Home » , , » Mementaskan Pantomim Peristiwa Alam dan Karakter Binatang

Mementaskan Pantomim Peristiwa Alam dan Karakter Binatang

Sejak Kegiatan 1 hingga Kegiatan 4, kali ini siswa akan diajak untuk pentas di atas panggung. Pada kegiatan ini, siswa ditantang untuk merasa berani dan percaya diri di hadapan penonton dalam menampilkan berbagai elemen teater yang selama ini telah mereka pelajari. Tujuan pembelajaran kali ini adalah siswa dapat melakukan pantomim binatang dengan menggunakan properti pendukung yang sesuai.

Kegiatan kali ini bertujuan untuk memaksimalkan daya imajinasi dan fantasi siswa melalui gerak tubuh. Pada kegiatan ini, selain mempertajam kecerdasan kinestetik dan motorik dengan melakukan gerak imajinatif dan pantomim serta kecerdasan linguistik dan suara dengan mendongeng, siswa juga akan diajak mengembangkan kecerdasan visualnya melalui kegiatan menggambar.

Setelah berlatih sejak Kegiatan 1 hingga Kegiatan 4, kali ini siswa akan diajak untuk pentas di atas panggung. Pada kegiatan ini, siswa ditantang untuk merasa berani dan percaya diri di hadapan penonton dalam menampilkan berbagai elemen teater yang selama ini telah mereka pelajari.

Berilah motivasi kepada siswa untuk membangun rasa berani dan percaya diri mereka. Selain itu, relaksasi juga penting dilakukan beberapa hari sebelum pentas untuk menenangkan tubuh dan pikiran. Prosedur melakukan relaksasi adalah sebagai berikut.
  1. Siapkanlah ruangan yang relatif luas sehingga siswa leluasa bergerak.
  2. Aturlah siswa untuk berbaris dengan rapi, lalu berilah mereka penjelasan bahwa tubuh merupakan satu kesatuan yang padu antara tubuh bagian atas, tengah, dan bawah.
  3. Pandulah siswa untuk menggerakkan tubuh bagian atas secara perlahan-lahan dengan cara beberapa kali memutar kepala ke belakang serta menengok ke kiri dan kanan.
  4. Selanjutnya, pandulah siswa untuk menggerakkan tubuh bagian tengah dengan cara beberapa kali membuka-tutup lengan ke arah dada seperti gerakan sayap kupu-kupu, membuka-tutup telapak tangan, dan membuat putaran kecil di pergelangan tangan.
  5. Terakhir, pandulah siswa untuk menggerakkan tubuh bagian bawah secara perlahan-lahan dengan cara beberapa kali memutar pinggul, menekuk lutut, dan jinjit.

Setelah melakukan kegiatan pemanasan, Sahabat Guru bisa melakukan kegiatan inti sebagai berikut.
  1. Bimbinglah siswa untuk melakukan berbagai rangkaian kegiatan persiapan sebelum pentas. Kegiatan persiapan tersebut terdiri atas persiapan fisik perseorangan, persiapan fisik kelompok, dan persiapan imajinasi yang dapat dikemas melalui permainan prapentas. Semua kegiatan persiapan tersebut dapat Sahabat Guru ketahui detailnya di bahan bacaan guru.
  2. Pandulah kelompok yang mendapat giliran tampil. Ajaklah kelompok penonton untuk bersikap baik dan menghargai dengan tidak berbicara sendiri atau membuat gaduh serta tidak ribut dengan penampilan dan propertinya sendiri. Ajaklah mereka menikmati penampilan teman-temannya dan memberikan tepuk tangan tiap kali ada kelompok yang selesai tampil. Sahabat Guru juga boleh bertindak sebagai pembawa acara.
  3. Berilah jeda waktu kira-kira 5 menit untuk kelompok yang akan tampil guna mempersiapkan properti di panggung dan merapikan kostum.
  4. Hendaknya dokumentasikanlah pementasan setiap kelompok dalam bentuk foto atau video.
  5. Lakukanlah kegiatan ini sampai semua kelompok mendapat giliran tampil

Berikut ini adalah bahan bacaan siswa berjudul Pertunjukan Biota Laut. Mintalah siswa membaca cerita tersebut. Kemudian, mintalah siswa berpasangan untuk memainkan peran sesuai cerita tersebut. 

Pertunjukan Biota Laut 
Adegan 1
Ambillah peran sebagai dua wisatawan. Mainkan adegan saat dua wisatawan itu menemukan bintang laut.
adegan 1
Adegan 2
Ambillah peran sebagai Dira, Vino, dan Lulu. Mainkan adegan saat mereka mendiskusikan latar cerita yang akan dipentaskan!
adegan 2
Adegan 3
Ambillah peran sebagai bintang laut, ikan pari manta, ikan badut, kuda laut, dan terumbu karang! Mainkan adegan saat mereka bertemu!
adegan3
Adegan 4
Ambillah peran sebagai Dira! Mainkan adegan saat dia menyeleksi teman-temannya untuk membagi peran pementasan
Adegan 4
Lembar Kerja Siswa Kegiatan 5
Ayo Memberi Pendapat dengan Santun!
1. Apa kamu senang melakukan pentas? Ungkapkan perasaanmu dengan memberi tanda centang (P) pada emoji berikut ini.
Senang
2. Bagaimana penampilan kelompok lain? Yuk, berikan pendapatmu secara santun dengan mengisi kolom berikut ini!
No.KelompokPendapatmu
1.1
2.2
3.3
4.4
5.5

Paraf Orang TuaNilai GuruCatatan Guru








Demikian pembahasan mengenai Mementaskan Pantomim Peristiwa Alam dan Karakter Binatang. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Sumber : Buku Seni Teater Kelas IV Kurikulum Merdeka, Kemendikbud
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 11:09 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.