Home » » Pembelajaran 2 Tema 6 Subtema 2 Membangun Masyarakat Sejahtera

Pembelajaran 2 Tema 6 Subtema 2 Membangun Masyarakat Sejahtera

Dayu anak yang kreatif dan pandai menari. Dayu sering tampil menari di acara pentas seni baik di sekolah maupun di lingkungan tempat tinggalnya. Kali ini, Dayu akan mengikuti lomba tari dalam rangka memperingati HUT RI. Dayu akan menarikan tari tunggal bertema kepahlawanan. Apakah yang dimaksud tari tunggal?

Ayo Membaca
Ragam Tarian di Indonesia
Indonesia kaya akan budaya di antaranya karya tari. Setiap daerah memiliki karya tari kreasi yang berbeda-beda. Apakah yang dimaksud tari kreasi? Tari kreasi adalah tari yang gerakannya merupakan perkembangan dari gerak tari tradisional. Tari kreasi tidak memiliki aturan tertentu, baik gerak maupun aspek lainnya yang terdapat dalam tarian.

Ada tiga jenis tari kreasi yaitu tari kreasi daerah/tradisional, tari kreasi modern, dan tari kreasi kontemporer. Tari kreasi daerah/tradisional adalah tari yang mengalami perubahan dari tari tradisi, baik bentuk, gerak, ataupun aspek lainnya tetapi tetap dalam konteks ciri khas dari daerah tersebut. Tari kreasi modern adalah tari yang tidak memiliki aturan tertentu, baik dalam bentuk gerak ataupun aspek lainnya. Tari kontemporer adalah tarian yang dibuat berdasarkan isu yang beredar pada waktu tertentu.

Bentuk karya tari kreasi dapat berupa bentuk tari tunggal, tari berpasangan, dan tari kelompok. Tari tunggal adalah karya tari yang diperagakan oleh seorang penari. Tari berpasangan adalah karya tari yang diperagakan oleh dua orang penari. Adapun tari kelompok adalah karya tari yang diperagakan oleh lebih dari dua penari.

Ayo Berdiskusi
Bacalah dengan cermat teks nonfiksi di atas bersama teman sekelas. Selanjutnya, diskusikanlah informasi penting yang terdapat dalam teks nonfiksi berdasarkan gagasan utama pada setiap paragrafnya. Secara bergantian, jelaskan di depan teman-temanmu gagasan utama di setiap paragraf bacaan di atas. Kemudian, tuliskan hasil diskusi bersama teman satu kelas dalam tabel berikut.
ParagrafGagasan Utama Setiap Paragraf
1Pengertian tari kreasi
2Jenis tari kreasi
3Bentuk karya tari kreasi

Jenis tari yang akan diikuti Dayu dalam perlombaan adalah tari kreasi daerah/ tradisional berbentuk tari tunggal. Tari yang akan disajikan Dayu dalam perlombaan adalah Tari Merak. Tari Merak merupakan salah satu contoh jenis tari kreasi. Tari Merak berasal dari daerah Pasundan Jawa Barat. Tari Merak menggambarkan ekspresi kehidupan burung merak. Tata cara dan gerak tari terinspirasi dari kehidupan merak yang diangkat ke pentas oleh seniman Sunda, Raden Tjetje Somantri.
Tari Tunggal
Selain tari Merak, banyak karya tari lain yang berbentuk tari tunggal. Apakah di daerah tempat tinggalmu ada bentuk tari tunggal? Apa nama karya tarinya? Berikut beberapa karya tari berbentuk tari tunggal dari berbagai daerah di Indonesia.

Tarian daerah merupakan akar budaya nasional. Oleh karena itu, kamu berhak dan wajib melestarikan tarian daerah dengan cara mempelajarinya tanpa membedakan asal daerah setiap tarian. Melestarikan tarian daerah berarti melestarikan budaya nasional.

