Home » » Pembelajaran 6 Tema 3 Subtema 1 Penemu yang Mengubah Dunia

Pembelajaran 6 Tema 3 Subtema 1 Penemu yang Mengubah Dunia

Untuk meningkatkan konsentrasi belajar, kita harus memelihara kebugaran jasmani. Dengan konsentrasi yang baik, banyak hal yang akan kita peroleh. Bahkan mungkin suatu hari nanti kita mampu menjadi ilmuwan yang mampu mengubah dunia. Nah, sekarang mari kita olah tubuh dengan mengulang kembali latihan untuk menjaga kebugaran jasmani.

Ayo Berlatih
Kita akan mengulang kembali latihan Push Up, Sit Up, dan Vertical Jump, serta Lompat ke depan-belakang, dengan variasi permainan untuk meningkatkan kebugaran.

Dengan bantuan guru, kamu akan menghitung kemampuan dalam melakukan beberapa gerakan untuk melatih kebugaran menggunakan stop watch. Sebagai variasi latihan, kamu juga dapat melakukan permainan secara berkelompok, yaitu permainan:
a. Gerobak dorong berpasangan
b. Bermain saling mendorong
c. Loncat tegak mencapai sasaran
d. Balap karung ke depan dan ke belakang

Latihan Kebugaran Jasmani melalui Permainan
Latihan Kebugaran
Setelah melakukan permainan di atas, siswa dilatih untuk melakukan Push Up, Sit Up, dan Vertical Jump. Kamu juga dapat mempraktikkan variasi permainan yang telah kalian buat pada pertemuan sebelumnya. Ingatlah untuk bermain dengan sportif, jujur, dan berhati-hati.

Bayangkan seandainya Tuhan tidak memberi karunia akal dan kecerdasan pada para penemu. Nah, sekarang kita akan berdiskusi untuk mengetahui penemu roda dan manfaat penemuannya tersebut bagi kehidupan warga dunia.

Baca teks berikut dalam hati!
Roda, Pengubah Wajah Dunia
Perhatikan semua benda di sekeliling kita, adakah yang memiliki roda? Banyak sekali mesin, peralatan, alat transportasi, dan benda buatan manusia menggunakan roda. Roda merupakan salah satu penemuan terbesar manusia yang membuat semua pekerjaan menjadi lebih mudah.

Awalnya roda dibuat oleh ahli menggunakan mesin pemintal. Peninggalan roda paling tua berasal dari Mesopotamia yang digunakan untuk kendaraan di sekitar tahun 3000 SM. kemudian muncul juga di Tiongkok, Arab, Eropa dan belahan dunia lainnya. Perkembangan roda dimulai dari bentuk sederhana berupa balok kayu yang digulingkan, kemudian diubah menjadi potongan melintang balok kayu, roda bundar utuh dengan pasak di tengahnya, hingga roda berjari-jari. Bagian tengah roda kemudian juga diganti besi sehingga roda menjadi semakin kuat.

Seiring dengan perkembangan zaman, roda terus mengalami perbaikan. Charles Goodyear pada tahun 1839 berhasil menciptakan ban terbuat dari karet yang lebih tahan goncangan dan lebih kuat terhadap gesekan permukaan jalan. Pada tahun 1845 Thomson dan Dunlop kemudian menciptakan ban yang berisi udara. Pada perkembangannya, saat ini roda mempunyai banyak ukuran dan jenis, ada yang terbuat dari besi, kayu, karet atau gabungan dari beberapa jenis bahan yang disesuaikan dengan fungsinya.

Berkat penemuan roda, menempuh jarak antar tempat di berbagai belahan dunia menjadi lebih mudah dan lebih cepat. Pengaruh roda sangat terasa terhadap perkembangan ekonomi masyarakat dunia, karena pendistribusian barang-barang perdagangan menjadi lebih cepat dan mudah. Tanpa roda, tentunya kehidupan manusia akan menjadi sangat sulit.

Ayo Berdiskusi
Diskusikan bersama teman tentang urutan peristiwa penemuan roda. Analisis garis waktu sejarah perkembangan roda berikut ini! Apakah telah sesuai dengan urutan yang terdapat di dalam bacaan?
Penemuan Roda
Apakah teks tersebut termasuk ke dalam jenis teks eksplanasi ilmiah? Berikan alasannya!
Teks tersebut termasuk teks eksplanasi ilmiah karena teks tersebut menerangkan proses penemuan roda

Baca kembali teks tersebut dengan teliti, tuliskan informasi penting dalam setiap paragraf pada diagram berikut!

Paragraf 1: Topik Masalah
Roda merupakan salah satu penemuan terbesar manusia yang mempermudah semua pekerjaan.

Paragraf 2: Deret Penjelas
Awalnya roda dibuat menggunakan mesin pemintal kain. Peninggalan roda tertua berasal dari Mesopotamia.Perkembangan roda dimulai dari balok kayu yang digulingkan, kemudian berkembang menjadi potongan melintang balok kayu, roda bundar utuh dengan pasak di tengahnya, roda kayu berjari-jari, hingga menjadi roda sempurna berbahan besi yang kuat.

