Home » » Pembelajaran 3 Tema 6 Subtema 2 Membangun Masyarakat Sejahtera

Pembelajaran 3 Tema 6 Subtema 2 Membangun Masyarakat Sejahtera

Siti, Dayu, dan teman-teman lainnya menjadi generasi penerus bangsa yang pandai, cerdas, dan mempunyai jiwa yang baik. Mereka selalu mengikuti kegiatan yang dilaksanakan di sekolah dengan semangat. Jika saat berkegiatan ada sesuatu yang kurang jelas, Siti dan teman-teman selalu berani bertanya kepada guru. Ibu Guru pun selalu menjelaskan dengan senang hati saat ada pertanyaan dari Siti dan teman-teman.

Siti dan teman-temannya telah mendapatkan hak sebagai warga negara Indonesia yaitu hak memperoleh pendidikan dan pengajaran. Siti dan temantemannya menjadi generasi yang pandai dan cerdas. Itulah salah satu manfaat pemenuhan hak warga negara. Masih banyak manfaat pemenuhan hak warga negara Indonesia lainnya. Apa sajakah itu?

Ayo Membaca
Manfaat Pemenuhan Hak sebagai Warga Negara Indonesia
Setiap warga negara memiliki hak dan kewajiban. Hak dan kewajiban hendaknya dilakukan secara seimbang. Artinya dalam melaksanakan hak tidak lupa juga melaksanakan kewajiban sebagai warga negara. Bahkan kewajiban hendaknya dilakukan terlebih dahulu daripada hak. Banyak manfaat yang dapat dirasakan warga negara Indonesia atas terpenuhinya hak yang dimiliki.

Salah satu contoh manfaat yang diperoleh dari pemenuhan hak atas pendidikan dan pengajaran yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa.Mencerdaskan kehidupan bangsa merupakan salah satu tujuan nasional bangsa Indonesia yang tercantum dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 alinea empat.
Pemenuhan Hak Warga Negara
Manfaat lain bisa dipahami berdasarkan pemenuhan hak warga negara. Contohnya manfaat atas pemenuhan hak mendapatkan pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan. Pemenuhan hak ini sangat bermanfaat bagi peningkatan perekonomian warga negara Indonesia dan mengurangi jumlah pengangguran.

Adapun pemenuhan hak atas perlindungan hukum jelas akan bermanfaat bagi terwujudnya keamanan, keadilan, dan keteraturan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Dengan demikian, akan tercipta kehidupan yang harmonis antarwarga negara Indonesia dan antara warga negara dengan pemerintah.

Untuk pemenuhan hak atas perolehan fasilitas pelayanan kesehatan sangat bermanfaat dalam menciptakan kesejahteraan umum. Masyarakat yang sehat dapat menjalankan segala kegiatan untuk pemenuhan kebutuhan hidup sehingga tercipta keasejahteraan umum. Menciptakan kesejahteraan umum ini juga merupakan salah satu tujuan nasional Indonesia.

Ayo Berlatih
Di depan telah disajikan bacaan nonfiksi yang terdiri atas lima paragraf. Bacalah kembali dengan cermat teks nonfiksi di atas. Selanjutnya, kerjakan perintah berikut!
  1. Tuliskan kalimat utama pada setiap paragraf.
  2. Tuliskan gagasan utama pada setiap paragraf.
  3. Tuliskan gagasan utama dari teks nonfiksi berdasarkan gagasan utama setiap paragraf.
  4. Tuliskan hasilnya dalam bentuk tabel seperti contoh berikut
ParagrafKalimat UtamaGagasan Utama Setiap ParagrafGagasan Utama Teks Nonfiksi
1Semua warga negaramemiliki hak.Hak warga negara Indonesia dilaksanakan secara seimbang.Manfaat pemenuhan hak
2Salah satu contoh manfaat pemenuhan hak atas perolehan pendidikan dan pengajaran.Manfaat pemenuhan hak atas perolehan pendidikan dan pengajaran
3Manfaat pemenuhan hak atas perlindungan hukumManfaat lain pemenuhan hak warga negara
4Manfaat pemenuhan hak atas pemerolehan fasilitas pelayanan kesehatanManfaat pemenuhan hak warga negara.

Masih banyak manfaat atas terpenuhinya hak-hak warga negara Indonesia. Kamu bisa mengidentifikasinya melalui berbagai bentuk pemenuhan hakhak warga negara Indonesia. Pada dasarnya, pemenuhan hak-hak warga negara Indonesia berkaitan erat dengan upaya pemerintah dalam mencapai tujuan nasional. Oleh karena itu, lakukan hak-hakmu sebagai warga negara secara seimbang.

