Home » , , » Menyanyikan Lagu Populer yang Bertema Anak-Anak

Menyanyikan Lagu Populer yang Bertema Anak-Anak

Pada pembelajaran seni musik kelas v sekolah dasar Kurikulum Merdeka terdapat kegiatan Menyanyikan Lagu Populer yang Bertema Anak-Anak. Tujuan kegiatan pembelajaran ini adalah Peserta didik mampu menyanyikan lagu populer dengan teknik bernyanyi yang benar.

Lagu adalah salah satu bentuk dari musik. Lagu tidak dapatdipisahkan dengan musik, lagu dan musik merupakan suatu kesatuan yang apabila digabungkan akan tercipta sebuah karya seni yang indah. Dengan menyuarakan lagu atau bernyanyi anak akan merasa senang, bahagia gembira, dan anak dapat terdorong untuk lebih giat belajar.

Lagu atau nyanyian dapat digunakan sebagai media penyampaian pesan yang menyenangkan bagi anak. Lagu tidak dapat dipisahkan dari kegiatan pembelajaran pada anak. Anak-anak bermain dengan lagu, bahkan mereka belajar dengan lagu.

Endraswara mengatakan, yang disebut lagu anak-anak ialah lagu yang bersifat riang dan mencerminkan etika luhur. Lagu anak merupakan lagu yang biasa dinyanyikan anak-anak, sedangkan syair lagu anak-anak berisi hal-hal sederhana yang biasanya dilakukan olehanak-anak. Lagu anak-anak adalah bagian dari budaya populer, dan lagu anak-anak merupakan lagu pop yang bernuansakan anak-anak.

Lagu anak juga mengajarkan suatu budipekerti yang memberikan pengaruh baik dalam pertumbuhan mereka. Dengan kata lain, dampak positif dalam lagu anak yang mengajarka ntentang suatu tindakan sopan santun yang dapat mempengaruhi pikiran, jiwa, dan raga mereka. Sebab lagu anak yang tepat dapat mencakup semua aspek tujuan pembelajaran pada anak. Beberapa aspek tujuan pembelajaran yang terdapat pada lagu anak yang mengajarkan budi pekerti adalah :
  1. Aspek kognitif atau pemahaman dan pemikiran mereka terhadap pengetahuan tentang tingkah laku terpuji.
  2. Aspek afektif yang menekankan pada pengaruh lagu anak terhadap emosi atau perasaan serta perilaku mereka.
  3. Aspek psikomotorik yakni kemampuan mereka dalam berperilaku sopan santun, yang tercermin dalam keterampilan berkomunikasi verbal atau non verbal sesuai dengan keadaan dan situasi.

1. Lagu Bintang Kecil
Bintang Kecil
Lagu  berjudul “Bintang Kecil”. Liriknya asyik, nadanya sederhana, dan pesannya kuat. “Lagu yang menceritakan tentang keindahan alam semesta dan keagungan Tuhan dan sebagai fantasi anak terhadap dunia dan cita-cita masa depan.

Beberapa lagu populer bertema anak-anak yang lain adalah sebagai berikut :

2. “Cinta untuk Mama” cipt. Seli Pontoh; 
Cinta Untuk Mama
Maksud lagu Cinta untuk Mama adalah ungkapan seorang anak yang yang ingin mengucapkan terima kasih kepada ibunya meski hanya melalui sebuah lagu sederhana.

3. “Laskar Pelangi” cipt. Nidji;
Laskar Pelangi
Maksud atau tujuan dalam lirik lagu “Laskar Pelangi” adalah ajakan kepada kita untuk tetap bersyukur dalam menjalani hidup. Kisah tentang semangat menempuh atau meraih impian di tengah kemiskinan serta kehidupan yang tidak adil yang akan membuat kita paham untuk lebih bersyukur dalam kehidupan ini.

4. “Pemandangan” cipt. A.T. Mahmud;
Pemandangan
Maksud lagu berjudul Memandang Alam adalah rasa bahagia dan kagum atas keindahan alam sekitar yang disaksikan dari atas bukit, di mana sungai berliku-liku, sawah hijau bagai permadani di kaki langit serta gunung yang yang menjulang berpayung awan.

5. “Desaku” cipt. L. Manik; dan
Lagu Desaku
Lagu daerah Nusa Tenggara Timur yang berjudul desaku ini mempunyai makna, akan kerinduan seseorang terhadap tanah airnya yang permai atau indah. Bisa juga bermakna kerinduan akan seseorang pada keluarganya yang ada di desa.

6. “Naik Delman” cipt. IPak kasur.
Delman
Lagu ini menceritakan tentang keceriaan seorang anak ketika liburan pergi ke kota bersama dengan ayahnya dan keceriaan anak tersebut saat ia menaiki kendaraan tradisional, yaitu delman.

Demikian pembahasan mengenai Menyanyikan Lagu Populer yang Bertema Anak-Anak. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Sumber : Buku Seni Musik Kelas V Kurikulum Merdeka, Kemendikbud

Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 1:03 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.