Home » » Fungsi Departemen Sumberdaya Manusia (SDM)

Fungsi Departemen Sumberdaya Manusia (SDM)

Departemen sumber daya manusia atau departemen SDM (human resources department atau HR department) adalah divisi bertanggung jawab dan berurusan dengan mengelola individu di dalam perusahan. Itu menangani tugas-tugas sperti perencanaan sumber daya manusia, rekrutmen, pelatihan, penilaian, pemecatan dan pengunduran diri, promosi, keselamatan dan kesehatan kerja, dan hubungan industrial. Itu adalah sebuah fungsi bisnis utama selain operasi, pemasaran, dan keuangan.

1. Fungsi Departemen SDM
Industri Perhotelan merupakan industri jasa yang bersifat ”labor intensive”, dan ”people based industry” artinya banyak sekali melibatkan tenaga kerja yang kompeten dan profesional, dan karyawan merupakan aset utama. Kunci keberhasilan industri hotel ditentukan oleh kepuasan para tamu dan kepuasan para tamu sebagian besar ditentukan oleh pelayanan dan keramah-tamahan yang diberikan oleh seluruh karyawan hotel. Berikut beberapa fungsi dari departemen Sumber Daya Manusia, antara lain:
  • Melakukan proses perekrutan karyawan
  • Melakukan pelatihan dan pengembangan karyawan
  • Menciptakan sistem penjaminan mutu
  • Menciptakan sistem mutasi, promosi dan demosi
  • Membina adminitrasi kepegawaian
  • Membina sistem penggajian, insentif dan fringe benefit
  • Menjamin berlakunya seluruh proses pelaksanaan peraturan dan persyaratan kerja
  • Melakukan seluruh proses pelaksanaan penyelesaian perselisihan perburuhan hingga pemutusan hubungan kerja (PHK)
Departemen Sumberdaya Manusia (SDM)
2. Waktu dan Etika Kerja
Untuk operasi hotel yang harus buka selama 24 jam, misalnya untuk room division dan room service, coffee shop serta keamanan dan fasilitas tertentu di hotel, setiap karyawan yang berperan disana akan bekerja secara shift atau dalam regu kerja dengan pengaturan sebagai berikut:
ShiftWaktu
Shift I:jam 07.00 – 15.00 
Shift 2: jam 15.00 – 23.00
Shift 3:jam 23.00 – 07.00

Hal kedua, yang patut dibahas sebagai etika dalam pekerjaan operasional adalah tentang kehadiran dan ketidakhadiran dalam kerja. Kehadiran adalah mutlak bagi karyawan sesuai dengan jadual kerja (schedule) yang telah dibuat oleh supervisor dan kepala bagian masing-masing. Absensi dari kerja tanpa pemberitahuan akan mengakibatkan dikenakannya tindakan disiplin dan peringatan kerja bagi karyawan tersebut. Termasuk keterlambatan datang ke tempat kerja, jika dilakukan beberapa kali apalagi ada unsur kesengajaan dan ketidak sesuaian dalam pengaturan waktu, maka akan mendapatkan sanksi tindakan disiplin.

Permasalahan Etika di tempat kerja
No.PernyataanRespon
YaTidak
1.Kehadiran adalah mutlak bagi karyawan  sesuai dengan jadual kerja (schedule)x-
2.Absensi dari kerja tanpa pemberitahuan akan dikenakannya tindakan disiplin dan peringatan kerja bagi karyawan tersebut.x-
3.Keterlambatan datang ke tempat kerja, jika dilakukan beberapa kali apalagi ada unsur kesengajaan maka akan mendapatkan sanksi tindakan disiplin. x-

Seorang staff receptionist, misalnya tidak bisa meninggalkan posnya di front desk counter sebelum timbang terima atau memberikan laporan berantai ke staf yang akan masuk di giliran kerja berikutnya. Seorang staf yang sakit diwajibkan memberitahu ke supervisor sebelum pergantian shift, sehingga pekerjaan bisa diatur oleh supervisor.