Paragraf 3: Deret Penjelas
Tahun 1839, Charles Goodyear berhasil membuat ban karet yang tahan goncangan dan lebih kuat terhadap gesekan permukaan jalan Tahun 1845 Thomson dan Dunlop menciptakan ban yang berisi udara, yang berkembang hingga saat ini dengan berbagai ukuran, jenis, dan bahan sesuai dengan fungsinya.

Paragraf 4: Kesimpulan dan pesan/pendapat pribadi penulis
Penemuan roda membuat kehidupan manusia menjadi lebih mudah dan cepat seperti distribusi barang-barang perdagangan ke berbagai tempat yang mampu meningkatkan ekonomi masyarakat dunia.

Bagaimana tanggung jawab para penemu tersebut sehubungan dengan penemuannya? Apakah mereka
bertanggung jawab atas hak yang telah mereka dapatkan? Ayo,kita temukan jawabannya!

Baca kembali arti hak dan kewajiban yang telah kamu pelajari pada hari sebelumnya. Diskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut bersama teman:

1. Sebutkan beberapa macam hak yang dimiliki oleh para penemu tersebut!
Para penemu berhak mendapatkan penghargaan atas penemuannya dan mengembangkan karyanya
2. Apakah mereka telah mendapatkan haknya? Jelaskan!
Ya, karena mereka saat ini adalah pemegang merk ban kelas dunia
3. Apa manfaat hak tersebut bagi mereka?
Mereka lebih bersemangat dalam mengembangkan penemuannya dan mereka merasa bermanfaat bagi orang banyak.
4. Apakah mereka telah bertanggung jawab terhadap hak yang telah mereka dapatkan? Jelaskan dan berikan contoh!
Ya, karena mereka menggunakan hak mereka untuk memberikan manfaat bagi orang banyak. Contohnya penemuan roda oleh Thomson dan Dunlop yang mempermudah pekerjaan manusia seperti distribusi barang.

Presentasikan hasil diskusi kepada kelompok lain. Lengkapi jawabanmu berdasarkan masukan mereka.
Baca dengan teliti cerita pendek berikut!

Hak dan Tanggung Jawab
Ani adalah putra Bapak dan Ibu Yakob. Pak Yakob menyekolahkan Ani di sebuah sekolah yang cukup ternama di desanya. Pak Yakob memenuhi semua kebutuhan sekolah Ani, seperti buku-buku, seragam sekolah, serta peralatan lainnya. Bu Yakob juga selalu membuat bekal makanan sehat untuk Ani di sekolah. Ani sangat bersyukur dengan perhatian ayah dan ibunya. Ia selalu mematuhi nasihat ayah ibu. Ani juga rajin sekolah, rajin belajar dan mengerjakan tugas sekolah tanpa perlu diingatkan. Ani kemudian selalu naik kelas dengan nilai yang memuaskan. Bapak dan Ibu Yakob sangat bangga dengan Ani.

Jawab pertanyaan berikut berdasarkan cerita tersebut!
1. Sebutkan hak Ani dalam cerita tersebut!
Ani mendapatkan pendidikan, makanan yang sehat, dan perhatian dari orang tua.
2. Apakah Ani telah mendapatkan haknya? Jelaskan dan berikan contoh!
Ya, karena Ani mendapatkan perhatian yang cukup dari orang tuanya. Contohnya Ani bersekolah untuk mendapat pendidikan, mendapat peralatan sekolah, dan bekal makanan.
3. Apa manfaat hak tersebut bagi masa depan Ani?
Ani akan menjadi orang cerdas dan sehat sehingga ketika dewasa ia dapat mencapai cita-cita.
4. Apakah Ani telah bertanggung jawab terhadap hak yang telah ia dapatkan? Jelaskan dan berikan contoh!
Ya, Ani bertanggung jawab terhadap hak yang ia peroleh. Contohnya adalah Ani selalu mematuhi nasihat orang tua, rajin sekolah, rajin belajar, dan mengerjakan tugas.
5. Apa yang akan terjadi jika Ani tidak bertanggung jawab terhadap haknya? Jelaskan dan berikan contoh!
Jika Ani tidak bertanggung jawab terhadap haknya maka Ani akan gagal. Orang tuanya akan kecewa,  serta akan merusak masa depannya.
Diskusikan dan tuliskan jawabanmu pada diagram berikut:
Hak dan Tanggung Jawab Ani
Bandingkan jawabanmu dengan jawaban teman yang lain. Lengkapi jawabanmu hingga mendapatkan jawaban yang paling tepat. Bagaimana dengan dirimu sendiri? Apakah kamu telah bertanggung jawab terhadap hak-hak yang telah kamu dapatkan? Nah, sekarang saatnya untuk merenung dan memperbaiki diri!

Tuliskan pengalaman dirimu dalam menggunakan hak yang telah kamu dapatkan. Tulis dalam diagram berikut:
Tanggung Jawab

Hak adalah segala sesuatu yang harus didapatkan. Kewajiban adalah sesuatu yang wajib dilaksanakan atau sesuatu yang harus dilakukan. Sedangkan tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatan yang disengaja ataupun tidak disengaja.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 3:46 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.