Home » , , , » Membandingkan Drama Cinta Itu dan Wabah

Membandingkan Drama Cinta Itu dan Wabah

Mementaskan sebuah pertunjukan drama berarti mengaktualisasikan naskah drama yang telah ditulis oleh penulis naskah drama di atas panggung. Pementasan drama, baik dalam tahap persiapan maupun pada saat pementasannya, akan melibatkan banyak pihak yang menuntut kemampuan kerja sama antara satu pihak dengan pihak lainnya.

Pihak-pihak tersebut seperti sutradara pertunjukan yang harus bisa memimpin semua proses pertunjukan, para pemeran yang harus bisa menerjemahkan isi naskah drama dan patuh mengikuti arahan dari sutradara, serta para kru yang lain seperti penata panggung, penyedia kostum, serta pemusik dan bahkan pengatur lampu.

Secara garis besar, hal-hal yang harus dipersiapkan dalam pementasan drama meliputi (1) naskah drama, (2) sutradara, (3) para pemain atau tokoh pemeran, (4) tata panggung dan perlengkapan panggung, (5) tata lampu atau efek cahaya, (6) tata musik dan efek suara, (7) kostum, (8) penonton, dan (9) promosi pertunjukan yang akan dilakukan.

Pertunjukan akan terealisasikan dengan baik bila pertunjukan drama dipersiapkan dengan baik, paling tidak mengikuti langkah-langkah sebagai berikut.
  1. Memilih satu atau dua orang sebagai penulis naskah. Pastikan untuk bagian ini pilihlah peserta didik yang mempunyai kemampuan membaca dan menulis dengan baik serta disiplin sehingga bisa menyerahkan naskah tepat waktu.
  2. Memilih sutradara dan asisten sutradara. Untuk menjadi sutradara dan asisten sutradara, pilihlah peserta didik yang mempunyai jiwa kepemimpinan yang baik karena dialah yang akan memimpin seluruh proses dari persiapan dan nanti saat pelaksanaan pertunjukan yang melibatkan banyak orang.
  3. Memilih pemain atau pemeran. Walau bagian ini merupakan kewenangan dari sutradara dan asisten sutradara tetapi tidak ada salahnya jika peserta didik yang dipilih adalah peserta didik yang mempunyai kemampuan penghayatan peran atau punya kemampuan acting.
  4. Menyiapkan panggung dan kelengkapannya. Untuk bagian ini peserta didik-peserta didik yang punya kemampuan seni dan punya kemampuan interpretasi sangat diperlukan. Biasanya bagian ini membutuhkan jumlah peserta didik yang cukup banyak.
  5. Menyiapkan musik dan sound effect. Untuk bagian ini, tentu saja peserta didik yang mempunyai kemampuan bermain musik sangat dibutuhkan. 
  6. Menyiapkan tata lampu atau lighting effect. Bagian ini tidak membutuhkan banyak orang, tetapi pilihlah peserta didik yang mempunyai jiwa seni yang baik karena pencahayaan sangat memengaruhi suasana setiap pergantian babak dalam cerita.
  7. Menyiapkan kostum dari para pemeran. Untuk bagian ini dibutuhkan banyak peserta didik karena akan mengurus semua kostum yang dikenakan oleh para pemeran yang mungkin akan berganti kostum dalam babak yang berbeda. Kemampuan interpretasi akan cerita juga sangat diperlukan untuk bagian ini.
  8. Menyiapkan promosi sehingga bisa menjaring penonton. Untuk bagian ini, mungkin hanya butuh 1–3 peserta didik tetapi pastikan yang punya kemampuan seni dan teknologi informasi yang baik karena mereka akan merancang pamflet sebagai alat promosi pertunjukan drama mereka.

Untuk mengukur pemahaman kalian tentang kedua pertunjukan drama tersebut, secara berkelompok terdiri atas 4-5 siswa jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini! Gunakan kalimat yang baik dalam menjelaskan jawaban kalian. 
Pertunjukan Drama
1. Pertunjukan drama dibagi menjadi tiga jenis, yaitu tragedi, komedi, atau tragedi komedi. Jika dikategorikan dalam ketiga jenis pertunjukan drama, dua pentas drama yang diputar oleh gurumu termasuk ke dalam jenis yang mana? Berilah penjelasan disertai dengan bukti secukupnya!
Jika dikategorikan ke dalam tragedi, komedi, atau tragedikomedi, video 1 yang berjudul “Cinta Itu” tidak masuk ke kategori mana pun karena hanya membahas bagaimana memaknai cinta. Video 2 yang berjudul “Wabah” masuk ke kategori komedi karena membawa Punakawan yang selalu lucu dalam penampilannya. 
2. Dalam penyajiannya sebuah pertunjukan drama dibagi menjadi dua yaitu drama realis dan simbolik. Bagaimana penyajian kedua pertunjukan drama yang telah kamu saksikan? Beri penjelasan disertai dengan bukti secukupnya! 
Jika dikategorikan sebagai drama realis atau simbolik, video 1 yang berjudul “Cinta Itu” masuk ke drama realis karena pemeran menampilkan dunia nyata sekarang. Video 2 masuk kategori simbolik karena membahas wabah oleh Punakawan yang tentu saja tidak ada dalam dunia nyata. 
3. Bagaimana tata panggung ditampilkan dalam kedua pertunjukan drama yang kalian saksikan? Apakah properti yang ditampilkan di panggung sudah mendukung cerita secara keseluruhan di setiap babak yang ditampilkan? 
Tata panggung pada video 1 berjudul "Cinta Itu" terlihat sangat realistis dengan latar kegiatan sehari-hari. Properti yang digunakan sesuai dengan alur cerita karena menunjukkan kehidupan sehari-hari.

