Home » » Kegiatan Berbasis Proyek Pelajaran Berharga untuk Soni

Kegiatan Berbasis Proyek Pelajaran Berharga untuk Soni

Pada Kegiatan Berbasis Proyek membaca teks Pelajaran Berharga untuk Soni bertujuan agar siswa termotivasi untuk belajar lebih jauh lagi. Siswa mampu membaca cerita di depan kelas dengan baik, suara lantang, dan percaya diri. Siswa mampu menjawab pertanyaan mengenai bacaan yang dibaca dan didengar. Siswa mampu menceritakan kembali bacaan yang telah dibaca dan didengar. Siswa mengetahui mengenai tanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari. Bacalah cerita berikut ini.

Pelajaran Berharga untuk Soni
Soni adalah anak tunggal. Ayah dan ibunya sibuk bekerja. Mereka cenderung memanjakan Soni dengan berbagai fasilitas. Hal tersebut membuat Soni menjadi manja, malas, dan pandai berdalih untuk menghindari tanggung jawab. Setiap kali ibu menyuruh membersihkan kamar, Soni selalu menjawab,”Kan ada Bibi. Biar Bibi saja yang membersihkan kamarku.” Demikian pula saat diminta membersihkan rumah atau membantu pekerjaan lain Soni selalu berdalih dengan berbagai alasan yang tidak masuk akal. Ayah dan ibu sedih melihat perilaku Soni. Mereka menyadari ini akibat terlalu memanjakan Soni.

Suatu hari Bibi sakit, selama beberapa hari ia tidak bekerja. Ibu meminta Soni membersihkan kamarnya sendiri. Akan tetapi, Soni selalu beralasan,”Nanti saja, Bu.“ atau, “PR-ku banyak, Bu.” Selama beberapa hari kamar Soni tidak dibersihkan. Kamar Soni menjadi kotor dan berantakan.

Minggu siang Soni asyik bermain playstation di kamarnya. Ia bermain sambil makan makanan ringan kesukaannya. Soni mulai mengantuk, dan ia tertidur pulas di karpet. Tiba-tiba Soni terbangun dan berteriak,”Aaaahhhh.....!” Ia merasa ada yang menggigit jempol kakinya. Ayah dan ibu terkejut mendengar teriakan Soni. Mereka bergegas berlari menuju kamar Soni. Betapa terkejutnya ayah dan ibu melihat kamar Soni yang kotor, bau, dan berantakan.
Kamar Kotor
“Ya ampun Soni...kamarmu kotor sekali,” kata ayah terkejut. Ayah geleng-geleng kepala melihat kamar Soni. Mainan, sepatu, tas berserakan di lantai. Baju-baju kotor bertebaran di tempat tidur. Bungkus sisa makanan berserakan di karpet, di bawah meja dan di bawah tempat tidur. “Ada apa Soni? Mengapa kamu berteriak?” tanya ibu cemas. Ibu segera menghampiri Soni. “Ibuuu...kakiku digigit tikus,” Soni meringis kesakitan. Ibu melihat kaki Soni. Ada luka kecil dan sedikit darah dari jempol kaki Soni. Ibu segera menyuruh Soni mencuci kakinya dengan sabun. Kemudian, ibu mengolesi luka dengan obat antiseptik.

Ayah dan ibu mengantar Soni ke rumah sakit untuk memastikan bahwa Soni tidak terkena penyakit berbahaya akibat dari gigitan tikus itu. Setelah diperiksa dokter dan diberi obat mereka pulang

Sampai di rumah, ayah dan ibu mengajak Soni membersihkan kamar bersama-sama. “Letakkan buku-buku dan tas di meja belajarmu. Taruh sepatu di rak sepatu,” kata ayah. “Setelah selesai bermain, masukkan mainan ke dalam keranjang mainan,” lanjut ayah. “Bersihkan tempat tidurmu setiap hari. Ganti sprei dan sarung bantal seminggu sekali. Buang sampah di tempat sampah. Sapu kamarmu setiap hari,” tambah ibu.

