Home » , , , » Mempersiapkan Pertunjukan Drama Kelas Belis si Mas Kawin

Mempersiapkan Pertunjukan Drama Kelas Belis si Mas Kawin

Untuk bisa membuat pertunjukan drama seperti pada contoh video yang telah kalian saksikan, berikut adalah langkah-langkah yang akan kalian ikuti untuk mempersiapkan pertunjukan drama kelas. Pertunjukan drama ini akan melibatkan seluruh kelas dan akan menjadi proyek kelas. Oleh karena itu, kerja sama yang erat sangat dibutuhkan sehingga kelas kalian bisa memberikan pertunjukan yang mengesankan.

Langkah 1 
Memilih satu atau dua orang sebagai penulis naskah drama. Naskah drama akan diadopsi dari salah satu cerpen di bawah ini. Diskusikan dan pilih salah satu yang paling menarik menurut kalian. 
a. “Belis Si Mas Kawin” karya Fanny J. Poyk.
b. “Roh Meratus” karya Zaidinoor.
c. “Linuwih Aroma Jarik Baru” karya Anggun Prameswari.
d. “Anak Ini Mau Mengencingi Jakarta?” karya Ahmad Tohari.
e. “Di Tubuh Tara dalam Rahim Pohon” karya Faisal Oddang.
f. “Ulat Bulu dan Syeh Daun Jati” karya Agus Noor

Langkah 2 
Memilih sutradara dan asisten sutradara. Sutradara dan asisten sutradara memegang peranan sangat penting dalam pertunjukan drama karena merekalah yang akan mengatur persiapan pertunjukan drama sampai dengan tahap pementasan. Tahap persiapan tersebut seperti membaca dan menginterpretasikan isi naskah drama, memilih setiap pemeran dan melatih pemeran dalam mendalami karakter tokoh, memilih anggota yang akan mempersiapakan tata panggung, tata lampu, tata suara atau musik, dan tata kostum seluruh pemain. Oleh karena itu, tugas seorang sutradara dan asisten sutradara cukup berat. Pilihlah seorang sutradara dan seorang asisten sutradara yang mempunyai jiwa kepemimpinan yang baik sehingga bisa memimpin persiapan dan pementasan drama kelas dengan baik. 

Langkah 3 
Memilih pemain atau pemeran. Untuk memilih pemeran akan dilakukan oleh sutradara dan asisten sutradara. Oleh karena itu, sutradara harus mampu menafsirkan perwatakan tokoh yang akan diperankan. Kemampuan sutradara diuji dalam hal ini karena pemilihan peran akan berlanjut dengan melatih para pemain peran tersebut dalam menjiwai setiap tokoh yang akan ditampilkan. 

Langkah 4 
Menyiapkan panggung dan kelengkapannya. Persiapan tata panggung biasanya akan dilakukan oleh kelompok tim yang cukup besar jumlah anggotanya. Sutradara dan asisten sutradara akan memimpin tim ini sehingga tata panggung dan perlengkapannya bisa benar-benar menggambarkan latar tempat, latar waktu, dan latar suasana sesuai dengan naskah drama. 

Langkah 5 
Menyiapkan musik dan efek suara. Musik dan efek suara memegang peran penting dalam mendukung latar suasana. Musik dan efek bunyi bisa didapatkan dengan melibatkan orkestra, band, gamelan, dan sebagainya. Musik bisa diperdengarkan secara langsung maupun lewat rekaman. Peran sutradara sangat penting dalam menerjemahkan ide cerita kepada para pemusik yang akan mempersiapkan musik dan efek suara. 

Langkah 6 
Menyiapkan tata lampu atau efek cahaya. Efek pencahayaan atau tata lampu sangat diperlukan untuk memperjelas pelihatan penonton terhadap mimik dari para pemeran, sehingga bisa tercipta suasana sedih, murung, atau gembira. Selain untuk menampilkan ekspresi dari para pemeran, tata lampu juga dapat mendukung keartistikan panggung. 

Langkah 7 
Menyiapkan kostum dari para pemeran. Kostum adalah pakaian yang dikenakan para pemain untuk membantu pemeran dalam menampilkan perwatakan tokoh yang diperankan. Dengan melihat kostum yang dikenakan oleh para pemeran, penonton secara langsung dapat menerka profesi tokoh yang ditampilkan di panggung seperti dokter, perawat, tentara, petani, dan sebagainya. Dengan kostum yang baik juga bisa dilihat kedudukan para pemeran seperti menjadi rakyat jelata, punggawa, atau raja. Dengan kostum pula bisa ditampilkan perwatakan para pemeran seperti tokoh yang penuh kesopanan, tokoh yang ceroboh, bahkan tokoh yang jahat.

Langkah 8 
Menyiapkan promosi sehingga bisa menjaring penonton. Bagian yang tak boleh dilupakan adalah memperkenalkan kepada calon penonton tentang promosi kepada calon penonton. Banyak media yang bisa dipakai seperti televisi, media sosial, atau media cetak seperti surat kabar. Biasanya panitia pertunjukan drama akan membuat pamflet untuk disebarluaskan kepada 
masyarakat lewat media-media tersebut. 

Setelah mengetahui langkah demi langkah tersebut, sekarang berdiskusilah bersama teman sekelas kalian dan pilihlah siapa saja yang akan berkontribusi dalam mempersiapkan pertunjukan drama ini. Diskusi bisa dipimpin oleh ketua kelas. Berikut adalah hal-hal yang harus kalian tentukan dalam diksui tersebut.
Belis si Mas Kawin
Drama Belis si Mas Kawin
No.PeranNama
1.Penulis naskahFanny J. Poyk
2.Sutradara dan asisten sutradaraRina Maula dan Risqy Laelatul
3.Pemain atau pemeran
  1. Rina Maula = Jublina
  2. Husni Akil = Ayah
  3. Fajar Risky = Ben
  4. M Ardiyanto = Figuran
4.Penata panggungHusni Akil dan M. Fariel Bernard
5.Penata musik dan efek suaraLena Dwi Ariani dan M. Ahdan Akmal
6.Penata lampuRafi Maulana dan Farid Ramadhani
7.Penata kostum dan tata wajahAnando Reyza dan Elya Mariana
8.Bagian promosi/pembuat Nayaka Desbrian dan Ismi Kurnia

Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 8:32 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.