Home » » Pembelajaran 1 Tema 9 Subtema 2 Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia

Pembelajaran 1 Tema 9 Subtema 2 Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia

Banyak sumber energi di sekitar kita. Kesemuanya memiliki banyak manfaat untuk menunjang kehidupan manusia. Berbagai sumber energi dapat memberikan manfaat secara maksimal bagi manusia jika diolah dengan baik.

Ayo Membaca
Contoh pemanfaatan sumber daya energi dan perubahan energi (gas menjadi panas) bagi manusia adalah penggunaan gas LPG. Gas LPG diperoleh dari pengolahan dan penyaluran gas alam. Gas tersebut berubah menjadi energi panas sehingga dapat dimanfaatkan oleh manusia untuk memasak. 

Seperti yang telah kita ketahui, energi merupakan kemampuan suatu benda untuk melakukan usaha atau kerja. Energi pun dapat berubah bentuk menjadi energi lainnya.

Ayo Berlatih
Nah sekarang, tuliskan sumber-sumber energi yang digunakan dan perubahan energi yang terjadi saat melakukan kegiatan-kegiatan di bawah ini.
Sumber Energi
No.KegiatanSumber Energi Yang DigunakanPerubahan Energi Yang
1.Bermain layang-layangEnergi AnginEnergi angin menjadi energi gerak
2.Menyetrika pakaianEnergi ListrikEnergi listrik menjadi energi Panas
3.Membakar sateEnergi KimiaEnergi kimia menjadi energi panas
4.Pembuatan garamEnergi Panas MatahariEnergi panas menjadi energi kimia
5.MemblenderEnergi listrikEnergi listrik menjadi energi Gerak

Ayo Berlatih
Carilah contoh pemanfaatan perubahan energi dalam kehidupan sehari-hari.
Konversi Sumber energi
Ayo Membaca
Bangsa Indonesia adalah bangsa yang dikaruniai sumber daya alam yang sangat banyak dan beragam. Sumber daya alam Indonesia tersebar dari Sabang sampai Merauke. Setiap daerah memiliki kekhasan sumber daya alamnya masing-masing.

Sumber daya alam dapat dibedakan menjadi dua: sumber daya alam yang dapat diperbarui dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. Seperti telah dijelaskan pada pembelajaran sebelumnya, sumber daya alam yang dapat diperbarui merupakan sumber daya alam yang dapat dihasilkan kembali meskipun kita telah menggunakannya. Sumber daya alam ini tidak akan habis jika kita dapat mengelolanya dengan baik. Hasil pertanian, perkebunan, peternakan, dan perikanan merupakan contoh sumber daya alam yang dapat diperbarui.

Adapun sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui merupakan sumber daya alam yang tidak dapat dihasilkan lagi setelah kita menggunakannya.

Sumber daya ini memiliki jumlah terbatas. Minyak bumi, batu bara, gas, dan barang-barang tambang lainnya merupakan contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. Oleh karena itu, kita harus mengelolanya dengan baik.

Di bawah ini tabel contoh-contoh jenis sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui.
Sumber Daya Alam Bukan LogamSumber Daya Alam LogamSumber Daya Alam Industri
Aspal, Batu bara, Minyak bumi, Gas alamEmas, Perak, Mangan, Nikel, Pasir besi, Platina, Timbal, TimahBerlian, Belerang, Fosfat, Gamping, Batu kapur, Yodium, Asbes, Gipsum

Ayo Berlatih
1. Berilah contoh hasil sumber daya alam yang dapat diperbarui. Contohnya hasil pertanian, perkebunan, perikanan, hasil hutan dan hasil peternakan yang ada di daerah tempat tinggalmu (kota, kabupaten, atau provinsimu). Tuliskan pada tabel berikut.
Hasil PertanianHasil PerkebunanHasil HutanHasil PeternakanHasil Perikanan
PadiKelsps sawitGetah damarSapiIkan
JagungTehResin GaharuKambingUdang
Kacang KedelaiKaretCendanaKerbauMutiara
KubisCengkehKayu manisDombaLobster
CabaiKakaoKemiriAyamTeripang
Bawang merahKinaSaguBebekKerang
Bawang putihNilamRotanPuyuhKepiting
Ketela pohonVanilliKayuKelinciCumi-cumi

2. Agar menambah pemahamanmu tentang sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui, buatlah daftar yang memuat contoh barang tambang yang dihasilkan di daerah tempat tinggalmu (kota, kabupaten, propinsi).
Bahan Tambang OrganikBahan Tambang LogamBahan Tambang untuk Industri
Batu BaraPasir BesiBatu Gamping
Minyak BumiTimahBatu Kapur
Gas AlamManganFosfat

Agar lebih memahami tentang persebaran sumber daya alam, amatilah peta persebaran sumber daya alam berikut.
Peta Sumber daya Alam
Negara kita dikenal sebagai penghasil barang-barang tambang. Minyak bumi, gas alam, tembaga, dan emas merupakan sebagian dari hasil kekayaan alam kita. Setelah diolah, barang-barang tambang tersebut dimanfaatkan untuk membiayai pembangunan. Namun demikian, hasil tambang tidaklah merata persebarannya, baik jumlah maupun jenisnya.

