Home » , , , » Menganalis Isi dan Tujuan dalam Surat Pribadi

Menganalis Isi dan Tujuan dalam Surat Pribadi

Pada pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII Kurikulum Merdeka terdapat pembahasan tentang Menganalis Isi dan Tujuan dalam Surat Pribadi. Tujuan Pembelajaran kali ini adalah peserta didik melatih kemampuannya mengakses informasi dan menganalisis tujuan penulisan surat melalui kegiatan menjawab pertanyaan secara tepat.

Kegiatan berkirim surat biasanya terjadi dalam pergaulan sehari-hari seperti antara orang tua dan anak yang tinggal berjauhan, antarkerabat, teman, dan sebagainya. Surat dapat dikelompokkan menjadi surat pribadi dan surat resmi.

Surat pribadi adalah bentuk komunikasi tulis atau surat-menyurat yang dilakukan oleh seseorang kepada orang lain sebagai pribadi bukan wakil atau urusan yang berkaitan dengan kelembagaan, kedinasan, atau resmi.

Surat pribadi ditulis dengan bahasa yang akrab. Sarana menuliskannya dapat menggunakan kartu pos, warkat pos, atau surat bersampul. Meski surat pribadi menggunakan bahasa tidak baku, tetapi penyampaiannya harus memperhatikan etika dan kesopanan terutama jika ditujukan kepada orang yang lebih tua.

Surat pribadi berfungsi untuk mengekspresikan perasaan, mewakili penulis untuk berkomunikasi, sarana penyampaian ide dan gagasan juga untuk mengembangkan kemampuan tata bahasa seseorang. Sedangkan tujuan surat pribadi adalah  untuk mengungkapkan perasaan, menyampaikan ide, memohon bantuan, bertukar kabar, menceritakan pengalaman, dan mengucapkan terima kasih. 

Orang menggunakan surat pribadi untuk membagi kabar atau memberikan informasi sejak lama. Saat ini kita juga mengirim pesan dan surat dengan cara yang lebih praktis, yaitu melalui surat elektronik dan media sosial seperti Line, WhatsApp, Facebook, Instagram, Twitter, dan Telegram.
Isi dan Tujuan dalam Surat Pribadi
1. Siapakah nama pengirim surat ini?
Matahari.
2. Siapakah Kakak Nakula, penerima surat ini?
Ketua MOS.
3. Tuliskan kalimat yang menggambarkan kesan pertama penulis surat kepada Kakak Nakula.
Pertama bertemu, aku suka padamu.
4. Pada paragraf keberapa penulis mengungkapkan kekesalannya kepada Kakak Nakula?
Paragraf pertama.
5. Tuliskan kembali harapan penulis kepada Kakak Nakula dalam paragraf terakhir surat tersebut.
Jika suatu hari nanti aku suka padamu, aku harap itu karena kebaikan yang ada pada diri kamu, bukan karena paras tampan yang kamu miliki saat ini.
6. Apa tujuan penulis mengirimkan surat kepada Kakak Nakula?
Mengungkapkan perasaannya kepada Kak Nakula.

Demikian pembahasan mengenai Menganalis Isi dan Tujuan dalam Surat Pribadi. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Sumber : Buku Bahasa Indonesia Kelas VII Kurikulum Merdeka, Kemendikbud
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 7:22 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.