Home » , , » Mendongeng untuk Melatih Gestur dan Gerak Binatang

Mendongeng untuk Melatih Gestur dan Gerak Binatang

Pada kegiatan ini sahabat Guru akan mengajak siswa mendongeng dengan fokus mengenalkan atau melatih gestur dan gerak binatang. Selain itu, siswa juga akan diajak merangkai imajinasi mengenai satu karakter binatang. Siswa tidak diharuskan menulis cerita khayalannya, tetapi menyampaikannya secara lisan dalam bentuk dialog-dialog. Suara binatang juga tak kalah pentingnya seperti suara auman, jeritan, lolongan, dan siulan. Demikian pula dengan bunyi-bunyian alami seperti bunyi air hujan, halilintar, badai, dan ombak.

Tujuan kegiatan ini adalah siswa dapat menceritakan ulang dongeng secara imajinatif, dan dengan cara dipentaskan, memperluas daya fantasi, tentang binatang yang sedang diamati, ditiru dan ditampilkan oleh dirinya.

Sebelum melakukan pembelajaran inti, Sahabat Guru bisa melakukan kegiatan pembukaan berikut ini. Tujuannya adalah untuk menggerakkan tubuh dan mengolah suara siswa. Tubuh dan suara dapat dipakai untuk mengekspresikan peran. Oleh karena itu, tubuh perlu latihan bergerak. Suara juga perlu dilatih untuk membentuk kemampuan vokal yang bagus.
  1. Setelah siswa membentuk formasi melingkar dan mempunyai ruang gerak yang leluasa, Sahabat Guru bisa memandu siswa melakukan gerakan seperti senam.
  2. Setelah itu, pandulah siswa mengucapkan huruf vokal: a, i, u, e, dan o.
  3. Mintalah siswa secara bergiliran mengucapkan satu kata yang ditirukan oleh teman-temannya yang lain.
  4. Ajaklah siswa melakukan permainan dramatisasi binatang. Siswa memperagakan gerak tubuh binatang pilihannya di hadapan temannya. Jika setuju, temannya itu akan menirukan gerak tubuh binatang yang sama, lalu memperagakan ulang ke temannya yang lain. Akan tetapi, jika tidak setuju, temannya itu harus memperagakan gerak tubuh binatang yang lain. Begitu seterusnya sampai semua siswa mendapat giliran.
  5. Putarlah lagu-lagu yang populer di kalangan siswa sambil bergerak bebas agar suasana rileks.

Setelah melakukan kegiatan pembukaan, Sahabat Guru bisa melakukan kegiatan inti sebagai berikut.
  1. Pastikan siswa masih ada dalam formasi melingkar.
  2. Mintalah siswa memilih dua binatang yang disukainya seperti pada Kegiatan 2. Selanjutnya, pandulah siswa untuk menciptakan karakter binatang pilihannya dalam imajinasinya berdasarkan ciri-ciri, habitat, kebiasaan, dan cerita yang khas dari binatang tersebut.
  3. Bimbinglah siswa untuk mengembangkan imajinasinya. Jika perlu, Sahabat Guru dapat meminta siswa menulis poin-poin pentingnya.
  4. Tunjuklah siswa secara acak untuk maju ke tengah lingkaran, mintalah siswa tersebut untuk mendongeng berdasarkan hasil imajinasinya dengan disertai gerak tubuh dan pantomim.
Jika ada siswa yang kesulitan berimajinasi dan mengembangkan dongeng binatang, Sahabat Guru dapat menganjurkan siswa untuk membaca cerita fabel, misalnya Kancil dan Buaya, Persahabatan Monyet dan Kelinci, Keledai Pemalas, atau yang lainnya. Cerita-cerita tersebut diharapkan dapat menginspirasi siswa untuk berimajinasi dan mengembangkan dongeng. 

Jika ada siswa yang kesulitan mengekspresikan dirinya, terutama saat berpantomim, Sahabat Guru dapat memberikan referensi mengenai pantomim melalui internet atau media lainnya. Ajaklah siswa berkreasi bebas berdasarkan referensi tersebut. Kemudian, Sahabat Guru dapat mengarahkan siswa kembali ke kegiatan inti.

Lembar Kerja Siswa Kegiatan 3
Ayo Mendongeng!
Bekerjalah dengan temanmu! Bacalah cerita berikut ini dengan nyaring!Temanmu akan memperagakan ekspresi sesuai dengan isi cerita. Setelah itu, mintalah temanmu membaca nyaring sementara kamu memperagakan ekspresi.
Nemo dan Pari
Suatu hari, hujan turun dengan lebat. Petir sambar-menyambar. Ombak air laut semakin menghempas kencang. Ikan Nemo hampir saja terbawa derasnya air laut.

“Tolong! Tolong aku!” teriak Nemo.

Untung saja ikan Pari Manta dapat menyelamatkannya. 

“Nemo, jangan bermain saat air laut sedang ganas begini!”

“Iya, Pari Manta. Aku tadi sedang mencari temanku. Terima kasih sudah menyelamatkanku!”

“Ayo, segera berlindung, Nemo!”

Lalu, mereka berdua berlindung bersama

Berikan tanda centang (✓) pada jawaban yang kamu pilih!
Apakah temanmu bisa berekspresi sesuai cerita?
YaTidak



Paraf Orang TuaNilai GuruCatatan Guru








Demikian pembahasan mengenai Mendongeng Untuk Melatih Gestur dan Gerak Binatang. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Sumber : Buku Seni Teater Kelas IV Kurikulum Merdeka, Kemendikbud
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 2:04 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.