Home » » Ide Pokok Teks Bersepeda

Ide Pokok Teks Bersepeda

Bersepeda merupakan kegiatan yang menyenangkan sekaligus menyehatkan. Sepeda bisa dikatakan sebagai alat transportasi darat yang murah, praktis, dan mudah dikendarai. Banyak orang memanfaatkan sepeda untuk pergi ke kantor, sekolah, pasar, dan lain-lain. Sepeda juga ramah lingkungan karena tidak menggunakan bahan bakar minyak sehingga tidak menimbulkan polusi. Selain itu, dengan bersepeda juga dapat menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh kita.

Selain sebagai sebuah olahraga yang menyehatkan, kegiatan yang menyenangkan, sepeda juga merupakan alat transportasi yang ramah lingkungan. World Health Organization (WHO) atau Organisasi Kesehatan Dunia bahkan merekomendasikan bersepeda sebagai salah satu aktivitas fisik yang baik untuk dilakukan oleh anak-anak hingga orang tua.
Bersepeda
Berikut ini ide pokok yang ada dalam teks Bersepeda. Untuk teks lengkapnya silahkan dilihat di buku siswa Kela V halaman 58 dan 59.
ParagrafIde Pokok
1.Bersepeda merupakan kegiatan yang menyenangkan sekaligus menyehatkan.
2.Bersepeda dapat mengencangkan otot-otot tubuh.
3.Jika bersepeda secara rutin, kesehatan jantung kita akan tetap terjaga.
4.Salah satu pilihan yang bijak untuk menjaga stamina dan daya tahan tubuh adalah dengan bersepeda.
5.Bersepeda juga merupakan olahraga yang dapat membakar kalori dalam tubuh.
6.Oleh karena bisa membakar kalori dalam tubuh, maka bersepeda juga dapat menurunkan risiko terkena penyakit diabetes
7.Manfaat bersepeda lainnya adalah mengurangi stres.

Ayo Menulis
Kamu sudah bisa menentukan ide pokok dari sebuah bacaan, sekarang kembangkan ide-ide pokok berikut menjadi sebuah paragraf.
ParagrafIde PokokParagraf
1.Bersepeda merupakan kegiatan yang \ menyenangkan sekaligus menyehatkan.Bersepeda merupakan kegiatan yang  menyenangkan sekaligus menyehatkan. Bersepeda sendirian atau dilakukan bersama dengan teman-teman samasama menyenangkan. Kita dapat menikmati banyak pemandangan indah sambil bernyanyi, berbagi cerita, dan tertawa bersama.
2.Bersepeda dapat mengencangkan otot-otot tubuh.Bersepeda dapat melatih kelenturan otot-otot tubuh. Otototot
tubuh yang sehat dan terlatih membuat kita lincah bergerak, mampu melakukan pekerjaan-pekerjaan berat, dan tidak mudah mengalami cidera. Jika dilakukan bersama dengan teman-teman, bersepeda akan menjadi kegiatan yang seru dan menggembirakan.
3.Jika bersepeda secara rutin, kesehatan jantung kita akan tetap terjaga.Jika bersepeda secara rutin, kesehatan jantung kita akan tetap terjaga. Bersepeda secara teratur dapat merangsang dan memperbaiki jantung, paru-paru, sirkulasi darah, dan mengurangi risiko penyakit lainnya. Bersepeda akan memperkuat otot jantung dan mengurangi kadar lemak dalam darah.
4.Salah satu pilihan yang bijak untuk menjaga stamina dan daya
tahan tubuh adalah dengan bersepeda.
Salah satu pilihan yang bijak untuk menjaga stamina dan daya
tahan tubuh adalah dengan bersepeda. Bersepeda murah dan gampang dilakukan. Bersepda dapat dilakukan dengan berkeliling di lingkungan komplek perumahan. Dengan bersepeda selain sehat juga daya tahan tubuh akan tetap trjaga.
5.Bersepeda juga merupakan olahraga yang dapat membakar kalori dalam tubuh..Bersepeda juga merupakan olahraga yang dapat membakar kalori dalam tubuh. Banyak penyakit yang penyebab awalnya adalah kelebihan kalori. Timbunan kalori di dalam tubuh akan memicu peningkatan kadar gula dalam darah. Kadar gula berlebihan dalam darah adalah penyebab timbulnya penyakit diabetes. Jika tidak segera teratasi, diabetes akan memicu timbulnya penyakit-penyakit yang menyerang bagian tubuh lain seperti kulit, jantung, mata, dan ginjal.
6.Oleh karena bisa membakar kalori dalam tubuh, maka bersepeda juga dapat menurunkan risiko terkena penyakit diabetes.Oleh karena bisa membakar kalori dalam tubuh, maka bersepeda juga dapat menurunkan risiko terkena penyakit diabetes. Kurangnya aktivitas fisik merupakan salah satu penyebab diabetes.  Bersepeda adalah salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi risiko diabetes. Sebuah studi di Finlandia menunjukkan bahwa bahwa orang yang bersepeda lebih dari 30 menit per hari memiliki risiko lebih rendah untuk terkena diabetes
7.Manfaat bersepeda lainnya adalah mengurangi stres..Manfaat bersepeda lainnya adalah mengurangi stres..Kegiatan bersepeda yang menyenangkan mampu menghibur dan membuat kita selalu ceria, terhindar dari depresi dan stres. Karena kegiatannya tidak dilakukan di satu tempat yang tetap dan tertutup, bersepeda adalah kegiatan hiburan sekaligus olah raga yang baik dan banyak manfaatnya.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 8:53 PM

1 komentar:

Mohon tidak memasukan link aktif.