Home » » Pembelajaran 2 Tema 3 Subtema 1 Penemu yang Mengubah Dunia

Pembelajaran 2 Tema 3 Subtema 1 Penemu yang Mengubah Dunia

Michael Faraday menemukan generator penghasil arus listrik. Dengan adanya listrik, banyak sekali manfaat yang dapat kita peroleh. Listrik membuat orang hidup lebih nyaman karena banyak pekerjaan yang dapat terbantu.

Betapa penting peranan listrik bagi kehidupan manusia. Tanpa listrik, tentunya kita akan mendapatkan banyak kesulitan dalam mengerjakan aktivitas sehari-hari. Namun demikian, kita juga harus tetap bijaksana menggunakan listrik dalam kehidupan sehari-hari.Ayo, kita pelajari lebih lanjut.

Ayo Mengamati
Amatilah gambar kamar Edo di berikut ini.
Kamar Edo
Di kamar Edo, benda-benda apa saja yang menggunakan listrik?
Di kamar Edo ada Kipas angin, Televisi, Radio, Lampu. yang menggunakan listrik
Apa manfaat listrik untuk Edo?
Listrik bermanfat bagi edo untuk mendapatkan informasi dan berita penting dari televisi dan radio. Ruangan Edo terasa dingin dan segar pada saat udara panas dengan kipas angin. Terang lampu membantu Edo beraktifitas malam: belajar, bermain atau membantu ibu dll

Sekarang, amatilah sekitarmu!
Coba tuliskan manfaat listrik yang kamu temukan!
Beberapa manfaat listrik dalam kehidupan sehari-hari antara lain sebagai berikut :
  1. Sebagai sumber penerangan. Pada saat malam hari ketika sinar matahari tidak ada, Energi listrik bisa dijadikan sebagai sumber penerangan. Energi listrik bisa digunakan untuk menyalakan lampu.
  2. Sumber Energi. Energi listrik dijadikan sebagai sumber energi karena listrik bisa dijadikan sebagai penghasil energi bagi peralatan lainnya. Misalnya saja adalah sumber energi untuk menghidupkan berbagai macam peralatan rumah tangga dan juga peralatan elektronik lainnya.
  3. Sarana Hiburan. Sarana hiburan yang biasa kita gunakan sebagian memanfaatkan energi listrik. Sarana hiburan yang ada di rumah misalnya televisi, radio, tape recorder, dan CD player menggunakan energi listrik untuk menjalankannya.
  4. Penghasil Panas. Energi listrik bisa dapat diubah menjadi energi panas yang digunakan berbagai alat rumah tangga. Peralatan yang mengubah energi listrik menjadi energi panas diantaranya adalah setrika listrik, oven listrik, pengering rambut, solder, dan masih banyak lainnya.
  5. Penghasil Gerak. Energi listrik yang ada di dalam kehidupan ini juga bisa diubah menjadi energi gerak. Banyak peralatan rumah tangga yang membutuhkan listrik. Energi listrik yang diubah menjadi energi gerak bisa digunakan untuk menggerakkan motor, mobil, kipas angin , blender dan masih banyak lagi lainnya.

Diskusikan jawabanmu dengan seorang teman.
Apakah manfaat listrik yang kalian rasakan sama? Mengapa?

Begitu banyak manfaat listrik bagi kehidupan kita. Dengan adanya listrik kita dapat menonton televisi, menyalakan radio, menyalakan lampu dan lain-lain. Kalian pasti pernah mengalami pemadaman listrik. Apa yang kalian rasakan saat itu?
Apabila listrik padam mkarutinitas akan sangat terganggu, baik dalam komunikasi (hp, laptop,), transportasi (mobil listrik, penerangan jalan), domestik (lampu rumah, kulkas, tv, hp, laptop), pekerjaan (las, komputer, dll)

Dengan adanya listrik, kamu dapat menonton televisi, menyalakan radio, dan menyalakan lampu. Itu
adalah hal-hal yang kamu berhak lakukan.

Ayo Berdiskusi
Perhatikan gambar-gambar berikut! Apakah gambar-gambar berikut menunjukkan seseorang yang telah mendapatkan haknya? Diskusikan dengan temanmu!
Hak
Sekarang, carilah contoh hak dalam kehidupan sehari-harimu!
Hak di rumahHak di sekolahHak di tengah masyarakat
Mendapatkan kasi sayangMendapatkan pendidikan dan pengajaranBerkumpul dan berorganisasi
Mendapatkan uang jajanMemanfaatkan fasilitas sekolahMendapatkan fasilitas kesehatan masyarakat
Mendapatkan makanan dan minumanMendapatkan bimbingan dan konselingMengeluarkan pendapat saat musyawarah
Mendapatkan tempat tinggalMemperoleh perhatian dari gurMendapatkan hak memilih ketua RW
Mendapatkan fasilitas untuk belajarMendapatkan pelayanan kesehatan sekolahMendapatkan pelayanan administrasi pemerintahan

Sampaikan jawabanmu kepada seorang teman!
Apakah hasil kalian sama? Apa yang dimaksud dengan hak?
Hak adalah segala sesuatu yang semestinya kita peroleh dari orang lain
Apa saja yang memengaruhi hak kita?
Hak di rumahHak di sekolahHak di tengah masyarakat
Hak di rumah akan kita peroleh jika sudah memenuhi kewajiban kitaHak di sekolah akan diperoleh jika kita sudah memenuhi kewajiban sebagai warga sekolahHak di masyarakat akan diperoleh jika kita sudah memenuhi kewajiban sebagai warga masyarakat

Setiap warga negara Indonesia berhak untuk mendapatkan pendidikan, menyampaikan pendapat, hidup aman, serta memperoleh kasih sayang dari lingkungannya. Hak-hak tersebut sangat dipengaruhi oleh lingkungan terdekat kita.

