Home » , , , » Analisis Lirik Lagu Wajib Nasional

Analisis Lirik Lagu Wajib Nasional

Menganalisis lagu secara sederhana dapat dilakukan melalui deskripsi dan apresiasi. Analisis berupa deskripsi dapat dilakukan dengan cara menuliskan lirik lagu asli dan mencari makna lagunya. Setelah mengetahui makna yang terkandung di dalam lagu yang dianalisis, peserta didik membuat deskripsi berupa ulasan tentang lagu tersebut. Ulasan yang dibuat antara lain meliputi pencipta, sejarah, latar belakang, tujuan, dan sebagainya. Selain itu, ulasan juga turut membahas unsur musik yang terkandung di dalam lagu seperti tempo, birama, dan nada dasar.

Terdapat dua aspek yang dapat dijadikan sebagai dasar analisis sederhana yaitu aspek intramusikal dan ekstramusikal. Analisis terhadap aspek intramusikal dapat dilakukan sesuai dengan tingkat pemahaman dan kompetensi siswa, sedangkan aspek ekstramusikal menjadi bagian utama dalam pembelajaran ini karena membahas makna lagu yang terkandung di dalamnya.

Peserta didik dibimbing untuk mencari tahu (1) latar belakang penciptaan lagu dari perspektif proses kreatif pencipta lagu, serta (2) pesan yang hendak disampaikan pencipta lagu kepada pendengarnya.

Pada pembelajaran ini, peserta didik tidak hanya belajar tentang unsur musik yang terkandung di dalam lagu, tetapi juga makna yang ada pada lagu nasional dan lagu daerah. Hal tersebut merupakan salah satu cara yang berdaya guna untuk menumbuhkembangkan rasa nasionalisme pada diri peserta didik terhadap Indonesia.

1. Lagu Bagimu Negeri
Judul LaguPenciptaUnsur Musik
Nada DasarTempoBirama
Bagimu NegeriKusbiniDo=CModerato2/4
Lirik LaguPemaknaan
Padamu negeri kami berjanji
Padamu negeri kami berbakti
Padamu negeri kami mengabdi
Bagimu negeri jiwa raga kami
  1. Pada larik pertama, kata “berjanji” berarti sesuatu yang diucapkan dan harus dipenuhi. Diksi tersebut menandakan bahwa kami sebagai warga Negara Indonesia akan selalu menjaga kedaulatan NKRI, tidak hanya sebatas pada ucapan tetapi juga melalui tindakan nyata.
  2. Pada larik kedua, kata “berbakti” memiliki makna sikap patuh dan hormat serta menjunjung tinggi NKRI. Larik kedua bermakna bahwa kami sebagai warga Indonesia akan senantiasa patuh, hormat, dan taat kepada bangsa dan negara.
  3. Pada larik ketiga, kata “mengabdi” berarti menyerahkan diri sepenuhnya untuk menjadi hamba bagi kepentingan kedaulatan NKRI.Larik ketiga tersebut memiliki makna bahwa kami sebagai warga Negara Indonesia akan senantiasa menyerahkan diri sepenuhnya untuk menjaga NKRI tanpa mengharap pamrih dan menjunjung nama baik Negara Indonesia.
  4. Pada larik keempat memiliki makna bahwa semua yang kami miliki, baik jiwa maupun raga, siap dikorbankan sepenuhnya demi menjaga kedaulatan NKRI (Hartini, 2017). Bangsa dan negara ibarat tubuh kami sendiri yang harus kami rawat dan jaga seutuhnya
Deskripsi Lagu secara Keseluruhan
Lagu “Bagimu Negeri” merupakan salah satu lagu wajib nasional yang menceritakan tentang semangat perjuangan dalam mencapai kemerdekaan Indonesia. Lagu tersebut memiliki tempo sedang atau moderato dan birama 2/4. Nada dasar lagu tersebut adalah C.

Lagu tersebut diciptakan oleh Kusbini pada tahun 1942 atas permintaan Soekarno agar dibuatkan sebuah lagu yang dapat membangkitkan semangat para pemuda dan rakyat Indonesia dalam usaha memperoleh kemerdekaan. Indonesia telah melewati masa-masa sulit di mana penduduk Indonesia mengalami kehidupan yang dijajah selama berabad-abad.

