Home » , , » Mengenal Bentuk-Bentuk Alat Musik

Mengenal Bentuk-Bentuk Alat Musik

Pada pembelajaran seni musik kelas v sekolah dasar Kurikulum Merdeka terdapat materi tentang Mengenal Bentuk-Bentuk Alat Musik. Tujuan kegiatan pembelajaran kali ini adalah peserta didik mampu mengenal bentuk, mengindrai, mengenal, dan membedakan bunyi alat-alat musik. Peserta didik pun mampu mendeskripsikan alat musik apa aaja yang digunakan dalam suatu komposisi/lagu yang diperdengarkan.

Bunyi ialah segala macam suara yang dapat diterima telinga manusia, ditimbulkan karena adanya sesuatu yang bergerak berupa getaran yang merambat dari berbagai zat, baik padat, gas, maupun cair (Banoe, 2003). Untuk penyebutan suara dari alat musik ini, penulis menggunakan istilah ‘Bunyi’.  Dalam tulisan ini alat musik diklasifikasikan sesuai dengan cara memainkannya, yakni
  1. Alat musik yang dipukul;
  2. Alat musik yang dipetik;
  3. Alat musik yang digesek; dan
  4. Alat musik yang ditiup.

Alat musik menjadi perangkat yang menghasilkan suara musik. Setiap alat musik memiliki fungsi, karakter, serta bunyi yang menjadi ciri khas tersendiri.  Berdasarkan fungsinya, alat musik terbagi menjadi tiga, yaitu alat musik melodis, harmonis, dan alat musik ritmis.  Sedangkan berdasarkan cara memainkannya, alat musik dibedakan menjadi dimainkan dengan digesek, dipukul ditekan, dipetik, dan ditiup. 

Setiap alat musik menghasilkan suara yang khas. Alat musik tersebut ada yang dapat dimainkan secara tunggal dan ada pula yang dimainkan bersamaan dalam satu komposisi (ensambel) musik, Seperti pada pertunjukan gamelan dari Jawa dan Bali. Indonesia sangat kaya dengan alat musik tradisional. Hal ini menandakan tingginya jiwa seni orang Indonesia. Alat musik tradisional Itu ditemukan pada masa lampau nan umumnya tidak iiketahui siapa pencipta atau yang memainkannya untuk kali pertama. Berikut ini contoh alat musik tradisional Indonesia dan asal daerahnya

A. Alat Musik Tradisional Nusantara
INDONESIA memiliki seni yang beragam. Salah satunya adalah alat musik tradisional dengan berbagai karakteristik. Alat musik tradisional memiliki berbagai karakteristik yang sangat unik. Hal ini dapat dilihat dari bahan, warna suara, tangga nada yang digunakan, dan fungsinya dalam masyarakat. Beberapa contoh alat musik tradisional Indonesia dapat dipahami melalui penjelasan berikut.
Nama Alat MusikGambarAsal Daerah dan Cara Memainkan
Kendang 
Kendang
Jawa Barat/Dipukul
Gondang
Gondang
Sumut/Dipukul
Kolintang
Kolintang
Sulut/Dipukul
Sapek
Sapek
Kaltim/Dipetik
Sasando
Sasando
NTT/Dipetik
Kecapi
Kecapi
Jawa Barat/Dipetik
Suling
Suling
Beberapa Daerah Di Indonesia/Ditiup
Rebab
Rebab
Jawa Barat/Digesek
Arbab
Arbab
NAD/Digesek

B. Mengenal Bentuk Dan Bunyi Alat Musik Barat
Alat musik barat adalah alat musik yang berasal dari negara-negara barat, seperti negara-negara di Eropa. Alat-alat musik barat diklasifikasikan juga berdasarkan cara memainkannya. Di antara alat musik tersebut adalah drum, gitar, organ, keyboard elektronik, piano, flute, saksofon, dan biola.
Nama Alat MusikGambarCara Memainkan
Drum
Drum
Dipukul
Perkusi (Conga, Bongo, Timbales)
Perkusi
Dipukul
Cajon
Cajon
Dipukul
Gitar
Gitar
Dipetik
Mandolin
Mandolin
Dipetik
Piano
Piano
Ditekan
Keyboard elektronik
Keyboard
Ditekan
Flute
Flute
Ditiup
Trompet
Trompet
Ditiup
Saksofon
Saksofon
Ditiup
Biola
Biola
Digesek
Celo
Celo
Digesek

Demikian pembahasan mengenai Mengenal Bentuk-Bentuk Alat Musik. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Sumber : Buku Seni Musik Kelas V Kurikulum Merdeka, Kemendikbud
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 3:36 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.