Dengan demikian, kamu telah ikut serta mewujudkan tujuan nasional. Pemenuhan hak-hak warga negara Indonesia sebagai upaya pencapaian tujuan nasional juga menjadi cara ampuh untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Mengapa demikian?

Ayo Membaca 
Mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia
Setiap warga negara Indonesia memiliki hak yang sama tanpa kecuali. Persamaan hak antarwarga negara ini dijunjung tinggi untuk menghindari berbagai kecemburuan sosial yang dapat memicu berbagai permasalahan di kemudian hari. Dengan dilaksanakannya hak-hak warga negara Indonesia secara seimbang diharapkan tidak terjadi perpecahan antarwarga negara Indonesia sehingga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia tetap terjaga.

Menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia merupakan upaya mempertahankan kemerdekaan negara Indonesia. Banyak cara lain yang dapat kamu lakukan untuk mempertahankan kemerdekaan negara Indonesia. Contohnya melestarikan budaya daerah sebagai akar budaya nasional berkompetisi dalam meraih prestasi, menggunakan produk buatan dalam negeri, menghormati antarsesama, serta menaati peraturan yang berlaku.
Mempertahankan Kemerdekaan
Mempertahankan kemerdekaan negara Indonesia tidak harus kamu lakukan dengan angkat senjata. Mempertahankan kemerdekaan dapat dimulai dari lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat. Tindakan yang dapat dilakukan yaitu dengan membiasakan tindakan-tindakan positif yang dapat mencegah terjadinya perpecahan antaranggota keluarga, antarteman, dan antarwarga masyarakat. Selain itu, tindakan berupa menghargai perbedaan yang ada dan jangan jadikan perbedaan sebagai alasan terjadi perpecahan.

Menjaga kemerdekaan Indonesia harga mati dan tidak bisa ditawar. Semua warga negara Indonesia berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara Indonesia. “Bersatu Kita Teguh Bercerai Kita Runtuh” merupakan slogan yang tepat untuk kita bersatu padu menjaga keutuhan dan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Ayo Berdiskusi
Buatlah kelompok di kelas yang terdiri atas tiga sampai lima orang. Bacalah dengan cermat bacaan di atas, kemudian diskusikan dengan teman satu kelompokmu cara-cara untuk mempertahankan kemerdekaan. Tuliskan cara lain yang dapat kamu lakukan selain yang ada dalam bacaan.
Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan  untuk mempertahankan kemerdekaan.
  • Belajar dengan giat, tekun dan rajin.
  • Menggunakan produk buatan dalam negeri
  • Melestarikan budaya asli Indonesia
  • Menaati peraturan dan tata tertib di sekolah sebagai seorang pelajar

Ayo Mengamati 
Lakukan pengamatan terhadap perilaku warga masyarakat di lingkungan tempat tinggalmu. Identifikasilah perilaku warga masyarakat yang mencerminkan sikap mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Tuliskan hasil pengamatanmu dan presentasikan secara lisan di depan kelas.
Kita harus selalu mempunyai semangat yang tinggi seperti para pahlawan yang telah merebut kemerdekaan. Sikap yang pantang menyerah juga harus kita tiru di dalam menggapai sesuatu sebagai salah satu talak ukur kemauan besar kita di masa kini. Untuk mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia ada berbagai cara yang bisa kita lakukan dan tentunya bermanfaat bagi sesama yang bisa menumbuhkan semangat patriotisme.

Pembahasan
Beberapa perilaku warga masyarakat yang mencerminkan sikap mempertahankan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia yaitu :
  1. Memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat dengan melaksanakan siskamling
  2. Mengamalkan nilai - nilai Pancasila dengan bergotong royong memperbaiki Masjid
  3. Menghargai sesama warga negara Indonesia yang berbeda asal daerah
  4. Menggunakan produk buatan dalam negeri dan mengurangi penggunaan barang impor.
  5. Mendukung pembangunan dengan taat membayar pajak.
  6. Mengikuti semua protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah

Kesimpulan
Sikap yang baik akan menghasilkan karakter yang baik pula, maka dari itu kita harus selalu bersikap baik kepada siapapun untuk dapat mempertahankan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dengan semangat yang tinggi tidak mungkin bangsa ini goyah dan direbut kembali oleh bangsa lain, yang ada malah Indonesia semakin kuat dan bersatu dalam keadaan apapun dan bagaimanapun.

Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 12:22 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.