Home » » Pembelajaran 1 Tema 3 Subtema 1 Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku

Pembelajaran 1 Tema 3 Subtema 1 Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku

Pada Pembelajaran 1 Tema 3 Subtema 1 Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku akan mempelajari tentang membuat daftar pertanyaan untuk persiapan wawancara. Mengidentifikasi masalah-masalah keseimbangan lingkungan. Mengidentifikasi karakteristik dataran tinggi, dataran rendah, dan pantai serta pemanfatan sumber daya alamnya bagi kesejahteraan masyarakat. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru.

Sebagian besar masyarakat Indonesia mengonsumsi nasi sebagai makanan pokok. Apakah kamu tahu bahwa nasi berasal dari beras, dan beras berasal dari padi? Mari, kita mengenal padi.

Ayo Membaca
Tahukah kalian makanan yang paling banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia? Bacalah teks berikut dalam hati. Pahamilah isinya dengan baik.

Padi adalah tanaman yang sangat penting di Indonesia. Padi menghasilkan beras. Banyak penduduk Indonesia yang mengonsumsinya. Padi dapat tumbuh di daerah panas dengan curah hujan tinggi. Daerah utama penghasil padi adalah Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan dan Sumatera Utara.

Karawang, Jawa Barat, dikenal sebagai lumbung padi nasional. Pertumbuhan padi dibagi menjadi 3 tahap besar. Pertama-tama, benih atau biji padi dimasukkan ke dalam karung goni dan direndam satu malam di dalam air mengalir supaya perkecambahan benih terjadi bersamaan. Selanjutnya, benih-benih ini ditanam di lahan sementara. Bibit yang telah siap dipindahtanamkan ke sawah. Biji atau benih tadi akan tumbuh berkecambah hingga muncul ke permukaan. Bakal akar dan tunas menonjol keluar. Lalu, batangnya memanjang. Petani juga mengairi, memberi pestisida dan pupuk pada tanaman ini. Selanjutnya, tanaman padi berbunga hingga gabah matang, berkembang penuh, keras, dan berwarna kuning. Gabah adalah bulir padi yang terbungkus dalam sekam (kulit padi). Gabah ini nantinya yang akan dijadikan benih lagi.

Tahap pertumbuhan padi berlangsung antara 110 hari hingga 130 hari. Setelah panen padi, gabah ditumbuk dengan lesung atau digiling sehingga sekam (kulit padi) terlepas dari isinya. Bagian isi inilah, yang berwarna putih, kemerahan, ungu, atau bahkan hitam, yang disebut beras.

Jawablah pertanyaan berikut.
1. Apa isi bacaan di atas?
Bacaan di atas berisi tentang tahap pertumbuhan tanaman padi.
2. Mengapa tanaman tersebut penting bagi masyarakat Indonesia?
Tanaman padi penting bagi masyarakat Indonesia karena sebagian besar masyarakat Indonesia mengkonsumsi nasi sebagai makanan pokok.
3. Di mana tanaman tersebut dapat tumbuh?
Padi dapat tumbuh di daerah panas dengan curah hujan tinggi.
4. Berapa lama proses tanaman tersebut tumbuh?
Tahap pertumbuhan padi berlangsung antara 110 hari hingga 130 hari.
5. Apa yang dimaksud dengan gabah?
Gabah adalah bulir padi yang terbungkus dalam sekam (kulit padi).

Tukarkan jawabanmu dengan seorang teman. Diskusikan jika ada perbedaan antara jawabanmu dengan jawaban teman.

Indonesia memiliki beragam tumbuhan yang dapat dimanfaatkan sebagai makanan pokok. Beras (padi), sagu, dan singkong adalah beberapa di antaranya.

Di daerahmu pasti banyak tumbuhan yang dapat dimanfaatkan. Ada mangga, pisang, seledri, tebu atau lainnya. Pilihlah salah satu tanaman yang sering kamu manfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Tulislah pertanyaan sebanyak-banyaknya tentang tanaman tersebut. Pertanyaanmu harus dapat menjawab rasa ingin tahumu.

