Home » , , » Unsur Unsur Pendukung Tari

Unsur Unsur Pendukung Tari

Unsur pendukung tari tak kalah penting fungsinya dari unsur utama tari. Unsur pendukung tari yang dimaksudkan ada tata rias, kostum, musik, tata panggung, dan tata cahaya yang digunakan. Bila unsur utama tari harus ada dalam pementasan tari, tidak semua unsur pendukung tari wajib ada.

Selain elemen pokok gerak terdapat elemen pendukung berupa rias, busana,  properti dan musik. Tata rias dan busana berfungsi sebagai sebagai pembentuk  karakter dan pemberi identitas tarian, sehingga memperlihatkan tarian tersebut  berasal. Peralatan tata rias bisa berupa face painting, seperangkat kosmetik, dan  peralatan lain yang diperlukan untuk mengaplikasikan make up.

Tata rias wajah  fantasi dipergunakan untuk menampilkan wajah asli berubah menjadi tidak realistik,  karena yang tampil adalah wujud rekaan yang merupakan adaptasi dari bentuk  tertentu. Hal ini bisa mengubah wajah menjadi sangat ektrim, sehingga penonton  tidak mengenali lagi wajah aslinya. Hal ini bisa berlaku untuk peran padi dan burung  Pipit, yang secara bentuknya bukan berwujud manusia tetapi tumbuhan dan hewan.  Rias wajah untuk peran padi Diantaranya bisa berbentuk beberapa batang padi  berwana hijau atau gambar bulir bulir padi menguning yang dilukis di wajah.

Untuk burung Pipit juga sama, wajah menjadi media untuk menggoreskan  warna. Garis-mata burung, bulu-bulu, bentuk hidung, dan bentuk fisik lain yang  bisa diaplikasikan dan semua goresan itu memperkuat karakter burung. Guru bisa  menyampaikan contoh tata rias dalam bentuk gambar dan video bisa disampaikan  pada peserta didik sebagai sarana apresiasi peserta didik. Hal ini menjadi rangsang  visual peserta didik untuk mendapatkan ide gambar lain sesuai dengan kebutuhan. 

Busana atau kostum yang digunakan untuk menari dipergunakan untuk memperkuat karakter dan tema yang dibawakan.  Untuk peran padi dan burung Pipit, peserta didik bisa membuat kreasi dari kain-kain dan kertas-kertas hias sebagai penambah aksen. Rias dan busana harus terlihat  harmoni, saling mendukung secara artistik.
Unsur Pendukung Tari  data-original-height=
Untuk kebutuhan artistik peserta didik  juga bisa menggunakan bahan-bahan daur ulang dengan memanfaatkan berbagai  barang bekas atau sampah di sekitar kita. Selain murah meriah, cara ini juga sebagai  bagian dari pemanfaatan dan mengurangi sampah bagi lingkungan.

Keberadaan  tari tentu tidak lepas dari musik. Harus ada keselarasan antara musik dan tari,  baik aspek irama maupun tempo. Bila keduanya cocok dan dinamika musik sesuai,  tampilan tari akan utuh. Selain sebagai iringan tari, kehadiran musik juga sebagai  pembawa suasana. 

Untuk cerita padi dan burung Pipit, musik yang dipergunakan bisa mengambil  dari musik tradisi setempat yang akan menambah suasana persawahan. Selain  musik eksternal yaitu suara musik yang berasal dari sebuah konsep musikal alat  musik tertentu, ada juga musik internal yaitu musik yang bersumber dari penari  misalnya hentakan kaki di lantai, jentikan jari, tepukan tangan, suara vokal penari  dan sebagainya.

Peserta didik bisa menggali ide dari musik yang sudah ada dan  membuat komposisi dari alat-alat musik yang mudah ditemukan di lingkungan  sekelilingnya. Misalnya dari alat-alat dapur, kaleng-kaleng bekas, bambu bambu dan lain sebagainya. Penggunaan barang daur ulang sampah sebagai penunjang  artistik pertunjukan tari menjadi sebuah aktivitas kreasi peserta didik yang  bermanfaat. Hal ini dapat mengurangi pencemaran sampah, mengasah kreativitas dan menghemat pengeluaran.

Selanjutnya peserta didik bekerja secara individu maupun kelompok untuk membuat unsur-unsur pendukung tari.
Unsur PendukungKeterangan
Tata busana/ kostum
  1. Peserta didik dapat menggunakan kostum yang ada di sekitarnya 
  2. Membuat bentuk padi atau bunga-bunga dari kardus dan kertas koran, atau bahan-bahan lain yang mudah ditemukan peserta didik
  3. Membuat mahkota, sayap dan bentuk lain yang ada dalam karya tari dari barang-barang yang tersedia
Tata Rias
  1. Peserta didik dapat menggunakan rias cantik, rias karakter, rias fantasi dan dibantu oleh guru.
  2. Peserta didik dapat menggunakan bahan alami untuk merias diri. Seperti, warna yang didapat dari daun atau bunga, dari tanah liat dan bahan lainnya
Musik
  1. Peserta didik dapat membuat musik iringan dengan menggunakan kenthongan, ember, suara kaleng, suara angin, suara gabah yang ada dalam tampah.
  2. Peserta didik dapat menggunakan suara tepukan dari diri mereka. Tepuk tangan, suara injak bumi, teriakan, suara petik tangan, dan lainny
Tata Panggung
  1. Peserta didik membuat “orang-orangan sawah” untuk menguatkan suasana sawah.
  2. Peserta di4ik membuat Caping atau peralatan sawah lain, kemudian diletakkan di panggung
Tata Cahaya
  1. Peserta didik dapat menggunakan cahaya matahari sebagai sumber cahaya/ lighting.
  2. Peserta didik dapat membuat pencahayaan dengan tambahan lamp

Demikian pembahasan mengenai Unsur Unsur Pendukung Tari pada pembelajaran Seni Tari untuk kelas IV Sekolah Dasar Kurikulum Merdeka.

Sumber : Buku Seni Tari Kelas IV Kurikulum Merdeka, Kemendikbud
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 10:07 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.