Home » , , » Soal Latihan Tes Sumatif Tengah Semester 1 IPAS Kelas IV

Soal Latihan Tes Sumatif Tengah Semester 1 IPAS Kelas IV

Pada Tes Sumatif Tengah Semester I Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial Kelas IV Sekolah Dasar Kurikulum Merdeka materi yang diujikan adalah Bab I Tumbuhan Sumber Kehidupan di Bumi dan Bab II Wujud Zat dan Perubahannya. Berikut ini rangkuman materinya.

Bab1 Tumbuhan, Sumber Kehidupan di Bumi
Setiap bagian-bagian tumbuhan memiliki fungsi dan manfaat bagi kehidupan. Misalnya, untuk sumber bahan makanan, bahan baku industri, kesehatan, dan sebagainya.
  1. Akar adalah bagian tumbuhan yang umumnya terdapat pada bagian bawah tumbuhan. Akar tumbuhan dibedakan menjadi akar tunggang dan akar serabut. Fungsi akar pada tanaman adalah menyerap air dan mineral dari tanah dan meneruskannya ke batang, sebagai penopang agar tanaman dapat berdiri kokoh, menyimpan cadangan makanan, akar juga berfungsi sebagai media pernapasan (respirasi), seperti pada tumbuhan bakau 
  2. Daun. Pada daun berwarna hijau, terdapat kandungan zat klorofil yang merupakan salah satu bahan yang dibutuhkan pada proses fotosintesis. Beberapa fungsi daun bagi tumbuhan, yakni: Tempat terjadinya proses fotosintesis, sebagai alat pernapasan tumbuhan, tempat terjadinya penguapan, dan daun juga dapat digunakan sebagai alat perkembangbiakan vegetatif
  3. Batang memiliki fungsi sebagai Sebagai alat transportasi yang mengangkut air dan mineral dari akar menuju daun, menyalurkan hasil fotosintesis dari daun ke seluruh tubuh, sebagai tempat penyimpanan cadangan makanan, penyokong bagi daun, bunga, dan buah untuk tumbuh.
  4. Bunga merupakan tempat terjadinya perkembangbiakan secara generatif pada tumbuhan. Fungsi bunga antara lain: Tempat terjadinya penyerbukan, sebagai alat perkembangbiakan tumbuhan, sebagai tempat bertemunya sel kelamin jantan dan betina, dan sebagai penghasil biji.Bunga memiliki dua organ reproduksi yaitu putik (betina) dan benang sari (jantan). 
  5. Fungsi buah, yaitu: Untuk melindungi biji, membantu dalam penyebaran biji-bijian, sebagai penyedia cadangan makanan ketika melakukan perkecambahan, dan sumber makanan yang dapat dikonsumsi oleh manusia.

Fotosintesis
1. Tahap pertama: yang dibutuhkan tanaman untuk berfotosintesis
  • Matahari. Matahari merupakan sumber energi cahaya dan panas. Tumbuhan menggunakan energi cahaya pada matahari untuk melakukan proses fotosintesis.
  • Air Akar berfungsi untuk menyerap air dari dalam tanah. Air kemudian disalurkan oleh batang dan sampai ke daun.
  • Karbon dioksida Manusia dan hewan mengeluarkan karbondioksida saat mengembuskan nafas. Karbon dioksida ini kemudian diserap oleh tumbuhan untuk melakukan fotosintesis.
  • Klorofil Daun memiliki warna alami hijau. Warna ini disebut sebagai klorofil. 

 2. Tahap kedua: memasak Setelah semua bahan terkumpul, daun akan memasak bahan-bahan tersebut (proses ini terjadi di bagian daun yang bernama kloroplas).

3. Tahap ketiga: hasil masakan a. Hasil masakan di daun (fotosintesis) yaitu karbohidrat (makanan). Makanan ini kemudian disalurkan oleh batang ke seluruh bagian tumbuhan dan dipakai untuk tumbuh. Kelebihan makanan disimpan dalam bentuk buah atau umbi (seperti wortel, singkong, dan kentang) b. Selain makanan, fotosintesis juga menghasilkan oksigen. Oksigen ini kemudian dilepaskan oleh daun ke udara. Manusia dan hewan menghirup oksigen untuk bernapas.

Penyerbukan Pada Tumbuhan
Penyerbukan adalah proses jatuhnya serbuk sari ke kepala putik yang mengandung sel kelamin betina. Penyerbukan dibedakan menjadi empat jenis berdasarkan faktor pembantu penyerbukannya, antara lain sebagai berikut:
  1. Penyerbukan Bantuan Angin (Anemogami). Contohnya tanaman padi dan jagung.
  2. Penyerbukan Bantuan Air (Hidrogami). Penyerbukan jenis ini terjadi pada beberapa tumbuhan air seperti Hydrilla.
  3. Penyerbukan Bantuan Hewan (Zoidiogami). Terdapat empat macam penyerbukan jenis ini, diantaranya penyerbukan yang dibantu oleh serangga (entomogami), dibantu oleh burung (ornitogami), dibantu oleh kelelawar (kiropterogami), dan dibantu siput (malakogami).
  4. Penyerbukan Bantuan Manusia (Antropogami). Contohnya adalah vanili dan anggrek.

