Home » , , » Identifikasi Gerak Saat Petani Bekerja di Sawah

Identifikasi Gerak Saat Petani Bekerja di Sawah

Kegiatan bertani bukanlah kegiatan yang dapat dilakukan oleh siapa saja, oleh karena itu kita wajib menghormati dan mengapresiasi pekerjaan petani. Petani berada di sawah kurang lebih selama 6 hingga 8 jam, misal berangkat mulai jam 8 dan pulang jam 4 sore. Waktu tersebut adalah estimasi kerja ketika belum musim panen, jika musim panen petani akan menghabiskan waktunya seharian di sawah, bisa hingga 12 jam bekerja.

Kegiatan petani ini jika belum masuk masa panen, biasanya petani akan berangkat dari rumah pukul 07.00-08.00 petani berangkat dari rumah, sesampainya di sawah mulai bekerja mencabuti rumput, mengontrol padi, menghalau burung, mengusir hama dan mengairi sawah jam 11 - jam 13 para petani akan beristirahat dengan menyantap makan siang yang telah dibawa dari rumah, dilanjutkan bekerja hingga menjelang sore.

Dalam proses memanen padi hingga menjadi beras, petani menggunakan jasa beberapa orang yang membantunya di sawah, dan mesin rontok untuk membantu petani memisahkan batang dan buah padi. Selain itu, petani juga menggunakan hewan untuk membantu bekerja di sawah seperti sapi maupun kerbau yang diberi alat untuk membantu petani membajak sawah.

Tetapi sekarang petani sudah jarang menggunakan hewan seperti sapi, karena sudah ada alat/mesin traktor yang khusus untuk membajak sawah. Selain itu, petani juga mengajak handai taulan atau kerabat dekat untuk bersama menggarap sawah dan hasilnya dibagi bersama.

Banyak petani saat ini yang dibantu oleh tenaga mesin, tidak hanya membajak sawah menggunakan tractor, petani juga menggunakan mesin lain untuk mengetam, kemudian memisahkan batang dan buah padi.

Selain bekerja merawat padi hingga tumbuh dewasa dan menguning, petani juga harus mengusir hama yang mengganggu petani, hama yang mengganggu dan merugikan petani adalah belalang atau walang, tikus, dan burung. Hal ini sangat diwaspadai oleh petani, mengingat proses menanam padi hingga menjadi beras sangat panjang dan perlu ke-hati-hatian.

Lingkungan atau kondisi lahan juga mempengaruhi proses penanaman padi, misal di daerah perbukitan pengolahan sawahnya tidak dengan dibajak tetapidilubangi menggunakan taju dengan jarak 20 cm x 20 cm (taju ini digunakan untuk membuat lubang), kemudian diberi 5 benih di dalam satu lubang dan ditimbun dengan sedikit tanah.

Setelah padi berusia 2 bulan, maka dilakukan pemupukan lalu dilakukan perawatan seperti mencabuti rumput dan penyemprotan hama hingga padi berusia 3 bulan dan dilakukan pemupukan lagi hingga usia padi sampai 5 bulan dan siap untuk dipanen menggunakan ani-ani kemudian diinjak-injak sampai terpisah dengan batangnya.

Setelah itu, dijemur hingga benar-benar kering dan padi siap digiling. Berbeda dengan lokasi sawah yang di daerah dataran, yang lahannya bisa dibajak dengan menggunakan traktor hingga penggilingan gabah yang juga menggunakan mesin atau alat.

Peserta didik menguraikan gerak-gerak bermakna sesuai dengan unsur ruang, tenaga, waktu, yang ditemukan pada plot aktifitas petani. Contoh: misalkan unsur ruang, gerak mencangkul yang jika diuraikan peserta didik membutuhkan ruang besar di dalam ruang pribadi untuk mengayunkan cangkul dari atas ke bawah dan dari kanan ke kiri ataupun bergerak d ruang umum dengan bergerak mencangkul berjalan ke kanan dan kiri, ke depan dan mundur ke belakang ataupun berputar. Begitu pula dengan unsur tenaga dan unsur waktu.

Peserta didik membuat list properti beserta aksesoris yang digunakan oleh petani. Contoh: Caping, cangkul, sabit, “orang-orangan sawah”, bakul dan tampi
Kostum
Peserta didik bersama kelompok juga menentukan kostum yang disesuaikan dengan karakter petani, baik pria maupun wanita.Contoh: Rencana kostum yang akan digunakan untuk laki-laki : menggunakan kaos polos putih, celana hitam, Caping, ikat kepala, ikat pinggang berupa kain sarung yang dilipat dan diikat di pinggang. Contoh : Rencana kostum yang akan digunakan perempuan: kebaya, kain jarit, ikat  kepala yang dijadikan bandana.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 6:30 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.