Home » , , , » Soal Modul 3 Pembelajaran Terdiferensiasi Numerasi Elemen Aljabar, Geometri, dan Data

Soal Modul 3 Pembelajaran Terdiferensiasi Numerasi Elemen Aljabar, Geometri, dan Data

Pembelajaran dalam memahami simbol pada diagram di kelas awal dapat memberikan landasan yang kuat bagi perkembangan pemahaman konsep Aljabar. Berdasarkan hasil pengamatan guru pada beberapa pembelajaran, diperoleh data bahwa pemahaman peserta didik tentang hubungan antara operasi penjumlahan dan pengurangan cukup beragam.

Pada kegiatan pembelajaran terdiferensiasi dari aspek konten pada elemen aljabar yang berlangsung di fase A. Pada pemahaman akan simbol tambah kurang dan sama dengan bagi peserta didik di kelas awal dimulai melalui proses pembelajaran yang bertahap. Pada tayangan ini kita akan menyaksikan contoh kegiatan pembelajaran aljabar di kelas 2 berdasarkan hasil pengamatan guru pada beberapa pembelajaran diperoleh data bahwa pemahaman peserta didik tentang hubungan antar operasi penjumlahan dan pengurangan cukup beragam. 

Saat berhasil menemukan jawaban peserta didik mengalami proses menemukan hasil melalui kegiatan percobaaan. Kegiatan akan menjadikan peserta didik belajar dari kesalahan dan terbiasa melakukan koreksi diri apabila kegiatan ini dilakukan terus-menerus peserta didik akan memiliki otomatisasi dalam menemukan kombinasi bilangan sehingga saat menyelesaikan soal mereka tidak menghabiskan waktu dalam menemukan hasil
Aljabar
Belajar tentang bangun datar melalui pendekatan yang sesuai dengan tingkat pengetahuan, dapat mengakomodasi perbedaan kemampuan peserta didik. Dengan pendekatan ini, setiap peserta didik diberikan kesempatan untuk berkembang sesuai dengan kecepatan mereka sendiri, menciptakan lingkungan belajar yang inklusif, dan mendukung pertumbuhan individual secara optimal.

Kita akan menyaksikan pembelajaran terdiferensiasi nomerasi untuk elemen geometri fase B kelas 3. Dari pengamatan selama proses pembelajaran guru membuat pengelompokan peserta didik dengan kemampuan sebagai berikut kelompok satu peserta didik baru belajar tentang bentuk-bentuk bangun datar kelompok dua peserta didik sudah memiliki pengetahuan sifat beberapa bangun datar. Kelompok tiga peserta didik sudah memiliki pengetahuan sifat beberapa bangun datar dan pembentuknya.

Para peserta didik akan belajar geometri menggunakan tangram. Tangram adalah permainan edukasi yang terdiri atas tujuh keping. Bentuk bangun datar tangram dapat digunakan untuk belajar bentuk-bentuk geometri berdasarkan pengelompokan peserta didik. Guru membuat diferensiasi konten sebagai berikut kelompok satu mendapatkan satu set tangram untuk membuat tiga bangun lain dari beberapa tangram. Kemudian menggambar dan menuliskan nama bangun tersebut serta mendeskripsikan bentuk-bentuk keping penyusunnya.

Kelompok dua mendapatkan satu set tangram untuk membuat minimal satu bangun lain menggunakan semua keping dari satu set tangram kemudian menggambar dan menuliskan nama bangun tersebut dan mendeskripsikan bentuk-bentuk penyusunnya. Kelompok tiga mendapatkandua set tangram untuk membuat minimal satu bangun lain menggunakan semua keping dari dua set tangram kemudian menggambar dan menuliskan nama bangun tersebut serta bentuk keping penyusunnya 

A. Pemanfaatan Simbol dalam Diagram
Latihan Pemahaman
Pembelajaran tentang simbol +, -, dan = dimulai dengan proses pembelajaran yang bertahap.
Pernyataan di atas adalah…
Jawaban : Benar
Cerita Reflektif
Mungkinkah pembelajaran terdiferensiasi numerasi pemanfaatan simbol dalam diagram ini diterapkan di sekolah Ibu dan Bapak? JIka memungkinkan apa rencana Ibu dan Bapak?
Mungkin, Rencana saya akan menerapkan konsep matematika dalam berbagai kegiatan.
B. Membentuk Bangun-bangun Datar dari Tangram
Latihan Pemahaman
Belajar tentang bangun datar melalui pendekatan yang sesuai dengan tingkat pengetahuan, dapat mengakomodasi perbedaan kemampuan peserta didik.
Pernyataan di atas adalah…
Jawaban : Benar
Cerita Reflektif
Mungkinkah pembelajaran terdiferensiasi numerasi membentuk bangun-bangun datar dari tangram ini diterapkan di sekolah Ibu dan Bapak? JIka memungkinkan apa rencana Ibu dan Bapak?
Mungkin, Saya akan menggunakan tangram  untuk mengajarkan berbagai konsep matematika, seperti pemahaman tentang bentuk, ukuran, persamaan, dan perbedaan
C. Membuat Diagram Batang dan Piktogram
Latihan Pemahaman
Diagram yang datanya disajikan dalam bentuk gambar untuk mewakili benda dengan banyak benda yang sesungguhnya adalah Piktogram.
Pernyataan di atas adalah…
Jawaban : Benar
Cerita Reflektif
Mungkinkah pembelajaran terdiferensiasi numerasi membuat diagram batang dan piktogram dari tangram ini diterapkan di sekolah Ibu dan Bapak? JIka memungkinkan apa rencana Ibu dan Bapak?
Mungkin, Saya akan menggunakan diagram untuk berapa kumpulan data yang berbeda. 
Soal Post Test
1.Saat mendampingi kelompok, guru tidak memberitahu jawaban, tetapi membantu pemahaman siswa dengan pertanyaan-pertanyaan.

