Home » » Pembelajaran 1 Tema 9 Subtema 1 Kekayaan Sumber Energi di Indonesia

Pembelajaran 1 Tema 9 Subtema 1 Kekayaan Sumber Energi di Indonesia

Kamu akan belajar mengenal berbagai kekayaan alam yang ada di Indonesia. Hal ini akan membuat kamu lebih tahu bagaimana memanfaatkan berbagai sumber daya alam dengan bijaksana. Kamu dapat mengamati sumber daya alam yang ada di lingkungan sekitarmu. Kamu juga dapat mengamati bagaimana orang-orang di sekitarmu dalam memanfaatkan sumber daya alam.

Ayo Mengamati
Amatilah gambar di bawah ini, lalu jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
Sumber Energi
1. Apakah air dan listrik termasuk sumber energi?
Air dan listrik termasuk sumber energi listrik karena gerakan air dapat nenggerakan turbin yang kemudaian diubah menjadi energi listrik.
2. Berapa banyakah sumber energi air di sekitar tempat tinggalmu?
Di sekitar tempat tinggalku hanya terdapat satu sumber air saja yaitu sungai yang mengalir.
3. Seberapa sering kamu menggunakan sumber energi air dan listrik dalam kegiatan sehari-harimu?
Setiap hari saya menggunakan sumber energi listrik karena hampir semua peralatan rumah tangga menggunakan energi listrik.
Kita harus banyak bersyukur hidup di bumi Indonesia. Bangsa yang dikaruniai sumber daya. Salah satunya sumber daya energi. Mulai dari minyak, gas, sampai yang bukan minyak

Malam ini lingkungan tempat tinggal Beni gelap gulita. Hujan sejak sore disertai angin kencang dan petir. Petir menyambar gardu listrik di dekat rumah Beni. Akibatnya, saluran listrik di lingkungan tempat tinggal Beni terputus.

Ayo Mengamati
Salah satu sumber energi yang banyak digunakan di sekitar kita adalah listrik. Ayo kita cari tahu bagaimana listrik dihasilkan dan manfaatnya bagi kehidupan kita. Amatilah gambar berikut.
Kincir Air
Ayo Membaca
Air dan Listrik

Air memiliki manfaat yang sangat besar bagi kehidupan manusia. Salah satu pemanfaatan air adalah sebagai pembangkit listrik tenaga air. Manfaat air sangat besar dan berpengaruh terhadap kehidupan manusia. Oleh sebab itu, dalam pemanfaat air hendaknya diimbangi dengan kehidupan manusia. Oleh sebab itu, dalam pemanfaat air hendaknya diimbangi dengan kesadaran menjaga sumber air yang adadi bumi. Membuang-buang air merupakan perbuatan yang tidak bijak.

Air dan listrik menjadi kebutuhan manusia yang tidak bisa digantikan oleh apa pun. Kegiatan sehari-hari akan terganggu ketika pasokan air dan listrik terganggu.

Di Indonesia, pembangkit listrik tenaga air adalah salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk memenuhi seluruh kebutuhan pasokan listrik bagi masyarakat. Banyaknya ketersediaan air menjadi salah satu alasan paling mendasar untuk membangun pembangkit listrik tenaga air di Indonesia. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika di Indonesia memiliki banyak waduk atau bendungan. Waduk atau bendungan merupakan salah satu rangkaian sistem dari pembangkit listrik tenaga air. Aliran air dari bendungan atau waduk digunakan untuk menggerakkan turbin yang akan membangkitkan energi listrik.

Air merupakan salah satu sumber energi yang cukup berlimpah. Air menyimpan energi yang cukup besar. Aliran air mampu menggerakkan kincir yang dibangun di dekat sungai. Kincir-kincir ini akan dihubungkan dengan generator untuk menghasilkan listrik. Makin deras aliran air, semakin kencang kincir berputar. Energi listrik yang dihasilkan pun semakin besar.

1. Apa fungsi air dalam pembangkit listrik tenaga air itu?
Air berfungsi menggerakan kincir air, gerakan kincir air diubah menjadi energi listrik oleh generator
2. Mengapa untuk menghasilkan listrik perlu dibangun sebuah bendungan?
Bendungan berfungi untuk menaikan ketinggian air sehingga menghasilkan energi gerak yang dapat menggerakan kincir air
3. Adakah pembangkit listrik tenaga air di daerahmu?
Di daerah sekitarku tidak ada pembangkit tenaga listrik
Dengan adanya PLTA atau Pembangkit Listrik Tenaga Air, ketersediaan energi listrik ke rumah-rumah akan terpenuhi. Kita pun bisa memanfaatkannya untuk menghidupkan berbagai peralatan listrik yang memudahkan kegiatan kita sehari-hari seperti lampu, televisi, dan peralatan lainnya.

Ayo Berlatih
Perhatikan lampu yang ada di rumahmu! Apa yang terjadi saat sakelar lampu ditekan? Tuliskan pendapatmu pada kolom di bawah ini! Pendapatku
Saat sakelar lampu ditekan, energi listrik mengalir ke lampu sehingga arus listrik berubah menjadi cahaya dan panas. 
Saat sakelar lampu ditekan, energi listrik mengalir ke lampu sehingga arus listrik berubah menjadi cahaya dan panas. Dari peristiwa tersebut terjadi perubahan bentuk energi. Energi listrik berubah menjadi energi cahaya dan panas. Tuliskan peralatan di rumahmu yang menggunakan energi listrik dan kegunaannya.
No.Nama PeralatanKegunaan
1.Setrika listrikMerapikan pakaian setelah dicuci
2.BlenderMenghaluskan bahan makanan dan minuman
3.Magic JarMemasak dan menghangatkan nasi
4.Kipas anginMenjaga kondisi ruangan agar tetap sejuk
5.TelevisiSumber informasi dan hiburan
6.KulkasMendinginkan dan mengawetkan bahan makanan
7.Mesin cuciMembersihkan pakaian yang kotor
8.Pengering rambutMengeringkan rambut yang basah
9.LampuSebagai sumber penerangan saat malam hari
10.Pompa airMengisi air dalam bak mandi

Kehidupan manusia tidak dapat dipisahkan dari lingkungan alam maupun lingkungan sosial. Lingkungan menjadi penyedia berbagai sumber daya. Sumber daya itu termasuk sumber daya energi yang dibutuhkan untuk menunjang kehidupan manusia.

