Home » , , , » Membandingkan Dua Pamflet Pertunjukan Drama

Membandingkan Dua Pamflet Pertunjukan Drama

Mementaskan sebuah pertunjukan drama merupakan sebuah kerja besar yang membutuhkan kerja sama dari individu-individu yang terlibat di dalamnya karena akan melibatkan banyak orang. Dalam tim yang besar itu, setiap individu akan menempati posisi-posisi sebagai berikut (1) penulis naskah drama, (2) sutradara, (3) para pemain atau tokoh pemeran, (4) penata panggung, (5) penata lampu, penata musik dan suara, penata konstum dan wajah, dan (6) mempromosikan pertunjukan yang akan dilakukan.

Dari penjelasan di atas, promosi merupakan salah satu kunci keberhasilan. Untuk memberi tahu kepada calon penonton dalam tim pementasan drama ada bagian pembuat pamflet. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian pamflet adalah surat selebaran. Oleh karena itu, pamflet tersebut akan disebarkan kepada masyarakat dengan berbagai media yang disebutkan di atas. 
Pamflet Drama
Membuat pamflet tidak terlalu berbeda jauh dari membuat brosur. Hanya saja pamflet biasanya lebih spesifik untuk suatu event yang akan dilakukan di suatu tempat atau kota. Berikut ini hal-hal yang harus diperhatikan dalam membuat pamflet.
  1. Gambar yang menarik.
  2. Pemilihan jenis huruf yang jelas dan menarik.
  3. Warna yang menarik dan merepresentasikan pertunjukan.
  4. Rancangan pamflet yang menarik.

Adapun hal-hal yang harus ada dalam pamflet adalah
  1. Nama acara/kegiatan atau judul pertunjukan;
  2. Penyelenggara acara/kegiatan; 
  3. Tempat, tanggal, dan waktu pertunjukan;
  4. Para pesohor yang menjadi bintang dari pertunjukan;
  5. Harga tiket dan cara mengaksesnya;
  6. Sponsor penyelenggara pertunjukan
  7. Tambahan ada peta tempat pertunjukan

Perhatikanlah kedua pamflet tersebut dengan baik! Dalam kelompok yang terdiri atas 4-5 siswa, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.
1. Identifikasi hal-hal apa saja yang harus dicantumkan dalam pamflet pertunjukan drama!
Hal-hal yang harus ada dalam pamflet adalah
nama acara/kegiatan atau judul pertunjukan;
penyelenggara acara/kegiatan; 
tempat, tanggal, dan waktu pertunjukan;
para pesohor yang menjadi bintang dari pertunjukan;
harga tiket dan cara mengaksesnya;
sponsor dari penyelenggara pertunjukan; dan
tambahan ada peta tempat pertunjukan
2. Apa yang harus dilakukan agar pamflet yang kita buat menarik perhatian masyarakat?
Gambar yang menarik.
Pemilihan font yang jelas dan menarik.
Warna yang menarik dan merepresentasikan pertunjukan.
Rancangan pamflet yang menarik
3. Pamflet juga harus mewakili tema cerita dari naskah drama yang akan dipertunjukkan. Untuk menuangkan tema dalam pamflet, pembuat pamflet bisa menggambarkan tema tersebut dalam bentuk apa saja? 
Pamflet harus mewakili tema cerita yang disampaikan dalam pertunjukan drama contohnya dengan mengambil salah satu alur cerita, bentuk tulisan dengan mengutip salah satu kalimat, atau dengan memilih warna yang mewakili cerita.
4. Kalau dibandingkan, pamflet mana yang lebih menarik: pamflet A atau pamflet B? Berikan alasan dan bukti yang mendukung.
Pada pamflet A, terlihat gambar yang menunjukkan gambaran cerita yang akan ditampilkan. Namun, tulisan pada pamflet tersebut agak susah dibaca karena warnanya yang kurang kontras.

Pada pamflet B semua tulisan mudah dibaca sehingga pembaca dapat mencerna informasi dengan jelas. Gambar yang ditampilkan bukan dalam bentuk foto melainkan ilustrasi. Akan tetapi, gambar tersebut mewakili pertunjukkan yang akan dipentaskan oleh penyelenggara.
5. Buatlah rancangan pamflet yang akan kalian buat untuk mendukung pertunjukan drama kelas yang akan diselenggarakan. Pastikan pamflet tersebut menarik sehingga penonton mau datang menyaksikan pertunjukan tersebut.

Demikian pembahasan mengenai Membandingkan Dua Pamflet Pertunjukan Drama.. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Sumber : Buku Bahasa Indonesia Kelas XI Kurikulum Merdeka, Kemendikbud
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 9:45 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.