Home » » Pengaruh Pusat-Pusat Keunggulan Ekonomi

Pengaruh Pusat-Pusat Keunggulan Ekonomi

Indonesia mempunyai banyak keunggulan dalam bidang ekonomi. Keunggulan ekonomi yang dimiliki oleh Indonesia dapat menjadi potensi dan peluang bagi kesejahteraan masyarakat Indonesia. Pengelolaan keunggulan ekonomi yang tepat dapat bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat. Mempunyai keunggulan di ekonomi dapat memberikan kesejahteraan kepada masyarakat. Keunggulan ekonomi tersebut perlu dilakukan pengembaangan di seluruh wilayah Indonesia.

Pusat keunggulan ekonomi di Indonesia berpengaruh besar dalam berbagai bidang kehidupan. Pengaruh yang ditimbulkan tersebut dapat bersifat positif dan negatif. Beberapa pengaruh positif keunggulan ekonomi yang ada di Indonesia antara lain sebagai berikut.
AspekPenjelasan
Migrasi Penduduk Mobilitas penduduk adalah perpindahan penduduk dari satu tempat ke tempat lainnya. Migrasi Penduduk dapat dibedakan menjadi migrasi internal dan
internasional.
  1. Migrasi internal adalah perpindahan penduduk dari satu tempat ke tempat lainnya. Migrasi internal yang terjadi di Indonesia dapat dibedakan menjadi urbanisasi dan transmigrasi.
  2. Migrasi internasional adalah perpindahan penduduk antar negara.
Pusat keunggulan ekonomi yang ada di Indonesia dapat berpengaruh terhadap perpindahan penduduk atau migrasi. Penduduk akan melakukan perpindahan ke wilayah yang mendekati pusat keunggulan tersebut.
Transportasi Mobilitas penduduk dalam suatu negara atau antar negara tidak dapat dilakukan tanpa adanya sarana dan prasarana transportasi yang memadai. Kegiatan ekonomi semakin berkembang di berbagai negara dan interaksi sosial antar negara menjadi semakin sering dilakukan.

Sebagai contoh PT Freeport, pada tahun 1971 Freeport membangun Bandar Udara Timika dan pusat perbekalan, kemudian juga membangun jalan-jalan utama sebagai akses ke tambang.
Lembaga Sosial Ekonomi Lembaga Sosial adalah keseluruhan dari sistem norma yang terbentuk berdasarkan tujuan dan fungsi tertentu dalam masyarakat.  Lembaga ekonomi ialah lembaga yang mempunyai kegiatan bidang ekonomi demi terpenuhinya kebutuhan masyarakat.

Keberadaan pusat keunggulan ekonomi juga berkaitan dengan bermunculannya lembaga sosial ekonomi. Sebagai contoh misalnya sumbangan yang diberikan oleh PT Freeport dengan mendirikan sekolah yang mendidik anak-anak asli Suku Amungme dan Kamoro.
Pendidikan Keunggulan pusat-pusat ekonomi membutuhkan tenaga-tenaga ahli dan terampil. Sebagai contoh Freeport menetapkan kuota posisi di berbagai departemen untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja.

Pada tahun 2003 dibangun Institut Pertambangan Nemangkawi (IPN) untuk memberikan kesempatan mengembangan pengetahuan, keterampilan dan sikap maupun perilaku yang profesional di bidang operasi dan penunjangnya.
Pekerjaan Dengan tumbuhnya pusat-pusat keunggulan ekonomi maka berdampak bertambahnya produksi barang dalam negeri meningkat. Kenaikan jumlah produksi tersebut berakibat pada bertambahnya kebutuhan tenaga kerja, sehingga akan memperluas lapangan kerja.

Sebagai contoh kebijakan Freeport adalah untuk memberikan kesempatan bekerja yang sama kepada seluruh masyarakat Indonesia. Pada tahun 2012 PT Freeport Indonesia mempekerjakan lebih dari 11.700 karyawan langsung dan lebih dari 12.400 karyawan kontraktor.

Aktivitas Kelompok
  1. Buatlah kelompok yang terdiri dari 3- 4 orang!
  2. Diskusikan pengaruh pusat keunggulan ekonomi yang kalian temukan dari aktivitas sebelumnya terhadap migrasi penduduk, lembaga sosial ekonomi, transportasi, pekerjaan dan pendidikan!
  3. Tulislah hasil diskusi dan pengamatan kalian!
  4. Presentasikan hasilnya di depan kelas!
  5. Buatlah laporan dari hasil presentasi yang telah kalian lakukan
AspekPenjelasan
Migrasi Penduduk Pusat keunggulan ekonomi Pertamina RU IV Cilacap berpengaruh terhadap perpindahan penduduk di sekitar Cilacap. Penduduk akan melakukan perpindahan ke wilayah yang mendekati pusat keunggulan tersebut. Penduduk  sekitar cilacap seperti dari kabupaten Banyumas, Banjarnegara, Purbalingga, dan Kebumen banyak yang bekerja di Pertamina RU IV Cilacap.
Transportasi Dalam bidang transportasi Pertamina Refinery Unit (RU) IV Cilacap membangun Pelabuhan Kilang Pertamina Cilacap. Selain digunakan oleh Pertamina Refinery Unit (RU) IV Cilacap pelabuhan tersebut juga membantu transportasi masyarakat sekitar kilang minyak.
Pertamina Refinery Unit (RU) IV Cilacap
Lembaga Sosial Ekonomi Pertamina Refinery Unit (RU) IV Cilacap memberikan bantuan sebesar Rp 20 juta untuk pembangunan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) Puspa Ayu 13 Tegalkamulyan yang terletak di Jalan Penyu Timur, Kecamatan Cilacap Selatan
Pendidikan Pertamina Refinery Unit (RU)  IV Cilacap memberikan bantuan CSR berupa pembangunan tiga Taman Pendidikan Al Quran (TPQ) di sekitar operasional Kilang RU IV dengan total nilai bantuan sebesar Rp320 juta.
Pekerjaan Pada tahun 2016 Pertamina Refinery Unit (RU) IV Cilacap menyerahkan bantuan mesin pencacah rumput untuk mendukung pembuatan pakan ternak warga peternak kambing di dukuh Kreong, kelurahan Tritih Kulon, kecamatan Cilacap Utara

Selain itu Pertamina Refinery Unit (RU) IV Cilacap juga memberikan pelatihan pembuatan pakan ternak berupa silase, pelatihan teknologi inseminasi buatan, capacity building dan motivasi kewirausahaan
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 6:12 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.