Home » » Berlatih Memainkan Alat Musik Ritmis

Berlatih Memainkan Alat Musik Ritmis

Alat musik ritmis adalah alat musik yang tidak dapat membunyikan nada-nada tertentu, melainkan hanya dimainkan sebagai pengiring irama dan pengatur tempo lagu. Alat musik ritmis disebut juga dengan alat musik tak bernada. Beberapa contoh alat musik ini misalnya drum, marakas, simbal, tamborin, timpani, triangle, konga, timpani, kastanyet, rebana, tifa, dan kendang.

Dengan perkembangan seni musik dunia yang begitu pesat, pada masa sekarang ini kita dapat menemukan banyak sekali contoh alat musik ritmis. Adapun beragam contoh tersebut dapat kita kategorikan menjadi jenis alat musik tradisional dan jenis alat musik modern.

Secara umum, alat musik ini dimainkan dengan cara dipukul, namun ada pula beberapa alat musik ritmis yang dimainkan dengan cara digesek dan dikocok (digoyangkan). Berikut ini beberapa contoh alat musik ritmis.
Alat Musik Ritmis
  1. Marakas adalah alat musik ritmis sederhana yang dapat dibuat dari bahan kayu. Kayu yang dipilih berbentuk bulat, kemudian diisi dengan biji petai  cina kering. Cara memainkannya adalah dengan cara digoyang anatara tangan kanan dan kiri.
  2. Trianle adalah alat musik ritmis yang terbuat dari logam pipih yang berbentuk segitiga. Cara memainkannya adalah dengan cara dipukul menggunakan tongkat yang juga terbuat adri logam.
  3. Tamborin atau yang biasa disebut dengan kecrek. Pada bagian sisinya terdapat logam berbentuk lingkaran. Cara memainkannya adalah dengan cara digoyang-goyang atau dipikulkan ke bagian tubuh kita. 
Musik Ansambel
Musik ansambel adalah bermain musik secara bersama-sama dengan menggunakan beberapa alat musik dan kemudian memainkan lagu dengan aransemen yang sederhana.  Kata ansambel sendiri berasal dari Bahasa Perancis yang mempunyai arti rombongan musik dan ansambel dalam kamus musik mempunyai definisi kelompok kegiatan musik. Musik Ansambel terbagi menjadi 2 kelompok, yaitu :
  1. Musik Ansambel Sejenis. Musik ansambel sejenis adalah salah satu bentuk penyajian musik ansambel dengan menggunakan alat-alat sejenis. Contohnya : ansambel  rekorder.
  2. Musik Ansambel Campuran Musik ansambel campuran adalah salah satu bentuk penyajian musik ansambel dengan menggunakan beberapa alat music. Contohnya : ansambel pianika, ansambel gitar, ansambel triangle, dll. 

Berikut ini lagu Si Paku Gelang dari Sumatera Barat. Mainkan musik tersebut secara ansambel dengan alat musik triangle.
Sipaku Gelang
Musik memang mengagumkan, tapi akan lebih mengagumkan lagi ketika kamu juga bisa memainkan salah satu alat musik . Entah itu piano, biola, harmonika, gitar atau alat musik tradisional seperti angklung, gamelan, dan kecapi. Mempelajari musik bukanlah suatu hal yang akan bisa kamu lakukan tanpa keseriusan dan ketekunan. Belajar musik menuntut konsentrasi, ketekunanmu dan keseriusan untuk benar-benar bisa menguasainya.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 2:55 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.