Home » , , » Unduh Aplikasi Raport Kurikulum Merdeka Format XLSM

Unduh Aplikasi Raport Kurikulum Merdeka Format XLSM

Kita ketahui bahwakurikulum baru ini merupakan kurikulum yang akan diterapkan pada tahun Pelajaran 2022/2023. Sebagimanayang telah di informasikan oleh Kemdikbud selakuperancang kurikulum, setiap sekolah/madrasah harusmenggunakan kurikulum baru (Kurikulum Merdeka).

Namun pemerintah setelah peluncuran kurikulum baru ini masih memberikan pilihan penuh kepada sekolah untuk menggunakan kurikulum merdeka atau kurikulum 2013. Walaupun pilihan, namapaknya banyak sekolah yang sudah memilih Kurikulum Merdeka mengikuti program Implemetasi Kurikulum Merdeka (IKM) secara mandiri. Ada tiga kelompok IKM yaitu IKM Mandiri Belajar, IKM Mandiri Berubah, dan IKM Mandiri Berbagi. 

Untuk itu penting sebuah aplikasi raport kurikulum merdeka.  Adapun aplikasi yang akan kita bahas dan sama-sama pelajari di sini adalah aplikasi berbasis excel. Aplikasi excel dirasa lebih mudah digunakan dan mudah disesuaikan dengan kondisi masing-masing.

Disini saya coba uraikan cara praktis dan mudah menggunakan aplikasi Raport Kurikulum  Merdeka berbasis excel ini. Download dulu file aplikasinya, disediakan folder google drive ( DI SINI ). 

Catatan jika muncul peringatan "Maaf, file ini terinfeksi virus APLIKASI RAPORT IKM.rar (975k) dapat membahayakan komputer Anda. Download file ini hanya jika Anda memahami risikonya." tetap unduh saja. Penyebab peringatan ini adalah adanya vba pada aplikasi yang terbaca oleh google chrome sebagai virus. Jadi aman untuk tetap diunduh Bapak/Ibu.

Buka file "APLIKASI RAPOR IKM.xlsm"
Raport IKM
  1. Pada menu "IDENTITAS SEKOLAH" diisi data Sekolah, nantinya ini akan tercetak di laman raport, dan penandatangan raport. Untuk mengisi data kelas tinggal pilih saja, kalau di ketik manual tidak bisa.
  2. Pada Menu "DATA SISWA" diisi data siswa, isikan juga data kehadiran siswa.
  3. Pada menu "TUJUAN PEMBELAJARAN" silahkan masukkan  seluruh tujuan pembelajaran untuk masing masing mapel serta lingkup materinya
  4. Pada menu "EXTRAKURULER, silahkan isikan kegiatan ekstrakurikuler yang ada pada Kurikulm Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) sekolah masing-masing. Menu "Tujuan Pembelajaran" untuk mengisikan data TP, namun perlu diperhatikan yang dimasukan disini bukan TP lengkap, namun rangkuman atau poin pentingnya. Ini akan digunakan untuk membuat nilai deskripsi raport kurikulum merdeka.
  5. Pada Menu Input Asesmen Formatif pada aplikasi ini adalah sebagai berikut. Rapor ini berasumsi bahwa guru telah melakukan penilaian formatif dan direkap dalam lembar tersendiri.
  6. Untuk memasukan nilai Sumatif pada aplikasi ini adalah per lingkup Materi, bukan per TP. Ini nampaknya lebih mudah, walaupun kalau pemahaman saya untuk nilai baiknya tetap dicari nilai Per TP.
  7. Menu "Rekap Nilau Akhir" Ini adalah rangkuman hasil penilaian asesmen sumatif akhir lingkup materi dan/atau sumatif akhir semester. Tidak perlu dilakukan perubahan apapun.
  8. Menu Cetak Sampul raport, tinggal ketik sesuai nomor absen atau cukup klik tombol spin button.
  9. Menu Sheet "Cetak Raport" untuk mencetak raport, seperti cetak sampul rapot cukup ketik nomor absen, maka nilai data data siswa akan muncul otomatis pada sheet ini dan siap di cetak. 
  10. Disini juga sudah dilengkapi lembar "Keterangan Mutasi". Di Print saja, nanti jika mutas di tulis manual saja.
  11. Pada aplikasi raport kurikulum merdeka ini juga dilengkapi format Buku Induk Siswa, jika sudah sesuai format bisa langsung dimanfaatkan.
Untuk Raport P5 ada raport tersendiri silahkan unduh pada tautan di bawah.

Kiranya itu yang bisa saya share pada postingan kali ini tentang Aplikasi Raport Kurikulum Merdeka Berbasis Excel dan bagaimana cara menggunakanya dengan mudah. Bila ada pertanyaan bisa disampaikan melaui kotak komentar di bawah ini, mari sama-sama belajar tentang aplikasi raport ini.

Silahkan Unduh File di ( DI SINI )
Silahkan Unduh File Raport P5 (DI SINI)
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 11:39 PM

8 komentar:

  1. tidak ada file yg bs d download

    ReplyDelete
  2. file eror tidak bs d dwonload

    ReplyDelete
    Replies
    1. Catatan jika muncul peringatan "Maaf, file ini terinfeksi virus APLIKASI RAPORT IKM.rar (975k) dapat membahayakan komputer Anda. Download file ini hanya jika Anda memahami risikonya." tetap unduh saja. Penyebab peringatan ini adalah adanya vba pada aplikasi yang terbaca oleh google chrome sebagai virus. Jadi aman untuk tetap diunduh Bapak/Ibu.

      Delete
  3. error 404 not found

    ReplyDelete

Mohon tidak memasukan link aktif.