Ayo Berdiskusi
1. Dayu telah mengikuti perlombaan menari. Ternyata perlombaan tari dibedakan atas dua kategori yaitu kategori anak-anak dan remaja. Dua kategori ini didasarkan atas batasan usia. Untuk kategori anak-anak batas usia 6 tahun sampai 10 tahun, sedangkan kategori remaja batas usia 11 tahun sampai 21 tahun. Masuk kategori yang manakah Dayu? Mengapa demikian? Diskusikan bersama teman satu kelompok belajarmu. Tuliskan pada buku tugas dan presentasikan di depan kelas.
Kategori Dayu adalah kategori remaja. Karena Dayu merupakan anak yang mengikuti perlombaan menari dengan usia diatas 10 tahun

2. Pengelompokan usia anak-anak dan remaja merupakan bagian dari tahapan perkembangan manusia. Manusia akan mengalami beberapa tahapan perkembangan, mulai dari sebelum lahir, bayi, kanak-kanak (anak-anak), puber, remaja, dewasa, dan usia lanjut. Kamu yang berusia 10-11 tahun termasuk masa awal pubertas. Bagaimanakah perbedaan masa kanak-kanak dan pubertas itu?
Perbedaan masa anak-anak dan masa pubertas terletak pada aktifnya sejumlah hormon. Hormon yang aktif ini kemudian membuat anak-anak memasuki masa pubertas yang ditandai dengan sejumlah perubahan antara lain sebagai berikut:
  1. Dada pada anak pria tumbuh menjadi lebih lebar atau bidang
  2. Pinggul pada wanita melebar
  3. Suara pada anak pria mulai berubah menjadi lebih berat sementara pada wanita menjadi lebih melengking.
  4. Mulai berjerawat, tumbuh rambut di area tertentu
  5. Dada pada wanita mulai menonjol sementara jakun pada pria mulai nampak (sebagian tidak terlalu terlihat.

Coba diskusikan dengan teman-temanmu mengenai ciri-ciri berikut.
3. Ciri-ciri masa kanak-kanak bagi anak laki-laki.
4. Ciri-ciri masa kanak-kanak bagi anak perempuan.
5. Ciri-ciri masa pubertas bagi anak laki-laki.
6. Ciri-ciri masa pubertas bagi anak perempuan.
No.Ciri-ciri Masa Kanak-kanak bagi Anak Laki-lakiCiri-ciri Masa Pubertas bagi Anak Laki-laki
1.Belum tumbuh rambut halus di ketiak dan alat kelaminTumbuhnya rambut halus di ketiak dan alat kelamin
2.Suara belum membesarSuara jadi membesar
3.Belum tumbuh jakunTumbuh jakun
4.Belum tumbuh kumis, jambang, dan janggutTumbuh kumis, jambang, dan janggut
NoCiri-ciri Masa Kanak-kanak bagi Anak PerempuanCiri-ciri Masa Pubertas bagi Anak Perempuan
1.Belum tumbuh rambut halus di ketiak dan alat kelaminTumbuhnya rambut halus di ketiak dan alat kelamin
2.Suara belum melengkingSuara jadi melengking
3.Payudara belum membesarPayudara membesar
4.Panggul belum membesarPanggul membesar

Ayo Menulis
Kamu telah memahami perbedaan ciri masa kanak-kanak dan masa pubertas. Sekarang kenali dirimu berdasarkan ciri-ciri masa kanak-kanak dan masa pubertas pada tabel di atas. Selanjutnya, tuliskan kesimpulan masa yang sedang kamu alami saat ini, masih masa kanak-kanak atau sudah masa pubertas. Tuliskan pula alasan dari kesimpulanmu.

Hasil Kesimpulan:
Kesimpulan : 
Saat ini saya duduk di kelas VI dan berusia 11 tahun. berarti sekarang saya sedang mengalami masa remaja.

Alasan : 
Pada diri saya terjadi beberapa perubahan seperti suara mulai membesar, mulsi tumbuh jakun, dan dada mulai membidang.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 11:48 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.