Sementara itu, berdasarkan tempat terjadinya penyerbukan, ada empat macam penyerbukan yang terjadi pada tumbuhan. Sebagai berikut:
  1. Penyerbukan sendiri, yakni terjadi pada satu bunga.
  2. Penyerbukan silang, yakni terjadi pada bunga sejenis tetapi tidak pada satu tumbuhan.
  3. Penyerbukan bastar, yakni terjadi pada bunga dan tumbuhan yang berlainan.
  4. Penyerbukan tetangga, yakni terjadi pada bunga yang berlainan tapi masih dalam satu tumbuhan.

Penyebaran Biji Tumbuhan
  1. Zookori adalah proses penyebaran biji dengan bantuan hewan. Penyebaran zookori terbagi menjadi empat, yaitu: Entomokori: penyebaran biji melalui perantara serangga, contohnya wijen. Kiropterokori: penyebaran biji melalui perantara kelelawar, contohnya apel. Ornitokori: penyebaran biji melalui perantara burung, contohnya kersen. Mammokori: penyebaran biji melalui perantara mamalia, contohnya hewan luwak yang membantu penyebaran biji kopi
  2. Anemokori adalah penyebaran biji dengan bantuan dari angin. Ciri daru tumbuhan yang menggunakan proses anemokori adalah: Bijinya kecil dan ringan, Bijinya berbulu, dan Bijinya bersayap. Salah satunya adalah biji bunga Dandelion.
  3. Antropokori adalah penyebaran biji dengan bantuan manusia. Proses penyebaran antropokori bisa dilakukan secara sengaja ataupun tidak sengaja. Penyebaran secara sengaja contohnya dalam bidang pertanian dengan menanam padi atau kopi.
  4. Hidrokori adalah proses penyebaran biji dengan bantuan air. Ciri-ciri dari tumbuhan yang penyebarannya menggunakan bantuan air adalah: Tumbuhan yang hidupnya di dekat daerah perairan, Tumbuhan yang bijinya ringan, Mempunyai tiga struktur lapisan kulit (eksokarpus, mesokarpus, dan mesokarpus). Contoh tumbuhannya adalah pohon kelapa dan bakau.

Bab 2 Wujud Zat dan Perubahannya
  1. Benda padat Sifat-sifat yang dimiliki benda padat adalah  : Bentuk dan besarnya tetap, Menempati ruangan, Mempunyai massa atau berat, Dapat disentuh dan dipegang, dan Memiliki volume tetap Contoh-contoh benda padat adalah kayu, keramik, tembok, batu, dll.
  2. Benda cair Sifat-sifat benda cair adalah : Bentuknya berubah-ubah sesuai dengan tempatnya, Benda cair memiliki isi yang tetap. Contoh-contoh benda cair adalah susu, sirup, kecap, minyak, oli, saos, dll.
  3. Benda gas memiliki sifat : Mengisi seluruh ruang yang ditempatinya, Bentuknya tidak tetap. Contoh benda gas adalah udara dalam balon.

Perubahan Wujud Benda
  1. Mencair merupakan kondisi perubahan wujud benda padat menjadi benda cair. Misalnya es batu yang makin lama akan kembali ke wujud aslinya, yaitu air karena terkena suhu yang tinggi. 
  2. Membeku merupakan kebalikan dari mencair. Contoh dari perubahan membeku adalah pembuatan es batu yang berasal dari air serta air sungai yang mengeras menjadi es karena musim salju.
  3. Menguap adalah perubahan wujud dari benda cair menjadi gas. Contoh terjadinya penguapan adalah ketika kita merebus air dengan air panas, lama kelamaan air akan menguap dan bahkan bisa habis menguap karena terlalu lama direbus. 
  4. Mengembun merupakan kebalikan dari menguap yang berarti perubahan wujud pada benda gas menjadi benda cair. Contohnya adalah air embun yang membasahi daun. 
  5. Menyublim adalah perubahan benda dari padat menjadi gas. Contoh peristiwa menyublim adalah ketika kita menggunakan kapur barus yang makin lama akan semakin habis.
  6. Mengkristal adalah kebalikan dari menyublim, yaitu kondisi ketika benda gas berubah menjadi benda padat.  Contoh dari mengkristal adalah fenomena musim salju, dimana uap air yang ada di atmosfer berubah menjadi kristal padat dan berjatuhan ke bumi. 