Pernyataan di atas adalah…
A.Benar
B.Salah
Pembahasan :
Jawaban :A. Benar
2.Apa peran guru saat mendampingi peserta didik di kelompok?
A.Memberikan jawaban
B.Membantu pemahaman siswa dengan pertanyaan
C.Memberi tugas yang mudah
D.Memotivasi peserta didik
Pembahasan :
Jawaban : B. Membantu pemahaman siswa dengan pertanyaan
3.Dalam pembelajaran terdiferensiasi geometri, guru dapat membedakan jumlah keping tangram yang akan disusun berdasarkan kemampuan peserta didik. Pernyataan di atas adalah…
A.Benar
B.Salah
Pembahasan :
Jawaban :A. Benar
4.Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh guru ketika proses pembelajaran terdiferensiasi geometri dimaksudkan untuk apa?
A.Mengetahui keaktifan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran menususn tangram
B.Menilai keterampilan menyusun tangram peserta didik dalam mengikuti pembelajaran
C.Membangun proses penalaran dan pemahaman peserta didik saat menjelaskan proses menyusun tangram
D.Menguji kecepatan menyusun tangram peserta didik dalam topik yang sedang dibahas
Pembahasan :
Jawaban :C. Membangun proses penalaran dan pemahaman peserta didik saat menjelaskan proses menyusun tangram
5.Peer to peer learning terjadi jika guru dapat merancang proses pembelajaran yang memungkinkan peserta didik saling berbagi informasi dan mampu menjelaskan pengetahuan serta pemahamanya kepada temannya. Pernyataan di atas adalah…
A.Benar
B.Salah
Pembahasan :
Jawaban :A. Benar
6.Apa yang dimaksud dengan tujuan pembelajaran yang sesuai dengan tingkat kesiapan belajar peserta didik?
A.Tujuan pembelajaran yang tidak penting
B.Tujuan pembelajaran yang berbeda untuk setiap peserta didik
C.Tujuan pembelajaran yang sama untuk semua peserta didik
D.Tujuan pembelajaran yang tidak sesuai dengan kemampuan peserta didik
Pembahasan :
Jawaban : B. Tujuan pembelajaran yang berbeda untuk setiap peserta didik
7.Saat berhasil menemukan jawaban, peserta didik mengalami proses belajar dari kesalahan.

Pernyataan di atas adalah…
A.Benar
B.Salah
Pembahasan :
Jawaban :A. Benar
8.Apa yang memotivasi peserta didik untuk terus mencoba dalam pembelajaran ini?
A.Guru memberikan jawaban
B.Tugas yang sulit
C.Tugas yang sesuai dengan kemampuan peserta didik
D.Belajar dari kesalahan
Pembahasan :
Jawaban : D. Belajar dari kesalahan
9.Setelah guru mengumpulkan informasi tentang kemampuan peserta didik, maka langkah selanjutnya adalah guru dapat membuat differensiasi konten berdasarkan tingkat kemampuan siswa tersebut.

Pernyataan di atas adalah…
A.Benar
B.Salah
Pembahasan :
Jawaban :A. Benar
10.Dalam pembelajaran terdiferensiasi berdasarkan konten, maka peserta didik melakukan penyusunan bentuk baru dari set tangram yang....
A.jumlah keping dan susunannya harus sama dan dengan tujuan pembelajaran yang berbeda-beda
B.mempunyai tujuan pembelajaran sama, namun jumlah keping dan bentuk susunan berbeda berdasarkan kemampuan peserta didik
C.tujuan pembelajarannya berbeda untuk semua peserta didik dan dibedakan berdasarkan susunan tangramnya.
D.jumlah keping tangramnya sama semua dengan tidak dibedakan berdasar kemampuan peserta didik
Pembahasan :
Jawaban : B. mempunyai tujuan pembelajaran sama, namun jumlah keping dan bentuk susunan berbeda berdasarkan kemampuan peserta didik
11.Proses komunikasi antar siswa dalam kelompok dimana peserta didik yang memiliki pengetahuan yang lebih baik dan menjelaskan ke rekannya maka akan berdampak terciptanya komunitas belajar di kelas.

Pernyataan di atas adalah…
A.Benar
B.Salah
Pembahasan :
Jawaban :A. Benar
12.Berikut kemampuan peserta didik yang terkembangkan dalam tayangan video kecuali:
A.Peer to peer learning
B.Reasoning skills
C.Komunikasi
D.Adaptasi
Pembahasan :
Jawaban : D. Adaptasi


Demikian pembahasan mengenai Soal Modul 3 Pembelajaran Terdiferensiasi Numerasi Elemen Aljabar, Geometri, dan Data Platform Merdeka Mengajar. Semoga tulisan ini bermanfaat.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 8:02 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.