Home » , , » Menyanyikan Lagu-Lagu Daerah

Menyanyikan Lagu-Lagu Daerah

Pada pembelajaran seni musik kelas V sekolah dasar Kurikulum Merdeka terdapat kegiatan Menyanyikan Lagu-Lagu Daerah. Tujuan kegiatan pembelajaran kali ini adalah peserta didik mampu menyanyikan lagu wajib nasional dengan teknik bernyanyi yang benar dan dapat menyanyikan beberapa lagu mars yang dipadukan dengan hentakan kaki yang teratur. 

Lagu daerah merupakan sebuah lagu yang berasal dari suatu daerah dan biasanya mempunyai tema kehidupan sehari – hari masyarakat setempat. Secara umum lagu daerah Indonesia mempunyai lirik yang sesuai dengan bahasa daerahnya masing-masing. Misalnya seperti lagu Manuk Dadali yang berasal dari Jawa Barat dan lagu Rasa Sayange yang berasal dari Maluku.

Lagu daerah banyak yang bertema kehidupan sehari – hari sehingga akan mudah dipahami dan mudah diterima oleh berbagai kegiatan masyarakat. Pencipta lagu daerah Indonesia umumnya tidak diketahui. Meski seperti itu, lagu daerah akan tetap populer karena sering dinyanyikan oleh masyarakat setempat maupun masyarakat lainnya yang bertempat tinggal diluar daerah asal terciptanya lagu tersebut. Berikut ini beberapa lagu daerah yang dipelajari pada kegiatan kali ini.

1. Lagu Ampar Ampar Pisang dari Kalimantan Selatan
Ampar Pisang
Lagu Ampar Ampar Pisang ini menceritakan tentang hamparan buah pisang yang hendak dibuat kue rimpi. Namun, hamparan buah pisang tersebut terdapat binatang berukuran kecil yang berterbangan di atasnya, sebab menyukai aroma pisang tersebut.

2.  “Sue ora Jamu” berasal dari DIY Yogyakarta
Sue Ora Jamu
Lagu ini menceritakan tentang dua orang yang sudah lama tidak saling bertemu. Maka itu, ketika bertemu mestinya membuat mereka berbahagia, bukan justru membuat kecewa sehingga menjadi beban di pikiran dan hati.

3. “Manuk Dadali” berasal dari Jawa Barat;
Manuk Dadali
Manuk Dadali diartikan sebagai burung Garuda. Dimana burung ini adalah burung perkasa dan pemberani sehingga disegani oleh banyak orang. Manuk Dadali juga diartikan sebagai sikap rukun dan hidup berdampingan. Lagu ini juga melukiskan nasionalisme dan kebanggaan.

4. “Rambadia” berasal dari Tapanuli, Sumatera Utara;
Rambadia
Lagu Rambadia berasal dari Tapanuli, Sumatera Utara yang mendeskripsikan tentang tegur sapa masyarakat suku Batak Toba dengan orang baru atau ucapan salam kenal masyarakat Batak kepada pendatang yang datang ke tanah mereka. Tegur sapa ini umumnya dilakukan dengan menanyakan asal daerah, dan marga karena budaya masyarakat Batak yang lebih sering bertanya mengenai identitas marga atau rumpunnya daripada namanya. Bila marga atau rumpunnya sama maka akan terjalin kerukunan dan persatuan yang baik

5. “O Ina Ni Keke” berasal dari Sulawesi Utara;
Inani Keke
O ina ni keke ini mempunyai makna tentang kasih sayang dan cinta tak terbatas dari orang tua kepada anaknya. Namun, anak menjadi manja sehingga tak mampu membalas rasa sayang orang tua. Hal ini membuat hubungan ibu dan anak tidak ada timbal balik yang tulus.

6. “Soleram” berasal dari Riau;
Soleram

Lagu Soleram mencerikan petuah dan amanat untuk menjaga kehormatan dan harga diri serta amanat untuk mempertahankan malu sebagai orang yang berbudaya. Selain itu, lagu Soleram juga memiliki makna untuk menyambung tali persaudaraan dan menghindari perpecahan.

g. “Sio Mama” berasal dari Maluku.
Ayo Mama
Lagu bernada riang ini menceritakan tentang seorang anak yang takut dimarahi ibunya karena ketahuan pacaran. Dalam lagu itu, si anak menjelaskan kepada ibunya ia tidak melakukan hal-hal dilarang

Lagu daerah menjadi salah satu kebanggaan, bukti kekayaan, dan ciri khas dari masing-masing daerah di Indonesia. Indonesia adalah negara yang kaya akan keindahan alamnya, suku, ras, dan budaya yang sangat banyak atau beragam, dan menjadi indah karena keberagaman tersebut bisa hidup berdampingan di dalam satu negara. Saling menghargai adalah kuncinya, salah satu bentuknya adalah dengan belajar budaya dari daerah di luar daerah sendiri dan mencoba mencari tahu kisah di kehidupan budaya tersebut.

Demikian pembahasan mengenai Menyanyikan Lagu-Lagu Daerah. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Sumber : Buku  Seni Musik Kelas V Kurikulum Merdeka, Kemendikbud.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 4:45 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.