Home » , , » Menyanyikan Lagu-Lagu Wajib Nasional

Menyanyikan Lagu-Lagu Wajib Nasional

Pada pembelajaran seni musik kelas v sekolah dasar Kurikulum Merdeka terdapat kegiatan Menyanyikan Lagu-Lagu Wajib Nasional. Tujuan kegiatan ini adalah peserta didik mampu menyanyikan lagu wajib nasional dengan teknik bernyanyi yang benar dan dapat menyanyikan beberapa lagu mars yang dipadukan dengan hentakan kaki yang teratur

Lagu nasional adalah lagu yang bertemanakn tentang cinta pada tanah air Indonesia dan dikenal masyarakat secara nasional. Lagu nasional diciptakan untuk membangkitkan rasa nasionalisme, patriotik, cinta negara, dan semangat perjuangan Indonesia. Selain itu, diciptakannya lagu nasional juga untuk mengapresiasi perjuangan pahlawan yang sudah berjuang demi Indonesia. Serta menumbuhkan semangat perjuangan ke generasi muda. Contoh lagu nasional, di antaranya.
  1. Bagimu Negeri cipt. Kusbini
  2. Indonesia Pusaka cipt. Ismail Marzuki
  3. Garuda Pancasila cipt. Prohor Sudarnoto
  4. Ibu Kita Kartini cipt. WR Supratman
  5. Halo-Halo Bandung cipt. Ismail Marzuki
  6. Rayuan Pulau Kelapa cipt. Ismail Marzuki
  7. Berkibarlah Benderaku cipt. Ibu Sud
  8. Syukur cipt. H Mutahar
  9. Gugur Bunga cipt. Ismail Marzuki
  10. Desaku yang Kucinta cipt. L Manik

Sedangkan lagu wajib adalah lagu yang dinyanyikan seluruh rakyat Indonesia, untuk menanamkan persatuan, kesatuan, dan cinta Tanah Air. Lagu wajib nasional adalah lagu yang bertemakan perjuangan dan nasionalisme bangsa. Lagu wajib ini menjadi produk dan hasil karya masyarakat di bidang musik. Lagu wajib juga menjadi ikon dalam budaya masyarakat Indonesia.

Lagu wajib nasional, berisi perjuangan dan nasionalisme yang sifatnya wajib dihafalkan peserta didik. Lagu perjuangan biasanya dimainkan untuk membangkitkan semangat perjuangan kemerdekaan.

Lagu mars adalah sebuah jenis musik dengan memiliki komposisi irama yang teratur dan menghentak atau dimainkan dengan lebih bertenaga/keras (dinamik marcato) serta memiliki tempo cepat seperti orang berbaris (tempo mars). Birama (ketukan) yang digunakan lagu mars umumnya adalah genap seperti 2/4, 4/4, 6/8.

Lagu mars atau disebut juga lagu marcia identik dengan semangat, riang gembira, kekompakan, jiwa persatuan dan kesatuan, dengan memiliki lirik yang cenderung provokatif.

1. Lagu Halo-Halo Bandung Cipt. Ismail Marzuki
Halo Halo Bandung
Makna lagu Halo-Halo Bandung menceritakan tentang perjuangan rakyat kota Bandung dalam masa pasca-kemerdekaan pada tahun 1946. Tepatnya saat peristiwa Bandung Lautan Api yang terjadi pada tanggal 23-24 Maret 1946. Lirik lagu Halo-Halo Bandung mencerminkan nilai-nilai cinta tanah air karena bercerita mengenai perjuangan penca kemerdekaan.

2. “Garuda Pancasila” cipt. Sudharnoto;
Garuda Pancasila
Syair lagu Garuda Pancasila memiliki arti bahwa kita sebagai warga negara akan selalu mendukung Pancasila. Warga negara Indonesia berjiwa patriot. Berjiwa patriot berarti siap berjuang dan rela berkorban untuk negara. Rakyat Indonesia akan hidup makmur sentosa jika melaksanakan nilai-nilai Pancasila.

3. “Tanah Airku” cipt. Ibu Sud;
Tanah Airku
Lagu Tanah Airku bermakna tentang kecintaan bangsa Indonesia terhadap Tanah Air. Meski telah pergi atau bahkan tinggal di negeri lain, Indonesia tetap terkenang di hati dan pikiran. Indonesia adalah tempat di mana bangsanya merasa senang dan tenang.

4. “Satu Nusa Satu Bangsa” cipt. Liberty Manik;
Satu Nusa Satu Bangsa
Lagu Satu Nusa Satu Bangsa bercerita tentang para pejuang yang membela tanah air hingga menuju kemerdekaan. Indonesia terdiri dari beragam suku, agama, budaya dan ras, namun tetap menjadi satu bangsa. Makna dari lagu Satu Nusa Satu Bangsa mewakili semboyan Indonesia yaitu 'Bhineka Tunggal Ika'.

5. “Hymne Guru” cipt. Sartono
Hymne Guru
Lagu “Hymne Guru” menggambarkan pentingnya peran guru dalam mendidik dan mencerdaskan anak bangsa. Dalam lagu ini terdapat lirik seperti “Engkau sebagai pelita dalam kegelapan, engkau laksana embun penyejuk dalam kehausan, engkau patriot pahlawan bangsa, pembangun insan cendekia”.

Demikian pembahasan mengenai Menyanyikan Lagu-Lagu Wajib Nasional. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Sumber : Buku Seni Musik Kelas V Kurikulum Merdeka, Kemendikbud

Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 6:31 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.