Dari penemuan Michael Faraday, kita dapat memperoleh hak kita untuk memanfaatkan benda yang menggunakan listrik. Hal itu sangat mempermudah pekerjaan kita sehari-hari.

Dari Michael Faraday kita juga belajar untuk terus bekerja keras dan pantang menyerah. Sikap itu harus selalu kita contoh dalam keseharian kita. Mencontoh dari sikap Michael Faraday, teruslah bekerja keras dalam belajar dan menemukan pengetahuan baru.

Ayo Mencoba
Pada gambar di atas, ada bentuk yang dibatasi oleh kurva lingkaran. Umumnya, kita dapat menyebutnya sebagai bentuk lingkaran. Apakah kamu menemukan bentuk lingkaran? Coba kamu lingkari bentuk yang kamu temukan. Apakah hasilmu dan temanmu sama? Mengapa?

Coba amati sekelilingmu! Apakah kamu menemukan bentuk lingkaran? Mengapa benda-benda tersebut berbentuk lingkaran?

Apa itu lingkaran?
Amatilah bentuk berikut!

Apakah lingkaran dibatasi oleh kurva tertutup? Jelaskan!
Ya lingkaran dibatasi kurva tertutup, karena kurva pada lingkaran merupakan tempat kedudukan titik - titik yang mempunyai jarak sama terhadap titik pusat
Apa yang membedakan bentuk lingkaran dengan bentuk lainnya?
Lingkaran berupa garis yang berbentuk melingkar, tidak ada ujung maupun pangkalnya

Mari kita lakukan percobaan berikut.
  1. Ambillah sebuah benda di sekitarmu yang berbentuk lingkaran. Ukuran bendanya jangan terlalu besar dan jangan terlalu kecil.
  2. Jiplaklah benda tersebut pada kertas bekas.
  3. Guntinglah kertas tersebut.
  4. Lipatlah lingkaran tersebut menjadi 2 bagian sama besar.
  5. Lipatlah kembali lipatan tersebut menjadi 2 bagian sama besar.
  6. Berilah tanda untuk titik yang berada di tengahnya. Titik itu dinamakan titik pusat lingkaran.
  7. Berilah tanda dengan huruf A, B, C, dan D pada kurva dari ujung hasil lipatan.
  8. Ukurlah jarak titik pusat lingkaran dengan titik A, B, C dan D.

Berdasarkan percobaan yang kamu lakukan, jawablah pertanyaan berikut!
  1. Berapa jarak titik pusat lingkaran dengan titik A, B, C, dan D? 5 cm.
  2. Coba ambil lagi titik yang lain pada kurva. Ukurlah jarak titik tersebut dengan titik pusat lingkaran. Apakah sama? Semua titik jaraknya sama.
  3. Apa yang dapat kamu simpulkan? Bagaimana jarak titik pusat lingkaran dengan titik pada kurvanya? Jarak titik pada kurva sama terhadap titik pusat lingkaran.
Lingkaran adalah kumpulan titik-titik yang membentuk kurva tertutup dan jarak setiap titik pada kurva dengan satu titik tertentu sama. Titik tersebut dinamakan titik pusat lingkaran.
Lingkaran
Kita dapat menuliskan OA atau menyebutnya lingkaran A. A adalah titik pusat lingkaran. Berdasarkan bentuk yang sudah kamu temukan, menurutmu apa manfaat lingkaran dalam kehidupan sehari-hari?

Ayo Berkreasi
Di dalam kamar, Edo mempunyai radio yang menggunakan listrik. Edo sangat senang mendengarkan radio sambil beristirahat. Edo suka sekali mendengarkan musik daerah dari stasiun radio favoritnya. Salah satu lagu favoritnya adalah Mariam Tomong yang berasal dari Sumatra Utara. Ayo, kita ikut bernyanyi bersama Edo.

Amatilah teks lagu Mariam Tomong berikut ini. Nyanyikan lagu Mariam Tomong bersama dengan gurumu.
Mariam Tomong
Supaya nada yang kamu nyanyikan tepat, kamu perlu berlatih bernyanyi dengan memperhatikan interval nada. Awalnya kita akan berlatih menyanyikan solmisasi tangga nada berikut.
Solmisasi
Berlatihlah berkali-kali ya, supaya nada kamu tepat.
Perhatikan teks lagu Mariam Tomong. Carilah nada-nada yang berjarak 1, ½, 2, 1 ½ . Cobalah kembali menyanyikan solmisasi lagu Mariam Tomong dengan nada yang tepat.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 7:43 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.