha meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa.
  • Bentuk kegiatan
  • Cara melaksanakan kegiatan
  • Pembentukan panitia pelaksana kegiatan e. Pembagian tugas setiap bagian kegiatan

5. Di akhir kegiatan, setiap siswa akan melakukan refleksi terhadap proses musyawarah dengan menjawab pertanyaan berikut ini: 
  • Bagaimana proses berjalannya musyawarah? (Musyawarah berjalan lancar dan tertib)
  • Perbedaan pendapat apa saja yang telah muncul?(Tidak ada)
  • Bagaimana cara pencapaian mufakat dari perbedaan pendapat tersebut? (mufakat diperoleh dengan menyatukan semua pendapat peserta musyawarah)
  • Bagaimana peran pemimpin diskusi? Sikap dan keterampilan apa sajakah yang diperlukan untuk menjadi pemimpin diskusi?(Tugas ketua diskusi adalah membuka dan menutup diskusi, membangkitkan inat anggota untuk menyampaikan gagasan, menengahi anggota yang berdebat, serta mengemukakan kesimpulan hasil diskusi.. Sikap : Adil, cermat, dan teliti)
  • Apa peran pencatat kegiatan musyawarah? Sikap dan keterampilan apa sajakah yang diperlukan untuk menjadi pencatat kegiatan musyawarah?(Peran mencatat usulan yang disampaikan peserta musyawarah dan mencatat hasil keputusan musyawarah. Sikap : teliti, cermat, dan percaya diri))
  • Bagaimana peran dan tanggung jawab peserta musyawarah?(Wajib hadir sebelum acara musyawarah dimulai, Ikut serta dalam mengamnil keputusan bersama, dan Mematuhi dan melaksanakan hasil keputusan bersama)
  • Sikap dan keterampilan apa sajakah yang diperlukan untuk menjadi peserta musyawarah?(Lapang dada, jujur, mementingkan kepentingan bersama, menghargai pendapat)
  • Bagaimana kegiatan musyawarah ini dapat memengaruhi persatuan dan kesatuan di lingkungan sekitarmu?(Musyawarah yang disertai dengan sikap toleransi, tidak menang sendiri, dan tidak mengutamakan kepentingan pribadi makaa membuat persatuan dan kesatuan semakin kuat)

Kesimpulan apakah yang dapat kamu buat tentang kegiatan musyawarah yang memengaruhi persatuan dan kesatuan masyarakat?

Kesimpulanku:
Bahwa dalam setiap musyawarah harus diliputi semangat gotong royong, kekeluargaan, mengutamakan kepentingan bersamasehingga  hasil musyawarah tersebut makin mempererat persatuan dan kesatuan

Ayo Renungkan
Bagaimana peran ilmu pengetahuan dan teknologi angkasa luar dalam memengaruhi cara pikir dan perilaku orang-orang di sekitarmu?
Peran ilmu pengetahuan dan teknologi angkasa luar sangat penting karena dengan teknologi luar angkas memudahkan manusia memenuhi kebutuhannya.
Bagaimana pandanganmu tentang kemajuan teknologi saat ini terhadap kegiatan belajarmu? Sikap apa saja yang harus kamu kembangkan untuk memanfaatkan kemajuan teknologi di sekitarmu?
Kemajuan teknologi sangat bepengaruh dalam proses kegiatan belajar karena mempermudah mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Sikap yang perlu dikembangkan adalah hati-hati dan teliti dalam memilih informasi
Bacalah kembali cerita fiksi tentang kunjungan Rima ke Lembang pada pembelajaran Jika kamu menjadi Agatha, sikap apa yang harus ia kembangkan untuk mengatasi masalahnya?
Sikap yang harus dikembangkan untuk mengatasi masalah agatha adalah ingin tahu dan peduli agar menemukan rombonganya.
Bagaimana sikap itu berpengaruh terhadap persatuan dan kesatuan di dalam kelompoknya?
Sikap ingin tahu dan peduli sangat berpengaruh pada persatuan dan kesatuan dalam kelompok. Dengan sikap peduli masiing-masing anggota rombongan akan saling mengingatkan

Kerja Sama dengan Orang Tua
Bersama dengan orang tuamu, buatlah daftar kegiatan dan peristiwa di dalam keluargamu yang dapat mendorong persatuan dan kesatuan antaranggota keluargamu. Lalu, tuliskan juga tantangan-tantangan yang kamu hadapi untuk menjaga persatuan dan kesatuan di dalam keluargamu, baik dalam keluargamu sendiri maupun keluarga besarmu.
Contoh peristiwa doalam keluarga yang mendorong persatuan dan kesatuan antara lain :
  1. Saling mencintai sesama anggota keluarga
  2. Mengakui keberadaan dan fungsi tiap-tiap anggota keluarga 
  3. Adanya keterbukaan antar anggota keluarga
  4. Mengembangkan sikap tenggang rasa.
  5. Mengedepankan musyawarah dalam menyelesaikan persoalan
Tantangan yang dihadapi dalam menjaga persatuan dan kesatuan :
  1. Sering terjadi perbedaan pendapat dalam keluarga.
  2. Terkadang ada anggota keluarga yang semaunya sendiri
  3. Terkadang ada yang lupa akan kewajibannya.
  4. Kurangnya komunikasi
  5. Kurang waktu bersama di dalam rumah
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 9:10 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.