Home » » Karyaku Prestasiku Kliping Kekayaan Bangsaku

Karyaku Prestasiku Kliping Kekayaan Bangsaku

Telah kita ketahui bahwa bangsa kita meruapakan bangsa yang kaya. Kekayaan bamgsa kita meliputi sumber daya alam, budaya, sosial, dan politik. kekayaan ini bisa menjadi modal bagi pelaksanaan pembangunan dan pemerataan hasil-hasilnya. Namun terkadang banyak dari kita yang justru tidak menyadari potensi kekayaan tersebut. Dengan demikian banyak yang bersikap acuh, tidak bertanggung jawab, dan sewenang-wenang dalam memanfaatkan potensi-potensi kekayaan tersebut.

Untuk memunculkan kesadaran tersebut, harus dimulai dengan mengenal potensi kekayaan yang dimiliki bangsa kita. Hal ini sesuai dengan pepatah yang berbunyi “Tak Kenal Maka Tak Sayang”. Ayo kenali potensi kekayaan bangsa kita dengan membuat kliping.

Kliping Kekayaan Bangsaku
Buatlah kliping tentang kekayaan bangsa Indonesia. Kumpulkan dan susunlah gambar tentang kekayaan bangsa Indonesia pada aspek sumber daya alam, budaya, sosial, dan politik.

Langkah Kerja
  1. Siapkan buku atau kertas sebagai media untuk menempelkan gambar.
  2. Siapkan penggaris, lem kertas, gunting, dan pulpen.
  3. Kumpulkan gambar dari berbagai referensi atau sumber.
  4. Tempelkan gambar-gambar tersebut pada media yang sudah disiapkan sebelumnya.
  5. Berilah judul dan keterangan singkat pada setiap gambar.

Kriteria Keberhasilan
  1. Mandiri dalam mengerjakan gambar,
  2. Kerapian dalam menyusun gambar, dan
  3. Keakuratan gambar.

1. Klipimg Sumber Daya Alam Indonesia
Sumber Daya Alam sendiri adalah segala sesuatu yang asalnya dari alam yang bisa dipergunakan oleh manusia dalam memenuhi kebutuhannya yang beragam dan tak terbatas. Dalam rangka memudahkan pengkajian maka sumber daya alam ini kemudian dibagi menjadi dua yakni:

A. Sumber Daya Alam Hayati
Sumber daya alam hayati atau biotik adalah sumber daya alam yang berasal dari makhluk hidup seperti tumbuhan-tumbuhan dan hewan.

a, Hewan 
Berdasarkan cara hidupnya, hewan dikelompokkan menjadi hewan liar dan hewan peliharaan atau hewan ternak.
Hewan Peliharaan dan Hewan Liar
Hewan liar berfungsi untuk menjaga keseimbangan alam sekaligus sumber makanan. Hewan juga ada yang diternakkan untuk sumber pangan, membantu mengolah sawah, dan sebagai transportasi.

2. Tumbuhan 
Berdasarkan asalnya, tumbuhan ada yang tumbuh alami di hutan dan ada yang merupakan hasil pertanian dan perkebunan.
Keanekaragaman Tumbuhan
Tumbuhan dapat dimanfaatkan sebagai bahan pangan, sandang, dan papan. Keberadaan tumbuhan juga penting untuk keseimbangan ekosistem. Apalagi tumbuhan dapat menyimpan air dan menghasilkan oksigen.

B. Sumber Daya Alam Non-Hayati
Sumber daya alam non hayati (abiotik) adalah sumber daya alam yang berasal dari benda mati seperti tambang, air, batuan dll.
Sumber Daya Alam Non-Hayati

2. Kliping Keragaman Budaya Indonesia
Di Indonesia terdapat beranekaragam kebudayaan yang dapat dipahami dengan melakukan penelitian atau biasa disebut dengan etnografi. Etnografi merupakan suatu penelitian yang didalamnya memuat kegiatan berupa penemuan bahan-bahan keterangan tentang kebudayaan yang dilakukan secara sistematis.
Keragaman Budaya
Misal, mengenai cara beradaptasi dan berbagai interaksi awal yang berhubungan terhadap berbagai unsur kebudayaan yang tercipta di dalam suatu lingkup masyarakat tertentu..

Berdasarkan kliping yang telah kamu buat tersebut, coba buatlah tulisan atau bacaannya. Pilihlah satu gambar untuk dijadikan sebagai sumber bacaan.

Kegiatan 2
Membuat Bacaan Berdasarkan Gambar Kliping

Buatlah tulisan atau bacaan berdasarkan gambar pada kliping. Pilih satu gambar sebagai sumber cerita. Untuk memudahkanmu, buatalah ide pokoknya terlebih dulu.

Langkah Kerja
  1. Siapkan kertas dan pulpen untuk menulis cerita.
  2. Tentukan ide pokok berdasarkan gambar kliping.
  3. Kembangkan cerita berdasarkan ide pokok.
  4. Bacakan cerita yang telah kamu tulis di depan teman-teman.

Ide Pokok Paragraf
ParagrafIde Pokok
1Indonesia memiliki beranekaragam kebudayaan
2Indonesia memiliki berbagai jenis kesenian daerah.
3Indonesia juga memiliki keragaman rumah adat.
4Pakaian adat juga merupakan keragaman budaya masyarakat Indonesia.

Keragaman Budaya Masyarakat Indonesia
Indonesia memiliki beranekaragam kebudayaan. Keanekaragaman kebudayaan dapat dipelajari dengan melakukan penelitian atau biasa disebut dengan etnografi. Etnografi merupakan suatu penelitian yang didalamnya memuat kegiatan berupa penemuan bahan-bahan keterangan tentang kebudayaan yang dilakukan secara sistematis. Misal, mengenai cara beradaptasi dan berbagai interaksi awal yang berhubungan terhadap berbagai unsur kebudayaan yang tercipta di dalam suatu lingkup masyarakat tertentu.

Indonesia memiliki berbagai jenis kesenian daerah. Jenis kesenian daerah di Indonesia seperti tarian, lagu alat musik, pakaian adat, dan sebagainya. Pada masing-masing daerah memiliki tujuan yang berbeda-beda dengan diadakannya kesenian tersebut. Misal, sebagai pengungkapan rasa syukur, penyambutan tamu kehormatan dalam upacara pernikahan, peringatan hari besar keagamaan, sebagai hiburan masyarakat setempat, dan lain-lain.

Indonesia juga memiliki keragaman rumah adat. Rumah adat yang terdapat di masing-masing daerah memiliki ciri khas tersendiri untuk membedakan antara rumah adat daerah satu dengan yang lainnya. Di Indonesia terdiri atas banyak sekali jenis rumah adat. Fungsi rumah adat untuk setiap daerah berbeda-beda, diantaranya digunakan sebagai tempat untuk upacara adat, penyimpanan hasil bumi setempat, dan lain sebagainya. Berikut contoh rumah adat dan asal daerahnya :

Pakaian adat juga merupakan keragaman budaya masyarakat Indonesia. Pakaian adat yang terdapat di masing-masing daerah juga memiliki perbedaan. Pada umumnya pakaian adat digunakan hanya pada acara dan ritual tertentu saja. Misal, dipakai dalam upacara pernikahan, upacara peringatan hari besar keagamaan, dan acara lainnya. :

Kriteria Keberhasilan:
  1. Dapat menuliskan cerita berdasarkan gambar kliping,
  2. Mampu mengomunikasikan hasil tulisan dengan bercerita, dan
  3. Dapat berbicara dengan sopan serta santun pada saat bercerita.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 2:08 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.