Home » » Pembelajaran 4 Tema 2 Subtema 1 Sumber Energi

Pembelajaran 4 Tema 2 Subtema 1 Sumber Energi

Pada Pembelajaran 4 Tema 2 Subtema 1 Sumber Energi akan mempelajari tentang mengidentifikasi gambar-gambar dari teks visual yang diamati, menuliskan gagasan pokok dari teks visual yang diamati, menjelaskan pentingnya melaksanakan hak dan kewajiban secara seimbang dalam kehidupan masyarakat, dan menceritakan pengalaman diri melaksanakan hak dan kewajiban secara seimbang dalam kehidupan masyarakat. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru.

Ayo Berdiskusi
Salah satu sumber energi yang banyak digunakan di sekitar kita adalah listrik. Sumber energi listrik digunakan manusia sehari-hari untuk membantu aktivitasnya. Amatilah gambar berikut.
Energi Listrik
1. Apa yang diceritakan gambar tersebut?
Gambar tersebut menceritakan manfaat energi listrik dalam kehidupan sehari-hari.
2. Sebutkan peristiwa pada gambar yang tekait dengan sumber energi listrik?
Energi listrik dapat digunakan untuk menyalakan televisi, lampu, jam dinding, kulkas dan AC.
Tulislah gagasan pokok dari gambar tadi !
Manfaat energi listrik dalam kehidupan sehari-hari.

Listrik merupakan sumber energi yang membantu kita melakukan aktivitas sehari-hari. Dengan adanya energi listrik, kita dapat menyalakan lampu, televisi, radio , setrika listrik dan lain-lain. Kita semua berhak mendapatkan energi listrik. Kewajiban kita adalah menghemat penggunaannya.

Ayo Mengamati

Amatilah gambar-gambar berikut.
Hemat Listrik
No.Gambar AGambar B
1.Apakah kita berhak menyalakan TV? Jelaskan. Tidak, saat kita tidur sebaiknya TV dimatikanApakah kita berhak menyalakan TV? Jelaskan. Ya karena melalui televisi kita bisa mendapatkan pengetahuan dan hiburan
2.Apa yang terjadi jika TV menyala, tetapi tidak ada yang menonton? Akan terjadi pemborosan energi listrikApa manfaat kita menonton TV bersama-sama anggota keluarga? Selain mendapatkan hiburan dan pengetahuan menonton tv bersama keluarga juga menambah kedekatan antar anggota keluarga
3.Apa yang perlu kamu lakukan jika akan tidur? Jika kita akan tidur sebaiknya alat elektronik dimatikanApa yang akan terjadi jika setiap anggota keluarga menonton TV sendiri-sendiri? Akibatnya Tidak adanya kebersamaan dan keharmonisan dalam keluarga, karena semua anggotanya bersikap individual.
4.Apa yang perlu diperbaiki dari sikap pada gambar di atas. Kita harus memanfaatkan energi listrik dengan bijak, jangan boros energi listrikHal baik apa yang bisa kita contoh dari gambar di atas. Menonton tv dapat menambah pengetahuan, hiburan dan kedekatan antar anggota keluarga

Ayo Menulis
Jawablah pertanyaan berikut.
1. Apa yang akan terjadi jika kita tidak menghemat energi listrik?
Apabila penggunaannya listrik boros berdampak pada berkurangnya pasokan listrik sehingga terjadi kekurangan energi listrik..
2. Apakah ketika kita tidak menghemat energi listrik akan mempengaruhi hak orang lain untuk mendapatkan energi listrik? Jelaskan?
YA, ketika kita tidak menghemat energi listrik akan mempengaruhi hak orang lain untuk mendapatkan energi listrik karena energi listrik akan cepat habis dan akan mempengaruhi orang banyak dalam memperoleh haknya atas listrik
3. Mengapa kita perlu melaksanakan hak dan kewajiban kita secara seimbang?
Hak dan kewajiban harus seimbang karena sebagai manusia kita harus melakukan sesuatu untuk memperoleh sesuatu. Hak dan kewajiban yang tidak dilaksanakan secara seimbang akan menimbulkan masalah. Hak yang tidak diterima dapat mengakibatkan kita tidak melakukan kewajiban.

4. Apa yang harus kita lakukan untuk menghemat energi listrik?
Beberapa kegiatan yang dapat menghemat listrik antara lain sebagai berikut :
  • Gunakan peralatan rumah tangga dan peralatan kantor hanya yang bersifat hemat energi. Penghematan energi ini bisa dimulai dari penggunaan kulkas dan AC yang ramah lingkungan.
  • Matikan komputer, air, lampu, dan juga televisi jika sudah tidak digunakan, dan gunakan setrika listrik sesuai dengan kebutuhan.
  • Gunakan lampu penerang yang hemat energi namun memiliki cahaya yang cukup terang seperti pada lampu LED. Lampu ini dapat bersinar terang meskipun wattnya kecil, namun dalam penggunaannya sesuaikan juga dengan fungsinya.
  • Tidak membiasakan diri untuk berperilaku boros, sehingga gunakan listrik sesuai dengan kebutuhan, secara bergantian dan tidak berlebihan dalam menggunakannya.
Sekedar mematikan lampu saat tidur. Menyalakan barang elektronik hanya ketika kita butuhkan adalah hal sederhana yang bisa kita lakukan untuk menghemat energi listrik. Menggunakan listrik dengan bijak adalah ketika kita menghematnya. Hemat energi listrik artinya kita sudah melaksanakan hak dan kewajiban secara seimbang.

Sekarang saatnya kamu menceritakan pengalamanmu menggunakan listrik di rumah. Apakah kamu sudah melaksanakan hak dan kewajibanmu secara seimbang?
Menurutku, kita terlalu boros menggunakan listrik. Hak kita mendapatkan listrik memang sudah tercukupi. Tapi kewajiban kita terhadap listrik masih kurang, kita sangat boros dalam menggunakannya. Sehingga hak dan kewajiban tethadap listrik belum seimbang.

Materi Pembulatan Bilangan Silahkan lihat Di Sini

Ayo Renungkan
Nilai-nilai apa yang kamu pelajari hari ini?
Hari ini saya belajar nilai disiplin dan tanggung jawab.
Sudahkan kamu menghemat listrik di rumahmu? Jelaskan!
Saya sudah melakukan tindakan hemat listrik misanya dengan mematikan televisi saat tidak ada yang menonton serta menggunakan alat-alat listrik seperlunya saja.

Kerja Sama dengan Orang Tua
Sampaikan kepada orang tuamu tentang pentingnya listrik. Diskusikan apakah di keluargamu sudah menghemat energi listrik.
Listrik sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Banyak dari kita yang sudah bisa menikmati listrik tidak bijak dalam pengunaannya, boros tanpa menyadari sebenarnya masih ada orang-orang yang kesulitan untuk menyalakan lampu pada malam hari. Untuk itu marilah kita mulai menghemat listrik dari keluarga kita.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 9:44 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.