Home » , , » Soal Post Test Modul 4 Sekolahku yang Bineka

Soal Post Test Modul 4 Sekolahku yang Bineka

Untuk menjaga agar semboyan “Bineka Tunggal Ika” itu tetap hidup dan tumbuh dalam realitas masyarakat, maka dibutuhkan pendekatan yang tepat terutama lewat pendidikan nilai kebinekaan. Artinya, pendidikan nilai kebinekaan tidak cukup diajarkan, namun juga secara afektif ditumbuhkan rasa mencintai nilai-nilai dan karaker baik di hati setiap peserta didik, dan yang jauh lebih utama adalah membiasakan untuk mempraktikkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Pemataan Masalah
Berikan tanggapanmu dengan memberikan respon terhadap studi kasus dalam infografis berikut (pilih 2 saja dari 4 contoh kasus di infografis). Buatlah sebuah pertemuan yang membicarakan beberapa agenda berikut:
  1. Kelompok I: Sekolah Anda adalah sekolah Islam. Ada sekolah Kristen yang ingin melakukan kunjungan. Apakah akan diterima? Apa yang akan dilakukan?
  2. Kelompok II: Sekolah Anda digjak oleh sebuah organisasi untuk terlibat dalam program Jelajah Bineka, yaitu mengajak siswa untuk keliling beragam rumah ibadah. Apakah sekolah Anda akan ikut?
  3. Kelompok III: Sekolah Anda relatif homogen. Ada calon siswa dari aliran agama atau kepercayaan minoritas yang oleh sebagian orang dituduh sesat. Apakah akan diterima?
  4. Kelompok IV: Pemilihan ketua OSIS. Salah satu kandidat kuat adalah siswa dari agama minoritas. Beberapa orang keberatan dan menginginkan ketua OSIS itu berasal dari agama mayoritas.
Sekolahku yang Bineka
Penguatan Kebinekaan
Ada 2 (dua) strategi yang bisa dilakukan oleh Sekolah: (1). Memperkuat budaya sekolah (school culture) dengan nilai-nilai moderasi (toleransi), dan (2). memperkuat budaya kelas (classroom culture) dengan nilai-nilai moderasi (toleransi).

Pertama, strategi memperkuat budaya sekolah (school culture) dengan nilai-nilai moderasi, kunci sukses strategi ini ada di kepala sekolah sebagai pengambil kebijakan, kepala sekolah berperan sangat vital dalam mewujudkan nilai-nilai toleransi melalui beragam aktivitas dan program yang mainstreaming 5 (lima) nilai-nilai moderasi. Kelima nilai-nilai moderasi tersebut adalah (1). Komitmen kebangsaan (2). Cara berpikir, bersikap, dan berperilaku mengedepankan nilai-nilai moderasi/adil. (3). Kesetaraan dan Kemanusiaan (4). Berpikiran terbuka/kritis. (5). Akomodatif terhadap nilai-nilai lokal.

Sekolah yang Bineka
Aktivitas kebinekaan banyak ragam yang diperkuat dalam budaya sekolah diantaranya melakukan permainan dan olah raga dengan cara melakukan kegiatan pertandingan persahabatan, festival permainan tradisional yang mulai langka. Seni Budaya dan agama perlu dilakukan dalam rangka memperingati hari besar agama melalui pekan kreatifitas pelajar, culinary, Batik Day dan kegiatan massal lainnya. Media komunikasi visual dengan membuat poster piece corner, mading online, e-bulletin.

Praktik Baik Kebinekaan
Yuk ceritakan apa praktik baik yang sudah anda lakukan dalam memperkuat kebinekaan di sekolah. Buatlah video pendek di sosial media masing-masing dan linknya di-share di tautan modul ini. Berikut ini adalah beberapa ide aktivitas kebinekaan yang bisa Anda lakukan di kelas
  1. Intra, Ekstra- Ko-kurikuler. Game, kunjungan ke museum atau rumah ibadah, seni, aktivitas kegamaan, kompetisi, kemah, dll
  2. Pengelolaan kelas/Strategi Pembelajaran. Metode, media, lingkungan belajar, sumber belajar
  3. Kurikulum . Konten, topik, RPP, dan Penilaian 
  4. Projek. Pembelajaran berbasis projek