Berkat usaha keras dan perjuangan para pahlawan serta rakyat Indonesia, negara ini berhasil mendapatkan kedaulatan penuh dan mampu mengusir penjajah. Oleh karena itu, pada masa kini, kami sebagai warga Indonesia tidak akan menyia-nyiakan perjuangan para pahlawan dan rakyat Indonesia yang telah membawa kemerdekaan bagi bangsa Indonesia. Kami berjanji untuk setia, taat, mengabdi, dan menyerahkan jiwa raga kami untuk tetap menjaga kedaulatan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

2. Lagu Mengheningkan Cipta
Judul LaguPenciptaUnsur Musik
Nada DasarTempoBirama
Mengheningkan CiptaT. PrawitDo=CLargisimo4/4
Lirik LaguPemaknaan
Dengan seluruh angkasa raya memuji
Pahlawan negara
Nan gugur remaja di ribaan bendera
Bela nusa bangsa
Kau kukenang wahai bunga putra bangsa
Harga jasa
Kau cahya pelita
Bagi Indonesia merdeka
  1. Pada basris 1 sampai dengan 4 lagu ini berisi doa yang ditujukan untuk mengenang jasa para pahlawan. Sehingga harapannya para generasi muda penerus bangsa bisa terus termotivasi untuk memajukan Bangsa Indonesia.
  2. Makna ini terkandung baris 5 sampai 8 : Kau ku kenang wahai bunga putra bangsa Harga jasa kau cahya pelita bagi Indonesia merdeka. Selain mengandung ucapan terima kasih dan doa untuk mengenang para pahlawan bangsa. Lagu Mengheningkan Cipta juga mengandung makna agar kita senantiasa selalu mengingat sejarah dan menjaga keutuhan kemerdekaan Indonesia.
Deskripsi Lagu secara Keseluruhan
Lagu “Mengheningkan Cipta” merupakan salah satu lagu wajib nasional yang menceritakan tentang doa yang ditujukan untuk mengenang jasa para pahlawan. Lagu tersebut memiliki tempo largisimo atau lebih lambat dari largo dan birama 4/4. Nada dasar lagu tersebut adalah C.

Lagu tersebut diciptakan oleh T. Prawit pada tahun 1958 atas permintaan Soekarno.Kala itu, Presiden Soekarno melaksanakan upacara peringatan Hari Pahlawan di Ambon. Ia juga sekaligus mengumpulkan dukungan untuk pembebasan Irian Barat. Sejak momen itulah kebiasaan menyanyikan lagu Mengheningkan Cipta dilakukan dengan khidmat sambil menunduk saat upacara sering dilakukan.

Selain mengandung ucapan terima kasih dan doa untuk mengenang para pahlawan bangsa, lagu Mengheningkan Cipta juga mengandung makna agar kita senantiasa selalu mengingat sejarah dan menjaga keutuhan kemerdekaan Indonesia. Salah satu caranya ialah dengan menjaga keutuhan negara Indonesia, hidup rukun dan bertoleransi, bersikap khidmat saat mengikuti upacara bendera, atau lain sebagainya.

3. Lagu Andhika Bhayangkari
Lagu Andhika Bhayangkari
Judul LaguPenciptaUnsur Musik
Nada DasarTempoBirama
Andhika BhayangkariAmir PasaribuDo=EsAndante Maestoso4/4
Lirik LaguPemaknaan
Andhika Bhayangkari
Pencipta sapta marga
Pancasila mulai jadi negara mulia
Bhineka tunggal ika
Lambang bangsa satria
Menuju nusantara
Bahagia jaya
Bahagia jaya
  1. Konon pada zaman Majapahit, Patih Gajah Mada dan 15 Andhika Bhayangkari pernah menyelamatkan Raja Jayanegara. Pada saat itu Patih Gaja Mada sedang mengemban misi mulia yaitu mempersatukan Nusantara, mulai dari Sabang hingga Merauke.
  2. Makna mars Andhika Bhyangkari ini adalah menjelaskan tentang bagaimana menjaga keutuhan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
Deskripsi Lagu secara Keseluruhan
Lagu “Andhika Bhayangkari” merupakan salah satu lagu wajib nasional yang menceritakan tentang Patih Gajah Mada dan 15 Andhika Bhayangkari pernah menyelamatkan Raja Jayanegara. Pada saat itu Patih Gaja Mada sedang mengemban misi mulia yaitu mempersatukan Nusantara, mulai dari Sabang hingga Merauke. Lagu tersebut memiliki tempo Andante Maestoso dan birama 4/4. Nada dasar lagu tersebut adalah C = Es.

