Home » » Pembelajaran 1 Tema 3 Subtema 2 Penemu dan Manfaatnya

Pembelajaran 1 Tema 3 Subtema 2 Penemu dan Manfaatnya

Perkembangan kehidupan masyarakat tentunya banyak dipengaruhi oleh beragam penemuan. Seperti penemuan televisi yang kemudian mampu mengubah peradaban dunia. Baca teks eksplanasi ilmiah berikut dengan teliti!

Ayo Membaca
Si Kotak Ajaib
John Logie Baird lahir di Skotlandia, 13 Agustus 1888. Ia adalah penemu yang pada kesempatan itu untuk pertama kalinya menunjukkan bahwa gambar hidup dapat ditransmisikan melalui pesawat yang sekarang dikenal sebagai televisi. Baird mendemonstrasikan televisi di depan para bapak-bapak dan ibu-ibu, di Royal Institute-London untuk pertama kalinya pada tahun 1925. Seiring dengan perkembangan teknologi, lalu televisi kemudian terus berkembang hingga menjadi semakin canggih seperti saat ini.

Prinsip kerja televisi secara umum adalah mengubah sinyal elektonik dan magnetik menjadi gambar dan suara. Sinyal tersebut berupa gelombang elektromagnetik, yaitu gelombang yang terdiri atas medan magnet dan medan listrik. Gelombang elektromagnet dapat merambat, dipantulkan, dan dibiaskan tanpa media perantara. Gambar yang kita lihat di layar televisi adalah hasil produksi dari sebuah kamera. Pada awalnya, objek gambar yang ditangkap kamera akan diubah menjadi sinyal gelombang elektromagnetik. Sinyal tersebut akan ditransmisikan oleh pemancar ke pesawat penerima pada televisi. Pesawat televisi akan mengubah sinyal yang diterima menjadi objek gambar yang utuh sesuai dengan objek yang ditranmisikan, dalam bentuk hitam putih atau berwarna.

Jadi, televisi adalah sebuah media telekomunikasi yang berfungsi sebagai penerima siaran gambar bergerak beserta suara. Kata “televisi” merupakan gabungan dari bahasa Yunani “tele” artinya jauh dan bahasa Latin “visio” artinya penglihatan. Sehingga televisi dapat diartikan sebagai “alat komunikasi jarak jauh yang menggunakan media visual/penglihatan”. Penemuan televisi juga dikategorikan sebagai penemuan besar yang mampu mengubah peradaban dunia.

Baca kembali teks tersebut dengan teliti, tuliskan informasi penting dalam setiap paragraf pada diagram berikut!
Si Kotak Ajaib

Paragraf 1: Topik Masalah
Penemuan televisi oleh John Logie Baird.

Paragraf 2: Deret Penjelas
Prinsip kerja televisi yaitu mengubah sinyal elektromagnetik menjadi gambar dan suara. Awalnya objek gambar yang ditangkap kamera diubah menjadi sinyal gelombang elektromagnetik. Sinyal tersebut akan ditransmisikan oleh pemancar ke pesawat penerima pada televisi. Pesawat televisi akan mengubah sinyal tersebut menjadi objek gambar yang utuh.

Paragraf 3 : Kesimpulan dan pesan/pendapat pribadi penulis
Televisi berfungsi sebagai penerima siaran video dan audio dari jarak jauh. Oleh karena itu, penemuan televisi termasuk penemuan yang mengubah peradaban dunia.

Paragraf 4 :
Penemuan televisi di kategorikan sebagai penemuan besar yang mampu mengubah peradaban dunia.

Perhatikan penggalan-penggalan kalimat bercetak miring pada teks tersebut. Tuliskan pada kolom berikut untuk didiskusikan pada pembelajaran berikutnya.
  1. Ia adalah penemu yang pada kesempatan itu untuk pertama kalinya
  2. di depan para bapak-bapak dan ibu-ibu,
  3. lalu televisi kemudian terus berkembang

Televisi adalah salah satu penemuan yang sangat penting. Ayo, kita bahas lebih lanjut tentang pengaruh televisi terhadap kehidupan masyarakat Indonesia!

Ayo Berdiskusi
Seiring dengan perkembangan teknologi, saat ini terdapat banyak stasiun televisi yang menayangkan berbagai acara setiap hari, bahkan hampir selama 24 jam penuh. Jenis acara yang ditayangkan sangat beragam, seperti berita, film anak-anak maupun film dewasa, talk show, sinetron, dan acara hiburan lainnya.

Bagaimana kalian menyikapi hal tersebut? Bagaimana dampak positif dan dampak negatif televisi terhadap kehidupan masyarakat?

Diskusikan hal tersebut bersama teman, dan tuliskan hasilnya dalam diagram berikut:
Pengaruh Televisi terhadap kehidupan masyarakat di lingkunganku
Pengaruh Televisi
Beragam informasi dari televisi:
Berita, film anak dan dewasa, talkshow, sinetron, dan hiburan lainnya

Pengaruh Positif (Pendidikan)
Memperluas wawasan
Memperkaya pengalaman hidup
Menunjang pelajaran sekolah
Membantu proses belajar

Pengaruh Negatif (Pendidikan)
Menyita banyak waktu yang seharusnya untuk belajar
Mengurangi kemampuan berpikir kritis
Muncul efek negatif di kalangan pelajar

Pengaruh Positif (Ilmu Pengetahuan)
Menjadi sumber informasi pengetahuan dan pendidikan
Menambah wawasan ilmu pengetahuan

Pengaruh Negatif (Ilmu Pengetahuan)
Televisi menghambat produktivitas dan kemajuan ilmu pengetahuan

Ayo Mengamati
Renungkan sikapmu selama ini terhadap keberadaan televisi di rumah. Tuliskan rencana ke depan untuk memiliki sikap lebih bertanggung jawab dalam menggunakan pesawat televisi di rumah, sehingga akan memberikan manfaat positif bagi kehidupanmu!
Beberapa sikap yang bertanggungjawab menggunakan pesawat televisi antara lain menggunakan televisi sebagai sarana belajar. Rencana ke depan saya akan belajar, mengerjakan PR, menyiapkan perlengkapan sekolah untuk esok hari lebih dulu sebelum menonton TV, dan mematikan televisi setelah digunakan.