Akhirnya, mereka selesai membersihkan kamar. Kamar Soni menjadi bersih dan rapi. Tak lupa ibu menyemprot kamar Soni dengan pewangi ruangan sehingga kamar menjadi harum. “Nah, sekarang kamarmu sudah bersih. Kamu dapat belajar dengan nyaman dan dapat tidur dengan nyenyak. Tikus, kecoa, semut, lalat, nyamuk tidak akan datang ke sini lagi,” nasihat ibu. “Kalau lingkungan kita bersih, tubuh kita juga akan selalu sehat,” lanjut ibu. Ayah juga menasihati Soni,”Nak, hidup adalah rangkaian tanggung jawab, setiap hari kita harus mengulangi hal-hal baik. Jangan berdalih, tidak mau melakukan ini itu karena kemalasanmu. Semoga kejadian hari ini menjadi pelajaran berharga untukmu.” Soni menganggukkan kepala. “Iya Yah, iya Bu, Soni berjanji mulai hari ini Soni akan menjadi anak yang rajin,” kata Soni dengan sungguh. Ayah dan ibu saling berpandangan dan tersenyum senang

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini sesuai dengan bacaan di atas !
1. Apa judul teks di atas?
Judul teks di atas adalah Pelajaran Berharga untuk Soni.
2. Berapa jumlah paragraf teks di atas?
Teks di atas terdiri dari 7 paragraf.
3. Apa yang membuat Soni menjadi manja, malas, dan pandai berdalih untuk menghingdari tanggung jawab ?
Soni menjadi manja, malas, dan pandai berdalih untuk menghingdari tanggung jawab karena dimanjakan dengan berbagai fasilitas.
4. Mengapa Ayah dan ibu sedih melihat perilaku soni?
Ayah dan ibu sedih melihat perilaku Soni karena kamarnya kotor, bau, dan berantakan.
5. Mengapa kamar soni menjadi kotor dan berantakan ?
Kamar Soni menjadi kotor dan berantakan karena Soni tidak mau membersihkan dan berdalih dengan berbagai alasan.
6. Mengapa Soni berteriak dari kamar?
Soni berteriak dari kamar karena kakinya digigit tikus.
7. Apa yang dilakukan Ayah dan ibu setelah kejadian tersebut?
Setelah kejadian tersebut ayah dan ibu mengajak Soni membersihkan kamar.
8. Apa manfaat kamar yang bersih?
Kamar yang bersih membuat kita dapat belajar dengan nyaman dan dapat tidur dengan nyenyak.
9. Apa tanggung jawab yang tidak dilaksanakan oleh Soni?
Tanggung jawab yang tidak dilaksanakan oleh Soni adalah menjaga kebersihan kamar.
10. Apa janji Soni setelah kejadian tersebut?
Setelah kejadian tersebut Soni berjanji akan menjadi anak yang rajin

Rangukuman :
Soni adalah anak tunggal yang dimanjakan oleh kedua orang tuanya. Soni menjadi anak yang manja, malas, dan pandai berdalih untuk menghindari tanggung jawab. Suatu hari ibu meminta Soni membersihkan kamarnya. Namun, Soni selalu beralasan, sehingga kamar Soni menjadi kotor dan berantakan.

Saat Soni tertidur pulas di karpet. tiba-tiba Soni terbangun karena ada yang menggigit jempol kakinya. Ternyata kakinya digigit tikus. Ibu segera menyuruh Soni mencuci kakinya dan mengolesi luka dengan obat antiseptik. Ayah dan ibu mengantar Soni ke rumah sakit.

Sampai di rumah, ayah dan ibu mengajak Soni membersihkan kamar bersama-sama. Akhirnya kamar Soni menjadi bersih dan rapi. Sekarang Soni dapat belajar dengan nyaman dan dapat tidur dengan nyenyak. Soni juga berjanji mulai hari ini Soni akan menjadi anak yang rajin.

Menyiapkan Pemajangan Karya
Lihat kembali karya-karyamu dari pembelajaran 1 sampai pembelajaran 4. Pilahkan karya yang dibuat secara individu dan kelompok. Siapkan karya-karyamu untuk di pajang pada akhir pembelajaran tema ini. Karyamu akan dipajang di meja belajarmu di dalam kelas. Karyamu akan dinilai oleh temanmu. Kamu juga akan menilai karya temanmu.
Pada kegiatan ini siswa diminta untuk melihat kembali karya-karya yang telah ia buat pada kegiatan pembelajaran sebelumnya. Siswa lalu diminta untuk memilah karya yang dibuat secara individu dan kelompok. Kemudian menyiapkannya karya tersebut untuk dipajang di meja belajarnya.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 7:25 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.