Home » » Pembelajaran 6 Subtema 3 Energi Alternatif

Pembelajaran 6 Subtema 3 Energi Alternatif

Biogas
Ada banyak hewan di sekitar kita. Hewan di sekitar sangat bermanfaat. Daging hewan bisa menjadi makanan untuk manusia. Tenaga hewan dapat digunakan untuk membantu pekerjaan manusia. Kulit hewan dapat digunakan sebagai bahan membuat pakaian. Bahkan limbah kotoran hewan pun dapat dimanfaatkan.

Semakin banyak penduduk semakin meningkat pula kebutuhan energi. Lama kelamaan energi bahan bakar minyak akan habis. Penggunaan limbah kotoran hewan untuk menggantikan bahan bakar minyak perlu diupayakan. Untuk menjaga ketersediaan energi bagi masyarakat.
Biogas
Biogas adalah energi alternatif yang memanfaatkan gas dari limbah kotoran hewan. Gas dari limbah kotoran sapi adalah salah satu contohnya. Limbah kotoran sapi dimanfaatkan dalam dua cara. Gas dari limbah kotoran digunakan sebagai sumber energi untuk penerangan atau memasak. Sisa limbah kotoran sapi akan digunakan untuk membuat pupuk.

Ayo Berdiskusi
Diskusikan beberapa hal berikut bersama temanmu!
  1. Berikan dua alasan biogas dapat dijadikan energi aternatif! Biogas dapat dijadikan sebagai energi alternatih karena Pertama : Sumber daya yang tidak terbatas karena biogas dihasilkan dari reaksi gas metan yang berasal dari kotoran binatang. Kedua : Harga yang lebih terjangkau sehingga memenuhi kebutuhan harian masyarakat.
  2. Apakah pengembangan biogas termasuk kegiatan yang ramah lingkungan? Jelaskan! Energi biogas termasuk ramah lingkungan karena  terbuat dari bahan dasar kotoran ternak dan aneka limbah yang diolah sedemikian rupa, seperti limbah peternakan, limbah pertanian, limbah perairan, limbah industri, dan sampah organik.
  3. Berikan 2 contoh keuntungan menggunakan biogas! Keuntungan menggunakan biogas antara laian :  1. lebih ramah lingkungan 2. proses penggunaan tidak mengeluarkan asap 3. bisa mengurangi penggunaan bahan bakar fosil 4. lebih ekonomis dan efisien, dan 5. bahan bahan pembentuk biogas mudah di dapat seperti kotoran hewan, sampah organik 
  4. Berikan 2 contoh hambatan menggunakan biogas! Beberapa hambatan menggunakan biogas antara lain : karena memerlukan biaya tinggi untuk peralatan instalasi biogas. Serta kurangnya tenaga terampil dalam proses produksi biogas.

Ayo Bercerita
Sampaikan hasil diskusi kelompokmu di depan teman-teman! Berikan tanggapan terhadap hasil diskusi kelompok lain!

Ayo Berlatih
Disuatu desa masyarakat memilih menggunakan biogas sebagai energi alternatif. Setiap satu ekor sapi menghasilkan 25 kg limbah kotoran. Sebanyak 25 kg limbah kotoran tersebut diolah menjadi biogas yang digunakan untuk memasak selama 4 jam. Sehingga jika kegiatan memasak setiap keluarga hanya 4 jam. Maka memiliki satu ekor sapi cukup untuk memenuhi kebutuhan. Sekarang cobalah menjawab pertanyaan berikut!

1. Ibu memiliki biogas yang dapat digunakan memasak selama 8 jam. Jika ibu memasak
setiap hari selama 4 jam. Berapa hari biogas dapat digunakan?
8 : 4 = 2 hari

2. Seorang pedagang memiliki biogas yang dapat digunakan memasak selama 16 jam. Jika pedagang tersebut memasak setiap hari selama 4 jam. Berapa hari biogas dapat digunakan?
16 : 4 = 4 hari

3. Kakak dan teman-teman sedang menyiapkan masakan untuk acara besar. Kakak menggunakan biogas yang dapat digunakan untuk memasak selama 10 jam. Jika kakak mulai memasak pukul 12.15. Maka, pukul berapa biogas akan habis?
12.15
10.00 +
22.15

Jadi biogas akan habis pada pukul 22.15.

Ayo Menulis
Memilih menggunakan energi alternatif termasuk sikap peduli kepada lingkungan. Menjaga lingkungan harus terus diupayakan. Agar kehidupan dapat terus berlangsung dengan baik. Perhatikan gambar berikut! Berikan saran dan alasan!
Kebersihan
Apa saran yang akan kamu sampaikan kepada anak tersebut?
Sebaiknya jangan membuang sampah di sungai.
Mengapa? Jelaskan!
Membuang sampah di sungan dapat menyebabkan banjir dan pencemaran lingkungan
Sekarang cobalah amati lingkungan sekolahmu! Sebutkan cara yang dapat kamu lakukan untuk ikut menjaga lingkungan di sekolahmu!
  1. Membuang sampah pada Tempatnya 
  2. Mengurangi penggunaan plastik
  3. Menjaga kebersihan toilet/kamar mandi
  4. Melakukan kegiatan Jumat bersih secara rutin.
  5. Melakukan piket kelas secara rutin.
  6. Membersihkan saluran air yang ada di sekolah.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 10:48 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.