Home » » Variasi Gerak Lokomotor dalam Pencak Silat

Variasi Gerak Lokomotor dalam Pencak Silat

Pada pencak silat, variasi gerak lokomotor menunjukkan perpindahan satu tempat ke tempat lainnya. Sebagai contoh, pola gerak langkah yang menggambarkan perubahan pijakan kaki dari satu tempat ke tempat lainnya (lokomotor). Saat melakukan pola gerak langkah dapat memvariasikan dengan gerak nonlokomotor. Misalnya, bersiap (berdiri tegak) dan melangkahkan kaki sesuai pola gerak langkah.

1. Variasi Gerak Lokomotor Pola Gerak Langkah
Pola gerak langkah dalam pencak silat berfungsi sebagai dasar tumpuan untuk berdiri kuat, dasar untuk pembelaan dan serangan, serta dasar menempatkan posisi yang kuat dan menguntungkan. Gerak langkah dalam pencak silat dibagi berdasarkan arah dan pola langkah.

Pola langkah adalah pengembangan langkah yang berbentuk atau berpola dengan tujuan tertentu. Ada 4 bentuk pola langkah, terdiri atas: (1) pola langkah lurus, (b) pola langkah gergaji/ sig-sag, (c) pola langkah ladam/ “U”, (d) pola langkah segitiga, (e) pola langkah segiempat, (f) pola langkah huruf “S”

a. Langkah Lurus
Pola langkah lurus ialah teknik dasar yang menggunakan gerakan lurus baik gerakan saat maju atau mundur. Langkah ini biasanya diawali dengan melakukan gerakan kuda-kuda tengah.

Pelaksanaan pola langkah lurus diawali dengan sikap kuda-kuda (nonlokomotor). Sikap kuda-kuda yang biasa digunakan, yaitu sikap kuda-kuda tengah dan kuda-kuda depan. Pada pola ini, bentuk gerakan bebas, boleh maju atau mundur (lokomotor).
Lurus dan Zig Zag

b. Langkah berkelok-kelok (Zig-zag)
Pola langkah zigzag yaitu suatu teknik dasar pencak silat yang menggunakan gerakan langkah zigzag atau gergaji, baik gerakan maku ataupun gerakan mundur. Langkah ini biasa diawali dengan gerakan dari sikap berdiri lurus dan melangkah serong kiri atau kanan.

c. Langkah Huruf U
Pola langkah huruf U disebut juga pola langkah ladam karenaGerakan pola langkah ini menggunkan pola langkah yang menyerupai huruf U.

Cara melakukannya adalah dari sikap berdiri dan kemudian menggerakan kaki kesamping kanan sambil diikuti kaki kiri dan kemudian merapat kembali, begitu juga sebaliknya, apakah itu langkah kesamping kiri, maju dan langkah mundur.
Langkah U dan Segitiga
d. Langkah Segitiga
Pola langkah segitiga adalah suatu teknik dalam pencak silat yang menggunakan pola segitiga dalam setiap langkahnya.

Cara melakukannya mulanya berdiri tegak lurus ditik 0 kemudian geser kaki kanan anda ketitik 1 dan ikuti kaki kiri ketitik 2, lanjutkan ketitik 4 terus ketitik 5 dan 6 ( berat badan ada pada titik 6 ), tarik kaki kanan anda ketitik 7. Bayangkan saja titik antara titik 0, 1 dan 2 adalah berbentuk segi tiga.

e. Langkah Segi Empat
Pola langkah segi empat dilakukan dengan membentuk segi empat. Caramelakukannya agak mudah yakni dengan mengkombinasikan kuda - kuda saja ( kuda - kuda tengah, kesamping dan belakang.
Segiempat dan S
f. Langkah Huruf S
Pola langkah S adalah teknik dasar pencak silat yang menggunakan pola langkah yang menyerupai huruf S.

Cara melakukannya dengan posisi titik menghadap seperti arah yang ditunjukan, kemudian geser kaki kanan kearah berat badan.

2. Variasi Gerak Lokomotor Kuda-Kuda, Tangkisan Atas, dan Tangkisan Bawah
Cara melakukan variasi tangkisan atas dan tangkisan bawah dalam pencak silat adalah posisi awal sikap kuda-kuda, kemudian melakukan tangkisan atas. Lakukan langkah lurus dan tangkisan bawah dengan disiplin dan tanggung jawab jawab.
Gerakan Variasi 1
3. Variasi Gerak Lokomotor Kuda-Kuda, Pukulan Lurus, dan Tendangan
Cara melakukannya adalah dengan posisi awal, kedua lengan mengepal di depan dada. Kedua tumit rapat dan ujung jari kaki membentuk sudut 90o. Langkahkan kaki kanan ke depandiikuti gerakan pukulan tangan kanan. Lengan kanan lurus. Selanjutnya, lakukan pukulan tangan kiri bersamaan dengan kaki kiri melangkah ke depan. Lakukan variasi tendangan dan tangkisan dengan kaki kanan. Posisi akhir, kembali ke sikap kuda-kuda.
Variasi Gerak Lokomotor
Variasi gerak lokomotor dalam pencak silat dapat berupa variasi sikap kuda-kuda, tangkisan atas, dan tangkisan bawah serta variasi sikap kuda-kuda, pukulan lurus, dan tendangan.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 6:26 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.