Home » » Pembelajaran 4 Tema 9 Subtema 3 Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia

Pembelajaran 4 Tema 9 Subtema 3 Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia

Ayo Membaca
Aktivitas manusia sering memicu lahirnya bencana alam. Misalnya terjadinya banjir, kebakaran hutan, atau krisis air bersih. Mengapa perilaku manusia dapat memicu terjadinya bencana alam?

Perbuatan manusia yang tidak bertanggung jawab terhadap alam justru akan merugikan manusia itu sendiri. Misalnya, hanya demi mengejar keuntungan melalui jual beli kayu, manusia menebangi hutan secara membabi buta. Hal tersebut akan memicu terjadinya tanah longsor, kekeringan, dan banjir. Pohon yang menjadi pelindung tanah, peyerap air, dan penyuplai udara bersih sudah tidak ada lagi.

Perbuatan yang demikian merupakan perbuatan yang tidak mencerminkan pemenuhan kewajiban sebagai warga negara. Perbuatan yang dilakukan oleh satu atau sekelompok orang, namun berdampak pada banyak orang dan berdampak pula pada keberlangsungan hidup manusia dan alam.

Mengingat besarnya dampak yang ditimbulkan oleh perilaku masyarakat terhadap lingkungan, maka masyarakat harus secara sadar mengembangkan perilaku yang bertanggung jawab dalam memanfaatkan lingkungan alam. Bahkan, masyarakat pun harus mau bersatu padu dan bahu membahu menjaga kelestarian lingkungan alam. Misalnya, dengan bekerja bakti secara rutin membersihkan lingkungan, bergotong royong membangun sarana dan prasarana kebersihan. Selain kelestarian alam tetap terjaga, dengan kegiatan tersebut menujukkan adanya sikap persatuan dan kesatuan masyarakat.

Ayo Berlatih
Tahukah kamu sikap persatuan dan kesatuan yang lainnya? Tuliskan sikap persatuan dan kesatuan yang pernah kamu lakukan saat di sekolah, di rumah, dan di masyarakat.
Sikap persatuan dan kesatuan di sekolah
No.Contoh Sikap Persatuan dan Kesatuan
1.Menjenguk teman yang sedang sakit
2.Membersihkan lingkungan sekolah bersama-sama
3.Saling menghormati teman yang berbeda agama atau suku
4.Menolong teman yang kesulitan memahami pelajaran
5.Ikut memberikan sumbangan untuk teman yang terkena musibah
Sikap persatuan dan kesatuan di rumah
No.Contoh Sikap Persatuan dan Kesatuan
1.Saling mencintai sesama anggota keluarga
2.Saling menghargai antar anggota keluarga
3.Adanya keterbukaan antar anggota keluarga
4.Melakukan musyawarah jika ada masalah
5.Mengakui keberadaan dan fungsi tiap-tiap anggota keluarga
Sikap persatuan dan kesatuan di masyarakat
No.Contoh Sikap Persatuan dan Kesatuan
1.Ikut kerja bakti atau gotong royong membersihkan lingkungan
2.Hidup rukun dengan semangat kekeluargaan dengan tetangga
3.Menyelesaikan masalah yang ada dengan musyawarah mufakat
4.Bergaul sesama warga dengan tidak membedakan agama, suku, atau ras
5.Bersikap ramah kepada semua orang

Ayo Berlatih
Amatilah gambar berikut. Selanjutnya, tuliskan pendapatmu mengenai gambar. Apakah perilaku atau sikap orang-orang pada gambar mencerminkan persatuan dan kesatuan? Tuliskan pada kolom di sampingnya.
gambar mencerminkan persatuan dan kesatuan
GambarPendapatku
Gambar 1Pada gambar 1 menunjukan kegiatan menjenguk tetangga yang sedang sakit. Kegiatan tersebut mencerminkan sikap menjaga persatuan dan kesatuan
Gambar 2Pada gambar 2 menunjukan dua orang anak yang sedang bertengkar. Kegiatan tersebut tidak mencerminkan sikap persatuan dan kesatuan justru akan memecah persatuan
Gambar 3Gambar 3 menunjukkan siswa yang sedang bersama-sama membersihkan lingkungan sekolah. Kegiatan tersebut mencerminkan sikap menjaga persatuan dan kesatuan
Gambar 4Gambar 4 menunjukkan warga yang sedang bekerja bhakti membersihkan lingkungan. Kegiatan tersebut mencerminkan sikap menjaga persatuan dan kesatuan.
Gambar 5Gambar 5 menunjukkan orang yang sedang menebang pohon secara sembarangan. Kegiatan tersebut tidak mencerminkan sikap persatuan dan kesatuan karena merugikan lingkungan dan orang lain.

