Home » » Pembelajaran 5 Tema 2 Subtema 3 Bersatu Kita Teguh

Pembelajaran 5 Tema 2 Subtema 3 Bersatu Kita Teguh

Bersatu Kita Teguh’ adalah semboyan bangsa Indonesia dalam mewujudkan persatuan dan kesatuan.
Apakah kamu masih ingat arti dari semboyan tersebut? Apa makna semboyan tersebut jika dikaitkan dengan makna upaya mengembangkan kesejahteraan rakyat di awal masa kemerdekaan Indonesia? Ayo, kita cari tahu!

Ayo Berdiskusi
Baca teks berikut dalam hati! Kemudian, diskusikan dalam kelompok!

Upaya Bangsa Indonesia Meningkatkan Kesejahteraan Rakyatdi Awal Masa Kemerdekaan Indonesia
Pada awal berdirinya Republik Indonesia, keadaan ekonomi Indonesia sangat buruk. Hal ini disebabkan oleh berbagai hal, di antaranya harga barang-barang mahal akibat inflasi dan adanya blokade ekonomi oleh Belanda (NICA). Berbagai upaya dilakukan oleh pemerintah beserta rakyat untuk meningkatkan kesejahteraan, di antaranya:

Pada awal kemerdekaan, pemerintah dan rakyat Indonesia belum sempat melakukan perbaikan ekonomi secara baik. Baru bulan Februari 1946, pemerintah mulai memprakarsai usaha untuk memecahkan masalah-masalah ekonomi yang mendesak. Upaya-upaya tersebut meliputi:

Pinjaman Nasional
Program Pinjaman Nasional ini dilaksanakan oleh Menteri Keuangan. lr. Surachman. Pinjaman Nasional akan dibayar kembali selama jangka waktu 40 tahun.

Konferensi Ekonomi
Konferensi ini dihadiri oleh para cendekiawan, para gubernur, dan para pejabat lainnya yang bertanggung jawab langsung mengenai masalah ekonomi di Jawa. Konferensi ini dipimpin oleh Menteri Kemakmuran, Ir. Darmawan Mangunkusumo. Tujuan konferensi ini untuk memperoleh kesepakatan yang bulat dalam menanggulangi masalah-masalah ekonomi yang mendesak, seperti masalah produksi dan distribusi makanan, sandang, serta status dan administrasi perkebunan.

Pembentukan Badan Perancang Ekonomi
Pembentukan Badan ini atas inisiatif Menteri Kemakmuran, dr. A.K. Gani. Badan ini merupakan badan tetap yang bertugas membuat rencana pembangunan ekonomi untuk jangka waktu 2 sampai 3 tahun.

Rencana Kasimo (Kasimo Plan)
Program ini disusun oleh Menteri Urusan Bahan Makanan I.J. Kasimo. Program ini berupa Rencana Produksi Tiga Tahun, 1948-1950 mengenai usaha swasembada pangan dengan beberapa petunjuk pelaksanaan yang praktis. Untuk meningkatkan produksi bahan pangan dalam program ini, Kasimo menyarankan agar :
  1. Menanami tanah-tanah kosong di Sumatra timur seluas 281.277 ha.
  2. Di Jawa dilakukan intensifikasi dengan menanam bibit unggul;
  3. Pencegahan penyembelihan hewan-hewan yang berperan penting bagi produksi pangan;
  4. Di setiap desa dibentuk kebun-kebun bibit;
  5. Transmigrasi.

Persatuan Tenaga Ekonomi
Organisasi yang dipimpin B.R. Motik ini bertujuan untuk menggiatkan kembali partisipasi pengusaha swasta. Dengan dibentuknya PTE juga diharapkan dapat dan melenyapkan individualisasi di kalangan organisasi pedagang sehingga dapat memperkokoh ketahanan ekonomi bangsa Indonesia.

Tuliskan kesimpulan dari teks tersebut pada bagan berikut!
Upaya Ekonomi
Di Awal Masa Kemerdekaan, keadaan ekonomi Indonesia sangat buruk dikarenakan harga barang-barang mahal akibat inflasi dan blockade ekonomi oleh NICA.
  1. Pinjaman Nasional dilaksanakan oleh menteri Keuangan Ir. Surachman dengan 40 tahun jangka waktu pengembaliannya.
  2. Konferensi Ekonomi dipimpin oleh menteri Kemakmuran, yakni Ir. Darmawan Mangunkusumo yang dihadiri oleh cendikiawan, gubernur, pejabat yang berhubungan dengan masalah ekonomi.
  3. Pembentukan Badan Perancang Ekonomi merupakan inisiatif menteri Dr. A.K. Gani yang membuat rencana pembangunan ekonomi selama 2 samapi 3 tahun.
  4. Rencana Kasimo merupakan rencana produksi 3 tahun yang disusun oleh menteri urusan Bahan Makanan, yakni I.J. Kasimo.
  5. Persatuan Tenaga Ekonomi yang dipimpin oleh B.R. Motik tujuannya adalah mengiatkan kembali partisisapi pengusaha swasta.

Ayo Berkreasi
Sebelumnya kamu telah mempelajari seluruh gerakan dan pola lantai tariIndang. Sekarang kamu akan menampilkan seluruh gerakan dan pola lantai yang telah dipelajari. Perhatikan penjelasan guru tentang kriteria penilaian!