Baca kembali daftar alat dan bahan yang telah kamu buat pada pembelajaran sebelumnya. Siapkan alat dan bahan yang telah kamu bawa hari ini untuk percobaan membuat rangkaian lampu paralel sederhana.
Percobaan Membuat Rangkaian Listrik Paralel
Nama bahan dan
alat
FungsiJumlah yang
diperlukan
Bahan yang
diperlukan
Dudukan LampuMeletakan Lampu3 buah
KabelMengalirkan arus listrik100 cm
Switch/sakelar on-offUntuk menyambung dan memutus arus listrik3 buah
Baterai besar 1,5 vSumber arus listrik2 buah
Lampu dan fittingnyaSebagai sumber cahaya3 buah
Alat yang
digunakan
Gunting/cutterMemotong kabel1 buah
LakbanMenempelkan dudukan lampu1 buah
Gambarlah rencana rangkaian lampu paralel yang akan kamu buat. Sesuaikan rancanganmu dengan bahan-bahan yang kamu miliki. 

Berikut sedikit petunjuk tentang rangkaian lampu paralel sederhana. Rangkaian Paralel
Berbeda dengan rangkaian seri yang disusun sebaris, rangkaian paralel adalah rangkaian listrik yang disusun berderet, di mana masing-masing lampu memiliki rangkaian tersendiri yang terhubung kepada sumber energi. Karena itu, apabila ada satu/lebih komponen yang rusak atau dicabut, maka komponen lainnya akan tetap berfungsi tanpa gangguan sama sekali.
Rangkaian Paralel
Kamu dapat menambah jumlah lampu atau baterai, sehingga rangkaian lampu paralel yang dibuat teman-teman sekelas nanti akan beragam.

Jika telah disetujui guru, sekarang kamu dapat membuat rangkaian lampu paralel berdasarkan rancangan tersebut! Ikuti panduan keselamatan kerja pada pembelajaran sebelumnya, selama kamu melakukan percobaan! Sekarang kamu akan menguji model lampu yang telah dibuat.

Cermati pertanyaan berikut!
  1. Apakah lampu pada rangkaian paralel menyala dengan baik?
  2. Jika ya, bandingkan terangnya lampu pada rangkaianmu dengan lampu milik teman yang lain. Analisis penyebab perbedaan tersebut.
  3. Jika lampu tidak menyala, bandingkan rangkaian lampumu dengan rangkaian milik teman yang menyala . Temukan kesalahannya dan perbaiki.
  4. Jika lampu mudah putus, amati jumlah baterai yang digunakan, kemudian temukan permasalahannya.
Ayo Menulis
Buatlah laporan dari percobaan membuat rangkaian paralel sederhana yang kamu lakukan!
Laporan Kegiatan Percobaan
Nama Percobaan :Membuat Rangkaian Paralel
Tujuan Percobaan :Mengidentifikasi rangkaian listrik paralel sederhana
Alat dan bahan :
  1. 2 buah baterai 1,5 volt
  2. Kabel sepanjang 100 cm
  3. Lampu bohlam kecil dan fittingnya 3 buh
  4. Saklar 3 buah
  5. Gunting
  6. Selotip/lakban
Langkah-langkah :Langkah-langkah Percobaan:
  1. Siapkan alat dan bahan yang akan digunakan.
  2. Pasang baterai secara seri kemudian ikat/lilit dengan lakban.
  3. Potong kabel menjadi beberapa bagian, sambungkan kabel dengan saklar dan lampu.
  4. Lakukan pengujian apakah lampu bisa menyala atau tidak, jika belum menyala periksa kembali sambungan kabel.
  5. Jika sudah bisa menyala rekatkan kedua ujung kabel pada masing-masing kutub baterai.(perkuat dengan lakban)
  6. Lakukan pengujian kembali apakah lampu bisa menyala atau tidak, jika tidak perikasa kembali apakah kabel benar-benar menempel pada kutub baterai.
Hasil Percobaan:Pada percobaan yang telah dilakukan terhadap rangkaian paralel sederhana, ketika kabel dihubungkan dengan baterai lampu menyala.
Kesimpulan:
    Dari pengamatan percobaan yang telah dilakukuan dapat disimpulkan bahwa rangkaian paralel disusun berderet, di mana masing-masing lampu memiliki rangkaian tersendiri yang terhubung kepada sumber energi.

      Setiap manusia diciptakan Tuhan dengan potensi (bakat) yang berbeda-beda. Salah satu cara mensyukuri potensi yang kita miliki adalah dengan cara mengembangkan secara maksimal agar dapat memberi manfaat untuk diri sendiri dan orang lain.
      Posted by Nanang_Ajim
      Mikirbae.com Updated at: 9:56 AM

      0 komentar:

      Post a Comment

      Mohon tidak memasukan link aktif.