Home » , , » Mengenal Jenis-Jenis Suara Manusia

Mengenal Jenis-Jenis Suara Manusia

Pada pembelajaran seni musik kelas v sekolah dasar Kurikulum Merdeka terdapat pembelajaran mengenai Mengenal Jenis-Jenis Suara Manusia. Tujuan pembelajaran kegiatan ini adalah peserta didik mampu mengenal dan membedakan jenis suara pria, wanita, dan anak-anak

Suara merupakan instrumen musik karunia Tuhan Yang Maha Esa yang sudah ada pada manusia. Sejak lahir ke dunia, manusia telah mengeluarkan suara berupa tangisan.Contohnya, dalam tangisan bayi Sebenarnya sudah ada nada yang bervariasi tinggi rendahnya. Bayi yang sudah berumur 4–6 bulan sudah dapat bersenandung dengan celotehan-celotehan yang mengandung unsur musikal.

Secara umum, suara manusia dibagi menjadi dua jenis, yakni suara pria dan suara wanita Berdasarkan kemampuan rentang pencapaian nadanya. Jenis suara pria antara lain adalah tenor, bariton, dan bass. Sedangkan jenis suara wanita adalah soprano, mezzo-soprano, dan kontralto.

A. Suara Pria
Sama seperti suara perempuan dewasa, suara lelaki dewasa juga dibagi menjadi tiga kategori. Adapun penjelasan mengenai pembagian jenis suara lelaki dewasa adalah sebagaimana perincian berikut ini.

1.Tenor
Tenor adalah suara pria tertinggi. Jenis suara ini bisa menjangkau nada B hingga G1. Jenis suara ini mampu memberikan nada tinggi yang mendebarkan dan sering kali memiliki timbre yang bersinar cemerlang. Suara ini bisa dideskripsikan dengan suasana yang terang, mempesona, jelas, kasar, dering, cerah, kuning, Jeruk, metalik, nyaring, berair, dan pedas.

2. Bariton
Jenis suara bariton adalah jenis suara pria dewasa yang tidak terlalu tinggi dan rendah atau yang bisa disebut sedang. Jangkauan nadanya adalah dari nada A hingga nada F1. Suara ini bisa dideskripsikan dengan kata halus, hangat, velvet, beludru, subur, mewah, kaya, seperti kopi.

3. Bass
Bass adalah jenis suara pria dewasa. Jangkauan nadanya adalah dari nada E hingga nada C1. Jenis suara bass profundo, memiliki suara yang rendah namun kaya. Sedangkan basso cantante memiliki suara yang lebih ringan.

B. Suara Wanita
Pada dasarnya, jenis suara yang dimiliki oleh manusia itu berbeda-beda terutama pada usia dan jenis kelaminnya. Terutama pada wanita, jenis suara yang dimiliki oleh mereka ada 3 tingkatan yakni sopran, mezzo sopran, dan alto.

1. Sopran atau soprano
Sopran merupakan jenis suara tertinggi untuk perempuan dewasa. Jenis suara ini bisa menjangkau nada C4 hingga nada G5. Karakter suara sopran yang dimiliki perempuan dewasa, sering diklasifikasi berdasarkan warna vokal, timbre, rentang suara dan ketangkasan suara. 

2. Mezzo-sopran atau mezzo-soprano
Mezzo sopran memiliki karakter suara yang sedang. Artinya tidak terlalu tinggi ataupun rendah. Jenis suara ini bisa menjangkau nada A3 hingga A5. Selain itu, biasanya nada ini mencakup nada bawah A, nada tengah C dan nada F kedua, nada atas G serta nada C tengah. P

3. Alto atau contralto
Jenis suara alto merupakan jenis suara perempuan dewasa yang rendah. Jenis suara ini hanya bisa menjangkau nada F hingga nada D2. Alto dalam jenis suara perempuan, sering juga disebut sebagai contralto. Selain itu, awalnya kata alto diperuntukkan bagi pria yang bernyanyi falsetto. 

C. Suara Anak Kecil
Suara anak-anak pada umumnya adalah jenis suara sopran (suara wanita yang tinggi) tanpa memandang jenis kelamin si anak. Jadi, wajar jika seorang anak lelaki suaranya melengking seperti suara perempuan. 
Suara Anak anak
Suara anak dengan jenis kelamin laki-laki maupun perempuan pada umumnya meliputi wilayah nada yang sama. Perbedaan baru terjadi ketika anak lelaki mulai beranjak dewasa yang ditandai dengan munculnya jakun. Batas perbedaan nada pada anak dibagi menjadi dua, yakni sebagai berikut:
  • Suara anak tinggi: Suara anak tinggi memiliki wilayah nada dari c’-f”. 
  • Suara anak rendah: Suara anak rendah memiliki wilayah nada dari a-d”.

Demikian pembahasan mengenai Mengenal Jenis-Jenis Suara Manusia. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Sumber : Buku Seni Musik Kelas V Kurikulum Merdeka, Kemendikbud
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 2:25 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.