Home » , , » Soal Post Test Modul 1 Pola Pikir Bertumbuh dan Ketangguhan

Soal Post Test Modul 1 Pola Pikir Bertumbuh dan Ketangguhan

Kesuksesan implementasi Merdeka Belajar sangat bergantung sejauh mana Guru mengembangkan dirinya: menguasai kompetensi-kompetensi dan keterampilan-keterampilan baru, terutama yang berkaitan dengan praktik pembelajaran yang berpusat pada siswa. Pola Pikir Bertumbuh dan Ketangguhan merupakan dua soft skills yang perlu dikembangkan pada diri Guru agar Guru dapat terus-menerus mengembangkan dirinya.

Rancangan merdeka belajar, merupakan panggilan untuk transformasi pendidikan Indonesia. Kita harus mampu membekali anak-anak kita dengan kopatensi yang sesuai dengan zaman mereka nanti. Cita-cita mereka belajar ini besar sekali, sehingga untuk mencapanya, kita semua harus serentak bertransformasi.

Guru dengan pola pikir pertumbuh akan lebih terbuka terhadap perubahan dan tantangan. Mereka tidak takut untuk mencoba pendekatan dan metode pembelajaran baru. Belajar aplikasi baru mengikuti proses evaluasi kinerja dan lain-lain. Mereka tidak takut gagal dan melihat setiap tantangan sebagai peluang untuk belajar lebih banyak dan meningkatkan kualitas pengajaran mereka.
PMM
Konsep pola pikir pertumbuh dirumuskan, diteliti, dan dipopulerkan oleh Carol Twick, seorang psikolog dan peneliti pendidikan dan karir dari Stanford University. Penelitiannya meliputi anak usia sekolah dasar hingga pemimpin. Data penelitiannya mengukuhkan bahwa bakat dan kecerdasantidak bisa memprediksi kesuksesan seseorang.

Twick menemukan bahwa ada orang yang yakin tidak bisa berubah dan ada orang yang yakin bisa berubah. Mereka yang yakin bahwa mereka bisa berubah dan tidak dibatasi oleh bakat dan kecerdasan disebut seorang dengan pola pikir bertumbuh. Sebaliknya mereka yang yakin bahwa mereka tidak bisa berubah dan menganggap bahwa kecerdasan dan bakat sifatnya permanen disebut sebagai orang dengan pola pikir statis atau fix mindset.

Kata kuncinya di sini adalah keyakinan. Keyakinan artinya menerima semua itu benar walaupun belum terjadi. Dalam konteks pola pikir bertumbuh. Merasa yakin bahwa kita bisa akan membantu kita mengatasi ketakutan terhadap hal baru. Kita tetap yakin walaupun diawal kita gagal berkali-kali sampai akhirnya mencapai keberhasilan.

Fred Luthans. Seorang psikolog, bidang industri dan organisasi. Luthans menyimpulkan bahwa resiliensi merupakan salah satu soft skillyang menentukan kesuksesan karir seseorang. Ketangguhan adalah kemampuan seseorang untuk bangkit, yaitu menghadapi, mengatasi dan pulih dari kondisi terpuruk. Yang dimaksud dengan kondisi terpuruk adalah kesalahan kecil, kegagalan besar, atau bahkan musibah.

Karakteristik Individu dengan Pola PIkir Bertumbuh dan Tangguh
Konsep kunci dari Carol Twick ini adalah pada pola pikir. Orang orang dengan pola pikir bertumbuh selalu menanggapi lingkungan dengan keyakinan dan ucapan. Saya bisa semakin seorang mengucapkan ini, dalam hati, menjadi pemicu untuk learning mood, atau mood siap belajar, yang terdiri dari siap bertanya, siap observasi, siap terkejut, siap ditolak, siap konsentrasi dan lain-lain.

Jadi pemicu learning mood sederhana sekali, yaitu ucapan, saya bisa atau ucapan sejenisnya. Selain itu terjadilah peristiwa berantai diotak kita, yaitu otak bersikap untuk belajar. Jadi memumpuk pola pikir bertumbuh adalah dengan rajin memicu learning mood diri sendiri.