Pertanyaan tentang tanaman pisang
  1. Apa saja manfaat buah pisang?
  2. Apa saja nutrisi yang terkandung dalam buah pisang?
  3. Bagaimana cara menanam pisang?
  4. Di mana tanaman pisang dapat tumbuh dengan baik?
  5. Apa saja ciri ciri tanaman pisang?
  6. Apa saja jenis-jenis tanaman pisang?
  7. Mengapa tanaman pisang dapat tumbuh sengan baik di Indonesia?
  8. Kapan saat yang tepat untuk menanam pisang?
  9. Apa saja makanan olahan yang berbahan pisang?
  10. Bagaimana cara memasarkan buah pisang?

Simpanlah pertanyaanmu karena akan digunakan lagi.

Ayo Berdiskusi
Kamu sudah belajar tentang bagaimana padi tumbuh. Isilah diagram berikut berdasarkan bacaan di atas.
Daur Hidup tanaman padi
Diskusikanlah hasilnya bersama temanmu.

Berdasarkan diagrammu, bagian mana yang paling penting? Mengapa? Apa dampaknya apabila bagian tersebut bermasalah?
Bagian yang terpenting adalah bagian kedua yaitu biji akan tumbuh bakal akar dan tunas menonjol keluar  lalu batangnya memanjang. Karena pada masa tumbuh padi sangat menentukan untuk perkembangan selanjutnya. Jika pada fase ini mengalami kegagalan maka tanaman padi tidak bisa tumbuh.

Berikut adalah beberapa cara untuk mempertahankan padi tetap dapat dinikmati masyarakat Indonesia.
  1. Menjaga bibit agar dapat ditanam kembali.
  2. Menjaga lahan pertanian. Jangan sampai lahan digunakan untuk kebutuhan lainnya, misalnya dijadikan untuk mendirikan bangunan.
  3. Menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Sampah akan menyebabkan banjir. Apabila terjadi banjir, maka tanaman padi tidak akan tumbuh.
  4. Saluran air dijaga agar tetap mengalir.
  5. Penggunaan beras yang tidak berlebihan. Jumlah penduduk yang meningkat akan meningkatkan kebutuhan yang besar terhadap padi.

Penggunaan beras sesuai kebutuhan akan sangat membantu.

Berdasarkan penjelasan di atas, tulislah pertanyaan sebanyak-banyaknya tentang bagaimana melestarikan tanaman yang kamu pilih. Selain itu, tulislah juga pertanyaan mengenai bagaimana menjaga keseimbangan agar tanaman tersebut tidak habis.

Tambahkan pertanyaanmu ke dalam daftar pertanyaan sebelumnya

Ayo Mengamati
Amati gambar berikut
Daerah pantai
Tulis sedikitnya 5 pertanyaan tentang gambar.
  1. Apa saja jenis pekerjaan yang ada di daerah pantai?
  2. Mengapa penduduk daerah pantai banyak menjadi nelayan?
  3. Mengapa di daerah pegunungan banyak penduduk bekerja pada perkebunan?
  4. Apa saja pekerjaan yang banyak dilakukan penduduk di daerah pegunungan?
  5. Mengapa di dataran rendah banyak terdapat lahan persawahan?

Diskusikan pertanyaan dan hasil pengamatan dengan temanmu. Tulis perbedaan yang kamu temukan dari ketiga tempat tersebut.
  1. Dari lokasi ketinggian. Perbedaan pertama dari dataran tinggi dan juga dataran rendah bisa kita lihat dari lokasi dan juga ketinggian dari kedua dataran tersebut.Dataran rendah, secara teoritis merupakan suatu dataran yang berlokasi dengna ketinggian dibawah 200 mdpl (diatas permukaan laut. Sedangkan dataran tinggi merupakan daerah dataran yang memilki ketinggian diatas 200 mdpl (diatas permukaan laut).
  2. Dari lokasi dan lingkungan sekitar. Dataran rendah kebanyakan merupakan daerah yang berdekatan lokasinya dengan pantai, serta hilir sungai sehingga akan mudah menjadi penyebab banjir. Sedangkan dataran tinggi merupakan dataran yang lokasi sekitarnya mirip seperti pegunungan dan juga perbukitan.
  3. Dari sisi ekonomi dan sosial. Ekonomi pada dataran rendah lebih menjanjikan ketimbang dataran tinggi, terutama faktor pembangunan ekonomi yang menyangkut kegiatan industri, perkantoran dan juga bisnis komersil. Lokasi dataran rendah yang kontur tanahnya datar dan rata, membuat pembangunan gedung dan juga industri menjadi mudah untuk dilakukan pada dataran rendah yang akan memberikan ruang publik untuk kehidupan masyarakat sekitar.
  4. Dari sisi Iklim dan cuaca. Dataran rendah merupakan lokasi yang cenderung panas, kering dan juga memiliki curah hujan yang relatif tinggi. Dataran tinggi merupakan lokasi yang memiliki kelembaban udara dan juga kelembaban tanah yang tinggi, suhu udara yang cenderung sejuk, namun memiliki curah hujan yang relatif rendah. Meski demikian, lokasi dataran tinggi merupakan lokasi yang pas untuk lahan pertanian dan juga perkebunan, karena memilki kualitas unsur hara di dalam tanah yang baik.
  5. Dari segi potensi pariwisata.Lokasi dengan wilayah yang memilki dataran rendah biasanya memilki potensi pariwisata yang berhubungan dengan lokasi pantai yang akan rentan dengan erosi tanah. Selain itu, biasanya pada dataran rendah juga banyak dibangun lokasi wisata khsusus, seperti lokas wisata taman bermain, tugu, dan juga berbagai macam taman buatan.