Tamu adalah raja, merupakan ungkapan klasik yang merefleksikan bahwa layanan ke pelanggan adalah merupakan hal yang penting. Seorang karyawan harus menyadari bahwa dalam operasional sehari hari, tindakan dan profesionalisme mereka adalah untuk pelanggan. Jika ada karyawan yang bekerja tetapi untuk kepentingan dirinya sendiri akan menjadi salah sasaran.

Ungkapan lain yang sejenis dengan itu adalah customer is the central of everything we do, artinya pusat dari skill dan pengetahuan kita itu untuk service kita ke tamu atau pelanggan di hotel. Dengan demikian maka rasa hormat, sopan, menjunjung tinggi hak-hak tamu dan menyadari akan arti penting tamu dengan memberikan layanan secara tulus dan cepat serta efisien akan terwujud. 

Tugas
Hukum dan masalah hukum dalam industri 

a. Jelaskan poin penting dari hukum atau kepatuhan hukum untuk masing-masing sebagai berikut:
1. Layanan yang bertanggung jawab untuk minuman beralkohol.
Konsumen dapat membeli dan menikmati minuman beralkohol di hotel. Konsekuensinya, karyawan dapat berinteraksi langsung dengan konsumen. Berkenaan dengan hal itulah, pendekatan keterampilan sosial merupakan hal utama dalam pelayanan penjualan minuman beralkohol yang bertanggung jawab di hotel.
2. Anti-diskriminasi.
Anti diskriminasi atau dikenal juga dengan istilah kesempatan dan perlakuan yang sama. Kesempatan dan perlakuan yang sama terhadap semua pengunjung hotel harus diutamakan.
3. Kerja mengutamakan kesehatan dan keselamatan. 
Kesehatan dan keselamatan kerja penting karena sejatinya setiap pekerja menginginkan lingkungan kerja yang dapat memberikan rasa aman. Kesehatan dan Keselamatan Kerja berguna untuk melindungi tenaga kerja dari resiko kecelakaan dalam bekerja.
b. Jelaskan masalah hukum berkaitan dengan salah satu dari berikut:
1. Hubungan Kerja.
Hubungan kerja adalah hubungan (hukum) antara pengusaha dengan dengan pekerja berdasarkan perjanjian kerja. Perjanjian kerja dapat berakhir karena berbagai hal, diantaranya adalah berakhirnya masa kerja dan pemutusan hubungan kerja.
2. Kesempatan kerja yang sama.
Kesempatan kerja yang setara (Equal Employment Opportunity) adalah prinsip kesetaraan di mana setiap pekerja mendapat hak, perlakuan dan kesempatan yang sama dalam bekerja dan mengembangkan karir.
3. Bayangkan Anda bekerja di sebuah restoran
Tamu adalah raja. Itulah mengapa pelayanan menjadi kunci utama suksesnya sebuah hotel. Jika pelayanan yang diberikan dengan baik maka mereka akan menghargai hal tersebut.
3. Pilih posisi yang menarik bagi Anda
Berikan tiga gambaran nyata tentang pemahaman anda tentang pengetahuan hukum yang dapat melindungi Anda, pelanggan Anda atau tempat kerja Anda.
Housekeeper bisa disebut sebagai room boy atau room maid, dengan tugas ini merangkap  menjadi gardener, public area housekeeper agar pekerjaan tidak terjadi  kesalahan maupun miss commmunication, lalu berikut ini ialah tugas dari seorang Housekeeper:
a) Mencatat dan melaporkan inventory housekeeping
b) Membersihkan area kamar
c) Membersihkan area kantor, publik, dan taman

Masalah etika dalam industri
Mendeskripsikanlah
1. Apa itu etika? Jelaskan pemahaman Anda tentang etika.
Etika adalah aturan, norma, kaidah, ataupun tata cara yang biasa digunakan sebagai pedoman atau asas suatu individu dalam melakukan perbuatan. 
2. Mengapa Anda berpikir perilaku etis adalah penting dalam perhotelan?
Menurutku, perilaku yang etis dalam perhotelan juga mencerminkan kualitas pelayanan dari hotel tersebut.

Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 1:09 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.