1. Latihan Pemahaman
A. Pengantar Sekolahku yang Bineka
Makna dari semboyan "Bineka Tunggal Ika" dalam konteks sekolah adalah:
Jawaban : Sekolah merupakan tempat yang efektif dalam melakukan pembelajaran kebhinekaan
Di sekolah saya terdapat murid difabel, sekolah menyediakan sarana belajar untuk teman saya yang difabel tersebut. menurut saya tindakan yang dilakukan sekolah tersebut:
Jawaban : Sudah tepat karena memberikan fasilitas belajar yang sama kepada setiap siswa apapun latar belakang yang bersangkutan
B. Sekolah Bineka
Selain keragaman latar belakang murid, di sekolah juga terdapat keragaman pendapat, ide, pemikiran, dan gagasan dalam memutuskan suatu perkara. Pendapat kamu terhadap pernyataan ini:
Jawaban : Setuju
Ada dua pintu yang bisa digunakan dalam memperkuat kebinekaan di sekolah. Tentukan pintu mana yang layak digunakan diantara dua pilihan berikut:
Jawaban : Memperkuat melalui budaya sekolah dan budaya kelas
Di sekolah saya sedang ada festival makanan dari seluruh dunia. kegiatan tersebut adalah bagian dari kegiatan implementasi projek profil pelajar pancasila. Menurut saya kegiatan tersebut telah memperkuat profil pelajar pancasila pada dimensi:
Jawaban : Berkebhinekaan global
C. Misi
Makna melakukan praktik baik dalam konteks penguatan kebinekaan adalah:
Jawaban : Nilai kebhinekaan tidak hanya diajarkan secara teori tapi diimplementasikan dalam pembelajaran di kelas dan di lingkungan sekolah
2. Cerita reflektif
A. Pengantar Sekolahku yang Bineka
Keragaman apakah yang dimiliki oleh sekolah Anda? Praktik-praktik apa sajakah yang dilakukan di sekolah yang mencerminkan penghargaan untuk keragaman tersebut?
Keragaman suku dan bahasa. Mengadakan kegiatan bersama untuk saling menghargai dan menghormati.
B. Sekolah Bineka
Sekolah adalah tempat terbaik kita memupuk dan mengnal keberagaman. Di sekolah kita bertemu sahabat yang berbeda jenis kelamin, berbeda latar belakang budaya, agama, dan bahasa ibu. Di sekolah kita mengenal bahwa kita hidup saling membutuhkan. Di sekolah kita belajar saling menyanyangi dan mengasihi, mencintai dan saling berbagi. Di sekolah kita bertemu sahabat dan guru yang darinya kita belajar bahwa perbedaan itu indah. Ya, kita belajar keindahan di sekolah yang bineka.
Di sekolah, peserta didik dapat memahami perbedaan dan cara menghadapinya
C. Misi
Apa yang akan anda lakukan untuk memperkuat kebinekaan di Sekolah? Yuk perbanyak berbagi praktik baik di lingkungan kelas, sekolah, keluarga dan masyarakat.
Sekolah menyelenggarakan kegiatan tema kebhinekaan seperti festival makanan nusantara. lomba pakaian daerah, mengajarkan tarian daerah.

3. Soal Post Test
1.
Ketika ada pemilihan ketua OSIS, ada oknum guru yang menyebarkan informasi di WAG agar memilih ketua OSIS yang latar belakang suku dan agamanya sama, sikap saya:
A.Tidak menghiraukan anjuran tersebut karena hak guru tersebut untuk berpendapat
B.Mengklarifikasi di grup WA tersebut bahwa siapapun berhak dipilih dan memilih
C.Meminta sekolah untuk memanggil dan mengklarifikasi
Pembahasan :
Jawaban : C
2.Ketika saya mendapatkan informasi bahwa di sekolah anak saya ada murid yang tidak naik kelas karena alasan siswa tersebut penganut kepercayaan maka respon saya:
A.Hak sekolah dalam memberikan penilaian naik atau tidak naik kelas
B.Mendatangi sekolah dan memberitahu agar tidak melakukan diskriminasi 
C.Memantau saja karena isu itu tidak berhubungan dengan anak saya
Pembahasan :
Jawaban : B

Demikian pembahasan mengenai Modul 4 Sekolahku yang Bineka Platform Merdeka Mengajar. Semoga bermanfaat.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 11:00 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.