Home » , , , » Membaca dan Memahami Petikan Novel

Membaca dan Memahami Petikan Novel

Pada pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IX Kurikulum Merdeka terdapat pembahasan tentang Membaca dan Memahami Petikan Novel. Tujuan pembelajaran kali ini adalah secara mandiri, peserta didik membaca dan memahami isi petikan novel dengan benar.

Novel adalah sebuah karya fiksi prosa yang ditulis secara naratif dan biasanya ditulis dalam bentuk cerita. Novel berasal dari bahasa Italia yaitu novella yang artinya kisah atau sepotong cerita. Orang yang menulis novel disebut novelis.

Secara umum, novel adalah karangan prosa yang panjang, mengandung rangkaian cerita kehidupan seseorang dengan orang di sekelilingnya dengan menonjolkan watak dan sifat setiap pelaku. Dalam novel umumnya dimulai dari peristiwa penting yang dialami tokoh cerita yang kelak mengubah nasib hidupnya.

Dua teks petikan novel ini berkisah tentang tokoh yang memiliki rencana A dan B. Melalui kegiatan membaca mandiri, peserta didik melatih kembali kecakapan mendapatkan informasi dari bacaan.
Novel
Teks 1 Negeri 5 Menara
Aku tegak di atas panggung aula madrasah negeri setingkat SMP. Sambil mengguncang-guncang telapak tanganku, Pak Sikumbang, Kepala Sekolahku memberi selamat karena nilai ujianku termasuk sepuluh yang tertinggi di Kabupaten Agam. Tepuk tangan murid, orang tua dan guru riuh mengepung aula. Muka dan kupingku bersemu merah tapi jantungku melonjak-lonjak girang. Aku tersenyum malu-malu ketika Pak Sikumbang menyorongkan mik ke mukaku. Dia menunggu. Sambil menunduk aku paksakan bicara. Yang keluar dari kerongkonganku cuma bisikan lirih yang bergetar karena gugup, “Emmm… terima kasih, Pak… Itu saja…” Suaraku layu tercekat. Tanganku dingin.

Dan sterusnya....

Teks 2 Laskar Pelangi
Kukira semua fakta itu lebih dari cukup bagiku untuk menyebut bulu tangkis sebagai potensi seperti yang dinyatakan dalam buku-buku pengembangan diri itu. Dan minat besar lainnya adalah menulis. Tapi memang tak banyak bukti yang mengonfirmasi potensiku di bidang ini, kecuali komentar A Kiong bahwa surat dan puisiku untuk A Ling sering membuatnya tertawa geli. Tak tahu apa artinya, bagus atau sebaliknya.

Dan seterusnya ...

Setelah membaca kedua teks di atas, jawablah pertanyaan berikut ini.
1. Teks 1 dan teks 2 memiliki tema yang sama. Uraikan ide pokok pada teks 1 dan teks 2.
Teks 1 dan teks 2 sama-sama berisi tentang rencana tokoh. Ide pokoknya adalah bahwa tidak semua yang terjadi saat ini sesuai dengan rencana atau cita-cita awal.
2. Dapatkah kalian menyimpulkan apa yang menjadi rencana A tokoh “aku” pada teks 1? Jelaskan jawaban kalian. 
Tokoh berencana masuk SMA, sedangkan ayah tokoh sudah punya rencana lain. 
3. Siapa yang menjadi inspirasi tokoh pada teks 1 dan pada teks 2 dalam merencanakan masa depannya?
Teman tokoh.
4.Siapa sosok yang menentukan rencana masa depan tokoh pada teks 1? Jelaskan jawaban kalian.
Ayah tokoh. Ayah tokoh ingin tokoh masuk MAN agar tokoh kelak menjadi ahli agama. 
5. Apa yang dapat kalian simpulkan tentang cita-cita tokoh “aku” pada teks 1?
Tokoh “aku” ingin menjadi ilmuwan seperti Pak Habibie.
6. Jika kalian menjadi Alif (tokoh pada teks 1), apa yang akan kalian lakukan? Bagaimana cara kalian menyampaikan kepada orang tua bahwa kalian tidak sependapat dengan mereka?
Saya akan menyampaikan bahwa menjadi ilmuwan juga tetap dapat belajar ilmu agama. Saya akan menyampaikan pendapat saya dengan cara yang baik, dengankalimat yang sopan, sehingga orang tua saya tidak merasa ditentang. 
7.Mahar (tokoh pada teks 2) berpendapat bahwa masa depan milik Tuhan. Apa argumentasi lain yang dapat digunakan dalam berdiskusi merencanakan masa depan? Jelaskan jawaban kalian.
Keberhasilan di masa depan harus diusahakan sebaik mungkin dan diiringi dengan doa. Setelah usaha yang terbaik dilakukan, hasilnya kita serahkan pada kehendak Tuhan. 
8. Apakah kalian sudah punya rencana A dan B? Tuliskan rencana tersebut.
Sudah. Rencana A: Masuk SMA Negeri.Rencana B: Masuk SMA Swasta yang bagus.
9. Kira-kira, apa yang akan menghalangi kalian dari rencana kalian dan apa yang akan kalian lakukan untuk mengatasinya?
Murid yang diterima di SMA Negeri sangat terbatas. Saya harus punya prestasi yang baik dan berdoa. 
10. Apa yang akan membantu kalian mencapai rencana tersebut?
Usaha yang tekun dan berdoa.

Demikian pembahasan mengenai Membaca dan Memahami Petikan Novel. Semoga tulisan ini bermanfaat.  

Sumber : Buku Bahasa Indonesia Kelas IX Kurikulum Merdeka, Kemendikbud
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 11:11 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.