I. BERILAH TANDA SILANG ( X ) PADA HURUF A, B, C, ATAU D DI DEPAN JAWABAN YANG PALING TEPAT!

1.Perhatikan gambar di bawah ini !
bagian
Bagian tumbuhan yang ditunjukkan oleh huruf X adalah… .
A.akar
B.batang
C.daun
D.bunga
2.Bagian tumbuhan yang digunakan sebagai tempat berlangsungnya proses fotosintesis adalah…
A.daun
B.bunga
C.akar
D.batang
3.Perhatikan gambar di bawah ini!
Bagian Bunga

Bagian bunga yang ditunjukkan oleh nomer 4 adalah… .
A.tangkai
B.benang sari
C.mahkota
D.putik
4.Hasil fotosintesis yang digunakan manusia untuk bernafas adalah… .
A.glukosa
B.oksigen
C.cahaya matahari
D.karbon dioksida
5.Spora merupakan perkembangbiakan tumbuhan secara… 
A.vegetatif alami
B.vegetatif buatan
C.generatif
D.generatif buatan
6.Alat kelamin betina pada bunga adalah… .
A.benang sari
B.putik
C.mahkota
D.kelopak
7.Perhatikan gambar di bawah ini!
cangkok
Cara perkembangbiakan tumbuhan di atas dengan cara … .
A.setek
B.merunduk
C.menyambung
D.mencangkok
8.Peristiwa jatuhnya serbuk sari ke kepala putik disebut… .
A.perkembangbiakan
B.pertumbuhan
C.penyerbukan
D.persilangan
9.Perhatikan gambar di bawah ini!
penyerbukan

Gambar di atas merupakan jenis penyerbukan .… .
A.sendiri
B.tetangga
C.silang
D.bastar
10.Penyebaran biji dengan bantuan angin disebut… .
A.hidrokori
B.zookori
C.ornitokori
D.anemokori
11.Zat yang memiliki sifat bentuk berubah dan volume tetap adalah… .
A.padat
B.cair
C.gas
D.padat dan gas
12.Berikut yang merupakan benda padat adalah… .
A.batu
B.kecap
C.air
D.udara
13.Es krim dibiarkan lama di tempat yang panas akan… .
A.mengkristal
B.membeku
C.mencair
D.menguap
14.Air dari galon dipindahkan ke dalam gelas, maka volumenya akan… .
A.bertambah
B.berkurang
C.tetap
D.berubah
15.Berikut ini contoh benda cair adalah… .
A.roti
B.agar-agar
C.gula
D.kecap
16.Perhatikan gambar di bawah ini!
menguap
Perubahan wujud zat di atas adalah… .
A.mencair
B.menguap
C.membeku
D.mengembun
17.Contoh perubahan wujud zat dari cair menjadi padat adalah… .
A.es krim meleleh
B.air membeku menjadi es
C.lilin yang terbakar
D.embun di pagi hari
18.Cokelat yang meleleh saat terkena panas merupakan perubahan wujud zat padat menjadi zat…
A.padat
B.cair
C.gas
D.cair dan gas
19.Air yang dimasukkan ke dalam botol, maka bentuk air menyerupai… .
A.balok
B.kaleng
C.gelas
D.botol
20.Perubahan wujud benda gas menjadi cair disebut… .
A.membeku
B.mengembun
C.deposisi
D.menguap

II. ISILAH TITIK-TITIK DI BAWAH INI DENGAN JAWABAN YANG TEPAT !
  1. Akar terbagi menjadi dua jenis, yaitu akar         …          dan           … .  
  2. Bunga yang memiliki mahkota, kelopak, benang sari, dan putik disebut bunga… .
  3. Hasil fotosintesis adalah… dan ...
  4. Umbi batang, umbi akar, tunas merupakan perkembangbiakan secara… .
  5. Perkembangbiakan vegetatif buatan dengan cara memotong bagian tumbuhan kemudian ditanam langsung di tanah disebut… .
  6. Alat yang digunakan untuk mengukur massa suatu benda adalah… .
  7. Zat yang memiliki sifat bentuk dan volume tetap adalah… .
  8. Sirup merupakan contoh zat… .
  9. Perubahan wujud zat cair menjadi padat disebut… .
  10. Benda gas mempunyai sifat… .

III.JAWABLAH PERTANYAAN-PERTANYAAN  DI BAWAH INI DENGAN TEPAT DAN JELAS !
  1. Sebutkan 3 bagian tumbuhan beserta fungsinya!
  2. Sebutkan hal-hal yang mempengaruhi fotosintesis!
  3. Jelaskan perbedaan perkembangbiakan vegetatif dan perkembangbiakan generatif pada tumbuhan!
  4. Sebutkan 3 macam contoh zat padat yang ada di lingkungan sekolah!
  5. Salah satu perubahan wujud adalah mencair. Jelaskan perubahan wujud zat tersebut!

Demikian pembahasan mengenai Soal Latihan Tes Sumatif Tengah Semester 1 IPAS. Semoga tulisan ini bermanfaat.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 8:24 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.