Lirik lagu Andhika Bhayangkari diciptakan oleh Amir Pasaribu. Lagu Andhika Bhayangkari merupakan mars TNI. Mars Andhika Bhayangkari biasa diperdengarkan pada saat menjelang detik-detik proklamasi kemerdekaan Indonesia. Lagu ini dinyanyikan di setiap Upacara Kemerdekaan HUT RI selalu diperdengarkan. Baik itu dalam Upacara Pengibaran Bendera maupun Upacara Penurunan Bendera.

Filosofi Mars Andhika Bhayangkari ini tak lain adalah untuk merekatkan semua bangsa Indonesia dalam naungan Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika dan Nusantara. Dalam pesan lirik yang ditulis oleh pencipta lagu sangat jelas bahwa Andhika Bhayangkari dijadikan penyulut semangat untuk menjaga kesatuan NKRI.

4. Lagu Bhinneka Tunggal Ika
Judul LaguPenciptaUnsur Musik
Nada DasarTempoBirama
Bhinneka Tunggal IkaBinsar Sitompul/A ThalibF=DoMaestoso4/4
Lirik LaguPemaknaan
Bhinneka tunggal ika
Lambang negara kita
Republik Indonesia
Beribu pulaunya
Berjuta rakyatnya
Namun satu citanya
Bhinneka tunggal ika
Ikrar kita bersama
Kita bina selama
Persatuan bangsa
Kesatuan jiwa
Indonesia bahagia
  1. Bhineka Tunggal Ika merupakan semboyan negara yang berarti berbeda-beda tetapi tetap satu yang terdapat pada lambang negara kita.
  2. Semboyan ini menggambarkan keadaan Indonesia yang memiliki ribuan pulau, jutaan penduduknya namun satu cita-citanya.
  3. Bhineka Tunggal Ika mengajarkan kita untuk berikrar bersama, membina persatuan bangsa, kesatuan jiwa sehingga menjadi bangsa yang bahagia.
  4. Lagu Bhineka Tunggal Ika diciptakan untuk mengajarkan kepada semua masyarakat pada masing-masing kelompok untuk tetap menghargai perbedaan.
Deskripsi Lagu secara Keseluruhan
Lagu “Bhinneka Tunggal Ika” merupakan salah satu lagu wajib nasional yang menceritakan tentang Bhinneka Tunggal Ika yang diterjemahkan menjadi “Beraneka Satu Itu”, yang bermakna meskipun berbeda-beda, tetapi pada hakikatnya bangsa Indonesia tetap satu kesatuan. Semboyan ini dipakai sebagai gambaran persatuan dan kesatuan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Lagu tersebut memiliki tempo Maestoso dan birama 4/4. Nada dasar lagu tersebut adalah F = Do.

Lirik lagu Andhika Bhayangkari diciptakan oleh Binsar Sitompul/A Thalib. Lagu ini juga dijadikan lagu nasional yang dinyanyikan pada acara-acara penting, seperti memperingati hari besar ataupun kegiatan di sekolah

Lagu 'Bhinneka Tunggal Ika' ini mengajarkan bahwa meskipun Indonesia memiliki banyak pulau dan penduduk yang beragam budaya serta kepercayaan, tetapi kita semua tetap satu sebagai Rakyat Indonesia.

Demikian pembahasan mengenai RAnalisis Lirik Lagu Wajib Nasional. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Sumber : Buku Seni Musik Kelas IX Kurikulum Merdeka, Kemendikbud
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 6:12 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.