Orang dengan pola pikir bertumbuh dapat lihat dari reaksi dan sikapnya terdapat pilihan tantangan, umpan balik dan kegagalan 
  1. Tantangan, Orang dengan pola pikir bertumbuh, mampu menyambut tantangan. bagi mereka tantangan adalah kesempatan, untuk berkembang. Sebaliknya orang dengan pola pikir statis akan selalu menghindari tantangan, karena mereka takut gagal.
  2. Umpan balik. Orang dengan pola pikir bertumbuh, santai dalam menerima umpan balik. Mereka menikmati umpan balik karena sudah sadar, menarapkan umpan balik sebagai bahan untuk menjadih lebih baik. Orang dengan pola pikir statis menganggap umpan balik sebagai definisi dan tanda batas kemampuan mereka. 
  3. Kegagalan. Orang dengan pola pikir bertumbuh, melihat kegagalan sebagai petunjuk bahwa diaspek tersebutlah dia masih harus belajar. Bagi mereka itu temuan yang menggembirakan. Orang dengan pola pikir statis menganggap gagal sebagai bukti keterbatasan mereka. Orang dengan pola pikir bertumbuh, terlatih untuk gagal sehingga menjadi tangguh.

Menurut Fred Luthans penggagas dan pakar ketangguhan, ada beberapa karateristik individu yang tangguh yaitu.
  1. Pertama, mampu meregulasi emosi. Pengalaman emosi kita bersifat reaktif. Terjadi sangat cepat dipicu oleh kejadian di sekitar kita. Orang yang tangguh terlatih meregulasi emosi mereka.
  2. Kedua, mampu mengatasi stress. Orang yang tangguh sigap dan punya banyak teknik mengatasi stress.
  3. Ketiga, mampu beradaptasi. Orang yang tangguh terlatih untuk menilai sumber stress mereka. Mereka segera tahu apakah situasi bisa ditunggu untuk berubah, apakah orang lain akan berubah, atau saya yang harus berubah.

Orang yang tangguh sangat mudah menerima bahwa ialah yang sebetulnya harus berubah. Orang yang sangat tangguh bahkan dengan hati saja untuk berubah. Jadi, belajar tentang pola pikir pertumbuh dan ketangguhan akan memberikan inside baru terhadap proses mencapai sukses.