Ayo Berlatih
Perhatikan soal cerita berikut!
Sebuah kelompok tari Indang terdiri atas 4 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Berapakah rasio (perbandingan) siswa laki-laki terhadap siswa perempuan? Sebelum menjawab soal di atas, perhatikan penjelasan berikut terlebih dahulu! Apakah rasio (perbandingan) itu?
Rasio digunakan untuk membandingkan beberapa jumlah atau kuantitas satu sama lain. Rasio yang paling sederhana adalah membandingkan dua nilai, namun membandingkan tiga nilai atau lebih juga mungkin untuk dilakukan.
Bagaimana langkah-langkah dalam menentukan rasio?
Perhatikan gambar dan penjelasan berikut!
  1. Rasio menunjukkan perbandingan jumlah dari dua benda atau lebih yang berkaitan satu sama lain, misalnya jika sebuah kue dibuat dari tiga gelas tepung dan satu gelas gula, maka perbandingan tepung dan gula adalah tiga berbanding satu.
  2. Rasio dapat dituliskan dengan kata-kata atau dengan simbol, misalnya, jika terdapat 4 anak laki-laki dan 8 anak perempuan dalam sebuah kelompok tari, maka rasio anak laki-laki terhadap anak perempuan adalah empat berbanding delapan atau satu berbanding dua. Ditulis menggunakan simbol sebagai berikut: 4 : 8, 1 : 2 Rasio biasanya dituliskan dalam bentuk titik dua (:). Gunakan perkalian dan pembagian untuk menaikkan atau menurunkan rasio, misalnya: 4 : 8 Masing-masing angka bisa dibagi dengan 4, maka hasilnya: 1 : 2 atau satu berbanding dua
  3. Membandingkan lebih dari dua benda, misalnya: Perbandingan umur Ayah, Ibu, dan Edo 8 : 7 : 3. Jika umur Edo 11 tahun, berapa jumlah umur ketiganya?

Selesaikan soal cerita berikut!
1. Perbandingan siswa laki-laki dan siswa perempuan di kelas 6 SD Nusantara adalah 2 : 3. Jika jumlah murid laki-laki adalah 12 orang, berapa jumlah murid perempuan?
Diketahui :
Perbandingan laki -laki dan perempuan 2 : 3
Jumlah siswa laki-laki 12 anak

Ditanyakan : Jumlah siswa perempuan?
Jawab :
2=12
3x
2x = 12 x 3
x =36
2
x = 18
Jadi jumlah siswa perempuan adalah 18 orang.

2. Perbandingan jumlah gula dan tepung untuk membuat satu loyang kue adalah 1 : 2 gelas. Jika Ibu ingin membuat sepuluh loyang kue, berapa gelas tepung yang diperlukan?
Diketahui :
Perbandingan gula dan tepung 1 : 2
Ibu akan membuat 10 kue

Ditanyakan : Berapa gelas tepung yang diperlukan?
Jawab :
1=10
2x
1x = 10 x 2
x =20
1
x = 20
Jadi banyak tepung yang diperlukan adalah 20 gelas.

3. Perbandingan umur Ayah, Ibu, dan Dayu 8 : 7 : 3. Jika umur Dayu 12 tahun, berapa jumlah umur ketiganya?
Diketahui :
Perbandingan umur Ayah, Ibu, dan Dayu 8 : 7 : 3.
Umur Dayu 12 tahun

Ditanyakan : Berapa umur ketiganya?
Jawab :
Jumlah umur=8+7+3
Umur Dayu3
Jumlah umur=18
123
Jumlah umur =12 x 18= 72 tahun
3
Jadi umur ketiganya adalah 72 tahun.

4. 2,5 liter bensin dapat menempuh jarak sejauh 30 km. Berapa jarak yang dapat ditempuh dengan bensin sebanyak 10 liter?
Diketahui :
2,5 liter bensin dapat menempuh jarak sejauh 30 km

Ditanyakan : Berapa jarak yang dapat ditempuh dengan bensin sebanyak 10 liter?
Jawab :
2,5=10
30x
2,5 x = 30 x 10
x =300
2,5
x = 120 km
Jadi jarak yang dapat ditempuh dengan bensin sebanyak 10 liter adalah 120 km

5. Suatu minuman dibuat dengan mencampur air, sirop, dan santan dengan perbandingan 3 : 4 : 5. Jika ibu ingin membuat minuman sebanyak 6 liter, berapa liter santan yang diperlukan?
Diketahui :
Perbandingan air, sirop, dan santan  3 : 4 : 5
Minuman yang akan dibuat 6 liter

Ditanyakan : Berapa liter santan yang diperlukan?
Jawab :
5x 6 =5x 6 = 2,5
3+4+512
Jadi santan yang diperlukan adalah 2,5 liter.

6. Buat soal cerita sendiri tentang rasio! Tukarkan soal yang kamu buat dengan teman. Minta teman tersebut menjawabnya.
Perbandingan buku cerita Udin dengan Lani yaitu 3 : 7, Jika selisih buku cerita mereka adalah 8 buku, berapakah jumlah buku cerita masing - masing ?

Penyelesaian :
Selisih buku cerita Udin dengan Lani yaitu 8 buku, maka selisih perbandingan buku cerita mereka adalah 7 bagian - 3 bagian = 4 bagian

Buku Udin = 3/4 x 8 buku
Buku Udin = 6 buku
Buku Lani = 7/4 x 8 buku
Buku Lani = 14 buku

Jadi buku Udin dan lain adalah 6 + 8 = 14 buku
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 4:07 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.