Tata panggung video 2 berjudul “Wabah” mendukung cerita secara keseluruhan. Pada setiap babak ditampilkan properti yang sesuai dengan apa yang disampaikan oleh setiap tokoh.
4. Bandingkan bagaimana pencahayaan atau lighting effect yang digunakan dalam kedua pertunjukan tersebut? Beri penjelasan disertai dengan bukti yang mendukung!
Video 1 berjudul "Cinta Itu" menggunakan cahaya sebagai penyinar. Terdapat dua latar dengan tokoh yang berbeda. Pencahayaan akan diberikan tepat di latar dengan tokoh yang sedang berdialog agar penonton fokus pada pemain.

Video 2 berjudul “Wabah”, tata lampu yang digunakan dalam pertunjukkan teater ini lampu sebagai penerang. Tata lampu yang digunakan dari awal sampai akhir tidak ada perubahan. Pencahayaan bertujuan hanya sebagai penerangan suatu tempat atau ruangan dalam panggung agar tidak terkesan gelap.
5. Musik dan sound effect adalah salah satu bagian penting dalam pertunjukan drama. Bandingkan bagaimana unsur musik digunakan dalam kedua pertunjukan tersebut? Beri penjelasan disertai dengan bukti yang mendukung! 
Pada drama "Cinta itu" unsur musik tidak dominan bahkan tidak terdengar. Tujuannya agar penonton fokus kepada dialog-dialog yang terjadi antartokoh.

Pada drama dengan judul “Wabah” terdapat sedikit musik sebagai latar dari dialog yang terjadi pada drama. Musik berfungsi untuk mendukung suasana yang sedang terjadi di antara para tokoh punakawan.
6. Kostum dan tata wajah adalah unsur yang penting dalam pertunjukan drama. Bandingkan bagaimana penggunaan kostum dan tata wajah dari kedua pertunjukan tersebut? Beri penjelasan disertai dengan bukti yang mendukung!
Pada video 1 drama berjudul "Cinta Itu", kostum dan tata wajah yang digunakan para tokoh tampak natural dan menggambarkan pakaian yang biasa digunakan sehari-hari.Hal tersebut sesuai dengan jenis drama tersebut yang termasuk drama realis.

Kostum dan tata wajah di drama "Wabah" sangat sesuai dengan tokoh-tokoh punakawan. Tata rias dan detail kostum dapat menggambarkan dan menentukan watak para tokoh. Terdapat inisial para tokoh dalam kalung yang bisa mempermudah penonton mengetahui nama tokoh.
7. Secara keseluruhan bagaimana perbandingan antara pertunjukan drama A dan pertunjukan drama B? Berikan penjelasan berdasarkan unsur-unsur pembangun pertunjukan drama seperti tokoh, dialog antartokoh tokoh, keterangan lakuan, panggung dan properti yang disiapkan, musik dan sound effect, tata lampu, dan kostum. 
Kedua drama yang ditampilkan memuat semua aspek pembangun sebuah drama sesuai dengan tema yang diusung masing-masing drama. Hal tersebut bisa dilihat dari tokoh dan penokohannya, kostum, pencahayaan, penataan panggung, dialog, musik, dan properti yang sesuai dengan alur cerita yang diusung.

Dalam kedua pementasan teater ini dekorasi panggung menampilkan dekorasi seperti sebuah rumah dan pelataran rumah. Tata panggung yang digunakan dalam pementasan drama ini cukup sederhana, tetapi dapat memberikan gambaran bagi penonton sesuai dengan alur cerita yang dibawakan.

Demikian pembahasan mengenai Mempersiapkan Pertunjukan Drama dengan Tema  Tertentu. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Sumber : Buku Bahasa Indonesia Kelas XI Kurikulum Merdeka, Kemendikbud
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 6:34 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.