Berikut peta persebaran hasil tambang negara kita.
Peta Tambang Indonesia
Ayo Mengamati
Kalian telah mengetahui kekayaan dan persebaran sumber daya alam. Berdasarkan jenis bendanya, sumber daya alam dibagi menjadi 2 yaitu sumber daya alam hayati dan sumber daya alam nonhayati. Sumber daya alam hayati berupa makhluk hidup. Sebaliknya, sumber daya alam nonhayati adalah sumber daya alam yang bukan berupa makhluk hidup.

Sekarang giliran kamu untuk menceritakan berbagai kekayaan sumber daya alam, baik hayati maupun nonhayati yang ada di daerahmu.
Kekayaan sumber daya alam hayati di propinsi/kota/kabupaten tempat tinggalkuKekayaan sumber daya alam nonhayati di propinsi/kota/kabupaten tempat tinggalku
KopiEmas
KakaoBelerang
TehBatu Gamping
SapiAsbes
KambingFosfat
Kekayaan sumber daya alam hayati desa atau sekitar rumah atau tempat tinggalkuKekayaan sumber daya alam nonhayati di desa atau sekitar rumah atau tempat tinggalku
AyamBatu Gamping
KambingBatu Kapur
PadiBatu Kali
JagungPasir
KelapaBelerang

Ayo Membaca
Bacalah bacaan berikut!
Sumber Daya Alam sebagai Modal Pembangunan

Sumber daya alam yang kita miliki, baik hayati maupun nonhayati menjadi modal utama pembangunan. Selain dari pajak, modal utama pembangunan juga berasal dari penjualan sumber daya alam. Misalnya bahan-bahan tambang dan hasil pertanian yang dijual atau diekspor ke negara lain. Dari situlah kita mendapatkan uang untuk membiayai pembangunan.

Banyak sekali sumber daya alam yang dimanfaatkan untuk kegiatan ekonomi. Beberapa yang dimanfaatkan untuk kegiatan ekonomi, misalnya hasil pertanian, perkebunan, perikanan, peternakan, dan pertambangan.

Salah satu sumber daya alam yang kita miliki berupa kelapa sawit. Kelapa sawit dapat dimanfaatkan untuk membuat minyak goreng, margarin, dan bahan baku sabun. Pemanfaatan kelapa sawit menjadi beberapa produk tersebut merupakan usaha pemanfaatan sumber daya alam untuk kegiatan ekonomi. Masih banyak contoh lain tentang pemanfaatan sumber daya alam dalam kegiatan ekonomi.

Ayo Berlatih
Kamu telah membaca bacaan ”Sumber Daya Alam sebagai Modal Pembangunan” Carilah informasi penting pada bacaan tersebut. Selanjutnya, lengkapilah gambar peta pikiran berikut.
SDA Modal Pembangunan
Ayo Berlatih
Lakukan wawancara untuk memperoleh data tentang pemanfaatan sumber daya alam baik hayati maupun nonhayati dalam kegiatan ekonomi di daerah tempat tinggalmu. Carilah jawaban pertanyaan tersebut dengan bertanya kepada narasumber di sekitarmu. Kamu dapat bertanya kepada orang tuamu, Bapak/Ibu guru, atau orang-orang lain di sekitarmu. Buatlah laporan hasil wawancaramu seperti contoh dalam kotak berikut.

Tips dan Saran:
Sebelum wawancara, guru mengarahkan siswa melakukan diskusi untuk menentukan pertanyaan-pertanyaan yang akan diajukan untuk menggali informasi (indikator mata pelajaran Bahasa Indonesia). Pertanyaanpertanyaan itu misalnya sebagai berikut.
  1. Maaf, Bapak/Ibu. Kami melakukan tugas dari Bapak/Ibu Guru untuk bertanya kepada Bapak/Ibu. Boleh kami minta waktu sebentar? 
  2. Siapa nama Bapak/Ibu?
  3. Apa pekerjaan Bapak/Ibu?

LAPORAN HASIL WAWANCARA
Nama : .Lani
Pertanyaan yang diajukan: Apa akibatnya jika manusia tidak melaksanakan kewajiban terhadap lingkungan alam?

Hasil Wawancara:
No.Nama NarasumberJawaban
1.Orang TuaRusaknya lingkungan sekitar
2.Ketar RTPunahnya hewan karena habitatnya rusak
3.Ketar RWPunahnya beberapa jenis tumbuhan
4.TetanggaTerjadi bencana banjir
5.Teman SekelasTerjadi bencana tanah longsor
6.Anak tetanggaTerjadi pencemaran air
7.Bapak GuruTerjadi pencemaran udara
8.Ibu GuruTerjadi pencemaran tanah
9.PamanTerjangkitnya berbagai macam penyakit
10.BibiKeseimbangan ekosistem terganggu

Ayo Renungkan
1. Apa yang kamu pelajari hari ini?
Hari ini saya telah belajar tentang jenis-jenis dan pemanfaatan sumber daya alam 
2. Manfaat apa saja yang dapat kamu ambil melalui pembelajaran hari ini?
Manfaat yang saya peroleh adalah saya menjadi tahu pentingnya menjaga kelestarian sumber daya alam
3. Keterampilan apa saja dapat kamu kuasai melalui pembelajaran hari ini?
Keterampilan yang saya kuasai adalah membuat peta pikiran, melakukan wawancara, membaca peta
4. Apa yang akan kamu lakukan setelah melalui pembelajaran hari ini?
Setelah pembelajaran ini saya akan mempelajari lebi dalam tentang sumber daya alam yang ada di sekitarku
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 7:09 AM

1 komentar:

Mohon tidak memasukan link aktif.