Home » , , , » Soal Post Test Modul 4 Pengembangan Profesi Tahap Berkembang

Soal Post Test Modul 4 Pengembangan Profesi Tahap Berkembang

Sebagai pendidik, bapak dan ibu tentu paham, bahwa pengembangan profesi, berperan penting dalam jenjang karir bapak dan ibu. Dan bergabung dengan komunitas dan lembaga profesi dapat pengembangan profesi, sekaligus kompetensi literasi ibu dan bapak sebagai pendidik. Sebagai guru ditahap berkembang, selain mempelajari pengetahuan dan praktik pembelajaran, ibu dan bapak juga perlu melakukan upaya khusus untuk meningkatkan kecakapan literasi.

Berdasarkan peraturan direktorat jenderal guru dan tenaga kependidikan kemedikbudristek Nomor 0340/B/HK/01.03/Tahun 2022. Cakupan dalam kategori pengembangan profesi adalah tentang meningkatkan kompetensi diri secara berkelanjutan melalui berbagai kegiatan literasi. Kegiatan pengembangan diri ini dapat dilakukan secara mandiri maupun kolaboratif. Siapa saja pendidik yang termasuk dalam kategori berkembang? Yaitu pendidik yang mengikuti dan bergabung dengan forum guru atau lembaga profesi, namun, baru mulai berpartisipasi dalam forum tersebut.
Pengembangan Diri
Lantas, apa saja kegiatan terkait pengembangan profesi yang dapat dilakukan oleh ibu dan bapak guru di tahap berkembang? Untuk penggembangan diri yang persifat kolaboratif, beberapa hal yang dapat dilakukan adalah :
  1. Pertama, Dalam satuan pendidikan ibu dan bapak juga dapat saling berbagai praktik baik, terkait kegiatan membelajaran bersama rekan guru.
  2. Yang kedua, aktif berpartisipasi dalam berbagai kegiatan pengembangan profesi. Ibu dan bapak dapat aktif mencari dan mengikuti pelatiha daring maupun luring.
  3. Yang ketiga, bergabung dengan forum kegiatan guru lain seperti MGMP, komunitas guru belajar dan forum-forum lain. Mengikuti berbagai forum dan pelatihan dapat menjadi media belajar. Pembuka cakrawala pengetahuan juga mendapatkan sudut pandang baru tentang berbagai hal. Saling berbagai praktik baik dan mengalaman adalah media yang efektif untuk belajar. Karena itu ibu dan bapak bisa mendapatkan pengalaman dan tips dari sesama rekan guru.

Selain secara kolaboratif, pengembangan diri dapat pula dilakukan secara individu. Hal hal yang dapat dilakukan antara lain?
  1. Membuat jadwal rutin untuk membaca buku ibu dan bapak dapat melakukannya secara bertahap. Misalnya, dimulai dengan buku dengan kintar ringa dan topiknya ibu dan bapak suka. Seperti novel, buku berisi kisah inspirasi, buku motivasi, atau yang lainnya. Secara bertahap, ibu dan bapak dapat coba mulai memperluas jenis buku dan ragam bacaan. Misalnya, membiasakan diri membaca media masa atau jurnal untuk menambah wawasan dan kompetensi mengajar.
  2. Membuat jadwal rutin untuk berlatih menulis. Membaca dapat menambah penge tahun dan menulis akan membantu ibu dan bapak mengingat dan mengikat pengetahun yang baru didapatkan. Sama seperti membaca, pembiasaan ini perlu dilakukan secara bertahap. Ibu dan bapak dapat memulai dengan menulis tentang praktik baik pengolaman mengajar di keseharian. Lalu, selanjutnya menulis resensi buku yang dibaca, film hingga beragam jurnal. Temukan platform atau media khusus untuk mendokumentasikan tulisan ibu dan bapak. Pendokumentasian ini sama pentingnya dengan pembiasaan menulis itu sendiri. Karena kumpulan tulisan adalah cetatan proses yang dapat menjadi bahan evaluasi diri, sekaligus media berbagi kepada rekan guru lain.
  3. Sebagai pendidik ibu dan bapak secara berkala dapat memberikan tugas terkait literasi. Lalu melibatkan diri di dalamnya. Misalnya, tugas untuk membaca satu buku dalam periode tertentu membuat resansi, lalu mengulas bersama. Untuk jenis tugas seperti ini, tentu pendidik sebaiknya melakukan hal yang sama agar diskusi dapat berjalan dua arah.

