Home » » Pembelajaran 6 Tema 2 Subtema 3 Bersatu Kita Teguh

Pembelajaran 6 Tema 2 Subtema 3 Bersatu Kita Teguh

Kita telah mempelajari berbagai bentuk kerja sama dalam kehidupan. Tahukah kamu, kerja sama juga diperlukan dalam setiap jenis permainan olahraga. Ayo, kita bekerja sama dalam permainan olahraga ‘Rangku Alu’!

Ayo Berlatih
Apakah kamu masih ingat cara bermain Rangku Alu?

Cara bermain Rangku Alu
Alat yang digunakan:
4 buah bambu dengan panjang 2 meter.

Cara bermain:
Pemain terdiri atas 2 kelompok, yaitu kelompok yang bermain dan kelompok yang menjaga.
  1. Kelompok yang menjaga menggerak-gerakkan bambu (empat orang berjongkok membentuk bidang persegi dan memegang dua bambu) sambil menyanyi.
  2. Kelompok pemain yang mendapat giliran bermain akan melompat di sela-sela bambu. Mereka harus menghindari jepitan bambu. Pelompat akan masuk dalam bidang persegi dan melompat-lompat sesuai irama buka-tutup bambu
Rangku Alu

Apa saja keterampilan yang diperlukan untuk permainan tersebut? Jelaskan!
Permainan ini membutuhkan keterampilan melompat dan kerjasama yang baik.

Apakah kamu sudah dapat melakukan keterampilan tersebut dengan baik?
Sudah, saya sudah dapat melakukan keterampilan melompat dengan baik.

Apa saja taktik yang perlu diterapkan agar dapat bermain dengan sukses?
Taktik yang saya lakukan adalah berkonsentrasi saat melakukan lompatan, dan disesuaikan dengan irama buka tutup bambu.

Mengapa kerja sama sangat diperlukan dalam permainan tesebut?
Kerjasama sangat diperlukan dalam permainan Rangku Alu agar tercipta gerakan yang kompak sesuai dengan irama dan ritme yang terpadu, sehingga permainannya bagus dan padu.

Diskusikan jawabanmu secara berpasangan!

Ayo Membaca
Pada Pembelajaran 4 kamu telah menyelesaikan buku mini yang menceritakan tentang manfaat persatuan dan kesatuan untuk kesejahteraan rakyat beserta contohnya. Tukarkan buku mini tersebut dengan salah seorang temanmu! Baca buku tersebut dalam hati. Kemudian, lengkapi peta pikiran berikut berdasarkan cerita dalam buku mini!

Bersatu untuk Maju
Kita semua tahu pepatah “bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh“, dan kita bisa mengambil pelajaran dari pepatah tersebut pentingnya persatuan dan kesatuan bagi bangsa Indonesia. Apabila kita semua bersatu padu, tentunya bangsa kita akan semakin kuat. Kuat menghadapi masalah dan menyelesaikan masalah yang tidak bisa diselesaikan sendiri.

Persatuan dan kesatuan bukan hanya diterapkan dalam kehidupan bernegara melainkan juga dalam kehidupan rumah tangga juga bermasyarakat. Persatuan dan kesatuan ini menjadi landasan hidup yang harmonis di segala lingkungan. Tanpa adanya persatuan dan kesatuan, niscaya hidup menjadi tidak tentram, lebih berat, rawan konflik dan sulit mencapai tujuan bersama yang diinginkan.
Gotong Rooyong
Beberapa contoh kegiatan yang mencerminkan persatuan dan kesatuan di lingkungan keluarga masyarakat sekolah bangsa negara adalah sebagai berikut.
  1. Bekerja bakti secara berkala membersihkan lingkungan sekitar tempat tinggal (masyarakat)
  2. Bergotong royong dalam membangun jembatan desa (masyarakat)
  3. Melakukan rapat RT/RW rutin untuk bermusyawarah dan bersilaturahmi (masyarakat)
  4. Bersama-sama merayakan hari kemerdekaan indonesia dengan berbagai perlombaan (masyarakat)
  5. Bersama-sama membersihkan rumah di hari minggu (rumah)
  6. Mengadakan rapat keluarga saat menentukan destinasi liburan akhir tahun misalnya (rumah)

Persatuan dan kesatuan memiliki beberapa manfaat bagi kesejahteraan rakyat. Manfaat persatuan dan kesatuan bagi kesejahteraan rayat antara lain sebagai berikut.
  1. Bisa mengatasi semua perbedaan yang timbul dengan penuh kesadaran.
  2. Pembangunan nasional akan berjalan lebih lancar, aman, dan baik.
  3. Bangsa Indonesia lebih mudah untuk maju
  4. Supaya tidak terjadi perpecahan bangsa dan keutuhan terus terjaga.
  5. Supaya keutuhan dan keamanan NKRI tetap terjaga

Kesimpulan yang bisa kita ambil yaitu kita perlu menjaga persatuan dan kesatuan, agar tujuan nasional yang ditargetkan bisa berjalan dengan baik. Serta beberapa manfaat persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia yang disebutkan diatas bisa terwujud
Apa :
Apabila kita semua bersatu padu, tentunya bangsa kita akan semakin kuat..
Mengapa :
Persatuan dan kesatuan bukan hanya diterapkan dalam kehidupan bernegara melainkan juga dalam kehidupan rumah tangga juga bermasyarakat.
Siapa :
Semua Warga Masyarakat
Mengapa Persatuan dan Kesatuan Penting Untuk Kesajahteraan Umum?
Bagaimana :
Bekerja bakti membersihkan lingkungan, bergotong royong, musyawarah dan silaturahmi, dan bersama-sama membersihkan rumah
Di Mana :
Di Indonesia
Kapan :
Setiap Saat

Diskusikan peta pikiran yang telah dibuat dalam kelompok!

Ayo Berdiskusi
Setelah membuat buku mini tentang manfaat persatuan dan kesatuan untuk kesejahteraan masyarakat, sekarang saatnya kamu membacakan dan mendiskusikan buku minimu tersebut dalam kelompok. Sebelum membacakan buku mini, perhatikan penjelasan dari guru tentang kriteria penilaian!
  1. Judul Judul buku sangat sesuai dengan tema ( 4) Judul buku cukup sesuai dengan tema (3) Judul buku kurang sesuai dengan tema (2 ) Judul buku tidak sesuai dengan tema (1)
  2. Contoh Menuliskan 4 contoh bentuk persatuan dan kesatuan untuk mensejahterakan rakyat (4 ) Menuliskan 3 contoh bentuk persatuan dan kesatuan untuk mensejahterakan rakyat. ( 3 ) Menuliskan 2 contoh bentuk persatuan dan kesatuan untuk mensejahterakan rakyat (2 ) Menuliskan 1 contoh bentuk persatuan dan kesatuan untuk mensejahterakan rakyat (1)
  3. Manfaat Menuliskan 4 manfaat persatuan dan kesatuan untuk kesejahteraan rakyat. (4) Menuliskan 3 manfaat persatuan dan kesatuan untuk kesejahteraan rakyat. (3) Menuliskan 2 manfaat persatuan dan kesatuan untuk kesejahteraan rakyat (2) Menuliskan 1 manfaat persatuan dan kesatuan untuk kesejahteraan rakyat (1)
  4. Gambar Seluruh gambar sesuai dengan tema (4) Sebagian besar gambar sesuai dengan tema (3) Sebagian kecil gambar sesuai dengan tema (2) Gambar tidaksesuai dengan tema (1)

Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 8:05 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.