Ayo Membaca
Warga Kelurahan Rawa Badak Utara Rutin Kerja Bakti
Warga di wilayah Kelurahan Rawa Badak Utara, Kecamatan Koja, Kota Administrasi Jakarta Utara, bersama aparat pemerintah kelurahan melakukan kerja bakti bersama. Kegiatan itu dilakukan untuk mencegah banjir. Kegiatan kerja bakti yang dilakukan antara lain membersihkan selokan di depan tiaptiap rumah warga serta membersihkan sampah yang ada di lingkungan.

Lurah Rawa Badak Utara, Suranta, menjelaskan bahwa kegiatan kerja bakti atau gotong royong itu dilakukan rutin di Kelurahan Rawa Badak Utara. Dalam kegiatan itu, warga juga melakukan penghijauan agar jalan lingkungan menjadi asri, hijau, dan indah. Manfaat lain dari kerja bakti adalah terjalinnya kerja sama dan kebersamaan di antara warga.

Ayo Berlatih
Berdasarkan bacaan di atas, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.
1. Apa yang dapat dilakukan dalam kerja bakti untuk usaha pelestarian lingkungan?
Kerja bhakti dapat menjadikan lingkungan menjadi asri, hijau, dan indah sehingga kelestarian lingkungan tetap terjaga.
2. Apa manfaat kerja bakti dalam menjaga sikap persatuan dan kesatuan warga?
Manfaat kerja bhakti dalam menjaga persatuan dan kesatuan adalah dengan kerja bhakti makan terjalin kerja sama dan kebersamaan di antara warga.
3. Mengapa kerja bakti perlu dilakukan?
Berdasarkan bacaan di atas kerja bhakti perlu dilakukan untuk menjaga persatuan dan kesatuan serta menjaga kelestarian lingkungan.

Ayo Berlatih
Kerja bakti merupakan kegiatan positif masyarakat yang banyak manfaatnya. Selain memupuk jiwa persatuan dan kesatuan, kerja sama, juga dapat berguna dalam menyelesaikan masalah-masalah yang berkaitan dengan kepentingan umum. Selain itu, kerja bakti yang dilkakukan dalam rangka bersih-bersih lingkungan dapat menciptakan lingkungan yang bersih, rapi, dan nyaman. Kerja bakti apa saja yang sering dilakukan oleh warga masyarakat di sekitar tempat tinggalmu? Carilah jawaban pertanyaan tersebut dengan bertanya kepada narasumber di sekitarmu.

Kamu dapat bertanya kepada orang tuamu, Bapak/Ibu Guru, atau orang-orang lain di sekitarmu. Buatlah laporan hasil wawancaramu seperti contoh dalam kotak berikut.

LAPORAN HASIL WAWANCARA
Nama : Lani
Pertanyaan yang diajukan: Kerja bakti apa saja yang sering dilakukan oleh warga masyarakat di sekitar tempat tinggalmu? Apa saja manfaatnya?

Hasil Wawancara:
No.Nama NarasumberJawabanManfaat
1.Orang TuaMembersihkan selokanAliran air menjadi lancar
2.Ketar RTMembangun masjidIbadah lebih khusuk
3.KeponakanMendirikan pos rondaLingkungan menjadi aman
4.TetanggaMembangun jalan lingkunganLalu lintas menjadi lancar
5.Teman SekelasMelakukan penghijauanLingkungan menjadi asri
6.Anak tetanggaMembantu tetangga membangun rumahPekerjaan cepat selesai
7.KakakMemasang lampu pinggir jalanLingkungan menjadi terang
8.AdikMemperbaiki balai RTKegiatan RT lancar
9.PamanMenambal jalan yang berlobangTransportasi lancar
10.BibiMemeperbaiki tempat ibadahBeribadah dengan nyaman

Kesimpulan:
Kegiatan kerja bhakti yang dilakukan di lingkungan sekitar menjadikan kehidupan lebih baik dan pekerjaan menjadi cepat selesai

Ayo Renungkan
1. Apa yang kamu pelajari hari ini?
Hari ini saya telah belajar tentang perilaku-perilaku yang menunjukkan pelaksanaan hak dan kewajiban dalam kehidupan sehari-hari.
2. Manfaat apa saja yang dapat kamu ambil melalui pembelajaran hari ini?
Manfaat yang saya peroleh pada pembelajaran kali ini adalah mengetahui pentingnya sikap persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari-hari.
3. Keterampilan apa saja yang dapat kamu kuasai melalui pembelajaran hari ini?
Keterampilan yang saya pelajari hari ini adalah keterampilan wawancara
4. Apa yang akan kamu lakukan setelah melalui pembelajaran hari ini?
Setelah melaksanakan pembelajaran kali ini saya ingin menunjukkan sikap menjaga persatuan dan kesatuan baik di sekolah, rumah dan masyarakat dengan lebih baik
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 12:12 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.