1. Latihan Pemahaman
A. Pola Pikir Bertumbuh, Ketangguhan, dan Implementasi Merdeka Belajar
Keyakinan bahwa kita bisa berubah dan tidak dibatasi oleh bakat dan kecerdasan disebut sebagai soft skill:
Jawaban : B. Pola Pikir Bertumbuh
B. Karakteristik Individu dengan Pola PIkir Bertumbuh dan Tangguh
Bagaimana sikap orang dengan Pola Pikir Bertumbuh terhadap tantangan?
Jawaban : Tantangan merupakan kesempatan bertumbuh
C. Contoh Praktik Pola PIkir Bertumbuh dan Ketangguhan
Mana yang tidak mencerminkan praktik harian seseorang yang memiliki Pola PIkir Bertumbuh?
Jawaban : Menghindari umpan balik
2. Cerita Reflektif
A. Pola PIkir Bertumbuh, Ketangguhan, dan Implementasi Merdeka Belajar
Adakah pemahaman baru yang Anda dapat dari paparan video tadi tentang peran soft skills Pola PIkir Bertumbuh dan Ketangguhan dalam implementasi Merdeka Belajar?
Guru dengan pola pikir bertumbuh akan lebih terbuka terhadap perubahan dan tantangan.
B. Karakteristik Individu dengan Pola PIkir Bertumbuh dan Tangguh
Setelah menyimak video tadi, bagaimana Anda akan mencoba mempraktikkan soft skills Pola Pikir Bertumbuh dan Ketangguhan selama sebulan ke depan?
Dengan menerapkan keyakinan dan tindakan positif secara maksimal “saya bisa” sebagai pemuci learning mode untuk selalu siap belajar.
C. Contoh Praktik Pola PIkir Bertumbuh dan Ketangguhan
Setelah menyimak video tadi, bagaimana Anda akan mencoba mempraktikkan soft skills Pola Pikir Bertumbuh dan Ketangguhan selama sebulan ke depan?
Ada 8 praktik harian untuk dapat memupuk Pola Pikir Bertumbuh dan Ketangguhan yang salah satunya adalah merangkul tantangan. Dalam satu bulan ke depan, metode ini akan dilakukan sedikit demi sedikit dan mencoba mengubah pandangan terhadap usaha yang dilakukan.
3. Post test
1.
Bagaimana sikap orang dengan Pola Pikir Bertumbuh terhadap tantangan?
A.Tantangan merupakan kesempatan untuk berkembang
B.Tantangan merupakan hambatan untuk berkembang
C.Tantangan harus dihindari
D.Tantangan sangat menakutkan
Pembahasan :
Jawaban : A
2.Mana yang TIDAK mencerminkan praktik harian seseorang yang memiliki Pola PIkir Bertumbuh?
A.Belajar dari pengalaman
B.Mengubah pandangan tentang tantangan
C.Belajar sendiri, orang lain akan menghambat
D.Merangkul tantangan
Pembahasan :
Jawaban : C
3.Seorang dengan Pola PIkir Bertumbuh bersikap positif dalam menghadapi tantangan. Mana yang tidak melatih Anda toleran terhadap tantangan?
A.Mencicil dari tantangan yang lebih sederhana, bertahap ke lebih rumit
B.Menetapkan di awal bahwa anda akan mencoba lebih dari sekali
C.Mengucap ke hati berulang-ulang selain mungkin gagal mungkin berhasil
D.Meredakan kecemasan, mulai ketika sudah tidak cemas
Pembahasan :
Jawaban : D
4.Hari ini Pak Nurul mengajar menggunakan laboratorium komputer. Ia minta saran dari Guru lain yang sudah sering menggunakan labkom untuk sesi diskusi dan kolaborasi. Praktik Pola Pikir Bertumbuh yang mana yang dicerminkan Pak Nurul?
A.Belajar dari teladan atau mentor
B.Gunakan bahasa pola bertumbuh
C.Belajar dari pengalaman
D.Ajarkan pola pikir bertumbuh kepada orang lain
Pembahasan :
Jawaban : A
5.Keyakinan bahwa kita bisa berubah dan tidak dibatasi oleh bakat dan kecerdasan disebut sebagai:
A.Pola Pikir Statis
B.Pola Pikir Bertumbuh
C.Ketangguhan
D.Ketangkasan
Pembahasan :
Jawaban : B
6.Bu Ines kedatangan Pak Nurul. Pak Nurul kebingungan harus mengajar di labkom dua minggu lagi. Bu Inez merekomendasikan beberapa aplikasi dan beberapa skenario kegiatan. Ia juga memberitahu Pak Nurul tantangan apa yang akan dialami Pak Nurul, tapi percaya Pak Nurul pasti bisa mengatasinya.
A.Belajar dari teladan atau mentor
B.Gunakan bahasa pola bertumbuh
C.Belajar dari pengalaman
D.Ajarkan pola pikir bertumbuh kepada orang lain
Pembahasan :
Jawaban : B
7.Seorang dengan Pola PIkir Bertumbuh bersikap positif ketika gagal. Mana yang tidak melatih Anda toleran terhadap tantangan?
A.Secepatnya minta umpan balik: di aspek apa Anda gagal DAN di aspek apa anda berhasil
B.Mengucap ke hati: oh, ini bukan bidang saya
C.Mengucap ke hati berulang-ulang: Iho, sekarang saya jadi tahu sesuatu yang baru
D.Menetapkan di awal bahwa anda memang akan mencoba lebih dari sekali
Pembahasan :
Jawaban : B
8.Bu Liza ingin praktik mengajar dengan metode Project-Based Learninf. . Ia cemas dan ia menulis di kertas. "Saya takut salah. Nanti setiap murid akan ingat". Ia baca berulang-ulang, ia coret semuanya. Ia menulis lagi. "Nanti kalau ada kesalahan, langsung catat, Ya. Dan saya sudah bekerja keras untuk persiapan hari ini." Pola pikir bertumbuh mana yang ditunjukkan Bu Liza?
A.Belajar dari teladan atau mentor
B.Gunakan bahasa pola bertumbuh
C.Belajar dari pengalaman
D.Ajarkan pola pikir bertumbuh kepada orang lain
Pembahasan :
Jawaban : C
9.Seorang dengan Pola PIkir Bertumbuh bersikap positif dalam menerima umpan balik. Mana yang tidak mengasah kepekaan anda dalam menerima umpan balik?
A.Mengembangkan rasa percaya bahwa orang yang memberi umpan balik punya niat baik untuk membantu kita.
B.Langsung mencatat isi umpan balik. Ketika rasa kesal sudah mereda, baca kembali catatan tersebut.
C.Berargumen kritis tentang umpan balik tersebut
D.Menetapkan hati dulu bahwa hari ini Anda ingin belajar sesuatu
Pembahasan :
Jawaban : C
10.Mana yang TIDAK mencerminkan praktik harian seseorang yang memiliki Pola PIkir Bertumbuh?
A.Belajar dari pengalaman
B.Gunakan bahasa pola pikir bertumbuh
C.Belajar dari mentor atau teladan
D.Menghindari umpan balik
Pembahasan :
Jawaban : D
11.Kemampuan seseorang untuk bangkit, yaitu: menghadapi, mengatasi, dan pulih, dari kondisi terpuruk, disebut:
A.Pola PIkir Statis
B.Pola pikir bertumbuh
C.Ketangguhan
D.Ketangkasan
Pembahasan :
Jawaban : C

Demikian pembahasan mengenai Soal Post Test Modul 1 Pola Pikir Bertumbuh dan Ketangguhan Platform Merdeka Mengajar. Semoga bermanfaat.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 3:45 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.