Ayo Berlatih
Bacalah teks berikut dan isilah tabelnya.
Dataran Rendah
Pantai Dataran Tinggi Dataran Rendah Pantai
Pantai adalah daerah yang berbatasan langsung dengan laut, Pantai ada yang landai dan ada pula yang terjal. Pantai yang landai biasanya digunakan untuk objek wisata.

Dataran Tinggi
Dataran tinggi adalah permukaan bumi yang ketinggiannya 500 meter di atas permukaan laut. Dataran tinggi biasanya dimanfaatkan untuk peristirahatan, objek wisata, dan usaha perkebunan.

Dataran Rendah
Dataran rendah adalah permukaan bumi yang datar dengan ketinggian kurang dari 200 meter dari atas permukaan laut. Pada umumnya dataran rendah berada di sekitar pesisir pantai. Dataran rendah banyak digunakan untuk berbagai keperluan, di antaranya pertanian, peternakan, perumahan dan industri serta beberapa jenis kegiatan perkebunan seperti perkebunan kelapa dan tebu.

Lokasi
PantaiDataran TinggiDataran Rendah
Ciri ciriBerbatasan langsung dengan lautKetinggiannya 500 m dpalKetinggiannya kurang dari 200 m dpal
Sumber daya alamIkan, rumput laut, dan kerangTanaman sayuran dan buah-buahanHewan ternak, sayuran dan buah-buahan
ManfaatUntuk objek wisataTempat peristirahatan, objek wisata, dan perkebunanPertanian, perkebunan, peternakan, dan industri
Mata pencaharian pendudukNelayan dan Petani tambakPetani dan PekebunPetani, karyawan, buruh

Sampaikan hasil tabel kepada gurumu.

Tulislah pertanyaan sebanyak-banyaknya tentang karakteristik alam di mana tumbuhan pilihanmu hidup. Tambahkan pertanyaanmu ke dalam daftar pertanyaan sebelumnya.

Nah, sekarang kamu memiliki daftar pertanyaan yang sangat banyak dan beragam mengenai tumbuhan yang kamu pilih. Serahkan daftar pertanyaan tersebut kepada gurumu.

Ayo Renungkan
Sebutkan hal penting yang kamu pelajari.
Hari ini saya telah belajar  tentang Kalimat tanya, Keseimbangan lingkungan, dan Kondisi geografis Indonesia
Sikap apa yang dapat kamu aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.
Sikap disiplin dan tanggung jawabb, karena dengan disiplin dang tanggungjawab hidup akan lebih teratur

Kerja Sama dengan Orang Tua
Diskusikanlah dengan orang tuamu bagaimana caranya agar tumbuhan di sekitarmu dapat dinikmati terus keberadaannya?
Cara agar tumbuhan di sekitar kita dapat di nikmati terus keberadaan adalah sebagai berikut :
  1. Memberikan atau menyirami dengan air secukupnya.
  2. Memberikan atau menaburkan pupuk alami bagi tumbuhan
  3. Memusnahkan gulma penggangu tanaman.
  4. Menghilangkan hama dan penyakit pada tumbuhan
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 6:48 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.