Kunci pengembangan diri secara mandiri pada pada komitmen, disiplin, dan konsistensi. Karena ini terkait pembiasaan, ibu dan bapak perlu memulai dengan target yang mudah dicapai, lalu meningkatkannya secara bertahan. Menentukan target tinggi, tapi sulit dapat membuat ibu dan bapak merasa terbebani, dan beresiko tidak konsisten. Berlatih dan membiasakan diri memegang peranan penting untuk meningkatkan kompetensi literasi pendidik. 

Kepedulian terhadap kemampuan literasi anak perlu hadir dalam bentuk contoh. Dan untuk mewujudkan hal ini perlu kesediaan belajar dan kedisiplinan diri para pendidik. Kemapuan membaca perlu dan bisa terus dilatih, begitu pun kemapuan menulis. Kemampuan literasi tidak bisa hanya di pelajari, tapi perlu terus dilatih dan dihidupkan dalam keseharian. 

Sebagai pendidik ditahap berkembang, ibu dan bapak artinya sudah maju satu langkah. Konsistensi diri untuk terus berlatih akan membawa ibu dan bapak ke tahap layak. Perkembangan diri pendidik ini tidak hanya diputuhkan oleh peserta di didik, tapi juga akan meningkatkan kualitas diri Anda sebagai individu.

Latihan Pemahaman
Sebagai guru berkembang, Ibu dan Bapak dapat memulai pengembangan diri dengan membuat jadwal rutin membaca buku berbagai genre.
Pernyatan di atas adalah...
Jawaban : Benar
Cerita reflektif
Biasanya, apa yang Anda lakukan untuk mengembangkan kemampuan profesional Anda?
Membuat jadwal rutin untuk membaca buku secara bertahap.
Soal Post Test
1.Sebagai guru di tahap berkembang, Pak Yanto mulai membuat tugas-tugas terkait literasi di mata pelajaran Ekonomi yang diampu. Dua pekan ini, Pak Yanto menugaskan murid-murid untuk membaca beberapa artikel terkait ekonomi kreatif, lalu membuat resensinya. Tentu, Pak Yanto juga ikut membaca dan menganalisis artikel-artikel tersebut. Dalam hal ini, Pak Yanto sedang melakukan upaya pengembangan diri ... terkait kecakapan literasi.
A.Secara kolaboratif
B.Secara individu/mandiri
Pembahasan :
Jawaban : B. Secara individu/mandiri
2.Jika Anda melakukan pengembangan diri secara kolaboratif, maka beberapa hal ini adalah poin positif dari kegiatan tersebut, yaitu...
A.Hadiah baru dan teman baru
B.Perluasan sudut pandang dan pengetahuan baru
C.Kepuasan diri dan pengetahuan baru
D.Semua salah
Pembahasan :
Jawaban : B. Perluasan sudut pandang dan pengetahuan baru
3.Aktif berpartisipasi dalam berbagai kegiatan pengembangan profesi, seperti pelatihan daring maupun luring merupakan salah satu upaya pengembangan diri secara kolaboratif yang dapat dilakukan oleh guru berkembang. Pernyataan di atas adalah...
A.Benar
B.Salah
Pembahasan :
Jawaban : A. Benar


Demikian pembahasan mengenai Soal Post Test Modul 4 Pengembangan Profesi Tahap Berkembang platform Merdeka Mengajar. Semoga bermanfaat.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 5:14 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.