Ayo Membaca
Lingkungan 

Kehidupan manusia tidak bisa dipisahkan dari lingkungan alam dan lingkungan sosial.. Lingkungan adalah segala sesuatu yang ada di sekitar manusia yang memengaruhi kehidupan manusia. Berikut fungsi lingkungan bagi kehidupan.

1. Lingkungan sebagai Tempat Mencari Makan
Nelayan memperoleh nafkah dari laut. Petani memperoleh sumber penghidupannya dari lahan pertanian. Pengusaha memperoleh sumber penghidupan nafkah dari proses produksi yaitu mengelola bahan-bahan dari lingkungannya.

2. Lingkungan sebagai Tempat Bekerja
Setiap manusia melakukan berbagai aktivitas untuk mencari nafkah. Berbagai aktivitas tersebut menimbulkan terjalinnya interaksi sosial. Hal ini juga menunjukkan ketergantungan antarmanusia dengan sesamanya. Melalui interaksi sosial manusia mampu mencapai kesejahteraan hidupnya.

3. Lingkungan sebagai Tempat Tinggal
Kalian tentu bisa membayangkan jika suasana lingkungan rumah kotor dan penuh dengan sampah yang bau. Tambahan lagi bising, penuh asap pabrik maupun kendaraan, air yang keruh, dan listrik yang padam. Tentu sangat tidak nyaman tinggal di kawasan seperti itu bukan?

Tumbuhan dan hewan tidak mampu bertahan hidup jika keadaanlingkungannya berubah. Ikan tidak dapat bertahan hidup di darat dan kambing tak dapat hidup di air. Setiap makhluk hidup memerlukan lingkungan tertentu sebagai tempat tinggal.

Ayo Berlatih
Informasi apa yang dapat kamu peroleh dari bacaan tersebut? Lengkapi peta pikiran berikut.
Lingkungan dan Manusia
  1. Pengertian lingkungan adalah segala sesuatu yang ada di sekitar manusia yang memengaruhi perkembangan kehidupan manusia, baik langsung maupun tidak langsung.
  2. Ada dua jenis lingkungan yaitu Lingkungan biotik adalah lingkungan yang terdiri atas makhluk hidup. Lingkungan biotik adalah lingkungan yang terdiri atas makhluk tak hidup.
  3. Lingkungan tidak hanya bermanfaat bagi manusia, tetapi juga bermanfaat bagi hewan dan tumbuhan.
  4. Fungsi lingkungan bagi manusia antara lain : sebagai tempat hidup dan mencari makan, tempat berlangsungnya. aktivitas manusia, dan sebagai tempat tinggal (habitat).
  5. Lingkungan bisa memengaruhi lingkungan, karena dalam menjalani kehidupan dan segala bentuk kegiatan dalam pemenuhan kebutuhannya manusia senantiasa beradaptasi atau menyesuaikan dirinya dengan lingkungan.
1. Agar lebih memahami bacaan di depan, coba temukan kata-kata yang sulit kamu pahami artinya. Selanjutnya cari tahu artinya dengan berdiskusi, bertanya, atau melalui kamus.
No.Kata SulitArti
1.ProduksiProses mengeluarkan hasil; penghasilan:
2.InteraksiHal saling melakukan aksi, berhubungan
3.ProsesRuntunan perubahan (peristiwa)
4.AktivitasKegiatan yang dilakukan
5.NafkahBelanja untuk hidup, uang pendapatan

2. Berdasarkan bacaan di depan, buatlah kesimpulan pada kolom berikut!
Lingkungan berfungsi sebagai tempat mencari makan, tempat tinggal, dan tempat bekerja
Ayo Berdiskusi
Kamu telah membaca bacaan yang berjudul “Lingkungan”. Sekarang, carilah informasi mengenai manfaat lingkungan dari orang-orang yang ada di sekitarmu. Carilah informasi dengan cara bertanya atau melakukan wawancara. Tuliskan hasilnya pada tabel berikut. 
No.Manfaat Lingkungan
1.Lingkungan sebagai Tempat Mencari Makan
2.Tempat untuk bersosialisasi dengan yang lain.
3.Lingkungan sebagai Tempat Bekerja
4.Lingkungan sebagai Tempat Tinggal
5.Tempat untuk mendapatkan kesenangan atau hiburan.
6.Tempat untuk bertahan hidup (survival)
7.Sebagai tempat atau sarana untuk kebudayaan atau kesenian.
8.Menyediakan berbagai unsur-unsur penting bagi kehidupan
9.Menyediakan berbagai keperluan bagi makhluk hidup
10.Sebagai tempat edukasi atau pendidikan

Ayo Renungkan
1. Apa yang kamu pelajari hari ini?
Hari ini saya telah belajar tentang hubungan manusia dengan lingkungan dan contoh sumber energi.
2. Manfaat apa yang dapat kamu ambil melalui pembelajaran hari ini?
Manfaat dari pembelajaran kali ini adalah saya jadi mengetahui hubungan antara manusia dengan lingkungannya,
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 8:27 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.