Home » » Pembelajaran 5 Subtema 3 Energi Alternatif

Pembelajaran 5 Subtema 3 Energi Alternatif

Kebutuhan energi yang semakin meningkat dengan ketersediaan bahan bakar yang semakin menipis, menuntut manusia untuk mencari sumber energi alternatif untuk mencukupi kebutuhan. Salah satu energi alternatif adalah biobriket. Bacalah bacaan berikut ini.

Ayo Membaca
Briket Pengganti BBM
Briket adalah bahan bakar pengganti bahan bakar minyak atau BBM. Briket dapat dibuat dari bambu, serbuk gergaji, atau batok kelapa. Briket dapat dibuat dengan mudah. Berikut ini cara pembuatan briket. Alat dan bahan:
  1. Batok kelapa/bambu/serbuk gergaji
  2. Kanji
  3. Potongan bambu/pipa paralon setinggi 7-10 cm untuk cetakan
  4. Korek api
Briket
Cara kerja:
  1. Siapkan bahan yang akan dijadikan briket. Contoh bahan adalah bambu, serbuk gergaji, atau batok kelapa (tempurung kelapa).
  2. Keringkan bahan tersebut sampai benar-benar kering.
  3. Bakar di dalam tempat khusus sampai berbentuk arang.
  4. Hasil pembakaran berupa arang atau serbuk arang ditumbuk halus. Kemudian disaring atau diayak.
  5. Hasil saringan kemudian dicampur dengan adonan kanji secukupnya. Fungsi kanji sebagai perekat.
  6. Adonan kemudian dicetak menggunakan potongan bambu. Bisa juga menggunakan pipa paralon ukuran sedang. Saat dimasukkan ke dalam cetakan, adonan arang tadi dipadatkan.
  7. Tahap terakhir adalah pengeringan. Pengeringan dilakukan untuk mengurangi kadar air. Pengeringan bisa memakan waktu beberapa hari. Hal ini tergantung terik tidaknya sinar matahari.
Briket memiliki beberapa kelebihan dibanding bahan bakar minyak. Briket dapat mengurangi pencemaran akibat bahan bakar fosil. Briket mudah terbakar. Namun, briket tidak cepat habis. Penggunaan briket merupakan salah satu cara menghemat bahan bakar minyak.

Ayo Berlatih
Kalian telah membaca wacana di atas. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.
  1. Sebutkan fungsi briket! Fungsi briket adalah sebagai pengganti bahan bakar minyak.
  2. Sebutkan alat dan bahan yang dapat digunakan untuk membuat briket! Alat dan bahan untuk membuat briket antara lain : bambu, serbuk gergaji, atau batok kelapa (tempurung kelapa).
  3. Jelaskan paling sedikit 2 kelebihan briket dari bahan bakar minyak (BBM)!Kelebihan briket dari bahan bakar minyak antara lain briket dapat mengurangi pencemaran akibat bahan bakar fosil, briket mudah terbakar, namun, briket tidak cepat habis.
  4. Mengapa briket dapat dijadikan energi alternatif? Briket dapat dijadikan energi alternatif karena dapat menghemat penggunaan bahan bakar minyak.
  5. Briket dapat mengurangi sampah. Bagaimana menurut pendapatmu? Jelaskan alasannya! Briket dapat mengurangi sampah karena briket terbuat dari bahan-bahan sisa seperti serbuk gergaji dan tempurung kelapa.

Penggunaan briket dapat mengurangi sampah. Pengurangan sampah sangat bermanfaat untuk lingkungan. Menggunakan briket termasuk menjaga lingkungan. Lingkungan yang terjaga baik untuk kehidupan.

Ayo Berdiskusi
Diskusikan cara mengurangi sampah yang bisa kamu lakukan! Diskusikan bersama temanmu. Tuliskan dan sampaikan hasil diskusimu di depan kelas.
Berkemah
  1. Gunakan botol minum yang dapat dipakai berulang
  2. Membeli kemasan isi ulang untuk deterjen,shampo,sabun,atau kecap daripada selalu memberi kemasan yang baru setiap kali habis 
  3. Gunakan kotak bekal untuk membawa makanan ke sekolah.
  4. Kurangi makanan yang menggunakan kantong plastik sebagai pembungkus.
  5. Membuang kertas jika kedua halaman sudah terisi.

Ayo Berlatih
Siti dan teman-teman sedang berkemah. Selama berkemah mereka memasak makanan sendiri. Selama berkemah mereka juga memasak air sendiri. Mereka memasak menggunakan bahan bakar briket. Selesaikan masalah berikut ini!

1. Siti menggunakan sebuah briket untuk memasak. Sebuah briket bisa digunakan untuk 2 jam memasak. Jika Siti memasak pukul 14.30, pukul berapa briket akan habis?
14.30
02.00 +
16.30

Jadi briket akan habis pada pukul 16.30

2. Udin ingin memasak air untuk minum. Udin menggunakan 2 buah briket untuk memasak. Setiap briket dapat digunakan untuk 2 jam memasak. Jika Udin mulai memasak pukul 10.00, pukul berapa briket akan habis?
10.00
04.00 +
14.00

Jadi briket akan habis pada pukul 14.00.

3. Kelompok Edo terdiri dari 5 orang. Setiap anggota membawa 1 buah briket berukuran kecil. Setiap briket dapat digunakan untuk memasak selama 1 jam. Berapa lama briket kelompok tersebut dapat digunakan?
5 x 1 jam = 5 jam
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 8:31 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.