Home » » Pembelajaran 5 Tema 2 Subtema 1 Sumber Energi

Pembelajaran 5 Tema 2 Subtema 1 Sumber Energi

Pada Pembelajaran 5 Tema 2 Subtema 1 Sumber Energi akan mempelajari tentang memahami tempo dan tinggi rendah nada dalam menyanyikan lagu "Menanam Jagung", menyanyikan lagu Menanam Jagung dengan tempo dan tinggi rendah nada dalam menyanyikan lagu Menanam Jagung dengan nada dan tempo yang tepat, menjelaskan karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi, mengomunikasikan karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru.

Ayo Berlatih
Kamu akan menyanyikan lagu Menanam Jagung secara berkelompok yang terdiri atas 5 sampai 6 orang. Perhatikan penjelasan gurumu tentang tempo dan tinggi rendah nada.Setiap kelompok akan tampil secara bergiliran.
not angka lagu menanam jagung
Ketika ada kelompok yang tampil, setiap siswa memperhatikan teknik bernyanyi kelompok yang tampil dan membuat catatan pada kertas yang telah disediakan guru. Catatan lebih diutamakan tentang tempo dan tinggi rendah nada

Lihat video Lagu Menanam Jagung (+Karaoke) berikut ini !
Jagung adalah salah satu sumber daya alam yang berasal dari bidang pertanian.Indonesia juga kaya dengan sumber daya alam laut. Salah satunya adalah ikan. Tahukah kamu sumber energi yang digunakan untuk mengeringkan ikan?

Ayo Mengamati
Amati gambar berikut.
Sumber energi panas
Diskusikan dengan temanmu tentang sumber energi yang digunakan untuk mengeringkan ikan. Tulis kesimpulan dari hasil diskusimu pada kolom berikut
Energi yang digunakan dalam pengeringan ikan adalah energi panas. Dasar pengeringan adalah terjadinya penguapan air ke udara karena perbedaan kandungan uap air antara udara dengan bahan yang dikeringkan.

Tahukah kamu bahwa Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan terbesar di dunia? Sebagian besar wilayah Indonesia adalah kawasan kepulauan dengan sumber daya yang sangat tinggi nilai ekonomisnya.

Salah satu contohnya adalah Banyuwangi. Panjang garis pantai kabupaten yang berada paling ujung timur Pulau Jawa ini sekitar 175 kilometer. Dengan potensi besarnya, Banyuwangi konsisten menjadi penghasil ikan laut terbesar setelah Bagan Siapiapi. Dan bahkan, hingga kini masih terus mendominasi hasil perikanan di Indonesia, baik perikanan tangkap maupun industri perikanan lainnya. Kabupaten di ujung timur Pulau Jawa ini telah berhasil melakukan ekspor hingga ke 18 negara.

Sistem pengalengan sudah cukup maju. Ditambah lagi industri besar di Pelabuhan Muncar, Banyuwangi terus berkembang. Kabupaten ini sendiri mencatatkan pertumbuhan produksi ikan tangkap yang konsisten, yaitu sebesar 31.600 ton pada 2011 dan naik cukup besar menjadi 44.570 ton pada tahun berikutnya.

Pada tahun 2013, produksi ikan tangkap Banyuwangi mencapai 49.539 ton, dengan jenis ikan tangkap terbanyak adalah ikan layang dan lemuru.

Dalam bidang perikanan, Bayuwangi menyerap banyak tenaga kerja, mulai dari nelayan, pekerja industri perikanan, hingga industri rumahan.

Jawab pertanyaan berikut berdasarkan teks.
Bagaimana kaitan antara letak Banyuwangi dengan sumber daya alam di wilayah tersebut? Jelaskan.
Panjang garis pantai kabupaten Banyuwangi yang berada paling ujung timur Pulau Jawa ini sekitar 175 kilometer. Dengan potensi besarnya, Banyuwangi konsisten menjadi penghasil ikan laut terbesar setelah Bagan Siap-iapi.

Bagaimana kaitan antara sumber daya alam dengan kehidupan masyarakat Banyuwangi? Jelaskan.
Kabupaten ini sendiri mencatatkan pertumbuhan produksi ikan tangkap yang konsisten. Bayuwangi menyerap banyak tenaga kerja, mulai dari nelayan, pekerja industri perikanan, hingga industri rumahan.

Bagaimana dengan wilayah tempat tinggalmu? Apa saja sumber daya alam yang dimiliki oleh kabupaten atau kota tempat tinggalmu? Bagaimana sumber daya alam tersebut memengaruhi kehidupan masyarakat setempat? Ayo, cari tahu melalui wawancara dan studi pustaka. Tuliskan hasilnya pada kolom berikut.
Saya tinggal di Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah. Beberapa sumber daya alam yang ada antara lain adalah tanah liat. Tanah liat dapat digunakan sebagai bahan industri keramik, gerabah, bata, dan genting. Tanah liat dapat diperoleh di Kecamatan Sokaraja, Ajibarang, banyumas, Kembaran, Gumelar dan Lumbir. Dengan adanya sumber daya alam tersebut mempengaruhi mata pencaharian sebagai pengrajin gerabah, batu bata, dan genting.

Ayo Renungkan
Apa yang kamu pelajari dari kegiatan hari ini? 
Yang saya pelajari dari kegiatan hari ini adalah saya mempelajari tentang keadaan masyarakat Banyuwangi yang bekerja dengan memanfaatkan kondisi geografis sebagai wilayah perairan laut. Serta memperlajari tempo dan tinggi nada lagu Menanam Jagung.
Apakah hal tersebut bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari? 
Sangat bermanfaat. Kita jadi mengetahui bahwa kehidupan perekonomian masyarakat sangat didukung oleh kondisi geografis atau sumber daya alam. Tempo dan tinggi nada sangat membantu pada saat kita menyanyikan sebuah lagu.

Bagaimana perasaanmu selama belajar?
Saat belajar saya merasa sangat senang karena mempelajari pengetahuan yang baru.
Apakah ada hal lain yang ingin kamu ketahui?
Saya ingin mengetahui kondisi soaial budaya masyarakat tempat tinggalku.

Kerja Sama dengan Orang Tua
Amatilah pemanfaatan sumber daya alam di lingkungan rumah dan sekitar tempat tinggalmu. Tuliskan hasil pengamatanmu di bawah ini.
Sumber daya alam yang beraada di lingkungan tempat tinggalku  digunakana untuk memenuhi kebutuhan pangan.  Misalnya hewan yang biasa dikonsumsi, seperti ayam, sapi, kambing. Tumbuhan, yang sering dikonsumsi seperti padi, jagung, kentang, ubi. Rempah-rempah yang sering dikonsumsi , seperti pala, lada, jahe, cengkeh, ketumbar. Hasil sumber daya perikanan darat dan laut, seperti ikan mas, gurame, tiram, ikan tuna, cumi-cumi, udang.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 5:20 PM

1 komentar:

  1. Terima kasih banyak mas atas pencerahannya, semoga pemerintah kedepannya mampu memikirkan rakyatnya yang khususnya petani jagusng indonesia, agar di budidayakan kembali, bukan import

    ReplyDelete

Mohon tidak memasukan link aktif.